Keunggulan WhatsApp Bisnis Untuk Live Chat Website

7 Okt 2020
Keunggulan WhatsApp Bisnis Untuk Live Chat Website campaign-unlimited

Memberikan layanan serba cepat dalam  sebuah bisnis online adalah satu kewajiban. Lambat dalam memberikan respons, calon pembeli sudah berada di toko online lain. Memberi respons cepat menggunakan live chat, salah satunya memanfaatkan whtasapp. Apa saja keunggulan whatsapp bisnis untuk fitur live chat website?

Sudah menjadi rahasia umum ketika Anda hadir dalam ranah pemasaran digital maka wajib mempersiapkan berbagai infrastruktur yang mendukung. Tidak lain agar tercapai apa yang menjadi tujuan dari pemasaran digital bisnis Anda.

Infrastruktur digital yang terpenting salah satunya adalah dengan memiliki website bisnis sendiri. Selain itu, adalah pengelolaan website bisnis, terutama dalam hal live chat dengan calon pembeli.

Salah satu fitur live chat yang kini banyak menjadi pilihan adalah dengan memanfaatkan keberadaan media sosial chat Whatsapp Bisnis. Ini menjadi pilihan karena kemudahan dalam penggunaan. Sehingga pengunjung sudah terbiasa dan mudah memahami.

1. Manfaat Fitur Live Chat Pada Website Bisnis Anda

Manfaat Fitur Live Chat Pada Website Bisnis Anda

Seperti telah kita sebutkan di atas, hadir dalam pemasaran digital membutuhkan berbagai infrastruktur guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Salah satunya adalah pelayanan yang cepat dalam merespons setiap pertanyaan yang masuk. Lambat dalam memberikan jawaban, akan terkesan bahwa website bisnis online yang kita kelola tidak aktif.

Oleh sebab itu, penting bagi sebuah website untuk memasang plugin atau fitur live chat. Terdapat berbagai jenis layanan dari fitur live chat, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada dasarnya manfaat yang akan Anda peroleh kurang lebih sama yaitu;

Memudahkan Komunikasi Calon Pembeli dan Penjual; Tentu saja keberadaan fitur ini akan menjadikan komunikasi antara pengujung website atau calon pembeli dengan pengelola atau penjual, tidak terputus. Sehingga akan terjalin hubungan yang baik. Maka, pada ujungnya akan menjadi lead potensial dari saluran pemasaran yang Anda gunakan.
Memberikan Kemudahan Layanan Fast Respons;
Pengunjung atau calon pembeli berbeda-beda, bisa saja mereka mengalami kesulitan ketika akan menggunakan layanan atau membeli produk yang Anda tawarkan. Maka dengan adanya fitur live chat mereka akan segera mendapatkan bantuan dari masalah yang mereka hadapi.
Mengurasi Risiko Bounce Rate;
Jangan sampai website bisnis Anda ramai pengunjung tetapi bounce rate tinggi, mereka tidak melakukan apa pun, hanya datang dan pergi karena bingung. Maka keberadaan fitur live chat akan menahan kepergian mereka, kebingungan mereka dapat terjawab dengan bertanya melalui live chat.
Mengantisipasi Terjadinya Cart Abandonment;
Jangan biarkan produk Anda hanya berhenti dalam keranjang belanja tanpa melakukan pembayaran. Gunakan fitur live chat untuk mengarahkan bagaimana pelanggan menyelesaikan pesanan mereka.
Hemat Biaya Komunikasi;
Tentu saja dengan adanya fitur live chat akan menghemat biaya komunikasi yang harus Anda keluarkan untuk bisnis Anda. Lebih lengkap pembahasan ini, bisa membaca artikel lengkapnya di manfaat fitur live chat pada website bisnis Anda.

2. Apa Itu Whatsapp Bisnis

Sebagai tambahan informasi untuk Anda, whatsapp bisnis adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan secara gratis, bisa Anda unduh dan instal untuk pengguna android  dan juga ios. Whatsapp bisnis ini pengembangan dari aplikasi whatsapp personal, yang mana kehadiran dari whatsapp bisnis lebih khusus untuk membantu kemudahan komunikasi antara pelaku bisnis dengan pelanggan mereka.

