Kelebihan dan Kekurangan Zend Framework
Blog Tips Keren Kelebihan dan Kekurangan Zend Framework

Kelebihan dan Kekurangan Zend Framework

Sebelum anda mengenal zend framework. Anda harus mengetahui dahulu apa itu dan fungsi dari framework itu sendiri. Untuk framework sendiri itu terbagi dua yaitu ada framework PHP dan ada juga framework CSS. Dalam artikel ini kamu akan membahasnya yaitu salah satu jenis framework dari framework PHP yaitu Zend Framework.

Tetapi sebelum itu akan kami jelaskan dahulu bagi yang belum tahu tentang apa itu framework. Berikut Penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Zend Framework

Pengertian Framework

Jika anda adalah seorang programmer. Anda tidak perlu memulai dari awal ketika anda memiliki alat yang dirancang untuk membantu anda dengan proyek anda. Framework adalah perangkat lunak yang dikembangkan dan digunakan oleh pengembang atau developer programmer untuk membangun aplikasi.

Karena sering dibangun, diuji dan dioptimalkan oleh beberapa insinyur dan programmer yang berpengalaman, softaware framework menjelma menjadi sebuah software yang serba guna, kuat, dan efisien. Menggunakan software framework untuk mengembangkan aplikasi memungkinkan anda fokus pada fungsionalitas dari aplikasi yang sedang anda buat dan biasanya aplikasi tingkat tinggi. Hal ini disebabkan karen tiap fungsionalitas tingkat rendah dilakukan oleh framework itu sendiri.

Kenapa harus memakai Framework?

Mengembangkan sebuah software adalah proses yang sangat kompleks. Ini memerlukan sejumlah besar tugas, termasuk coding program, design program dan uji coba. Untuk hanya bagian pengkodean, programmer harus menangani sintaks, deklarasi, pengelolaan sampah, pernyataan, pengecualian dan banyak lagi.

Software framework membuat pekerjaan developer lebih mudah dengan memungkinkan mereka untuk mengendalikan seluruh proses pengembangan software yang sedang mereka buat atau sebagian besar. Hanya dari satu platform saja.

Keuntungan menggunakan Software Framework antara lain:

  1. Membantu praktik serta pembuatan program yang lebih baik dan penggunaan pola desain yang sesuai.
  2. Kode lebih aman.
  3. Kode duplikat dan redundan dapat dihindari.
  4. Membantu mengembangkan kode secara konsisten dengan lebih sedikit bug.
  5. Membuatnya lebih mudah untuk bekerja pada teknologi canggih.
  6. Seseorang dapat membuat software framework mereka atau berkontribusi pada framework team dengan sumber terbuka. Oleh karena itu, ada peningkatan berkesinambungan dalam fungsi.
  7. Beberapa segmen kode dan fungsionalitas adalah pra-dibangun dan pra-diuji. Ini membuat aplikasi lebih andal.
  8. Menguji dan men-debug kode jauh lebih mudah dan dapat dilakukan bahkan oleh pengembang yang tidak memiliki kode.
  9. Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi berkurang secara signifikan.

Nah jika anda sudah paham dan punya gambaran tentang framework. Dan kami rasa pun anda sudah sering mendengar tentang framework juga. Sekarang lanjut ke pembahasan tentang Zend Framework. Berikut penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Zend Framework

Pengertian Zend Framework

Zend framework adalah sebuah framework yang bersifat open source untuk membangun dan mengembangkan sebuah aplikasi web dengan PHP. Struktur dan komponen dari software zend framework sendiri bisa di bilang agak unik. Karena setiap komponen telah diatur dengan beberapa fitur pada komponen lainnya. Zend framework juga sangatlah fleksibel, dan arsitektur designnya bisa ditambah sehingga memungkinkan pengembang untuk menggunakan komponen secara individual atau yang sering kita sebut dengan istilah Use At Will desain.

Nah setelah anda tahu mengenai apa itu zend framework. Selanjutnya anda perlu mengetahui kenapa harus memakai zend framework.

