Cara Membuat Keyword Mapping Untuk Kesuksesan SEO Website Anda
Blog SEO Cara Membuat Keyword Mapping Untuk Kesuksesan SEO Website Anda

Cara Membuat Keyword Mapping Untuk Kesuksesan SEO Website Anda

Keyword mapping merupakan bagian penting dari optimasi SEO pada halaman website Anda. Hal ini karena, dapat membantu membuat struktur SEO pada halaman website Anda lebih baik. Secara mudahnya keyword mapping adalah cara untuk mengelompokan kata kunci yang memiliki kesamaan dengan kata kunci lainnya yang di tanam di tiap halaman-halaman website. Nah, bayangkan, Anda memiliki 100 halaman website di halaman Anda dengan memiliki kata kunci yang sama 100 pula, bagaimana Google dapat mengoptimasi halaman-halaman website Anda kalau 100 halaman tsb memiliki kata kunci yang sama semua ? Inilah alasannya diperlukan strategi keyword mapping agar struktur kata kunci website Anda menjadi lebih baik.

Lebih lengkapnya simak artikel di bawah ini:

 

 

Daftar Isi

1. Apa itu Keyword Mapping ?

2. Mengapa Keyword Mapping Penting?

3. Keuntungan Melakukan Keyword Mapping

4. Memetakan Sub Topik & Topik Keyword Pendukung

5. Bagaimana melakukan Keyword Mapping yang Baik ?

5.1. Melakukan Link Building
5.2. Melakukan Internal Linking
5.3. Mengoptimasi On Page SEO

6. Kesimpulan

 

Apa itu Keyword Mapping ?

 

apa itu keyword mapping
apa itu keyword mapping

 

Keyword Mapping adalah proses dalam menetapkan satu grup kata kunci dalam halaman website. Google memberikan peringkat berdasarkan URL tertentu. Oleh karena itu, setiap URL perlu dioptimalkan dan relevan dengan kata kunci yang ditarget agar mendapatkan peringkat yang lebih baik. Kelompok kata kunci biasanya terdiri dari kata kunci utama (focus keyword) yang menggambarkan topik halaman serta serangkaian variasi kata kunci utama dan kata kunci pendukung.

Jadi mudahnya, dengan adanya keyword mapping dapat membantu halaman website khusus yang ingin di optimasi dengan kata kunci tertentu agar peringkatnya bisa naik di halaman pencarian google. Caranya adalah dengan menghubungkan semua konten baik itu konten berupa artikel dsb yang memiliki keyword yang sama untuk dihubungkan ke halaman website khusus tersebut.

Mengapa Keyword Mapping Penting?

 

mengapa keyword mapping penting
mengapa keyword mapping penting

 

Keyword Mapping atau pemetaan kunci ini penting karena hal ini dapat menjadi cara mengukur konten dan strategi marketing dalam website Anda. Search Engine seperti Google memiliki kemampuan dalam menjelajahi website untuk menemukan konten yang dicari pengguna. Untuk itulah pemetaan kata kunci ini menjadi akar penting dalam melakukan strategi marketing online Anda.

Selain itu, dengan adanya pemetaan kata kunci juga bermanfaat untuk memberikan gambaran dalam strategi marketing pada konten kepada Anda. Lalu sekarang, Bagaimana cara mengukur keyword mapping yang dibuat supaya strategi Anda berhasil ? Untuk itu, Anda perlu untuk memetakan sub topik & topik keyword pendukung.

Keuntungan Melakukan Keyword Mapping

 

keuntungan melakukan keyword mapping
keuntungan melakukan keyword mapping

 

Coba bayangkan ketika halaman – halaman website Anda memiliki peringkat di pencarian Google dengan kata kunci yang sama, bagaimana cara google menentukan yang terbaik dari halaman website Anda? Tentu di pencarian Google, website Anda sebenarnya bukan bersaing dengan kompetitor tapi malah bersaing dengan halaman-halaman website Anda sendiri. Inilah yang disebut sebagai “Kanibalisasi Kata Kunci”.

Kanibalisasi kata kunci atau kanibalisasi keyword adalah halaman-halaman website Anda yang memiliki kata kunci yang sama dan terindex di halaman Google melakukan saling bersaing atau “mengkanibal” dari hasil pencarian kata kunci website Anda sendiri. Buruknya, hasil traffic yang didapat akan membagi CTR, link, konten dan konversi di antara halaman-halaman website Anda. Padahal, seharusnya satu kata kunci dengan satu tema akan lebih baik jika hasilnya satu saja tanpa di bagi-bagi kehalaman lain. Untuk itulah, Anda perlu melakukan keyword mapping agar menghindari kanibalisasi kata kunci tsb.

