Keunggulan Domain .ID Yang Tidak Anda Temukan Pada Domain Lain
Blog Tips Keren

Keunggulan Domain .ID Yang Tidak Anda Temukan Pada Domain Lain

Keunggulan domain .ID memberikan banyak sekali manfaat bagi anda yang berkecimpung di dunia internet. Banyak sekali pilihan ekstensi yang bisa anda pilih dalam membuat sebuah situs, antara lain .com, .net, .asia, .info, .org, dan lain sebagainya. Salah satu ekstensi yang paling terkenal adalah .com. Pasalnya, ekstensi ini digadang-gadang sebagai domain populer di dunia. Selain itu, anda juga bisa melebarkan sayap website anda hingga kancah internasional. Akan tetapi, hal ini bukan berarti ekstensi lain tidak memberikan manfaat yang sama. Faktanya, banyak sekali pemilik ekstensi lain yang juga bisa sangat populer dan dikenal oleh banyak orang. Ekstensi tersebut yaitu .ID. Apa saja keunggulan dari domain ini?

Keunggulan Domain .ID Yang Tidak Pernah Anda Sangka

Keunggulan Domain .ID Yang Tidak Anda Temukan Pada Domain Lain
idwebhost

Keunggulan domain .ID yang pertama adalah memberikan detail identitas yang jelas tentang pemilik website. Artinya pemilik domain tersebut berdiri dengan identitas yang bisa dipertanggung jawabkan. Pasalnya, salah satu syarat bisa mendapatkan domain ini adalah dengan memenuhi beberapa syarat dan ketentuan, antara lain KTP, nama perusahaan, dan juga beberapa dokumen pelengkap lainnya. Dengan adanya informasi yang jelas tersebut, sudah pasti para visitor tidak akan ragu berkunjung didalamnya.

Kedua, keunggulan domain .ID juga bisa membuat situs yang dibuat lebih terpercaya dan kredibel. Seperti yang kita ketahui, angka penipuan di Indonesia saat ini masih terbilang cukup besar. Dengan menggunakan nama domain .ID maka anda pun akan bisa meyakinkan pelanggan atau customer bahwa berkunjung di situs anda 100% aman. Pasalnya, anda telah menyerahkan data KTP dan juga beberapa dokumen penting yang menunjukan keaslian dari situs yang anda buat.

Kabar Gembira Pemilik Domain .ID

Ketiga, sebuah kabar gembira keunggulan domain .ID yang pasti anda tunggu-tunggu. Yakni anda akan bsia mendapatkan sebuah situs yang SEO Friendly. Kenapa? Hal ini dikarenakan Google telah menerapkan sebuah kebijakan baru. Kebijakan tersebut yakni sebuah domain yang menggunakan ekstensi lokal negaranya, maka mereka akan berpotensi lebih tinggi untuk tampil dalam hasil pencarian. Jadi bergembiralah bagi anda yang menggunakan nama domain .ID ini.  Pasalnya, tingkat visitor berkunjung ke situs juga semakin tinggi karena web anda punya peluang tinggi muncul dibandingkan situs dengan ekstensi lainnya.

Keempat, seperti anda ketahui, nama domain .com, .net, dan juga .org sangat populer. Banyak orang yang menggunakan ekstensi tersebut untuk berbagai macam keperluan. Hal ini meningkatkan potensi persaingan yang ada di nama domain tersebut. Tapi taukah anda kalau nama domain .ID masih belum begitu banyak yang memiliki. Selain itu, jumlah karakternya juga sedikit. Anda bisa memanfaatkannya sebagai sebuah keunggulan domain .ID. Anda yang menjadi pemilik nama domain ini akan melihat potensi persaingan yang lebih fair ketimbang .com atau .net yang sudah merajalela di dunia.

Baca Juga: Dapatkan Promo Termurah Domain .ID Hanya Rp 90.000

Kelima, anda pasti akan sangat kesulitan mencari nama untuk website anda jika menggunakan ekstensi .com, .info, dan lain sebagainya. Kenapa? Karena sudah banyak yang menggunakan ekstensi tersebut. Tapi jika anda menggunakan keunggulan domain .ID, maka anda akan bisa menciptakan nama domain yang lebih banyak sesuka hati. Disinilah anda akan mampu menemukan sebuah solusi terbaik yang bisa anda dapatkan didalamnya.

