Keuntungan Menggunakan WordPress Yang Wajib Anda Ketahui

2 Feb 2019
Keuntungan Menggunakan Wordpress Yang Wajib Anda Ketahui campaign-unlimited

Mengapa harus menggunakan WordPress? Ya, itu merupakan pertanyaan yang sangat bagus. Saya akan membahas beberapa keuntungan menggunakan WordPress. sebagai CMS untuk website yang ingin kita buat.

Di sisi lain, WordPress merupakan platfrom yang bisa Anda akses sendiri, sehingga membutuhkan tempat untuk menginstalnya. Gunakanlah Afiliasi IDwebhost yang menyediakan jasa pembuatan website terpercaya sebagai hosting terbaik di Indonesia. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan domain gratis selama setahun dengan harga yang sangat terjangkau.

Mungkin banyak blogger yang memilih Blogspot atau WordPress.com dalam membuat blognya karena gratis. Menurut saya seperti itu tidak ada masalah dengan itu kalau Anda hanya ingin blogging saja.

Tapi kalau ingin terlihat lebih bagus dan kemudahan dalam kustomisasi menurut saya akan jauh lebih menguntungkan jika menggunakan script WordPress.org dengan hosting sendiri. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan WordPress dibanding platform lain.

Baca Juga : Panduan Cara Upgrade Manual WordPress

Keuntungan Menggunakan WordPress

Keuntungan Menggunakan WordPress
idwebhost

1. WordPress CMS yang paling banyak dipakai

WordPress adalah open source CMS yang paling populer (dan tentunya Gratis!) saat ini dengan jumlah website 60 juta lebih. Banyak website yang memakai wordpress CMS ini, baik yang menggunakan platform WordPress.com atau yang menggunakan WordPress pada hosting masing-masing.

2. WordPress sangat fleksibel

Dari sisi development, WordPress adalah CMS yang sangat mudah untuk dikostumisasi, baik dari segi tampilan (theme), ataupun dari segi plugin.

Dahulu WordPress juga hanya digunakan sebagai CMS untuk blog. Tapi seiring berkembangnya kemampuan inti dari WordPress, saat ini WordPress dapat digunakan untuk keperluan apapun.

CMS ini sangatah cocok untuk berbagai keperluan, mulai dari website/blog pribadi, profil perusahaan, portfolio, toko online, kumpulan resep masakan, forum, social media, dll. Kecuali yang kita butuhkan merupakan sebuah aplikasi web yang memiliki spesifikasi khusus (selain management konten), saya yakin WordPress pasti bisa memenuhi kebutuhan mengenai website kita.

3. WordPress mendukung penuh SEO

Selain itu, beberapa plugin SEO siap membantu kita untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari Google, Yahoo! atau Bing. Beberapa plugin bahkan dapat mempromosikan post kita melalui Twitter, salah satunya merupakan plugin yang saya buat bersama teman saya Tom, yaitu Evergreen Post Tweeter. Selain itu ada juga plugin yang dapat untuk menghubungkan dengan Google Analytic (untuk analisa trafik).

4. WordPress adalah CMS yang mudah digunakan

Menggunakan CMS ini sangatlah mudah, menu-menu yang ada cukup intuitif. Tapi jika kita ingin menemui kesulitan dalam menggunakannya, Karena kepopuleran CMS ini, banyak sekali artikel yang ditulis mengenai cara menggunakannya.

Forum-forum khusus WordPress juga bisa membantu kita untuk menyelesaikan masalah yang muncul. Kita dapat bertanya melalui support forum WordPress di wordpress.org/support atau wordpress.stackexchange.com. Forum WordPress Indonesia adalah salah satu forum WordPress yang terkenal di Indonesia.

Keuntungan Menggunakan WordPress
Keuntungan Menggunakan WordPress

5. WordPress memiliki Developer yang banyak di Indonesia (juga di dunia)

Jika masih ragu untuk membangun website sendiri dengan WordPress, jangan khawatir, banyak WordPress developer di Indonesia siap membantu. Dari mulai yang murah hingga puluhan juta rupiah, tergantung tebalnya kantong. Mereka juga siap membantu mengkostumisasi tema yang kita pilih atau membuatkan tema sesuai dengan desain yang kita miliki.

