Keuntungan Google Ads Untuk Bisnis

19 Sep 2023
Keuntungan Google Ads Untuk Bisnis campaign-unlimited

Bisnis kini berkembang begitu pesat, persaingan dalam dunia digital pun tidak dapat dihindari. Siapa yang mampu muncul dan memberi eksposur, maka bisnisnya akan lebih banyak dilirik pasar. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan Google ADS untuk bisnis. Apa sih keuntungan Google ADS?

Google ADS adalah salah satu produk unggulan dari Google, produk ADS ini menjadi sumber pendapatan utama bagi Google, dan juga bagi banyak konten kreator baik blogger atau youtuber.

Google ADS sebelumnya bernama Google AdWords, produk ini sudah ada sejak awal tahun 2000. Dalam perjalanannya sudah banyak perubahan layanan, baik  dari model kampain iklan, model pembayaran, dan tentu saja kemudahan dalam penggunaan layanan.

Semakin berkembangnya Google ADS ini, yang kian mudah dalam penggunaan. Maka banyak pelaku bisnis yang dapat menggunakan secara mudah. Tidak hanya pelaku bisnis besar, bahkan pelaku bisnis individu, bisnis kecil pun bisa memanfaatkan Google ADS ini dengan mudah dan hemat.

Apa saja keuntungan yang dapat dirasakan ara pelaku usaha, baik di perusahaan besar maupun yang berskala UMKM, dengan melakukan promosi bisnis menggunakan layanan Google Ads. Berikut keuntungan Google ADS untuk pelaku bisnis.

1. Biaya Iklan Google ADS Hemat Sesuai Kebutuhan

Biaya Iklan Google ADS Hemat Sesuai Kebutuhan

Google ADS untuk pelaku bisnis sangat membantu dalam penggunaan biaya iklan, hal ini karena keberadaan Google ADS memberikan kebebasan dalam menentukan anggaran biaya iklan sesuai dengan kebutuhan.

Jika dulu iklan membutuhkan biaya yang cukup tinggi, sehingga pelaku usaha besar yang mampu membayar. Namun saat ini pelaku kecil, UMKM pun memiliki kesempatan yang sama untuk membuat iklan di Google ADS.

Sebagai pelaku bisnis, kamu bisa menyesuaikan biaya iklan di Google Ads sesuai kebutuhan promosi dan anggaran yang kamu miliki untuk satu periode promosi produk.

Melalui Google Ads, kamu bisa mengatur anggaran atau biaya rata-rata harian, rata-rata mingguan dan bulanan. Selain itu kamu bisa mengubah biaya iklan sewaktu-waktu dalam proses promosi produk atau iklan produk sesuai kebutuhan.

2. Target Audiens Google ADS Yang Spesifik

Salah satu yang penting dalam melakukan iklan, baik iklan offline atau online adalah target audiens yang tepat. Hal ini, akan berpengaruh pada efektivitas dari hasil iklan.

Nah, layanan Google ADS menjadi jawaban kebutuhan iklan yang spesifik dalam target audiens. Layanan iklan dari Google ini mampu untuk menentukan target audiens secara jelas dan spesifik dengan kebutuhan produkmu.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan Google ADS untuk pelaku bisnis dalam segi target audiens misalnya dari sisi demografis yang melingkupi lokasi, rentang usia, jenis kelamin, dan perangkat yang digunakan.

Selain itu kamu juga bisa melihat bagaimana Google ADS mampu menyuguhkan data audiens dilihat dari kecenderungan mereka mengakses konten dengan topik tertentu. Sehingga kamu bisa benar-benar dapat target audiens yang paling sesuai dengan minat produk mereka.

3. Hasil Iklan Google ADS Sesuai dengan Keinginan

Hasil Iklan Google ADS Sesuai dengan Keinginan

Sebagai pengguna Google Ads, maka kamu bisa menentukan konversi atau hasil campaign yang seperti apa yang kamu inginkan sejak awal membuat iklan di Google ADS untuk produk atau promosi.