Apa Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Whatsapp Personal? Perbedaan utama adalah dari fungsi atau fitur yang ada. Banyak fitur yang tidak dapat Anda temukan ketika Anda menggunakan whatsapp biasa, Sedangkan berbagai fitur yang ada dalam whatsapp biasa, terdapat dalam whatsapp bisnis.

Apa saja yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi whatsapp bisnis? Terdapat berbagai fitur bisnis yang bisa Anda gunakan. Seperti fitur menambahkan informasi alamat kontak, melakukan balas pesan otomatis, membuat tanda dan sortasi, dan tentu saja menggunakan fitur katalog produk.

3. Keunggulan Whatsapp Bisnis Untuk Fitur Live Chat Website

Keunggulan Whatsapp Bisnis Untuk Fitur Live Chat Website Bagi Bisnis

Saya sudah memiliki fitur live chat di website bisnis saya, alasan apa yang menjadikan saya perlu mengganti fitur yang ada dengan whatsapp bisnis live chat? Saya pernah mendapat pertanyaan seperti itu, tentu saja ada berbagai pertimbangan, dan semua akan kembali pada kebutuhan dari website bisnis masing-masing.

Sederhananya, kita perlu melakukan evaluasi dari setiap fitur atau layanan yang ada dalam website bisnis kita, sejauh apa fitur yang ada memberikan dampak, apakah meningkatkan dari sisi penjualan, atau justru tidak memiliki dampak apa pun?

Jika ternyata sudah baik, tentu tidak ada salahnya dengan mencoba sesuatu yang baru.  Perubahan akan terus terjadi, utamanya dalam era internet seperti saat ini. Ketika kita tertinggal, bisa bahaya. Karena nanti akan sangat lelah untuk mengejar. Penting bagi kita untuk memperbaharui pengetahuan, salah satunya mengetahui apa saja keunggulan whatsapp bisnis untuk kebutuhan live chat website Anda.

Nah, untuk memberikan gambaran kepada Anda, apa saja yang akan Anda dapatkan, apa yang menjadi keunggulan whatsapp bisnis untuk fitur live chat webiste. Berikut adalah beberapa keunggulan dan manfaat yang telah dirasakan para penggunanya untuk kebutuhan website bisnis;

Mendapatkan Data Pelanggan

Memiliki data pelanggan adalah salah satu kunci penting dalam menjalankan bisnis online. Anda bisa saja memiliki produk yang baik, sudah membangun website yang optimal, tetapi Anda belum memiliki data pelanggan, maka pekerjaan Anda akan semakin berat. Keunggulan Whatsapp Bisnis dapat membantu Anda mendapatkan data pelanggan dengan baik.

Itu mengapa, penting bagi Anda untuk memiliki data pelanggan. Dengan memanfaatkan fitur live chat whatsapp bisnis, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan data pelanggan. Sebaliknya, pelanggan pun akan secara otomatis memiliki dan menyimpan nomor bisnis Anda.

Apa kegunaan dari memiliki data pelanggan? Akan sangat banyak, namun pada intinya adalah Anda akan mudah dalam menyampaikan informasi terbaru terkait produk Anda. Anda bisa menjalankan strategi sof selling kepada pelanggan Anda, dan membangun kedekatan kepada mereka.

Kemudahan Dalam Penggunaan Menjadi Keunggulan Whatsapp Bisnis

Keunggulan whatsapp bisnis dalam hal penggunaan. Anda tentu sudah tidak asing dengan aplikasi berbalas pesan whatsapp. Aplikasi yang menyediakan berbagai fitur untuk kebutuhan sosial media ini memang menjadi salah satu aplikasi yang begitu digemari. Sehingga sudah sangat umum orang memahami penggunaan whatsapp.

Kemudahan dalam penggunaan inilah yang menjadi salah satu keunggulan whatsaap bisnis untuk fitur live chat website. Pengunjung atau pelanggan sudah langsung paham apa kegunaan menu yang berlogo whatsapp, apa fungsi dan bagaimana menggunakannya.

Berbeda ketika  menggunakan fitur live chat pada umumnya, yang biasanya memerlukan mengisi data terlebih dahulu sebelum bisa berkomunikasi. Dengan whatsapp bisnis untuk live chat website, pengguna dapat langsung terintegrasi melalui smartphone mereka, langsung menuju aplikasi whatsapp dan menjalin komunikasi dengan Anda.

