Kelebihan iOS 12 dan Tips Updatenya
Blog Tips Keren Kelebihan iOS 12 dan Tips Updatenya

Kelebihan iOS 12 dan Tips Updatenya

Sekitar tahun lalu, tepatnya mungkin sekitar bulan September 2018 ke atas, Apple baru saja merilis banyak produk baru mereka seperti misalnya Iphone Xs, Xs Max, Apple watch 4 dan lain sebagainya. Nah, setelah merilis produk baru, Apple kemudian juga merilis update iOS 12. Dimana Update itu sekarang sudah bisa kalian nikmati baik itu di Iphone, iPad, atau pun di iPod Touch. Tepatnya update tersebut muncul sejak tanggal 18 September 2018. Sepertinya kita tak perlu menjelaskan sama kamu semua soal apa itu iOS kan? Kalian pasti semua sudah tahu. Nah, sekarang kita justru ingin membahas atau mungkin sedikit mengingatkan lagi kelebihan iOS 12 dan juga bagaimana cara updatenya agar aman. Terkesan terlambat? Tentu tidak, karena pasti ada di antara kalian di sana yang menggunakan Apple tapi masih memakai iOS 11 karena takut dengan update tersebut.  Sebelum berpikir lebih jauh, kita bedah dulu nih beberapa kelebihan iOS 12.

Kelebihan iOS 12

Update terbaru iOS 12 ini memiliki banyak kelebihan dibanding generasi sebelumnya. Apa saja kelebihannya?

Performa Yang Lebih Cepat

Kelebihan iOS 12 yang pertama adalah performanya yang lebih cepat. Tentu saja ia lebih cepat dari pendahulunya. Operating system ini memiliki performa yang diklaim lebih cepat dari pendahulunya. Hal ini sudah dibuktikan oleh para pengguna yang telah menggunakan versi betanya sebelum diluncurkan tahun lalu. Kalau kita melihatnya sekarang, tentu juga akan terasa sama. Akan terasa lebih cepat performanya, karena kita sekarang sudah tidak menggunakan versi beta lagi untuk tester, tapi sudah versi aslinya. Berdasarkan penjelasan para ahli, algoritma pada iOS 12 ini dibuat dengan lebih baik dan bisa merepson masukan atau pun perintah dengan jauh lebih cepat.  Bagaimana menurut kalian? Apakah memang performa dari iOS 12 ini lebih cepat dari yang versi 11? Atau kalian punya pendapat yang lain? Karena sudah mencobanya dan menyesal?

 

Kelebihan iOS 12

Fitur Baru dan Lengkap

Tentu saja! Namanya update pasti memiliki fitur yang jauh lebih baru dan lebih lengkap. Nah, ini salah satu kelebihan iOS 12 yang menarik untuk dibahas. Dulu, ketika ia belum keluar, banyak orang menunggu update ini karena menanti fitur baru seperti apa yang akan diberikan oleh Apple pada operating systemnya yang baru ini? Ternyata Apple memang memberikan fitur yang banyak, baru dan lengkap. Fitur baru dari operating system ini antara lain ada group notification, memoji, Siri Shortcut, ARKit, dan juga banyak fitur menarik lainnya. Selain banyak fitur baru, iOS 12 ini juga bisa menjalankan aplikasi dan Game AR dengan jauh lebih baik dari versi sebelumnya. Gimana? Bener nggak kalau iOS 12 udah ngasih fitur baru yang lengkap? Bagaimana menurut kalian yang udah menggunakan?

BACA JUGA: Pengertian dan Manfaat Etika Bisnis

Memberikan Pengalaman Teknologi Baru

Selain soal fitur yang lengkap dan baru, performa yang bagus, kelebihan iOS 12 yang lain adalah kemampuannya memberikan pengalaman teknologi baru. Kenapa pengalaman teknologi terbaru itu penting? Tentu saja! Contoh kecil, kamu menggunakan memoji, itu ada sebuah pengalaman baru yang pastinya menyenangkan. Belum lagi kalau kamu menggunakan perangkat Apple yang lain. Pasti akan semakin dimanjakan dengan berbagai fitur dan kelebihan yang membuatmu mendapatkan pengalaman teknologi yang terbaru.

