Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Free Domain
Blog Domain

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Free Domain

domain free
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan bagi pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.
Pada dasarnya, cara mendapatkan domain bisa melalui dua cara yaitu dengan membayar atau mendapatkannya dengan gratis (free domain). Jika Anda sudah berkecimpung dalam dunia internet dan mengenal dunia blog atau website, tentu ingin memiliki domain Anda sendiri. Memiliki domain sendiri adalah langkah pertama untuk menunjukkan eksistensi Anda di dunia internet.
Bagi sebagian orang, mungkin cukup kebingungan untuk memilih domain yang berbayar atau free domain. Karena pada dasarnya kebutuhan dari setiap individu terhadap domain akan berbeda-beda. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa keuntungan dan kerugian yang dapat dipertimbangkan saat Anda memilih free domain untuk website.

Keuntungan Menggunakan Free Domain

1. Tanpa Biaya

Free domain tentunya bisa didapatkan secara cuma-cuma atau gratis tanpa dipungut biaya apapun. Hanya bermodalkan alamat email yang Anda gunakan, maka Anda bisa mendapatkan domain gratis dan menggunakannya untuk sebuah website.

2. Alamat Website Lebih Mudah Diingat

Saat Anda menggunakan sebuah domain, tentunya alamat website Anda akan lebih mudah untuk diingat daripada saat menggunakan alamat IP. Dengan begitu, maka pengunjung dapat lebih mudah untuk mengunjungi website Anda.

3. Dapat Digunakan untuk Belajar

Jika Anda ingin memulai untuk membuat website yang professional, maka Anda bisa menggunakan free domain untuk melakukan pembelajaran. Hal ini sangat efektif untuk dilakukan sebelum Anda terjun langsung untuk menggunakan domain yang berbayar dan memulai website professional.

website profesional

Kerugian Menggunakan Free Domain

1. Tidak Professional

Website yang menggunakan free domain akan dianggap sebagai website yang ‘abal-abal’ atau tidak professional. Jika demikian, maka pengiklan atau pengunjung mungkin sulit untuk tertarik dengan website Anda karena tidak terpercaya.

2. Tidak Bisa Bersaing

Menggunakan domain yang berbayar tentunya dapat membantu Anda mendapat peringkat di mesin pencari, berbeda halnya jika Anda menggunakan free domain. Selamanya website Anda akan berada ditingkat yang lebih bawah karena peringkat mesin pencari tidak dapat dipengaruhi jika menggunakan free domain.

3. Terdapat Masa Gratis

Penyedia domain yang memberikan free domain biasanya memberikan batas waktu untuk menggunakan domain tersebut. Masa gratis biasanya hanya berlaku 12 bulan atau 1 tahun. Setelah itu biasanya pengguna diminta untuk membayar.

4. Tidak Dapat Melakukan Komplain

Jika suatu hari domain yang Anda gunakan bermasalah maka Anda tidak bisa melakukan komplain kepada pihak manapun karena tidak ada yang akan bertanggung jawab atas domain tersebut kecuali diri Anda sendiri.
Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa Anda gunakan untuk pertimbangan dalam memilih sebuah domain. Pada dasarnya domain yang bagus adalah domain yang dapat memenuhi kebutuhan website Anda dengan baik. Kami menyarankan untuk menggunakan domain berbayar untuk menunjang perkembangan website. Kini, Anda tidak perlu khawatir akan biaya domain. Idwebhost adalah salah satu penyedia domain yang berkualitas dan terpercaya namun memiliki harga yang terjangkau. Beberapa fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost diantaranya memiliki TLD yang lengkap, customer care yang tersedia 24/7, mudah digunakan, hingga system pembayaran yang mudah untuk dilakukan. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan temukan paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.