Keyword: Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, dan Contohnya
Blog Tips Keren Keyword: Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, dan Contohnya

Keyword: Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, dan Contohnya

Sebagai seorang blogger sahabat IDwebhost tentu saja sudah familiar dengan yang namanya keyword atau kata kunci. Dalam dunia blogging, keyword menjadi sangat penting dan berguna terutama untuk memenangkan dan meningkatkan SEO blog. Seperti apa sih seluk beluk Keyword? Mari kita telusuri dalam artikel kali ini; Keyword: Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis, dan Contohnya.

Kemampuan memilih kata kunci yang tepat setiap kali akan menulis artikel dapat memberikan efek yang dahsyat terutama untuk mendatangkan trafik dari mesin pencari. Karena itulah banyak istilah-istilah kata kunci yang sering kita dengar salah satunya “Riset Keyword”. Pada umumnya aktivitas ini ditujukan untuk mencari dan membidik kata kunci yang tepat, dengan harapan artikel yang sudah di posting bisa berada pada peringkat teratas yaitu halaman utama hasil pencarian.

Banyak blogger pemula yang mencari informasi mengenai cara riset keyword dan sudah mempraktikkannya sesuai dengan petunjuk senior yang mereka percaya tetapi apa yang terjadi ? Apakah artikel yang mereka buat dengan riset keyword dapat muncul di halaman pertama ? Belum tentu. Mengapa begitu ?

Melakukan riset kata kunci tanpa di dasari dengan pengetahuan tentang kata kunci sama saja bohong. Sebagai ilustrasinya coba Anda bayangkan, Anda tidak mengerti atau mengenal tentang komputer. Kemudian Anda disuruh melakukan instalasi hanya dari buku petunjuk, apakah dapat di pastikan instalasi dapat berjalan dengan sukses?

Tentu saja tidak. Bagaimana mungkin Anda bisa sukses jika fungsi tombol, istilah dan bagian-bagian penting dari komputer saja Anda tidak mengetahuinya. Hal ini juga berlaku ketika Anda melakukan riset kata kunci.

Nah, karenanya ketika Anda akan memaksimalkan dan bermain dengan kata kunci untuk memenangkan persaingan blogging, sebaiknya Anda terlebih dahulu harus mengetahui tentang beberapa hal penting berikut ini :

  • Apa itu Keyword (kata kunci) ?
  • Apa fungsi keyword (kata kunci)?
  • Ada berapa macam atau jenis keyword ?

Mari kita pelajari langsung pengetahuan dasar tentang kata kunci mulai dari pengertian, fungsi dan jenis-jenisnya, berikut:

Pengertian Keyword

Pengertian Keyword

Apa itu keyword? Sebagian dari kita sudah sangat terbiasa mendengar kata ini, bahkan sudah menggunakan sebagai istilah umum sehari-hari. Namun apa itu keyword? Apakah sekedar kata kunci semata? Atau memiliki makna lain, pengertian lain?

Keyword merupakan suatu susunan kata yang sering diketikkan oleh seseorang saat melakukan pencarian data atau informasi yang mereka perlukan di internet. Kata-kata inilah yang disimpan dan dipakai oleh mesin pencari untuk menganalisis akan kebutuhan pengguna internet. Jadi, kata kunci juga adalah kata-kata umum yang dipikirkan manusia saat mereka memerlukan sesuatu.

Dari pengertian di atas, kini kita dapat menarik kesimpulan bahwa tidak sembarangan dalam menentukan kata kunci. Karena kata kunci bukan serta merta menentukan satu kata atau susunan kata yang mungkin masuk dalam pencarian populer, lebih dari itu adalah melakukan rangkaian agar kata yang kita targetkan benar-benar tepat sasaran.

Fungsi Keyword

Fungsi Kata Kunci

Keyword memiliki fungsi yang sangat penting ketika kita membangun sebuah website atau blog.  Apa lagi dalam dunia informasi yang kini berbasis Optimasi SEO, menjadi penting sekali seorang penulis artikel memahami keyword dalam artikelnya.

