Ini Keuntungan Beli Hosting dan Domain Sekaligus!
Blog Tips Keren

Ini Keuntungan Beli Hosting dan Domain Sekaligus!

Beberapa orang yang baru ingin memulai bisnis website atau membuka website untuk bisnis mereka terkadang kebingungan apakah akan membeli hosting saja atau membeli hosting dan domain sekaligus. Sebagian dari mereka, mungkin kamu, tidak tahu apa keuntungan membeli hosting dan domain sekaligus. Tapi sebelum sampai pada keuntungan membeli domain dan hosting, akan kita jelaskan perlahan tentang apa itu domain dan hosting.

Apa itu Domain?

Domain atau nama domain pada dasarnya dianggap sama seperti alamat fisik. Sebagai permisalan, navigasi satelit membutuhkan kode pos atau nama jalan agar sistem bisa menuju tempat tersebut. Hal tersebut pun sama dengan web browser yang butuh nama domain untuk membawa kamu ke website yang kamu tuju.

Nama domain ini sebenarnya terdiri dari dua elemen yang paling utama. Sebagai contoh kita ambil nama domain facebook.com yang memiliki nama website Facebook dan ekstensi domainnya .com. Nah, ketika kamu ingin membeli sebuah domain, kamu bisa menggunakan namamu atau nama perusahaanmu sebagai nama domainnya.

Nama domain itu seperti sebuah shortcut yang akan menuntun kita ke server yang sedang mengonlinekan websitemu. Tanpa adanya nama domain, orang akan memasukkan IP Address untuk membuka dan mengakses websitemu. Hal tersebut pastinya akan sangat ribet karena notabene IP Address itu panjang dan sulit untuk diingat. Selain itu nama IP Address yang terlalu panjang itu pasti tidak efektif kan ketika akan diiklankan?

Saat ini registrasi nama domain yang tersebar itu diatur oleh sebuah organisasi yang disebut juga dengan nama ICANN yang merupakan singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names dan Numbers. ICANN inilah yang menentukan ekstensi nama domain yang tersebar sekarang. Ia juga yang menjaga database agar tetap fokus kemana nama domain mengarah.

 

hosting-dan-domain-03

Apa itu Hosting?

Hosting, atau yang kebanyakan orang menyebutnya Web Hosting atau sewa Hosting adalah tempat penyewaan untuk menampung data-data yang diperlukan sebuah website agar ia dapat diakses melalui internet. Data yang dimaksud bisa berupa file, email, aplikasi, script, program, database, atau juga gambar dan video.

Pengertian hosting bisa kita analogikan sebagai sebuah kios atau tempat di sebuah mall besar. Nah, manajemen mall besar tersebut kemudian menyewakan kios atau tempat yang mereka miliki termasuk segala fasilitas yang ada disana, mulai dari listrik, telepon, dan fasilitas lainnya agar orang-orang bisa membuka usaha disana. Setiap kios atau tempat tersebut memiliki pengelolanya sendiri-sendiri. Mereka pun mendapatkan dekorasi yang berbeda, dan dioperasikan dengan cara mereka sendiri-sendiri. Seperti layaknya menyewa sebuah kios, pasti ada batas waktu dan ruang maksimum.

Nah, salah satu perusahaan hosting terbaik di Jogja adalah IDWebhost misalnya, menyediakan penyewaan hosting semacam itu dengan fasilitas terbaik mulai dari hardware, jaringan, email, dan lain-lain yang membantu anda membuka atau membuat sebuah website. Server yang dimiliki Idwebhost sudah memiliki banyak sekali pelanggan dan masing-masing pelanggan kami memiliki batas penggunaan atau diskspace tertentu.

Tentunya hosting dan domain adalah kebutuhan dari semua pemilik website. Kedua hal tersebut punya fungsi yang sangat vital untuk website. Karena itulah punya domain dan hosting yang terbaik adalah sebuah kewajiban untuk kamu yang ingin mendirikan atau membuat website. Tapi apa saja sebenarnya keuntungan membeli hosting dan domain sekaligus?

Keuntungan Beli Hosting dan Domain

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan setelah kamu membeli domain dan hosting sekaligus.