Memetakan Sub Topik & Topik Keyword Pendukung

Untuk memetakan keyword atau kata kunci pada konten website, maka Anda dapat membuat variasi kata kunci dengan model dengan formula seperti di bawah ini :

  • Apa itu [ Topik Kata kunci Anda ]
  • Tentukan [ Topik Kata kunci Anda ]
  • Definisi [ Topik Kata kunci Anda ]
  • Sasaran  [ Topik Kata kunci Anda ]
  • Manajemen  [ Topik Kata kunci Anda ]
  • Contoh  [ Topik Kata kunci Anda ]
  • Prinsip  [ Topik Kata kunci Anda ]
  • Strategi [ Topik Kata kunci Anda ] 
  • Sistem  [ Topik Kata kunci Anda ]

Jadi, variasi kata kunci diatas telah mencangkup pertanyaan yang mungkin dicari oleh pengguna ketika mengetikan kata kunci di pencarian.

Bagaimana melakukan Keyword Mapping yang Baik ?

Bangun link building menuju ke halaman website atau landing page yang ingin Anda optimasi. Contoh, Anda menginginkan sebuah halaman produk dengan kata kunci sepatu murah. Lalu halaman website utama atau landing page yang ingin Anda optimasi adalah websiteanda.com/sepatu-murah. Maka halaman-halaman website atau halaman produk yang merupakan turunan dari halaman tersebut seperti websiteanda.com/sepatu-murah/sepatu-naiki , websiteanda.com/sepatu-murah/sepatu-dadidas, dsb perlu di hubungkan dengan ‘link internal’ yang menuju ke halaman websiteanda.com/sepatu-murah. Tujuan dengan melakukan link building ini supaya mesin pencari seperti Google menjadi lebih mengerti bahwa halaman tersebut merupakan halaman yang paling relevan dari sekian banyak halaman yang mempunya target kata kunci yang serupa.

2. Melakukan Internal Linking

Seperti yang di contohkan pada poin 1 di atas, agar keyword mapping Anda berjalan lebih baik maka untuk menghubungkan halaman-halaman sub ke halaman utama adalah dengan internal linking. Anda bisa mulai melakukan analisa kembali halaman mana saja yang memiliki kata kunci-kata kunci yang sama lalu tentukan halaman website yang menjadi pilar utama. Setelah itu, hubungkan halaman-halaman lainnya ke halaman website utama yang telah Anda tentukan tersebut dengan internal linking.

3. Mengoptimasi On Page SEO

Tidak lupa juga, untuk melakukan optimasi pada On Page SEO website Anda. Hal-hal yang bisa dilakukan seperti, struktur pemberian judul pada konten halaman website Anda dimulai dari H2 sampai turunannya, menentukan focus keyword, menentukan judul, url, dan meta deskripsi, optimasi gambar artikel dsb. Lalu, jika halaman yang Anda utamakan adalah halaman ‘category; mungkin akan terasa lebih sulit untuk melakukan On Page SEO secara sempurna. Ini karena halaman category memiliki keterbatasan tersendiri. Untuk itu, Anda dapat melakukan optimasi dengan mengatur judul, meta description, dan sedikit deskripsi pada halaman category yang Anda optimasi tsb.

Kesimpulan

Melakukan Keyword Mapping akan memberikan kemudahan bagi mesin pencari seperti Google untuk memahami kata kunci atau keyword di halaman website mana yang Anda unggulkan. Selain itu, juga bermanfaat menghindari kanibalisasi keyword yang sama-sama memiliki kata kunci yang relevan karena dapat berdampak saling mengalahkan kata kunci.

Kemdian, dari sisi user pun juga lebih mudah untuk mengetahui halaman website mana yang menjadi pilar utama dari kata kunci tsb jika user tertarik ingin mengetahui informasi secara lebih mendalam pada konten website Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost

Sebagai tambahan, jika Anda membutuhkan hosting untuk kebutuhan dalam pembuatan website yang berisi informasi atau kegiatan marketing online, Anda dapat menggunakan jasa layanan hosting dan domain dari IDwebhost karena ada potongan diskon di beberapa paket hosting murah yang bisa Anda coba. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.