Inilah Keunggulan WordPress Yang Wajib Diketahui

18 Sep 2018
Inilah Keunggulan Wordpress Yang Wajib Diketahui campaign-unlimited

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang sangat populer dan paling sering digunakan dibanding platform lain seperti Blogspot, Weebly, Jigsy, dan yang lainnya. Sejak diluncurkan pada 2003, WordPress telah digunakan oleh lebih dari 27,5% dari 10 juta website teratas per Februari 2017. Jumlah user WordPress secara keseluruhan dikabarkan lebih dari 60juta website. CMS WordPress sendiri digunakan untuk berbagai macam, mulai dari blog yang sekedar hobi atau bersifat pribadi hingga bisnis. Oleh karena itu, di artikel kali ini kami akan memberikan beberapa keunggulan WordPress dan alasan mengapa Anda harus memilih WordPress.

Keunggulan WordPress

Bahkan blog IDwebhost yang sedang anda baca ini pun menggunakan CMS WordPress di bagian blognya. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, melainkan karena harus diakui bahwa keunggulan WordPress beberapa ada yang tidak dimiliki oleh platform lainnya. Berikut kami akan memaparkan alasan mengapa Anda harus memilih WordPress.

Inilah Keunggulan WordPress Yang Perlu Diketahui

1. WordPress itu Gratis!

Ya, salah satu alasan utama mengapa Anda harus menggunakan WordPress dibanding CMS lainnya adalah gratis tanpa harus mengeluarkan biaya lisensi. Hal ini tentu sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun dan membuat website ataupun blog pribadi tentang hobi Anda tanpa memikirkan sisi bisnis dan biaya yang harus Anda keluarkan.

2. Sangat Mudah Digunakan

Keunggulan WordPress selanjutnya adalah sangat mudah digunakan. Ya, pengguna baru yang masih awam dijamin tidak akan kesulitan dengan berbagai fitur yang sangat memudahkan. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang baru ingin memulai membuat blog, WordPress adalah CMS pilihan paling tepat untuk Anda. Selain itu proses instalasi WordPress juga sangat simple, dan setelah instalasi bisa langsung digunakan.

3. Fleksibel

Keunggulan WordPress
Keunggulan WordPress

Ya, fleksibel adalah alasan lainnya mengapa Anda harus memilih menggunakan WordPress. Seperti yang sudah dibahas di atas, CMS satu ini sangat cocok untuk membangun berbagai jenis website mulai dari website pribadi, hobi, toko online, bisnis hingga website perusahaan. Keren sekali bukan?

4. Mudah membuat SEO

WordPress memiliki plugin SEO yang tersedia secara gratis. Hal ini tentu saja semakin membuat para pengguna ketagihan menggunakan CMS WordPress untuk membangun website mereka. SEO (Search Engine Optimization) sangat berperan penting untuk membuat suatu website memperoleh banyak pengunjung dengan mengandalkan search engine di browser seperti Google, Yahoo, dan semacamnya. Kurang mengerti tentang SEO? Mungkin anda bisa mempelajari lebih lanjut apa itu SEO. Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa kami sangat menyukai dan menyarankan untuk membangun website di WordPress

5. Cenderung Aman

Sejak WordPress dinobatkan sebagai CMS paling populer, semakin banyak serangan dilakukan oleh hacker. Namun tenang saja karena WordPress sangat serius menanggapi hal ini, WordPress selalu memberikan update kepada para penggunanya, sehingga resiko terkena seranga menjadi berkurang. Walaupun masih ada yang terkena serangan, biasanya itu dikarenakan kesalahan pengguna itu sendiri yang menggunakan theme atau plugin yang di download dari sumber yang tidak terpercaya.

6. Plugin dan Theme sangat mudah dimodifikasi

Alasan anda harus menggunakan WordPress selanjutnya adalah karena sangat mudah disesuaikan dengan keinginan penggunanya, terdapat ribuan  theme dan plugin yang bisa digunakan secara gratis ataupun berbayar, hanya dengan beberapa klik saja tampilan website bisa langsung berubah sesuai keinginan anda. Selain menggunakan theme & plugin yang sudah disediakan, anda juga bisa membuat plugin dan theme sendiri, sehingga dapat dengan mudah mengubah apapun sesuai keinginan kita.