Kita sudah bahas kelebihan iOS 12. Mungkin terkesan tidak banyak, tapi percayalah, ketika kamu akhirnya mengupdate, kamu akan merasakan banyak kelebihan lain. Belum lagi update iOS 12 yang sekarang sudah masuk ke iOS 12.2, dimana iOS ini semakin sempurna dan kesalahan-kesalahan di tipe sebelumnya sudah diperbaiki. Belum lagi sekarang sudah muncul rumor iOS 13 dengan berbagai macam fitur menarik lainnya.

Kelebihan sudah, sekarang waktunya untuk kasih tahu kalian semua bagaimana caranya untuk update ke iOS 12.

 

Kelebihan iOS 12

 

Cara Update iOS 12

Ini adalah beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelum kamu mengupdate iOS 11 mu ke iOS 12. Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mengecek perangkat yang kamu pakai. Kamu harus memastikan bahwa perangkat Apple yang kamu pakai itu support dengan iOS 12. Pasalnya, untuk kamu yang belum tahu, ada beberapa perangkat yang tidak support dengan iOS 12. Seperti misalnya seri di bawah iPhone 5s. Lalu juga iPad di bawah iPad Mini 2, dan iPod Touch hanya untuk generasi keenam saja. Kamu harus memperhatikan hal tersebut. Karena jangan sampai kamu sudah sangat berharap mau update, ternyata perangkatmu tidak siap.

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah lakukan perlahan dan jangan lupa untuk melakukan back up. Ini merupakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan fitur backup di iTunes atau pun iCloud untuk menyimpan semua data yang penting agar jangan sampai hilang ketika melakukan upgrade. Kan banyak orang yang tidak berani upgrade karena takut datanya akan terhapus, padahal kalau dilakukan dengan cara yang baik dan benar ia tidak akan kehilangan data.

Hal ketiga yang harus kamu lakukan juga adalah ingat passcode lock dan juga akun apple ID mu. Kamu harus memastikan kalau kamu punya passcode lock dan juga akses akun Apple ID yang benar. Hal ini sangat dibutuhkan untuk kembali masuk ke perangkatmu nanti. Jangan sampai lupa, nanti kamu tidak bisa mengakses perangkatmu dan repot. Karena kamu harus datang ke Apple Center dan hal-hal merepotkan lainnya.

Pastikan juga kamu memiliki koneksi yang stabil. Karena biasanya ukuran file iOS 12 ini cukup besar, bisa sampai 2 GB atau lebih, maka disarankan untuk menggunakan koneksi wifi. Atau setidaknya koneksi apapun yang stabil. Karena kalau tidak stabil, kamu akan menunggu lama, atau hal terburuk adalah akan terjadi corrupt. Jadi pastikan ada koneksi yang bagus dulu ya!
Kemudian jangan malah untuk mengupdate aplikasi lain. Karena biasanya ketika kamu sudah upgrade ke iOS 12, akan ada beberapa aplikasi yang minta di update karena upgrade-an terbarunya sudah mendukung iOS 12.

 

Kelebihan iOS 12

 

Selain itu jangan lupa untuk membersihkan aplikasi yang tidak terpakai. Karena itu hanya akan memenuhi saja. Sekedar pengetahuan, file iOS 12 kan cukup besar, kalau ada aplikasi yang tidak berguna, maka akan memenuhi space dan bisa membuat perangkatmu jadi lelet. Pertahankan yang berguna saja.

Nah, itu tadi beberapa tips sebelum melakukan update iOS 12. Sebenarnya, kamu mungkin bisa jadi akan takut dan parno pada update iOS dengan berbagai macam alasan. Tapi seharusnya kamu juga tahu bahwa yang namanya upgrade itu menaikkan kelas. Pasti ada perbaikan yang berguna untukmu. Jadi jangan terlalu kolot jadi orang, karena nyaman dengan iOS sebelumnya, nggak update sampek udah iOS 20. Kolot boleh, tapi jangan ketinggalan jaman ya! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!