Keyword Tools Gratis Yang Bisa Anda Gunakan

21 Des 2023
Keyword Tools Gratis Yang Bisa Anda Gunakan campaign-unlimited

Riset kata kunci adalah salah satu aspek penting dalam praktik SEO. Menggunakan kata kunci yang tepat dapat memberikan peluang yang lebih besar untuk menempati peringkat atas di SERP. Untuk itu diperlukan analisis yang baik dengan memanfaatkan software keyword tools gratis.

Selain untuk menemukan insight kata kunci, kira-kira keyword research tool untuk apa lagi kegunaannya? Keyword tool atau SEO tool bukan hanya memberikan rekomendasi kata kunci populer, tapi juga memberikan analisis tren, peringkat keyword, hingga informasi tentang pesaing.

Umumnya keyword tool mematok harga berlangganan yang mahal untuk membuka seluruh akses fiturnya. Tapi tenang saja, masih banyak keyword tool yang menyediakan fitur riset lengkap secara gratis kok. Jadi, simak baik-baik artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya ya.

Daftar Keyword Tools Gratis

1. Google Keyword Planner

Keyword tools gratis yang pertama adalah Google Keyword Planner. Ini merupakan salah satu keyword tool yang paling banyak digunakan saat ini. Mengingat Google Keyword planner adalah bagian dari platform iklan Google, bisa dipastikan bahwa software ini mempunyai database kata kunci yang terbaru.

Google Keyword Planner dapat digunakan untuk melakukan riset kata kunci secara gratis. Pencarian kata kunci di software ini akan ditampilkan dalam data yang paling update dan real time. Selain itu, rekomendasi keyword juga diikuti dengan metrik analisis terkait tingkat persaingan kata kunci.

2. Keywordtool.io

Keywordtool.io adalah software keyword tool yang cocok digunakan bagi kamu yang mencari rekomendasi long tail keyword. Apa yang dimaksud long tail keyword? Ini merupakan kata kunci yang spesifik dan memiliki volume pencarian kecil.

Volume pencarian yang kecil mengindikasikan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan peringkat atas di SERP. Kamu dapat menggunakan kata kunci long tail untuk menargetkan keyword dengan persaingan yang relatif rendah.

Keywordtool.io dapat membantu memberikan rekomendasi long tail keyword terbaik yang dapat kamu gunakan. Bahkan, tool ini juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci dari beberapa mesin pencari selain Google lho. Misalnya seperti Instagram, YouTube, Bing, Twitter, eBay, dan lainnya.

3. Ahrefs Free Keyword Generator

Pilihan keyword tools gratis lain yang bisa kamu gunakan ialah Ahrefs Free Keyword Generator. Meskipun menggunakan versi gratisnya, kamu tetap bisa mendapatkan fitur yang lengkap serta analisis yang tajam.

Setiap melakukan pencarian kata kunci, kamu akan diberikan insight terkait performanya. Misalnya, seperti data tentang volume pencarian, kapan kata kunci terakhir digunakan, tingkat kompetisi, hingga rekomendasi kata kunci turunan.

Dalam versi gratisnya, Ahrefs memberikan setidaknya 150 ide kata kunci untuk setiap kata kunci dasar yang kamu cari. Selain itu, hasil pencarian juga dapat kamu filter menurut mesin pencari yang digunakan, jenis kata kunci (informasi atau pertanyaan), dan bahasa.

4. Ubersuggest

Keyword tool milik Neil Patel ini menyediakan fitur riset yang beragam dalam versi gratisnya. Selain beberapa informasi dasar seperti volume pencarian, Ubersuggest juga memberikan informasi lain terkait kata kunci yang dipilih.

Di antaranya, seperti tingkat persaingan berbayar, tingkat kompetisi organik, Cost Per Click (CPC), dan rekomendasi judul untuk kata kunci yang dipilih. Akan tetapi, perhatikan ya, alat ini hanya dapat digunakan sebanyak 3x dalam sehari dalam versi gratisnya.

5. SEMrush Keyword Tools

Jika kamu mencari keyword tools gratis yang paling lengkap, coba gunakan SEMrush Keyword Tools. Alat riset SEMrush menyediakan informasi analisis yang mendalam. Sebagai contoh, seperti volume pencarian kata kunci yang ditampilkan dalam cakupan global.

