8 Keuntungan memiliki Website untuk Bisnis Anda

28 Des 2018
8 Keuntungan memiliki Website untuk Bisnis Anda campaign-unlimited

Di era modern dan seba digital kini, segala suatu hal menjadi berubah karena adanya peran teknologi dan terutama internet. Salah satunya adalah bisnis yang kini sudah sangat usang jika dijalankan secara konservatif. Oleh karena itu tidak heran jika kini banyak sekali bisnis di masa kini dijalani melalui 2 hal yaitu offline dan online. Maka dari itu, pada hari ini kami akan membahas tentang keuntungan memiliki website untuk bisnis yang sudah sangat banyak digunakan di masa kini.

 

Bicara soal kondisi para pelaku usaha UKM dan pemula, kita patut bersyukur, saat ini makin banyak pengusaha yang sudah melek internet. Bahkan sudah banyak pemilik usaha yang bisa membuat website sendiri dan memiliki tim untuk mengelola website bisnisnya.

Dahulu, masih banyak pemilik usaha kecil yang berpikir bahwa memiliki website bagi bisnisnya itu belum begitu penting. Karena masih berpikir kalau membuat website itu mahal dan belum masuk ke dalam anggaran usahanya. Ada juga yang beralasan karena usahanya tidak menggunakan komputer, maka website belum dibutuhkan.

Padahal ini merupakan kesalahpahaman karena sebenarnya ada banyak keuntungan dari membuat website untuk bisnis sehingga anda bisa memperoleh keuntungan dan meningkatkan bisnis anda lebih baik lagi. Berikut ini 8 keuntungan memiliki website untuk bisnis yang wajib anda pahami.

 

Keuntungan memiliki Website untuk Bisnis
Idwebhost

8 Keuntungan memiliki Website untuk Bisnis Anda!

1. Meningkatkan kredibilitas usaha kecil

Ya keuntungan memiliki website untuk bisnis anda yang pertama adalah meningkatkan kredibilitas usaha kecil. Jadi jika usaha anda masih kecil, tidak usah khawatir karena anda bisa meningkatkan kredibilitas nya melalui website.

Kok bisa seperti itu? Karena di masa kini, konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website.

Jika Anda sudah memiliki situs web tetapi masih apa adanya, ada baiknya Anda desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, sehingga akan memberikan tingkat kepercayaan yang lebih besar pada bisnis Anda.

Dan bagi anda yang memiliki bisnis rumahan, memiliki website atau situs bisnis tersendiri akan sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko offline (toko fisik) terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda jual ke konsumen.

2. Menjangkau target market yang lebih luas dan pas

Selanjutnya adalah bagi anda yang memiliki perusahaan yang sudah cukup stabil, website akan membuat anda menjangkau target market dengan lebih luas.

Ya, Apapun bisnis anda entah itu menjual produk maupun jasa, website akan selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikannya. karena selain mudah diakses juga menjangkau hingga ke berbagai daerah terpencil sekalipun selama ditempat itu ada jaringan internet.

Sebagai penjual eceran suatu produk, sebuah situs web eCommerce atau toko online, adalah tempat yang bagus untuk mempromosikan produk Anda ke pasar yang lebih luas, karena produk Anda bisa diakses dan dilihat secara global.

Eits, tapi tunggu dulu, jangan buru-buru berpikir kalau Anda tidak dapat menjual produk atau layanan secara online. Bahkan gorengan dan mie rebus saja sekarang sudah dijual secara online lho!

3. Menghemat Uang

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin berpikir bahwa Anda belum mampu membuat sebuah website yang unik menarik ataupun memiliki tampilan secara profesional.

Namun, coba bandingkan biaya membuat website dengan biaya anda jika memasang iklan di surat kabar, ketika Anda bisa melihat pasar potensial yang dapat Anda capai dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.

Keuntungan memiliki Website untuk Bisnis
website membantu hemat uang

Meskipun biaya membangun website itu bervariasi, sebuah situs web untuk usaha kecil umumnya berbiaya di bawah Rp500.000 per bulan. Dan akan jauh lebih hemat lagi jika dikonversikan per tahunan. Ingat masa kini segala suatu sangat efektif jika dilakukan secara online.

4. Bisa Selalu terhubung dengan pelanggan

Ya keunggulan terbaik dari memiliki website untuk bisnis anda adalah karena membuat anda jadi mampu untuk terhubung selalu dengan konsumen anda. Melalui website anda bisa memahami keinginan konsumen, bahkan hingga berinteraksi baik itu melalui live chat ataupun telepon.

Selain itu juga jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dalam bahan cetak, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk memberi info kepada pelanggan Anda tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang Anda tawarkan.

Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, melalui situs web Anda bisa memberikan informasi yang senantiasa up to date dan yang pasti akan lebih disukai oleh para konsumen.

5. Mudah Diakses

Keuntungan memiliki Website untuk Bisnis yang kelima adalah mudah diakses. Ya, sebuah website dapat diakses oleh anda sendiri, konsumen, calon konsumen, hingga pelanggan setia Anda tanpa batas kapan saja dan dimana saja.

Fungsi yang paling bagus adalah walaupun saat toko atau kantor offline Anda sedang tutup, konsumen anda akan bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda

6. Sebagai sarana katalog produk dan jasa (portofolio)

Keunggulan dari memiliki website adalah sebagai sarana katalog produk dan jasa (portofolio). Ya, tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya Anda.

Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta testimonial tentang pekerjaan yang Anda lakukan, Anda dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis Anda menjadi semakin unik.

7. Menghemat Waktu

Tahukah Anda, memberikan informasi kepada pelanggan pasti membutuhkan waktu, baik itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun dalam email.

Melalui katalog online, Anda bisa memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa Anda secara cepat dan lebihh efisien

Keuntungan memiliki Website untuk Bisnis
idwebhost

Setelah website Anda jadi, maka website bisa diakses oleh para pelanggan Anda tanpa batas, dan sangat menghemat waktu Anda.

Ya, dan waktu adalah uang! jadi mari hemat waktu anda dengan menggunakan website bagi bisnis anda!

8. Meningkatkan pelayanan ke pelanggan

Ya melalui website, pelayanan ke pelanggan anda pasti akan semakin meningkat. Apalagi dengan menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda

Nah, kira-kira, apakah ada cara lain yang lebih baik untuk memberikan layanan plus-plus seperti ini dibandingkan dengan berbagi informasi pada website Anda? Hmm, Anda pasti sudah tahu jawabannya.

Nah itu dia tadi 8 keuntungan memiliki website untuk bisnis anda yang bisa dipraktekan dalam kehidupan bisnis anda sehari-hari. Bagaimana sudah tertarik membuat website? Jika iya jangan lupa menggunakan hosting dan domain dari IDwebhost ya!