Ketahui Manfaat LSI Keyword Untuk SEO
Blog Tips Keren Ketahui Manfaat LSI Keyword Untuk SEO

Ketahui Manfaat LSI Keyword Untuk SEO

Berkeinginan untuk menampilkan konten pada peringkat atas di hasil pencarian merupakan target semua orang. Bisa saja dengan Anda mmebuat sebuah konten yang relevan dengan apa yang tengah dicari oleh siapa saja yang menjadi target audiens Anda. Sehingga, Anda perlu untuk mengetahui Latent Semantic Indexing (LSI) keyword. LSI Keyword ini merupakan factor yang bisa mempertimbangkan mesin pencarian ketika akan menetapkan peringkat situs pada hasil pencarian. Oleh karena itu, pemahaman mengenai LSI Keyword ini dapat Anda manfaatkan agar bisa menaikan peringkat website pada mesin pencari. Selain itu, Anda juga perlu manfaat LSi Keyword untuk SEO.

LSI Keyword

Mengenal LSI Keyword

LSI Keyword merupakan sekumpulan kata ataupun kalimat yang bisa dianggap relevan jika dinilai secara semantic oleh mesin pencari. Contohnya, ketika Anda menulis sebuah konten tentang bulan pada website Anda. Bisa jadi situs Anda muncul dalam hasil pencarian mengenai benda astronomi. Hal tersebut dikarenakan konten yang Anda buat mengandung kata seperti satelit, gerhana, benda langit atupun orbit yang dinilai relevan secara semantic atau LSI keyword dengan kata bulan. Sehingga mesin pencari akan melakukan identifikasi terhadap kata-kata yang relevan secara semantic. Oleh karena itu konten yang Anda buat dapat terhubung dengan satu topic lain yang spesifik.

Cara Kerja LSI Keyword

Sebenarnya, cara kerja LSI tergolong rumit. Dalam praktiknya, LSI memakai rumus matemarika yang sangat komplek untuk digunakan memahami hubungan antar kata. Namun, Anda tidak perlu mengetahui cara kerja LSI secara harfiah. Kurang lebih cara kerja LSI adalah sebagai berikut:

  1. Mesin pencari nantinya akan mencari persamaan dari kata yang sudah Anda pakai. Contohnya, ketika Anda meggunakan kata bulan yang mempunyai dua makna, yaitu bulan satelit dan juga bulan penanggalan.
  2. Kata tersebut dapat diidentifikasikan degan menggunakan kata yang terhubung dengan semantic. Contohnya adalah bulan satelit yang terhubung langsung dengan objek astronomi, orbit dan juga planet. Berbeda dengan bulan penanggalan yang berhubungan langsung dengan Januari, Februari dan juga maret.
  3. Mesin pencari nantinya akan mengelompokkan bulan satelit demikian juga dengan bulan penanggalan ke dalam dua kategori yang berbeda. Selanjutnya, LSI yang digunakan pada konten akan menentukan jenis keyword yang Anda maksud.

LSI Keyword

Tahapan Cara Mencari Keyword LSI

Menggunakan Fitur Autocomplete

Fitur autocomplete mempunyai fungsi agar bisa mempermudah Anda ketika akan melakukan sebuah pencarian. Fitur ini juga bisa memberikan sebuah gambaran mengenai kata yang sering dicari oleh pengguna mesin pencarian, Google. Anda juga bisa menggunakan referensi keyword yang nantinya akan ditampilkan menggunakan Autocomplete yang digunakan sebagai referensi ketika membuat sebuah konten. Anda juga tidak perlu ragu untuk bekreasi dengan berbagai variasi kata ketika sedang menggunakan fitur autocomplete.

Melihat Hasil Pencarian yang Berkaitan

Fitur ini bertujuan agar bisa menunjukan kata-kata ataupun kalimat yang bisa berpotensi terkait dengan topic yang sudah Anda pilih. Sama dengan metode sebelumnya, Anda dapat memanfaatkan kata atau kalimat yang sudah Anda pilih dengan memasukannya ke dalam konten yang akan Anda buat. Sehingga, konten Anda nantinya akan menjadi relevan dengan topic yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Memanfaatkan LSI Keyword tools

Berikut ini beberapa tools agar bisa membantu Anda dalam menemukan LSI Keyword dengan tepat.