Menghemat Waktu

hosting-dan-domain-04

Keuntungan pertama ketika kamu memutuskan membeli domain dan hosting sekaligus adalah penghematan waktu. Untuk para pemilik website yang punya banyak visitor atau pengunjung dan sangat sibuk, membeli domain dan hosting sekaligus adalah sebuah keuntungan mutlak. Dengan membeli domain dan hosting sekaligus bisa menghemat banyak waktu bagi para pemilik website. Dengan begitu pemilik website punya waktu lebih untuk dipergunakan ke hal lain yang berefek baik pada websitenya.

Lebih Hemat Tenaga

Sekarang ini, bagi kebanyakan orang mencari penyedia jasa hosting dan domain yang terbaik pasti cukup sulit. Pilihan yang bertebaran sangat banyak dengan berbagai macam penawaran yang menarik. Dengan banyaknya pilihan itu tentunya kamu akan membutuhkan tenaga lebih jika harus membeli domain dan hosting secara terpisah. Pertama kamu harus mencari penyedia hosting yang terbaik. Ada banyak waktu dan tenaga yang akan terbuang. Belum lagi harus mencari penyedia domain yang terbaik. Jika kamu tetap ingin melakukan hal itu secara terpisah, maka bersiapkan untuk kehilangan tenaga ketika akan men-setting websitemu. Hal itu lah yang menjadi salah satu keuntungan membeli domain dan hosting sekaligus. Kamu hanya tinggal memilih satu penyedia jasa yang menurutmu terbaik, kemudian membeli hosting dan domain sekaligus.

Murah

hosting-dan-domain-02

Keuntungan berikutnya dalam membeli hosting dan domain sekaligus adalah harganya yang murah! Keuntungan ini lah yang ditunggu orang banyak. Kebanyakan penyedia jasa hosting juga memberikan domain gratis di tahun pertama. Tentunya penawaran itu adalah penawaran yang menarik bukan? Apalagi bagi anda yang baru akan membuat website. Mendapatkan tawaran domain gratis di tahun pertama dan harga yang murah di tahun-tahun berikutnya pasti menjadi penawaran yang menarik. Tapi meski banyak yang menawarkan harga yang murah dan domain gratis, kamu tetap harus mengecek kualitas hostingnya. Selain itu lakukan riset kecil-kecilan untuk memastikan bahwa harga yang diberikan adalah harga yang cukup wajar. Lebih baik begitu bukan? Dari pada anda mendapatkan yang paling murah dan jauh di bawah harga pasaran tapi ternyata kualitas hostingnya buruk. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada website anda ke depannya. Menyebabkan website anda sering bermasalah, dan akhirnya kehilangan banyak pengunjung.

Pelayanan Spesial

hosting-dan-domain-01

Keuntungan selanjutnya adalah pelayanan spesial. Biasanya para penyedia jasa hosting yang juga menjual domain akan memberikan pelayanan spesial bagi anda yang membeli sekaligus domain dan hosting di perusahaan mereka. Bahkan tidak jarang para penyedia jasa hosting tersebut memberikan nomor telepon agar kamu bisa selalu bertanya jika sewaktu-waktu kamu mendapatkan masalah dengan websitemu. Selain itu kamu bisa jadi mendapatkan bonus lain, seperti misalnya software untuk keamanan websitemu dan lain sebagainya. Ingatlah bahwa software keamanan website juga sangat penting untuk websitemu. Ini tentunya untuk berjaga-jaga jikalau ada seseorang yang ingin menyerang websitemu. Dengan tambahan “bonus” itu akan membuat websitemu semakin aman. Nah, biasanya pelayanan spesial semacam itu kamu dapatkan ketika membeli hosting dan domain sekaligus.

Itulah beberapa keuntungan yang mungkin akan kamu dapatkan ketika membeli hosting dan domain sekaligus. Tapi sekali lagi, pastikan untuk memilih penyedia jasa hosting yang tepat. Cek baik-baik kualitas dan track record mereka. Salah satu penyedia hosting yang sudah malang melintang di dunia penyewaan jasa hosting adalah IDWebhost. Kamu bisa mengecek track record yang baik dari IDWebhost dan beberapa perusahaan dengan nama besar yang menggunakan jasa IDWebhost.

Sekian artikel mengenai keuntungan membeli domain dan hosting. Semoga bermanfaat!