Mungkin sebagian orang akan menyebut bahwa yang terpenting adalah konten berkualitas, bukan strategi SEO, ada benarnya. Tapi jika bisa memadukan konten yang berkualitas dan strategi SEO yang tepat, maka konten akan jauh lebih bermanfaat. Mengapa? Karena akan lebih mudah ditemukan dan mendapatkan pembaca. Lebih lengkap mari kita perhatikan fungsi keyword berikut ini:

  1. Bagi mesin: Dengan adanya kata kunci, mesin pencari akan lebih mudah menemukan dan menampilkan informasi yang sangat relevan dengan apa yang di butuh kan oleh pengguna internet.
  2. Bagi blogger: Dengan kata kunci yang tepat dan tertarget akan memungkinkan artikel yang di buat dapat berada di halaman depan hasil pencarian. Hal ini juga akan membuat para blogger semangat yang bersangkutan. Mengapa ? Jika artikel yang telah dipublikasikan mampu memenangkan persaingan antar blogger dalam hasil pencarian dan berhasil menepati di halaman pertama, merupakan suatu pencapaian yang hebat yang dapat memberikan kepuasan kinerjanya dan dapat meningkatkan semangat ngeblog.
  3. Bagi blog: Jika blog di kelola oleh blogger yang berpengalaman, kemungkinan blog tersebut akan mendapatkan peringkat teratas yang besar. Selain itu blog yang berisi artikel berkualitas dengan kata kunci yang tertarget dapat bertahan di peringkat teratas halaman hasil pencarian.

Blog yang seperti ini lama-kelamaan akan jadi terkenal. Bahkan jika blog mampu berada di halaman pertama untuk setiap kata kunci yang di target penulisnya, bukan tidak mungkin blog tersebut bisa di hargai mahal, sehingga mampu menghasilkan banyak uang. Pada akhirnya rating website atau blog pun akan meningkat. Cara Jitu Menaikkan Rating Web Anda

Jenis-jenis Keyword

Strategi dan Jenis Kata Kunci

Keyword memiliki berbagai jenis sesuai dengan strategi atau peruntukannya.  Pada umumnya ketika seorang blogger atau penulis konten sudah memahami letak penting dalam penggunaan kata kunci, maka mereka akan memilih penggunaan yang paling tepat berdasarkan jenis keyword yang sesuai strategi optimasi konten mereka.

1. Kata Kunci Berdasarkan Kata

Kata kunci berdasarkan jumlah kata di bagi menjadi dua jenis, yaitu:

– Short Tail Keyword: kata kunci jenis ini pendek karena maksimal jumlah kata yaitu dua buah. Contohnya seperti : Rumah Murah, Tips Kesehatan, Cara Belanja, Spesifikasi HP, dan lain-lainnya.

Kelebihan: Jumlah pencariannya sangat besar.

Kekurangan: Persaingannya sangat ketat. Kemungkinan untuk bisa muncul di halaman pertama kecil. Hasil yang diberikan kurang relevan dengan kebutuhan user.

– Long Tail Keyword Merupakan penyempurnaan Short tail. dengan membahkan beberapa kata kunci yang berkaitan namun tetap nyaman di baca. Khusus bagi blogger pemula, jenis keyword ini sangat bagus dan di rekomendasikan oleh para web master.

Contohnya seperti : Jenis-jenis produk Google yang paling populer berserta fungsinya, Fitur mengagumkan dari android kitkat 5.0, Cara mudah mendaftar adsense dengan Youtube, dan sebagainya.

Kelebihan: Anda bisa membidik beberapa keyword sekaligus, sehingga peluang artikel Anda muncul dengan berbagai kata kunci yang berbeda akan lebih besar. Kemungkinan memenangkan persaingan dengan para blogger lain juga lebih besar bahkan dengan memakai kata kunci jenis ini, blog yang baru dibuat juga mempunyai kesempatan untuk mengalahkan blog populer dengan kata kunci yang sama. Lebih bermanfaat bagi para pembaca. Lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Kelemahan: Jenis ini sering terlihat aneh, jika praktikkan oleh blogger pemula.