Tema atau template sebuah situs salah satu faktor yang sangat penting. Ketika pengunjung masuk ke halaman situs Anda, kesan pertama yang mereka dapatkan adalah sebuah tampilan atau layout web. Tema yang simple dan menarik dapat membuat pengunjung merasa ingin berlama-lama di website Anda.

WordPress memberikan pilihan Tema yang tidak terbatas, Anda dapat menggunakan tema gratis yang sudah disediakan dengan jumlah yang tidak terbatas. Tapi bila Anda ingin menggunakan tema yang lebih personal atau unik, Anda bisa mengedit sebuah tea gratis, atau bisa juga dengan membeli tema yang sesuai dengan keinginan Anda.

6. Fasilitas Plugins

Pada blog WordPress ini Anda bisa menambahkan plugins-plugins tertentu untuk menambah kemampuan sebuah blog. Ada berbagai jenis plugins pada WordPress dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satunya merupakan plugins All In One SEO Pack yang berfungsi untuk membantu optimasi web Anda di mesin pencari.

Masih banyak berbagai plugins yang bisa Anda gunakan untuk web/ blog WordPress sesuai dengan fungsi yang Anda butuhkan. Menginstal plugins ke dalam web WordPress Anda tidak dibutuhkan keahlian khusus, cukup hanya menginstal lalu aktifkan plugins. Dan wordpress dapat di setting dengan mudah.

7. Pilihan tema/ template berfariasi

Tema atau template merupakan sebuah situs salah satu faktor yang sangat penting.  Tema yang simple dan menarik dapat membuat pengunjung merasa ingin berlama-lama di website Anda.

WordPress memberikan pilihan tema yang tidak terbatas, Anda dapat menggunakan tema gratis yang sudah disediakan dengan jumlah yang tidak terbatas. Tapi bila Anda ingin menggunakan tema yang lebih personal atau unik, Anda bisa mengedit sebuah tema gratis, atau bisa juga dengan membeli tema yang sesuai dengan keinginan Anda.

8. Struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari

Yang dimaksud dengan struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari merupakan struktur permalink yang mudah dibaca oleh mesin pencari. Pada WordPress, kita dapat mengatur struktur permalink agar sesuai dengan judul artikel yang kita buat sehingga membuat setiap artikel kita mudah terbaca oleh mesin pencari, dan tentunya ini juga membantu SEO sebuah situs.

9. Support Widget

Support Widget merupakan fasilitas untuk mengatur blok modul pada side bar atau footer blog WordPress kita. Anda dapat menambahkan modul pada sidebar dan mengatur widget sesuai keinginan dengan cara drag and drop, sangat mudah.

Keuntungan Menggunakan WordPress
Keuntungan Menggunakan WordPress

10. Kode HTML dapat diubah

Pada WordPress.com ini kita tidak dapat mengubah kode html yang sudah ada, namun untuk WordPress.org Anda dapat mengubah kode html di dalamnya sesuai keinginan, tentunya Anda harus mengerti coding. Pada kebanyakan tema WordPress, Anda perlu mengetahui tentang html (walau tidak harus ahli) agar tampilan blog atau web yang dibuat benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

11. Link management terintegrasi

Pada kebanyakan weblog ini pasti akan ada link atau tautan ke situs lain yang direkomendasikan. Dengan situs WordPress ini Anda juga dapat memasang dan mengatur link ke situs lain dengan mudah.

12. WordPress dilengkapi anti spam

Spammers merupakan salah satu masalah yang sering menggangu saya. Banyak sekali spammers yang menggunakan software khusus untuk digunakan membuat komentar palsu agar link situs mereka berada pada halaman komentar.

Untuk mengatasi masalah ini, wordpress juga menyediakan plugins gratis yang bernama Akismet. Fungsi Akismet ini adalah menahan semua komentar spam yang terkirim ke dalam blog kita. Cara instal plugins Akismet inipun sangat mudah hanya membutuhkan registrasi untuk penggunaannya.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang keuntungan menggunakan wordpress. Informasi ini akan memberikan keleluasan bagi anda untuk memilih mana fitur yang paling sesuai dengan yang anda butuhkan saat ini. DEmikianlah artikel tentang keuntungan menggunakan wordpress ini, semoga bermanfaat.

IDwebhost
Member since 18 Jun 2007