Terdapat berbagai jenis konversi dari Google Ads yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan layanan Google Ads antara lain adalah; aktivitas di website (pembelian, pendaftaran newsletter, klik tombol, dan sebagainya), aktivitas panggilan telepon, hingga konversi offline seperti kunjungan langsung ke toko dengan adanya fitur Google lainya yaitu Google map bisnis.

Selain itu Google Ads juga menyediakan fitur untuk mengukur hasil konversi yang dilakukan, hal ini akan memudahkanmu dalam membaca data. Jika dalam iklan offline kamu sulit dalam membuat atau menentukan ukuran keberhasilan dari sebuah iklan. Maka di Google Ads kamu akan mudah dalam menentukan ukuran sesuai keinginan.

4. Keuntungan Google ADS Laporan yang Akurat

Seperti telah kita singgung sedikit dalam poin sebelumnya, bahwa menjadi penting kemampuan kita dalam mengukur hasil dari iklan yang kita lakukan. Ketika kita menjalankan secara offline, akan sulit dalam mengukur, berbeda ketika kita menggunakan layanan Google Ads.

Ketika melakukan kegiatan marketing, melakukan campaign atau iklan, maka laporan hasil iklan yang akurat menjadi sangat penting untuk evaluasi promosi atau iklan selanjutnya.

Laporan iklan menjadi penting untuk membantumu dalam menentukan, mengukur, dan menganalisis data audiens yang berinteraksi, tertarik dengan iklan yang dibuat.

Melalui laporan Google Ads yang akurat, maka kamu dapat mengukur seberapa efektif iklan Google Ads yang kamu pasang. Selain itu kamu bisa mengukur strategi terbaik yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan iklan selanjutnya.

5. Keuntungan Google ADS Akan Meningkatkan Website Bisnis

Keuntungan Google ADS Akan Meningkatkan Website Bisnis Anda

Ketika menggunakan Google Ads tentu saja membutuhkan memiliki website, baik itu berupa website personal, website bisnis, website company profile, atau bahkan website toko online.  Hal ini untuk mengarahkan target audiens ke produkmu yang berada di website.

Nah, dalam jangka panjang dari kepemilikan website bisnis. Tentu saja kamu perlu membangun website yang optimal dan masuk dalam jajaran halaman pertama mesin pencari Google. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan optimasi SEO.

Dengan menggunakan Google Ads maka optimalisasi SEO biasa dilakukan dengan menarget kata kunci tertentu. Maka SEO website akan terbangun melalui keyword yang sesuai dengan target dari websitemu ketika beriklan di Google Ads.

Dari sini jelas bahwa beriklan dengan Google Ads akan menguntungkan website bisnis karena pencarian kata kunci yang banyak dicari untuk optimalisasi SEO tersebut nantinya akan di index oleh Google ke website.

Maka menjadi penting website bisnis  memiliki performa yang optimal sebelum memulai melakukan iklan  di Google Ads. Hal ini untuk mengantisipasi websitemu kelebihan pengunjung, karena iklan yang dilakukan akan menarik audiens menuju website untuk mengakses informasi lebih lanjut tentang produk yang diiklankan.

Maka penting untuk Anda menggunakan layanan server, hosting dan domain yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Kamu bisa menggunakan berbagai pilihan paket hosting murah yang sesuai dengan kebutuhanmu dari layanan terbaik IDwebhost. Mengapa IDwebhost? Karena layanan yang ada sudah terbukti menjadi pilihan terbaik bagi pelaku bisnis di Indonesia, tentu saja dengan dukungan layanan 24 jam yang siap mengatasi jika websitemu mengalami kendala.

Tunggu apa lagi, ayo mulai bangun websitemu dengan menggunakan hosting dan domain murah IDwebhost. Demikian pembahasan kali ini mengenai keuntungan Google ADS untuk pelaku bisnis, semoga dapat memberikan gambaran dan referensi bagimu.

Penulis
Member since 2 Jul 2013