Cara Kirim Email Dengan PHP
Blog Tips Keren

Cara Kirim Email Dengan PHP

Cara kirim email dengan PHP dalam hal ini memang tidak susah untuk diterapkan. Pada faktanya memang PHP mail memiliki berbagai fungsi yang signifikan, salah satunya adalah mengirimkan surel email dengan lebih mudah dan cepat. Anda pun akan mampu memperoleh manfaat yang lebih nyata dan pasti didalamnya. Hal tersebut ternyata juga akan lebih mudah apabila anda ingin memanfaatkan semua itu hanya dengan menggunakan beberapa script PHP yang sederhana. Disinilah anda akan bisa mendapatkan semua manfaatnya dengan mudah.

Persiapan Apa Saja Yang Harus Anda Lakukan?

Cara kirim email dengan PHP yang paling tepat adalah dengan melakukan persiapan yang signifikan. Sudah pasti bahan yang anda perlukan paling penting adalah akun web hosting anda. Kemudian anda juga harus masih memiliki function PHP mail yang masih aktif. Disinilah akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda peroleh didalamnya. Hal tersebut akan memberikan kemudahan kepada anda lebih banyak dan utama lagi.

Cara Kirim Email Dengan PHP Dengan Membuat File PHP Baru

 

Cara Kirim Email Dengan PHP
idwebhost

 

Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat file PHP baru yang nantinya bisa anda pergunakan untuk keperluan akun hosting anda. Terkait mengenai nama File PHP tersebut, anda bisa menyesuaikannya dengan nama domain yang dapat diakses oleh anda. Jadi sebaiknya anda mengawalinya dengan meletakan folder yang bernama public_html. Kemudian silahkan dilanjutkan dengan menggunakan file PHP melalui File Manager atau bisa juga dengan menggunakan FTP Client. Hal ini bisa anda terapkan dengan membuat file PHP baru yang nantinya harus anda namai dengan nama testmail.php.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengedit file PHP anda tersebut. Disini anda hanya tinggal memasukan code yang sudah tersedia untuk penerapa cara kirim email dengan PHP tersebut. Code yang dimaksud dalam hal ini adalah code berikut ini:

<?php

ini_set( ‘display_errors’, 1 );

error_reporting( E_ALL );

$from = “testing@domainanda.com”;

$to = “alamatpenerima@domain.com”;

$subject = “Checking PHP mail”;

$message = “PHP mail berjalan dengan baik”;

$headers = “From:” . $from;

mail($to,$subject,$message, $headers);

echo “Pesan email sudah terkirim.”;

?>

Anda hanya tinggal meng-copy semua kode diatas dan kemudian anda paste saja langsung ke file bernama testmail.php yang anda pergunakan. Untuk menyimpan data tersebut, anda bisa kemudian memilih menu Save Changes yang ada didalamnya. Anda bisa mengganti alamat email pada baris tersebut dari From dengan To. Jadi disini bisa anda ganti dengan alamat email yang anda pergunakan didalamnya biasanya. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan pastinya.

Pengertian Dari Masing-Masing Kode

 

Cara Kirim Email Dengan PHP
idwebhost

 

Dalam cara kirim email dengan PHP tersebut, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain dua baris pertama yang terdapat pada baris code memiliki fungsi untuk memberikan notifikasi jika sewaktu-waktu terdapat pemberitahuan error. Hal ini akan langsung muncul pada saat anda melihat adanya script error yang tersedia didalamnya. Notifikasi akan langsung muncul dan anda pun akan mendapatkan semua yang anda butuhkan.

Kemudian ada juga baris yang bertuliskan From. Disini fungsinya adalah untuk alamat email pengirim. Disini anda harus paham bahwa beberapa jasa hosting domain tidak mengizinkan anda untuk menggunakan alamat email yang berbeda dari sebelumnya. Jadi anda harus benar-benar memilih alamat email yang sesuai dengan domain anda. Jika anda memaksakan menggunakan nama email yang tidak sesuai dengan nama domain anda, sudah pasti hal tersebut akan membuat email terkait tidak mampu mengirimkan semuanya dengan baik. Hal serupa juga sama pada kode yang bertuliskan To. Disini anda harus menggunakan alamat email yang juga aktif.

