Keunggulan Domain ID

Keunggulan Domain ID

Di dalam website, nama domain yang tepat adalah salah satu elemen yang penting. Dengan nama domain yang tepat, websitemu dapat lebih cepat dikenal orang. Pemilihan ekstensi domain juga harus diperhatikan. Mempertimbangkan keunggulan domain ID bisa jadi solusi. 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan domain .ID. Memilih nama domain yang tepat sangat penting, karena dapat berdampak pada branding dan peringkat website di halaman hasil pencarian. 

Pada artikel ini, kami akan berbagi dengan Sahabat IDwebhost semua tentang keunggulan domain ID. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Domain? 

keunggulan domain ID

Sebelum membahas lebih jauh tentang keunggulan domain ID, kita akan menyegarkan ingatan tentang apa itu domain. Domain adalah sebuah nama unik yang berfungsi sebagai alamat websitemu

Domain digunakan sebagai pengganti alamat IP untuk memudahkan pengguna melakukan pencarian. 

Domain sendiri memiliki format (a,b,c, dan seterusnya), angka (1,2,3, dan seterusnya), dan simbol (-) sebagai nama website. Pilihlah nama domain sesuai dengan pilihanmu. Kamu bisa menggunakan huruf saja, angka saja, atau perpaduan keduanya. 

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Membeli Domain

Sebagai contoh, nama domain Secara umum, ekstensi domain terdiri dari dua jenis. Yaitu Generic Top Level Domains (gTLDs) dan Country Code Top Level Domain (ccTLDs)

Country Code Top Level Domain digunakan untuk ekstensi domain sebuah negara. Contohnya tentu saja .ID, .SG, .US, .UK, dan lain sebagainya. 

Apa itu Domain .ID? 

Keunggulan domain ID

Domain .ID adalah salah satu bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain). Domain yang satu ini dikhususkan untuk website yang berada di kawasan Indonesia. 

Website dengan ekstensi ccTLD, umumnya ditujukan untuk memudahkan pengguna mengenal sebuah negara asal website tersebut. 

ccTLD sendiri sudah digunakan sejak tahun 1985. Dan pertama kali domain level negara ini mengenalkan domain .US (Amerika Serikat), .UK (Inggris Raya), dan .IL (Israel). 

Sedangkan domain .ID sudah ada sejak tahun 1990. Sedangkan penggunaannya mulai banyak pada tahun 1993. 

Lebih dari sepuluh tahun kemudian, tepatnya bulan Mei 2007, segala hal yang berkaitan dengan nama domain .ID diatur oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia). Sebelumnya, pengelola domain Indonesia adalah Kominfo. 

Belakangan, PANDI mengungkapkan jika minat pengguna domain ekstensi Indonesia sudah makin banyak. Dan bukan hanya di Indonesia saja, pengguna ekstensi .ID mulai banyak yang berasal dari luar negeri. 

Keunggulan Domain ID

Keunggulan domain ID

Domain .ID adalah sebentuk rasa cinta pada Indonesia. Namun, tentu bukan itu saja alasan mengapa harus menggunakan domain .ID. 

Berikut adalah keunggulan domain ID yang harus kamu tahu: 

1. Lebih Terpercaya 

Website dengan ekstensi domain .ID memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dari pengguna di Indonesia. 

Mengapa? Karena proses pembuatannya membutuhkan identitas resmi, seperti KTP atau dokumen penting lainnya. 

Jika sudah begitu, pemilik website harus bijak dan tidak boleh sembarangan ketika menyajikan konten. Jika konten tersebut mengandung informasi negatif, seperti penipuan, hal ini bisa langsung ditindak tegas. 

2. Ranking yang Tinggi Mesin Pencari 

Mendapatkan peringkat yang tinggi mesin pencari tentu menjadi salah satu yang didambakan oleh pemilik website. Apalagi jika kamu mengincar pengguna dari Indonesia, penggunaan domain .ID adalah elemen yang penting. 

Dari riset MOZ, ranking website yang menggunakan ccTLD cenderung meningkat. Karena, Google mendeteksi websitemu relevan dengan wilayah tertentu. 

