Keyword Tools Gratis Yang Bisa Anda Gunakan
Blog Tips Keren Keyword Tools Gratis Yang Bisa Anda Gunakan

Keyword Tools Gratis Yang Bisa Anda Gunakan

Seperti yang kita tahu, riset keyword merupakan hal penting apalagi untuk Anda yang berprofesi sebagai jasa SEO, Youtuber, Blogger, Content Creator dan juga semacamnya. Tentunya dengan melakukan riset keyword, tidak hanya mempermudah dalam pembuatan sebuah konten, tetapi juga bisa membuat website atau blog yang Anda punya ada di halaman utama mesin pencarian google. Sehingga tidak heran jika sudah banyak keyword tools atau sebuah alat bantu yang digunakan untuk melakukan riset keyword agar sesuai. Ada yang berbayar tetapi ada pula yang gratis. Untuk yang berbayar sudah pasti mempunyai jauh lebih banyak fitur yang menarik daripada yang gratis. Anda juga bebas memilih untuk menggunakan yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Daftar Keyword Tools Gratis

Tentunya ada banyak alat yang bisa Anda gunakan dalam melakukan riset keyword. Kesemuanya mempunyai kekurangan dan juga kelebihan masing-masing. Jika Anda masih kebingungan dalam mencari mana yang terbaik dan juga paling sering dipakai, berikut ini ada daftar keyword tool gratis yang bisa menjadi acuan Anda.

Keyword Tools, Keywordtool.io

Alat bantu yang digunakan untuk riset keyword satu ini memang paling banyak digunakan. Apalagi jika Anda mencari long tail keyword yang digunakan untuk keperluan SEO. Long tail keyword memang sangat dibutuhkan karena memang mempuntai tingkat persaingan yang bisa dibilang cukup rendah. Tentu saja hal ini sangat bisa memungkinkan web Anda untuk berada pada rangking tertinggi di mesin pencarian google. Keywordtool.io tidak hanya digunakan untuk mencari atau meriset kata kunci Google saja. Tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk meriset kata kunci yang bisa Anda aplikasikan pada Youtube, Blog, eBay, Play Store, Amazon, Twitter, dan platform lainnya. Ada juga pilihan bahasa maupun lokasi yang bisa memudahkan Anda. Setiap satu entry keyword, Anda akan diberikan rekomendasi lebih dari 750 long tail keyword.

keyword tools

Keyword Tools, Wordtracker

Wordtracker juga direkomendasikan karena tidak hanya digunakan untuk menjadi SEO tools saja. Tetapi juga bisa merangkap menjadi market research tool. Ketika menggunakannya, Anda tidak hanya akan mendapatkan keyword untuk SEO saja, tetapi juga keyword yang bisa Anda gunakan pada iklan yang berbasis PPC (Pay Per Click). Tentunya dengan kelebihan yang dimiliki seperti pencarian keyword sekunder atau related keyword, pencarian keyword dengan konotasi yang negative, akses keyword asli dan lain sebagainya. Wordtacker juga bisa dikatakan melebihi Google Keyword Planner. Nantinya Anda bisa mendapatkan 10.000 lebih rekomendasi kata kunci pada setiap entry yang Anda masukkan. Wordtracker juga bisa digunakan untuk meriset keyword youtube, ebay, dan juga Amazon. Bahakan terdapat sebuah kolom khusus yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan keyword yang sudah berhasil di riset.

Google Keyword Planner

Alat bantu keyword tools yang dirilis oleh Google ini adalah Keyword Planner. Tool ini juga sangat memudahkan seseorang ketika harus melakukan riset sebuah kata kunci untuk melakukan iklan di Google AdWords. Ada begitu banyak keunggulan yang dimiliki oleh Google Adwords, yaitu tidak hanya dapat dipakai untuk keperluan Adwords saja, tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk melakukan riset keyword yang lain. Keyword tool ini juga gratis dipakai sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk melakukan riset. Keyword planner dapat Anda pilih karena mempunyai hubungan yang sangat erat dengan google. Sehingga untuk mendapatkan keyword yang tepat juga sangat memungkinkan.