Alasan menggunakan Zend Framework

Zend Framework atau lebih dikenal sebagai ZF. Telah membawa perubahan luar biasa di dunia pengembang PHP. Berbeda dengan platform pengembangan situs web tradisional. Zend memungkinkan pembuatan solusi berbasis PHP dan aplikasi web yang kuat. Saat ini Zend adalah salah satu kerangka pengembangan web paling populer yang digunakan di seluruh dunia untuk membuat situs web yang interaktif dan kuat dan itu bukan tanpa alasan yang kuat. Ada sejumlah fitur bermanfaat yang membantu programmer membuat kode lebih baik. Fitur yang dimaksud termasuk:

  •  Extended classes

ZF adalah platform berorientasi objek sepenuhnya dan akibatnya menggunakan banyak konsep OO berorientasi objek termasuk antarmuka dan inheritance. Ini memungkinkan pengembang untuk memperluas komponennya ke tingkat yang baik. Lebih lanjut, ini membantu pengembang dalam mengimplementasikan versi dan variasi mereka ke masing masing komponen individual tanpa meretas basis kode. Kustomisasi seperti ini membawa keunikan pada setiap proyek.

  • Kebaikan orientasi objek

Saat bekerja dalam framework Zend, semuanya perlu dilihat dan digunakan sebagai objek. Namun, ini juga memiliki kelemahan seperti membuat pengkodean lebih rumit. Namun, itu memberikan keunggulan dengan membuat kode dapat digunakan kembali. Namun, jarang pengembang mengulang kode mereka dan ini membuatnya menjadi pilihan yang baik.

  • Zend Framework Dapat melakukan banyak hal

Zend mengintegrasikan banyak komponen mulai dari otentikasi pengguna hingga kontrol akses ke sumber daya. Demikian pula, mudah untuk mengintegrasikan umpan RSS dan membuat formulir.

  • No model implementation

Ini adalah alasan mengapa beberapa progammer tidak menggunakan software framework Zend dan sedangkan beberapa yang lain menyukainya. Kurangnya implementasi model memberikan pengembang fleksibilitas untuk menggunakan elemen apa pun untuk mencapai hasil akhir. Tidak ada hambatan untuk melakukan implementasi yang sudah rumit.

  • Standar dan pedoman

Setiap kontributor harus menandatangani Perjanjian Lisensi Kontribusi (CLA) dan setiap kode harus mematuhi Standar Pengkodean umum. Ini membuat setiap kode sangat kualitatif, teruji dan mudah dibaca.

  • Praktek pengembangan yang dilakukan dengan tes

Pengembang diminta untuk menulis tes untuk kode mereka untuk membuatnya lebih mudah untuk bertukar kode, refactor, membuat daftar putih input dan output serta memikirkan kasus yang muncul secara potensial.

  • Documentation and Community

Karena kompleksitas yang tinggi, ZF mengintegrasikan kurva belajar yang sulit. Namun, dokumentasi dan komunitas yang serba meluas memudahkan pelajar untuk memahami platform.

  • Zend Framework Certifications

Akhirnya, ZF mungkin adalah salah satu dari beberapa platform yang menawarkan Sertifikasi Zend Framework dan Sertifikasi PHP. Ini tentu akan memotivasi progammer muda dan yang baru muncul untuk mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi yang akan membantu membangun portofolio mereka.

Kekurangan dalam Zend Framework

Jika ada kelebihan dari Zend Framework, Pastilah ada kekurangannya berikut merupakan kekurangan dari Zend Framework jika anda masih belum memulai atau pemula:

  1. Tidak mendukung PHP4.
  2. Manual yang ada kurang mengakomodasi kebutuhan.
  3. Performanya relatif lambat mungkin karena banyaknya elemen yang tersedia.
  4. Framework ini sangatlah cocok untuk orang dengan skill PHP yang sudah sangat tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Zend Framework

Penutup

Bagi anda yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang anda jalani saat ini. Ada banyak jasa pembuatan website yang bisa Anda manfaatkan jasanya yang menawarkan website dengan harga terjangkau, salah satunya adalah IDwebhost.