Keenam, karena server .ID berada di Indonesia, sudah pasti hal ini akan mendatangkan keuntungan bagi anda, yakni anda akan bisa mendapatkan akses yang lebih cepat. Hal ini akan semakin meningkat jika yang berkunjung ke situs anda berasal dari Indonesia. Hal ini akan berdampak sangat positif pada SEO yang dimiliki website anda. Jadi tak ada salahnya mempertimbangkan pilihan ekstensi web anda terhadap pilihan yang satu ini.

Persyaratan Membuat Domain .ID

Keunggulan Domain .ID Yang Tidak Anda Temukan Pada Domain Lain
idwebhost

Tidak seperti jenis domain lainnya, disini anda harus memenuhi beberapa persyaratan untuk bisa membuat sebuah domain .ID. Apa saja syarat yang harus anda terapkan tersebut? Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa domain .ID memiliki harga yang cukup kompeten dibandingkan dengan harga domain lainnya. Hal ini menyesuaikan tujuan dari domain tersebut untuk organisasi, perusahaan maupun persona. Karena manfaatnya yang sangat besar tersebut, berikut adalah sejumlah syarat yang harus anda sertakan supaya bisa mendaftarkan domain yang satu ini.

  1. Syarat yang terpenting adalah menyediakan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Indonesia.
  2. Untuk beberapa badan usaha dan sejenisnya yang ingin mendaftarkan perusahaannya di domain .ID, mereka juga harus menyertakan sejumlah syarat lainnya, yaitu akta, surat ijin operasional, dan lain sebagainya. Tapi jika anda ingin mendirikannya secara personal, syaratnya cukup dengan KTP saja.
  3. Bagi Instansi Penyelenggara Negara yang ingin menggunakan domain .ID, syarat yang harus dipenuhi adalah mengikuti segala Ketetapan Menteri Komunikasi dan Informatika.

Sejumlah syarat yang disebutkan diatas tentunya tidaklah susah bagi anda yang ingin membuat sebuah website .ID untuk tujuan tertentu.

Jenis-Jenis Domain .ID

Keunggulan Domain .ID Yang Tidak Anda Temukan Pada Domain Lain
idwebhost

Domain .ID itu sendiri masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Hal ini menyesuaikan dengan fungsinya supaya para pengunjung bisa langsung tau website yang mereka kunjungi bergerak dalam bidang apa. Berikut beberapa jenis-jenis domain .ID yang paling populer untuk anda temukan:

Domain .co.id

Domain yang satu ini biasanya banyak dipakai untuk perusahaan atau korporasi. Beberapa orang juga menggunakan website jenis ini untuk keperluan bisnis. Sama dengan persyaratan diatas, bagi anda yang ingin memiliki web jenis ini harus melaampirkan KTP, surat ijin operasional, dan lain sebagainya. Bila perlu anda juga harus menyertakan sertifikat merk.

Domain .or.id

Domain ini merupakan pilihan yang banyak dipakai oleh organisasi-organisasi yang ada di Indonesia.  Sesuai dengan namanya .or yang merupakan singkatan dari organisasi. Di sini yang anda butuhkan adalah melampirkan KTP dan akta notaris atau Surat Keterangan terkait organisasi jenis apa yang anda jalankan.

Domain .sch.id

Domain sch.id juga merupakan pilihan yang populer di kalangan website sekolah mulai dari TK sampai SMA. Domain-domain jenis ini nantinya akan digunakan untuk keperluan profil edukasi, serta memudahkan siswa terkait untuk mendapatkan informasi tentang sekolah mereka. Untuk sekolah resmi, mereka wajib melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Lembaga Pendidikan atau Kepala Sekolah untuk bisa membuat domain ini. Tak lupa melampirkan KTP Indonesia.

Domain ponpes.id

Keunggulan domain .ID adalah menyediakan fasiliats untuk para pemilik Pondok Pesantren menciptakan website yang kredibel. Beberapa syarat yang diperlukan untuk mendaftarkan domain yang satu ini antara lain Surat Keterangan dari Pimpinan Lembaga atau Pondok Pesantren. Selain itu, perlu juga melampirkan KTP Republik Indonesia.

Itulah beberapa keunggulan domain .ID yang akan bisa anda dapatkan. Alasan utama menggunakan website ini adalah kita patut bangga dengan ekstensi domain .ID yang melambangkan negara ini. Anda pun juga bisa menunjukan identitas kepada para pengunjung website dengan lebih baik. Gunakan jasa hosting terpercaya untuk membuat website domain ini.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.