Keunggulan Whatsapp Bisnis Cocok Untuk Mobilitas Tinggi

Keunggulan Whatsapp Bisnis untuk live chat adalah cocok untuk mobilitas tinggi. Berapa lama waktu rata-rata orang mengunjungi sebuah website bisnis? Apa divece yang paling banyak digunakan untuk mengakses website Anda? Coba Anda lihat dalam laporan data statistik kunjungan website bisnis Anda. Dari data yang ada kita akan  paham, bagaimana mobilitas orang saat ini begitu tinggi.

Orang tidak lagi perlu membuka laptop untuk mengunjungi sebuah website, semua bisa dilakukan melalui telepon genggam mereka. Sudah lengkap dan terintegrasi dengan berbagai aplikasi pendukung yang ada di dalam smartphone mereka.

Ini yang bisa Anda jawab dengan menggunakan keunggulan whatsapp bisnis untuk fitur live chat website Anda. Pelanggan bisa dengan mudah menghubungi Anda melalui smartphone mereka, kapan pun dan di mana pun. Begitu juga dengan tim Anda, tidak perlu memantau melalui website Anda, karena setiap pertanyaan akan langsung masuk di whatsapp bisnis Anda.

Dengan demikian, tidak ada lagi istilah membalas lambat, semua bisa dilakukan dengan cepat. Ketika Anda sedang berada di luar, selama Anda membawa smartphone yang Anda gunakan untuk whatsapp bisnis Anda, maka semua tetap dapat terlayani.

Fitur Bisnis Yang Sangat Mendukung

Fitur Bisnis Yang Sangat Mendukung

Fitur yang tersedia dari whatsapp bisnis sangat mendukung kebutuhan website bisnis Anda. Salah satu fitur yang bisa Anda andalkan misalnya adalah balas pesan otomatis, ini akan menjadikan Anda tetap terhubung dengan calon pembeli, karena mereka mendapat informasi jika Anda sedang tidak di tempat. Tentu ini menjadi keunggulan whatsapp bisnis untuk live chat website yang patut Anda pertimbangkan.

Selain itu ada juga fitur katalog produk, ini akan memudahkan Anda dalam menjalin komunikasi agar terjadi pembelian dari pertanyaan atau live chat website yang masuk. Pelanggan tidak perlu kembali ke website Anda, mereka bisa langsung Anda beri katalog produk yang sudah Anda buat dengan whatsapp bisnis.

Kesimpulan

Fitur live chat website bisnis memang begitu penting, karena siapa cepat menjawab dia yang akan lebih potensial mendapat pelanggan. Kira-kira begitu hukum yang berlaku dalam model pemasaran online saat ini. Bagaimana menurut Anda? Apakah Keunggulan Whatsapp Bisnis sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda?

Apa pun pilihan Anda, apakah tetap menggunakan live chat yang sudah ada, atau menambah whatsapp bisnis untuk fitur chat website Anda. Atau sekedar melakukan uji coba terlebih dahulu, semua kembali pada keputusan Anda masing-masing.

Jangan lupa,  selalu perhatikan performa dari website bisnis Anda. Jangan sampai performa menurun ketika pengujung sedang ramai, akan sangat membahayakan bagi pengalaman pengujung tentunya. Maka pastikan Anda menggunakan hosting berkualitas untuk website Anda.

Anda bisa memilih berbagai paket hosting murah terbaik IDwebhost yang sudah teruji melayani berbagai kebutuhan website bisnis. Bagi Anda yang baru akan memulai, juga jangan sampai kehilangan momen, segera beli domain murah jangan sampai domain dari nama brand Anda sudah diambil orang lain.

Jangan menunggu waktu untuk memulai membangun website untuk bisnis Anda. Bagi Anda yang ingin belajar membuat website, bisa melihat cara membuat website lengkap tahap demi tahap untuk Anda praktikkan. Namun, untuk kebutuhan profesional, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website IDwebhost dengan tenaga profesional yang  terpercaya.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai keunggulan whatsapp bisnis untuk fitur live chat website. Semoga pembahasan ini memberikan manfaat dan menjadi referensi Anda. Terima kasih, salam. Ari IDwebhost.

Penulis
Member since 2 Jul 2013