Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting
Blog Tips Keren

Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting

Cloud Hosting

Secara umum, cloud hosting adalah file website yang disimpan di dalam server fisik yang memiliki beberapa cabang server virtual, hal ini memungkinkan pengguna website dapat mengakses website melalui banyak jalur server virtual. Sehingga, akan membuat website tersebut nyaris tidak pernah mengalami down. Karena, apabila salah satu server virtual tersebut mati, pengguna dapat mengakses website melalui jalur server virtual yang lain.
Selain menggunakan cloud hosting, umumnya para blogger masih dapat menjalankan aktivitasnya di dunia blog dengan pemanfaatan situs gratis misalnya saja seperti blogspot, wordpress, dan lainnya. Namun hal ini cukup membahayakan keamanan akun dan semua isinya mulai dari posting, gambar dan lain-lain. Dari hal tersebut tentu menggunakan cloud hosting lebih memiliki keuntungan, khususnya bagi Anda yang menjalankan bisnis secara online.

Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting

1. Dapat Berbagi Data Bersama

Kini para pengguna internet terutama untuk yang bekerja di perkantoran, mereka sama-sama dapat berkolaborasi dalam satu aplikasi manajemen seperti data sharing, project procurement, work progress, maupun berbagi jadwal tugas masing-masing. Sehingga lebih mudah dikontrol oleh para manajer dan ini dapat mewujudkan sistem manajemen baru yakni boundary less organization yang artinya para karyawan tidak harus selalu di kantor untuk bekerja, mereka dapat bekerja dimana saja dan tetap dapat terkontrol oleh pihak manajemen.

keuntungan Cloud Hosting

2. Menghemat Biaya

Keuntungan menggunakan cloud hosting untuk bisnis online tak lain adalah dapat menghemat biaya yang harus Anda keluarkan. Bayangkan saja, jika situs blog atau web Anda harus perpindah dari tangan satu ke tangan yang lain tentu berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk hal itu. Meskipun tersedia fasilitas hosting gratisan dengan blog gratisan juga, namun jika untuk masalah bisnis online dengan tingkat keseriusan yang tinggi maka penggunaan cloud hosting akan sangat penting untuk Anda.

3. Menghemat Waktu dan Tenaga

Selain dapat menghemat biaya, manfaat cloud hosting juga sangat menghemat waktu dan tenaga. Dengan data yang selalu terhubung ke server dan hosting maka memungkinkan Anda dapat mengakses kapan saja dan di mana saja.

4. Meningkatkan ROI

Melalui cloud hosting, Anda tidak perlu menegeluarkan capital expenditure. Perusahaan hanya perlu membayar sewa sesuai pemakaian. Hal ini berarti mengkonversi capex menjadi opex (operating expenditure). Model seperti ini cukup menguntungkan karena akan memperbesar ROI (return on Investment) dan melancarkan cash-flow.

5. Layanan Selalu Tersedia

Cloud hosting dengan didukung sistem virtual yang mengelola beberapa sumber daya termasuk dukungan dari fasilitas data center dapat lebih menjamin suatu layanan berbasis cloud hosting agar dapat terus diakses milyaran orang secara bersamaan. Jika ada satu sumber daya yang tidak berfungsi maka sistem virtual cloud hosting secara otomatis akan mengalihkan ke sumber daya lainnya yang dapat melayani (sistem back up resource). Hal ini dikenal dengan sistem infrastruktur terkonvergensi (converged infrastructure) dan untuk pengembangan demi melayani kebutuhan yang lebih besar dengan sistem converged data center ini hal tersebut dapat di penuhi secara cepat dan tepat.

Demikianlah beberapa keuntungan dari cloud hosting yang perlu Anda ketahui. Jika Anda masih belum ingin menggunakan cloud hosting, Anda bisa memulainya dengan menggunakan hosting lain yang ada di Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.