7. Sangat Mudah Digunakan

Ini dia salah satu kelebihan yang membuat WordPress sangat digemari di dunia. Ya, WordPress sangat user friendly sehingga seperti yang telah disebutkan di atas, pengguna awam dijamin akan bisa dan langsung ketagihan untuk menjadikan WordPress sebagai alat membangun websitenya, karena menggunakan WordPress hanya membutuhkan waktu sebentar untuk mempelajarinya. Anda bahkan tidak akan merasa kerepotan melakukan instal apabila menggunakan WordPress dengan web hosting sendiri.

8. Memiliki banyak support dan komunitas besar

Jika Anda memiliki masalah atau kendala ketika menggunakan WordPress, Anda bisa dengan mudah dan cepat menemukan solusi masalah hanya dengan googling. Ya, karena di internet sudah banyak komunitas besar baik lokal maupun internasional tentang WordPress yang bisa membantu anda menyelesaikan masalah, diskusi dan berbagai tutorial lainnya. Selain itu, karena telah menajdi CMS yang paling populer juga membuat WordPress banyak mendapat dukungan.

9. Mampu menjadi Host multimedia files

Salah satu keunggulan WordPress yang tidak dimiliki CMS lainnya adalah mampu menambahkan berbagai jenis file seperti audio, gambar hingga video dengan sangat mudah sehingga meningkatkan user experience. Cara memasukan bermacam jenis file ini sangat mudah karena hanya tinggal drag dan drop saja file yang anda inginkan. Bisa juga melalui copy dan paste URL file yang anda inginkan dari internet. Tidak sampai di situ, WordPress juga memiliki media library yang memungkinkan anda untuk mengatur dan mengelola file multimedia tersebut dengan baik dan teratur.

10. Bisa digunakan dengan baik di Smartphone

Smartphone merupakan objek penting dan wajib dimiliki oleh masyarakat di masa kini. Lewat smartphone, orang bisa mengakses website apapun yang mereka mau. Nah ini juga menjadi keunggulan tersendiri yang dimiliki WordPress dibanding CMS lainnya. Lewat WordPress anda mampu memilih theme yang mobile friendly sehingga tampilan website Anda tidak akan terganggu dan tetap enak dilihat. Melakukan update atau edit data juga bisa dilakukan melalui smartphone karena halaman admin WordPress juga sangat mobile friendly.

Keunggulan WordPress
Keunggulan WordPress

11. Mudah Dikelola

Seperti sudah kita bahas tadi, WordPress telah dilengkapi dengan sistem update yang bertujuan untuk keamanan. Selain update core, WordPress juga akan memberikan notifikasi pemberitahuan jika ada update untuk theme dan plugin yang sedang digunakan.

Hal ini tentu saja akan mempermudah anda untuk mengelola websitenya, karena akan selalu memiliki website dengan engine terbaru. Hal ini tentu akan membuat website anda menjadi aman dan lebih segar dari sisi kode programnya.

12. Lebih dari Sekadar Blog

Memang selama ini WordPress terkenal sebagai platform untuk blogging, well tidak salah memang namun WordPress sebenarnya memiliki potensi lebih besar untuk hanya menjadi blog saja. WordPress mempunyai fitur post dan page, post digunakan untuk update secara berkala sedangkan page bisa dimanfaatkan untuk halaman yang statis atau tidak berubah, seperti profile, about dan contact. Selain itu WordPress juga memiliki berbagai macam jenis postingan yang bisa membuat website anda menjadi lebih menarik.

13. WordPress terus berkembang

Alasan terakhir mengapa anda harus menggunakan WordPress adalah karena CMS ini akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Karena sebagai CMS paling populer, semua celah atau kesalahan yang terjadi pada WordPress pasti akan langsung dilaporkan dan akan dibantu penyelesaiannya oleh komunitas pecinta WordPress.  Mereka juga akan menuliskan semua hal yang bisa dilakukan dengan WordPress di website pribadinya. Melalui kekuatan komunitas yang sangat besar, WordPress pastinya akan semakin baik kedepannya.