2. Kata Kunci Berdasarkan Waktu

Kata kunci berdasarkan waktu yang dimaksud adalah kata kunci yang memiliki dampak terhadap trafik blog berdasarkan batas waktu tertentu. Apa saja dan penjelasan jenis kata kunci berdasarkan waktunya, berikut ini :

– Kata Kunci Abadi: Merupakan jenis kata kunci yang tidak habis dan usang dimakan oleh waktu (perubahan jaman), jenis ini tetap bisa eksis dari waktu ke waktu serta tetap bisa mendatangkan para pengunjung walaupun sudah di posting puluhan tahun lamanya. Contohnya : Obat jerawat alami, Tips diet alami, Cara menumbuhkan rambut rontok.

– Keyword Musiman: Jenis ini kita bisa mendapatkan ledakan pengunjung tetapi efek yang di berikan singkat. jika teman-teman adalah seseorang yang sangat Update dengan berbagai kejadian yang lagi hot, populer, baru, dan jadi trending topik setiap saat, sangat dianjurkan untuk menggunakan Keyword musiman ini. Contohnya : Hasil pertandingan Arsenal dengan buyern munchen 2018, Juara liga Italia 2018, Pemain terbaik Liga Italia 2018, dan lainnya.

3. Kata Kunci Berdasarkan Pemirsa

Keyword jenis ini digolongkan atau dikelompokkan berdasarkan pada manfaat dan tingkat kebutuhan pengguna.

– Keyword Umum: Merupakan jenis yang dapat menjangkau semua orang. Artikel yang ditulis dapat mendatangkan pengunjung dari berbagai golongan. Contohnya : Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Internet, Cara Cepat Mengobati Sakit Kepala dan Lainnya.

– Keyword Khusus: Merupakan jenis yang memiliki target (pengunjung) secara khusus. Informasi yang diberikan hanya dibutuhkan oleh user tertentu saja. Contohnya : Cara meningkatkan penghasilan adsense, Cara merakit komputer, dan lainnya.

Cara Jitu Supaya Koten Anda Disukai Pembaca

Kesimpulan

Pentingnya Hosting Bagi SEO Kata Kunci

Keyword menjadi penting dalam memenangkan persaingan konten artikel sebuah website, bahkan lebih jauh saat ini kemampuan dalam mengolah kata kunci pun menjadi kunci memenangkan berbagai persaingan konten di berbagai platform. Jadi tidak hanya untuk website atau blog semata.

Ketika kita telah berhasil melakukan optimasi SEO, optimasi kata kunci, melakukan riset mendalam sebelum membuat konten, lalu apa yang perlu kita optimalkan untuk website kita selanjutnya? Jawabannya jangan lupakan optimasi performa website atau blog Anda! Karena ini menjadi poin penting apakah pembaca akan betah atau tidak dengan website Anda.

Jika website Anda berjalan lambat, maka akan sangat mudah calon pengunjung meninggalkan website Anda. Oleh sebab itu penting bagi kita menggunakan layanan infrastruktur website berkualitas, mulai dari domain, hosting dan layanan pendukung lainnya. Apakah ini akan menambah pengeluaran Anda? Tidak. Jika Anda bisa menemukan layanan yang tepat.

Anda bisa mulai menggunakan layanan domain murah yang tersedia di IDwebhost, yang mana setiap bulan ada diskon menarik yang bisa Anda manfaatkan. Selain itu website Anda akan berjalan optimal ketika menggunakan hosting terbaik, untuk harga Anda bisa mendapatkan hosting murah hanya dengan membeli paket hosting yang ada di Idwebhost.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Keyword : Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis Dan Contohnya“. Semoga informasi sedikit ini dapat bermanfaat dan dapat mengantarkan Anda menuju kesuksesan dalam membuat konten atau artikel yang berkualitas, sehingga bisa tampil di halaman utama Google. Semoga pembahasan ini bermanfaat. Salam.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.