Kiat Sukses Bisnis Franchise untuk Pemula

1 Jun 2023
Kiat Sukses Bisnis Franchise untuk Pemula campaign-unlimited

Salah satu pekerjaan yang diminati oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini adalah berwirausaha. Hal ini bisa dibuktikan dengan semakin banyaknya usaha bisnis seperti contohnya franchise. Bisnis franchise bisa dijadikan sebagai salah satu sumber untuk pendapatan yang utama atau bisa jadi pendapatan sampingan. Franchise merupakan sebuah bidang bisnis yang bisa dikatakan mumpuni dan bisa dijalankan dengan modal yang bisa dikatakan minim. Tentu saja menyesuaikan dengan jenis franschise yang nantinya akan dipilih. Walaupun begitu, bisnis ini juga mempunyai peluang untung dan juga rugi yang sama dengan jenis bisnis yang lain. Sehingga bila kamu yang mempunyai rencana untuk membuka sebuah bisnis franchise, maka tidak ada salahnya mengetahui pola dan rule mengenai bisnis ini. Berikut ini nantinya akan dijelaskan mengenai bisnis franchise untuk pemula.

Mengenal Bisnis Franchise Untuk Pemula

Jika didefinisikan secara umum, franchise merupakan sebuah usaha untuk ikut dalam menjalankan dari sebuah bisnis atau usaha yang sudah mempunyai brand yang kuat dan juga terkenal. Di Indonesia sendiri istilah franchise dikenal dengan waralana. Dalam sebuah bisnis franchise terdapat beberapa istilah yang harus kamu tahu, seperti:

Penerima Waralaba (Franchisor) yang merupakan perseorangan atau sebuah badan usaha yang nantinya memberikan hak kepada orang lain agar bisa memanfaatkan brand atau alat yang berkaitan dengan brand tersebut. Penerima Waralaba (Franchisee) adalah pihak yang menerima hak dan juga manfaat dari adanya brand tersebut. Biaya Waralaba (Franchise Fee) adalah sebuah biaya yang diperlukan agar bisa memulai usaha waralaba yang sudah tercantum dalam sebuah surat kontrak contohnya adalah biaya lisensi agar bisa menggunakan brand dan juga biaya royalty.

bisnis franchise untuk pemula

Manfaat Menjalankan Bisnis Franchise Untuk Pemula

Berikut ini merupakan manfaat yang bisa akan kamu dapatkan ketika memulai usaha franchise:

  1. Bisnis franchise didukung oleh adanya pelatihan (training) dan juga konsultasi langsung untuk para franchisor jika terdapat problem atau kesulitan dalam menjalankan bisnisnya.
  2. Bisnis franchise juga mempunyai konsep sebuah bisnis yang jelas, sehingga franchisee hanya cukup meniru dari konsep utama yang sudah berjalan.
  3. Sudah menggunakan sistem yang telah dipercaya agar bisa membantu kontrol sebuah bisnis.

Kekurangan Menjalankan Bisnis Franchise Untuk Pemula

  1. Apabila kamu tidak hati-hati dalam memilih franchise dan sudah terlanjur melakukan pembayaran dalam jumlah yang besar akan bisa menyebabkan kerugian dan gulung tiker.
  2. Beberapa franchisor sudah menetapkan keuntungan dengan sistem bagi hal. Tetapi, tidak jarang juga para franchisor yang tidak bertanggung jawab ketika franchisee mendapatkan problem atau kesulitan dalam menjalankan bisnisnya.
  3. Jika franchise utama sedang menghadapi sebuah masalah, maka secara langsung akan bisa memberikan dampak yang negative ke franchise yang lain.

Jika sudah berencana membuka sebuah bisnis franchise tetapi belum mempunyai ide jenis franchise yang akan dipilih, membuka franchise makanan atau franchise minuman yang sudah populer dan mendapatkan keuntungan yang besar.

bisnis franchise untuk pemula

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Franchise Untuk Pemula

Ketika kamu sudah mengetahui akan menjalakan franchise jenis apa, maka untuk langkah selanjutnya dalah dengan mengetahui tips agar bisnis yang dijalankan bisa sukses dan terkenal.