Ubersuggest

Pada keyword tool satu ini nantinya Anda tidak hanya akan mendapatkan fitur pencarian pada kata kunci saja, tetapi ada beberapa fitur menarik lainnya. Contohnya untuk laporan efektifitas SEO dari tiap halaman, overview setiap performa domain, rekomendasi keyword, ide konten dan lain sebagainya. User interface yang sudah diberikan oleh Ubersuggest bisa dikatakan ramah dan sangat intuit. Sehingga Anda hanya memerlukan waktu yang singkat agar bisa memahami dengan baik. Anda juga tidak akan merasa kesulitan ketika menggunakannya.

keyword tools

Keyword Tools, Google

Keyword tool gratis yang bisa Anda coba, tentu saja Google. Jika dibandingkan dengan yang lain, Google cukup mudah dipakai karena memang telah menjadi teman sehari-jari. Apalagi digunakan dalam mencari sebuah informasi. Anda juga tidak perlu melakukan registrasi, tidak perlu membayar dan tidak perlu juga merasa pusing agar bisa memahami. Tetapi, agar bisa menggunakannya memang diharuskan menggunakan mode incognito atau guest window. Pada kedua mode tersebut, google akan membantu Anda dalam menemukan long tail keyword yang tepat dan akurat. Akan sangat berbeda jika Anda menggunakan mode biasa, karena kata kunci yang muncul malah akan terpengaruh dengan riwayat pencarian sebelumnya yang hasilnya menjadi tidak akurat.

Google Search Console

Menggunakan Google Seacrh Console nantinya Anda bisa melakukan pemantauan pada website, menjaga performa dan juga mengatasi masalah website yang berhubungan langsung dengan pencarian google. Untuk lebih rincinya, terdapat layanan yang dapat diakses menggunakan platform ini, diantaranya adalah

  • Bisa memonitor proses crawling bot Google pada sebuah website.
  • Bisa memperbaiki masalah indeksasi dan juga dapat digunakan menjadi media agar bisa meminta permohonan indeksasi ulang sebuah website.
  • Dapat melihat trafik pencarian sebuah kata kunci di Google. Bisa juga melihat keyword yang efektif pada sebuah website.
  • Bisa digunakan untuk menerima peringatan jika ada aktivitas kurang wajar yang terjadi pada sebuah website.

Dengan melihat daftar diatas, Anda sudah pasti bisa menebak jika riset keywords hanya sebagian kecil dari fungsi yang dimiliki oleh Google Search Console. Walaupun begitu, bukan berarti jika fitur pencarian kata kunci menjadi tidak berarti. Tetapi hal tersebutlah yang menjadikannya sangat unik.

keyword tools

WordStream

Sangat bisa membantu para marketer untuk menjalankan online marketing. Dilengkapi dengan software khusus yang digunakan para marketer pada berbagai media. Termasuk juga dilengkapi dengan software yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis skala kecil, menengah, agensi dan juga ecommerce. Software khusus yang ditujukan untuk bisnis UKM misalnya adalah mempunyai fitur seperti untuk memantau progress pembuatan sebuah campaign iklan, melakukan optimasi dan juga laporan dari performa iklan. Berbeda lagi dengan software yang ditujukan untuk agensi. Dimana optimasi sebuah campaign iklan dan juga manajemen budget untuk setiap campaign.

Kesimpulan

Beberapa daftar keyword tool terbaik bisa Anda gunakan secara gratis. Anda juga tidak perlu bingung untuk mencari tahu tentang cara penggunaan setiap alat. Karena sekarang informasi sudah dapat ditemukan dengan sangat mudah di internet. Setelah mendapatkan keyword yang diinginkan. Anda sangat bisa memaksimalkan dengan cara memposting salah satu konten yang ada di website. Keyword tool tersebut juga akan sangat membantu dalam dalam membuat sebuah konten SEO. Tentunya dengan keunggulan dan juga kekurangan masing-masing. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.