Kesalahan di Media Sosial Memberi Dampak Negatif Bagi Bisnis
Blog Tips Keren

Kesalahan di Media Sosial Memberi Dampak Negatif Bagi Bisnis

Media sosial merupakan salah satu tool penting yang tidak bisa dihindarkan dari kehidupan kita sehari-hari. Karena sosial media kehadirannya sangat penting di dalam berbagai aspek kehidupan mulai dari entertainment atau hiburan, sosial, politik, budaya, hingga bisnis. Namun, kesalahan di media sosial bakal berakibat memberi dampak negatif bagi bisnis.

Khusus dalam dunia bisnis, media sosial saat ini tengah sangat marak dijadikan sebagai tool marketing. Karena tidak bisa dipungkiri, media sosial memiliki kemampuan yang sangat luas untuk bisa menjangkau banyak orang. Selain itu, melalui media sosial anda juga bisa mengembangkan bisnis konvensional anda ke ranah online. Hmm, sangat menarik bukan?

Tapi anda harus berhati-hati dalam melakukan kegiatan marketing melalui media sosial ini. Karena tidak jarang banyak terjadi kesalahan yang bisa memberi dampak negatif pada bisnis anda secara keseluruhan. Dan pada artikel ini kami akan membahas hal tersebut secara mendalam. Namun sebelum menuju kesana, akan lebih penting jika anda memahami terlebih dahulu apa itu sosial media.

 

Kesalahan di Media Sosial
idwebhost

Media Sosial Adalah

Media sosial atau yang sering disalahtuliskan sebagai sosial media adalah sebuah media daring, dimana para penggunanya bisa dengan sangat mudah untuk berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia saat ini.

Dikutip dari Wikipedia, Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content

Media sosial sendiri memiliki klasifikasi karena teknologi media sosial mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan berbagai macam teori di dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi bagi segala macam jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial yaitu :

Proyek kolaborasi

Situs web mengizinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, mengedit, ataupun menghapus segala jenis konten yang ada di situs web dalam klasifikasi ini. Contohnya wikipedia.

Blog dan microblog

Di jenis media sosial yang satu ini, pengguna akan lebih bebas untuk bisa mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat, tulisan bebas, tulisan tentang hobi atau kegiatan favorit hingga mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya Twitter, Blogspot, WordPress.

Konten

Para pengguna dari situs web ini bisa saling meng-share berbagai macam konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain-lain. Website media sosial yang satu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki pemikiran kreatif. Contoh website jenis ini adalah YouTube.

 

Kesalahan di Media Sosial
idwebost

Situs jejaring sosial

Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dan berkomunikasi dengan orang lain entah orang yang anda kenal ataupun tidak. Informasi pribadi itu bisa seperti foto-foto. contoh media sosial ini adalah facebook, instagram.

Virtual game world

Dunia virtual, di mana mengreplikasikan lingkungan 3D, di mana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar unik yang diinginkan dan bisa berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contoh media sosial jenis ini adalah game online.

Virtual social world

Dunia virtual yang di mana penggunanya merasa seperti hidup di dunia virtual, sama layaknya seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan yang bisa anda imajinasikan contohnya second life. Oke tanpa basa – basi lagi, berikut beberapa kesalahan di media sosial yang bisa memberikan dampak negatif pada bisnis anda.

BACA JUGA: Blog Diterima Google Ads? Ini Rahasianya!

 

Kesalahan di Media Sosial yang bisa memberi dampak Buruk bagi bisnis Anda

1. Cuma Membagikan Konten Tentang Produk atau Perusahaan

Media sosial bisnis memang memiliki tujuan untuk menyampaikan produk anda kepada audiens. Namun, kita juga perlu memberikan konten ringan supaya audiens tidak bosan dan jenuh. Misalnya, membuat tips & trick ringan yang bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya jika Anda menjual produk skin care, maka Anda bisa menyajikan tips merawat kulit wajah, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan giveaway, diskon atau berita seputar hal – hal terkini tentang dunia skin care yang akan menarik minat audiens anda.

2. Mengabaikan atau Mengacuhkan Pelanggan

Media sosial adalah tempat dimana pelanggan bisa berkomunikasi dengan kita di posisi penjual. Di sinilah tempat mereka mencari tahu tentang produk anda lebih jauh lagi sebelum memutuskan untuk membeli. Jika ada komentar yang masuk, usahakan agar tim Customer Care anda bisa segera membalasnya secepat mugkin. Semakin cepat respon kepada pelanggan, kredibilitas Anda akan semakin meningkat. Dan yang paling fatal adalah jika anda mengabaikan audiens terlalu lama dalam kondisi kebingungan, makan bisa-bisa mereka akan kabur dan memilih kompetitor atau perusahaan saingan Anda. Hmm tidak mau hal ini menjadi nyata bukan?

3. Jarang Update Konten di Media Sosial

Kesalahan di Media Sosial yang bisa memberi dampak negatif bagi bisnis anda ketiga adalah jarang sekali untuk melakukan update konten di media sosial. Seperti halnya media sosial pribadi milik Anda yang update foto setiap saat, brand Anda juga harus sering muncul di hadapan khalayak untuk meraih brand awareness. Oleh karena itu, media sosial harus selalu di update dengan bermacam konten segar. Jangan sampai Anda berikan jeda yang terlalu jauh antara satu postingan dengan postingan lainnya karena akan membuat audiens jenuh. Cukup satu sekali sehari agar pengikut Anda semakin aware dan bertambah.

 

Kesalahan di Media Sosial
idwebhost

 

4. Tidak melakukan pendekatan dengan Followers atau audiens

Memang tidak salah bahwa bisnis ujungnya selling atau penjualanNamun, para pelaku bisnis di masa kiniseringkali lupa bahwa media sosial tak hanya untuk beriklan tentang produk. Tapi juga sebagai media untuk membangun hubungan yang dekat dengan pelanggan. Kita juga perlu memahami kebutuhan mereka, menggali insight, serta berusaha mewujudkan apa yang mereka butuhkan.

5. Sering Typo dan Salah Eja

Kesalahan di Media Sosial yang bisa memberi dampak buruk bagi bisnis yang terakhir adalah sering typo. Kesalahan sedikit saja di media sosial bisa berdampak buruk. Misalnya, penulisan dalam bahasa asing yang keliru atau kesalahan EYD. Usahakan zero mistake agar pelanggan tidak kabur dan hilang kepercayaan karena anda terlalu sering salah.

Nah itu dia Kesalahan di Media Sosial yang bisa memberi dampak negatif bagi bisnis anda. Untuk meningkatkan performa bisnis anda lebih baik lagi, yuk buat website dengan domain dan hosting paling murah di IDwebhost.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.