Lalu sama seperti sebelumnya, untuk code subject juga bisa diisi dengan subject pesat yang akan anda kirim. Isilah dengan jelas dan detail agar penerima bisa memahami dan mengerti mengenai apa tujuan anda dalam mengirim pesan tersebut. Kemudian untuk code yang bertuliskan message, anda juga harus memahami bahwa itu berisikan konten yang ada pada email anda. Dalam hal ini, anda pun akan bisa mendapatkan semuanya dengan mudah dan jelas. Dari sinilah anda akan mampu merasakan semua yang anda terapkan dengan baik.

Bagaimana Dengn Headers, Mail, dan Echo?

Setelah pemahaman tentang cara kirim email dengan PHP diatas, ada beberapa code lain yang nantinya anda temukan, antara lain headres, mail dan juga echo. Disini yang dimaksud dengan header adalah semua informasi penting yang ada didalamnya yang berisikan tentang alamat email dari sender atau pengirim dari mail tersebut. Kemudian juga ada code berupa mail yang mana dalam fungsi PHP ini berkaitan dengan bagaimana PHP tersebut nantinya akan dipakai untuk mengeksekusi email terkait. Disini anda juga tidak perlu melakukan perubahan apapun yang ada didalamnya. Lalu untuk bagian Echo yang ada pada pesan email yang sudah terkirim, echo tersebut nanti akan berfungsi menampilkan pesan tersebut ketika script yang anda buat tersebut sudah berhasil diesksekusi dengan baik.

Bagaimana Cara Menjalankan Script Kirim Email Dengan Memanfaatkan PHP?

Cara kirim email dengan PHP yaang selanjutnya adalah bagaimana cara menjalankannya? Apabila anda sudah memasukan script PHP yang sudah dijelaskan dan itu dimasukan kedalam public html seperti yang dianjurkan diatas, maka anda akan bisa segera menjalankan script ini pada bagian PHP mail. Caranya adalah dengan mengakses file terkait dengan mengetik code berikut ke browser anda. Code tersebut yakni namadomainanda/testmail.php. Kemudian tunggulah beberapa saat dan anda akan melihat hasilnya apakah pesan email anda sudah terkirim melalui browser tersebut atau belum.

Baca Juga: Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar

 

Cara Kirim Email Dengan PHP
idwebhost

 

Jika nantinya ada pop up muncul yang bertuliskan email sudah terkirim, maka email yang ada didalamnya akan mengirimkan notifikasi dengan sendirinya di bagian browser yang ada didalamnya. Hal tersebut akan membantu anda untuk mendapatkan lebih banyak manfaat lainnya yang anda butuhkan. Anda juga bisa mengecek pada bagian SPAM atau Junk untuk mendapatkan informasi apakah email anda terkirim atau malah sebaliknya masuk dalam SPAM atau junk. Hal tersebut bisa anda cek untuk memastikan bahwa tahapan yang anda lakukan sudah suskes dan bisa membuahkan hasil yang bagus dan bermanfaat.

Kesimpulan

Cara kirim email dengan PHP tentu saja tidak susah. Anda bisa menerapkan beberapa langkah diatas dan mendapatkan hasil yang pasti anda inginkan. Sudah pasti dengan mempelajari cara mengirim email via PHP tersebut akan lebih banyak manfaat yang ada didalamnya. Dari sini anda mungkina akn memerlukan beberapa script yang nantinya lebih lengkap untuk digunakan. Yang bisa anda lakukan adalah mengecek pada bagian PHPMailer dan anda akan segera mendapatkan integrasi terhadap SMTP Error log dan lain sebagainya. Pada penerapan yang tepat, cara kirim email dengan PHP akan membuahkn hasil yang pastinya anda butuhkan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.