Jadi, jika target audiens adalah orang Indonesia, domain .ID adalah pilihan yang tepat. Google akan menganggap websitemu relevan untuk orang Indonesia. 

3. Lebih Cepat Diakses 

Menggunakan domain .ID bisa meningkatkan kecepatan akses pada website. Karena Domain Name Server (DNS) berasal dari Indonesia, secara otomatis akses ke website menjadi lebih cepat lagi. 

Hal ini berdampak secara langsung memberikan user experience yang bagus untuk pengunjung dan meningkatkan performa SEO website. 

4. Banyak Kuota Domain 

Jika kamu kesulitan menemukan nama domain unik menggunakan ekstensi .COM, menggunakan domain .ID adalah alternatif terbaik. 

Ya, pemilik website dengan domain .COM sudah terlalu banyak dipakai. Sehingga pilihan nama domain jadi lebih sedikit. 

5. Menawarkan Rasa Aman dan Nyaman

Bukan cuma “Si dia”yang bisa menawarkan rasa aman dan nyaman. Domain .ID juga bisa memberikan rasa itu, lho. 

Bagaimana caranya? 

Dengan adanya syarat dokumen legalitas, seperti Kartu Tanda Penduduk untuk menggunakan domain .ID. Jadi jelas, domain .ID dijami sangat aman. 

Apalagi, setiap nama domain sudah terdaftar di PANDI. Sehingga, jika nantinya ditemukan tindakan pelanggaran hukum, PANDI bisa melakukan langkah-langkah pemblokiran. 

Jenis-Jenis Ekstensi Domain .ID

Keunggulan domain ID

Domain .ID juga memiliki ekstensi domain tingkat 2. Yaitu: 

1. .AC.ID

Ekstensi domain yang satu ini umumnya digunakan oleh institusi perguruan tinggi. Untuk Indonesia, sebuah perguruan tinggi harus resmi terdaftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Bisa juga Kementerian Agama untuk institusi pendidikan tinggi berbasis agama. 

2. .SCH.ID

Domain ini umumnya digunakan untuk pendidikan formal, mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA. Ekstensi ini juga bisa digunakan oleh lembaga pendidikan non formal, asalkan lembaga tersebut sudah disahkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) wilayah masing-masing. 

3. .GO.ID

Ekstensi ini khusus digunakan oleh berbagai lembaga dan instansi sipil. Karena itu, domain .GO.ID tidak bisa digunakan pengguna biasa. 

4. DESA.ID 

Sesuai dengan namanya, domain yang satu ini diperuntukkan bagi desa-desa yang ingin memiliki website sendiri. Untuk membangun website desa, perlu mendaftarkan diri ke website domain.go.id yang dikelola oleh Kemenkominfo. 

5. .CO.ID

Salah satu ekstensi domain Indonesia yang sangat populer. Untuk bisa menggunakan ekstensi ini, pendaftar diminta untuk melengkapi beberapa persyaratan. Seperti dokumen kepemilikan merek, surat izin usaha, KTP, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Siklus Masa Aktif Domain yang Perlu Anda Ketahui

6. .MY.ID 

Dari namanya, ekstensi domain .MY.ID diperuntukkan untuk pengguna personal. Maka tak heran, ekstensi domain MY.ID banyak dipakai oleh pengguna yang memiliki blog pribadi. Meskipun, sebenarnya .MY.ID juga dapat digunakan oleh berbagai jenis website. 

7. .WEB.ID 

Serupa dengan .MY.ID, ekstensi .WEB.ID juga bisa digunakan oleh berbagai jenis website. Syarat pendaftarannya juga sangat mudah, cukup melampirkan KTP atau paspor saja. 

Penutup 

Domain Indonesia menjadi pilihan yang tepat untuk hal-hal baik yang sedang kamu lakukan. Itulah tadi berbagai keunggulan domain ID yang harus kamu tahu. 

Beli domain .ID di IDwebhost lebih murah, lho. Daftar dan aktivasinya sangat mudah, cepat, serta harga termurah. 

Jadi, tunggu apalagi, buktikan murahnya domain .ID dari IDwebhost. 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019