LSI Keywords

Salah satu tools gratis yang sangat populer agar bisa mencari LSI Keyword. Selain keyword, terdapat tiga metric yang akan ditampilkan jika menggunakan tools ini diantaranya Monthly Volume merupakan rata-rata jumlah pencarian keyword dalam kurun waktu satu bulan. CPC, merupakan jumlah yang harus Anda bayar oleh pengiklan pada setiap sekali klik yang ada di Google Ads. Competition digunakan untuk mengukur jumlah pengiklan yang mengincar keyword. Variable yang digunakan mulai dari skala 0 sampai dengan 1. Semakin besar angkanya maka semakin besar tingkat persaingannya.

LSI Keyword

Google Keyword Planner

Merupakan tools riset yang dipunyai oleh Google. Fungsi utamanya adalah agar bisa membantu pengguna Google Ads untuk mencari keyword ketika akan membuat iklan. Tetapi, Anda tetap bisa menggunakannya untuk mencari LSI Keyword.

Ubbersuggest

Merupakan salah satu tools riset yang dapat Anda gunakan secara gratis. Dengan menggunakan ubersuggest, Anda tidak hanya bisa melihat volume pencarian bulanan dan tingkat kompetisinya saja. Tetapi bisa juga dengan melihat tren pencarian pada masing-masing LSI yang ada di kolom tren.

Memeriksa Halaman dengan Peringkat Terbaik

Anda sudah pasti akan melihat halaman competitor yang berada pada peringkat teratas pada hasil pencarian. Dan sudah pasti Anda juga ingin mengetahui LSI Keyword yang dipakai agar bisa meraih peringkat tertinggi. Untuk mengetahuinya, Anda juga dapat memanfaatkan tools riset keyword.

Ubersuggest Content Ideas

Tolols ini sangat memungkinkan Anda untuk bisa mencari keyword yang nantinya bisa digunakan pada konten yang akan Anda buat. Karena tools ini bersifat gratis, sehingga banyak sekali batasan dalam penggunaannya. Contohnya Anda tidak dapat melakukan sortir konten yang didasarkan pada jumlah traffic dan backlink. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan checking pada setiap variabelnya.

Ahrefs

Merupakan salah satu tools SEO yang mempunyai fitur lengkap. Tetapi, Anda harus berlangganan agar bisa menikmati kesemua fitur yang ada. Manfaat utama dari Ahrefs adalah sebagai keyword explorer. Fitur ini sangat bisa menampilkan dengan lengkap LSI Keyword yang berhubung dengan satu topic.

Mulai Memperhatikan Google Image Tags

Cara sederhana yang bisa dilakukan dalam menemukan LSI. Anda hanya harus memasukan topic ke Google Image saja. Ketika Anda memasukan kalimat akan muncul beberapa tag karena Google menganggap sebagai relevansi dari topic yang Anda cari. Sehingga, perannya hampir sama dengan LSI Keyword. Anda juga dapat memasukkanya ke dalam konten yang akan Anda buat agar bisa membantu meningkatkan relevansi terhadap topic yang Anda pilih.

LSI Keyword

Manfaat LSI Keyword untuk SEO

Dengan menyisipkan LSI pada konten Anda akan dapat meningkatkan relevansi. Maka secara otomatis, konten yang Anda buat akan jauh lebih relevan karena mempunyai kesempatan yang jauh lebih besar untuk mempunyai peringkat yang tinggi. Selain bisa memasukan LSI pada konten Anda, juga bisa memasukan title tags, heading, meta description dan juga image alt text. Cara tersebut bisa dikatakan sebagai praktik dari on-page SEO. Fungsinya agar bisa mengoptimalkan factor apapun yang ada dalam sebuah konten. Tentunya agar lebih mudah dalam pengidentifikasian yang dilakukan oleh mesin pencari. LSI juga bisa membantu google dalam menemukan situs yang relevan agar bisa ditampilakn pada hasil pencarian. Tentunya dengan memanfaatkannya konten Anda akan jauh berpotensi untuk naik peringkat pada halaman hasil pencarian.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.