1. Menentukan Sistem Pemasaran Yang Sesuai

Sama halnya dengan bisnis yang lain, franchise merupakan sebuah bisnis yang membutuhkan sistem pemasaran yang sesuai dan tepat. Memang ada baiknya untuk melakukan uji coba terlebih dahulu terhadap sistem pemasaran yang akan digunakan.

Contohnya adalah ketika akan menggunakan digital marketing atau bisa dengan menggunakan brosur, sebelum nantinya mulai menjalankan bisnis franchise agar tidak mengalami kerugian dimasa yang akan datang. Tidak hanya memilih sistem pemasaran, menjalakan sebuah bisnis franchise juga harus disesuaikan dengan kemauan dan juga skill dari franchise itu sendiri.

2. Menetapkan Rencana Bisnis dan Goal

Sebelum menjalakan sebuah bisnis franchise ada baiknya memang menetapkan terlebih dahulu untuk menentukan rencana bisnis yang akan dilakukan. Termasuk juga untuk menentukan soal anggaran keuangan. Dalam sebuah rencana bisnis, pengusaha wajib menyertakan angka rill dari jumlah biaya yang nantinya akan dikeluarkan.

Sehingga, sebelum membuat sebuah rencana bisnis, perlu dilakukan sebuah praktek langsung atau bisa berkonsultasi dengan rekan bisnis yang lain. Walaupun franchise merupakan bisnis turunan yang yang sudah pasti akan mengikuti ciri khas dari franchise utama. Tetapi tidak ada salahnya jika untuk memodifikasi sistem yang sudah ada. Kamu bisa melakukan beberapa uji coba jika memang perlu untuk dilakukan.

3. Memberikan Fokus Terhadap bagian Pemasaran dan Pelayanan Konsumen

Pemasaran yang dilakukan melalui media sosial adalah salah satu langkah yang tepat agar bisa mendapatkan respot yang cepat pula dari konsumen. Oleh karena itu, kamu bisa membuat desain produk yang menarik yang bisa digunakan untuk trik dalam menjual produk. Agar bisa bersaing dengan kompetitor yang ada, bisa dengan memberikan diskon atau vocher kepada konsumen sebagai bentuk apresiasi sudah membeli produk.

4. Melakukan Observasi Pasar

Jika bisnis yang kamu jalankan tidak sesuai dengan kondisi dan juga minat belanja masyarakat yang mudah berubah, artinya bisnismu tidak laku dipasaran. Oleh karena itu, kamu juga perlu melakukan observasi agar bisa memantau, membandingkan dan juga melakukan evaluasi terhadap kompetitor yang ada di sekitar.

5. Wajib Mempunyai Kantor Offline

Sebagai franchisee tentu menjadi hal wajib untuk mempunyai sebuah kantor offline. Bisa dengan memanfaatkan rumah pribadi atau ruang kerja untuk kantor offline. Tentunya sebagai bukti kredibilitas dan profesionalitas dalam melakukan bisnis franchise. Manfaat dari adanya kantor offline adalah agar bisa memudahkan dan juga mengoptimalkan koordinasi dalam sebuah tim, apalagi jika diperlukan evaluasi dalam pekerjaan.

bisnis franchise untuk pemula

6. Menentukan Lokasi Yang Strategis

Kamu juga harus mencari lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis. Selain itu, harus memastikan jika lokasi yang dipilih berisi orang-orang yang bisa jadi sasaran bisnismu. Semakin strategis lokasi yang dipilih, maka semakin besar pula kemungkinan penjualan dari usaha akan meningkat.

7. Memanfaatkan Sosial Media

Sosial media adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk melakukan promosi secara mudah dan murah. Cukup dengan bermodalkan smartphone, kamu bisa langsung mempromosikan bisnis yang milikmu. Kamu juga bisa mendapatkan foto yang bagus dilengkapi dengan caption yang menarik, lalu diposting di media sosial milikmu.

Dengan menjalakan tips dan kiat-kiat diatas, maka tingkat keberhasilan dan juga kesuksesan ketika menjalankan sebuah bisnis waralaba akan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, jangan sampai untuk mengabaikan tips diatas dan selalu menjalankan usaha bisnis dengan sungguh-sungguh.

Jika kamu mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk subscribe newsletter IDwebhost, ya. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013