Selain itu, SEMrush juga menampilkan beragam fitur analisis SERP. Misalnya seperti snippet, reviews, video, site links, dan sebagainya. Dengan mengandalkan fitur-fitur ini, kamu tentu dapat menetapkan strategi yang kuat dan mampu mengoptimalkan kinerja website yang lebih baik di SERP.

6. Google Trends

Selain Google Keyword Planner, Google juga menyediakan tool riset kata kunci lain yaitu Google Trends. Seperti namanya, alat ini dapat membantu kamu untuk menemukan kata kunci yang sedang populer di mesin pencari Google.

Pencarian kata kunci di tool ini dapat ditampilkan dengan filter wilayah tertentu dan sesuai rentang waktu yang dipilih. Selain itu, Google Trends juga menyediakan fitur untuk membandingkan beberapa kata kunci sekaligus. Fitur ini tentu dapat membantu kamu untuk menentukan kata kunci yang dibutuhkan.

7. Google Search

Mesin pencari yang biasa kita gunakan setiap hari juga merupakan keyword tools gratis lho. Saat ingin mencari informasi di Google Search, biasanya kamu akan menuliskan kata kunci pada kotak pencarian. Pada saat yang sama, Google akan menyediakan rekomendasi kata kunci yang relevan.

Rekomendasi ini merupakan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna lainnya. Dengan mengamati kata kunci turunan yang masih relevan dengan topik, tentu Google Search dapat bermanfaat untuk membantu mengoptimasi praktik SEO website kamu.

Bukan hanya itu saja, hasil pencarian Google juga akan menampilkan kata kunci atau pertanyaan serupa. Biasanya, ini ditampilkan dalam segmen “People also ask”. Kata kunci atau pertanyaan dari bagian ini dapat kamu langsung kamu gunakan atau dianalisis lebih lanjut dengan keyword tool lainnya.

8. MOZ Keyword Explorer

Jika dibandingkan dengan SEMrush, MOZ Keyword Explorer mempunyai antarmuka yang lebih sederhana bagi awam. Meskipun begitu, data dan analisis yang diberikan tidak kalah lengkap.

Yang menarik adalah MOZ Keyword Explorer bukan hanya menampilkan keyword overview dan analisis SERP, alat ini juga menyediakan fitur analisis keyword pada situs pesaing. Jadi, kamu dapat memasukkan URL link situs pesaing pada bagian Site Overview, dan mendapatkan analisis terkait keyword dan strategi yang digunakannya.

9. Wordtracker

Ini merupakan keyword tools gratis yang sekaligus juga merangkap sebagai market research tool. Wordtracker memungkinkan kamu untuk melakukan pencarian menggunakan kata kunci dasar saja. Hasil pencarian akan menampilkan rekomendasi long tail keyword beserta informasi analisis SERP.

Menurut website resminya, database Wordtracker dapat menyediakan hasil pencarian hingga 10 ribu kata kunci yang relevan. Kelebihannya ini juga diikuti dengan alat domain yang bisa membantu kamu untuk menemukan strategi keyword yang digunakan di situs pesaing.

10. WordStream

Alternatif lain untuk riset kata kunci gratis bisa menggunakan Wordstream. Setiap pencarian menggunakan alat ini akan menampilkan hingga 500 hasil. Selain berkaitan dan relevan, rekomendasi ini juga merupakan kata kunci yang banyak digunakan oleh kompetitor.

Kamu dapat menggunakan kata kunci dasar atau URL link untuk mendapatkan rekomendasi keyword. Hasil yang ditampilkan termasuk dengan informasi volume pencarian bulanan dan tingkat kompetisi. Untuk menyimpan hasil pencarian, gunakan fitur Download all keywords yang telah disediakan.

Kesimpulan

Nah, kira-kira keyword tools gratis mana yang sudah pernah kamu gunakan? Atau adakah alat riset yang baru kamu tahu dan ingin dicoba? Semoga sedikit penjelasan kami ini bisa membantu ya.

Ayo perkuat strategi SEO dengan dukungan Unlimited Hosting dari IDwebhost! Dengan performa website yang super cepat, situs kamu bisa lebih mudah menempati posisi atas di hasil pencarian. Mumpung ada promo terbatas, yuk cek penawarannya sekarang! 

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022