Kelebihan dan Kekurangan Webuzo Yang Wajib Diketahui
Blog Tips Keren Kelebihan dan Kekurangan Webuzo Yang Wajib Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Webuzo Yang Wajib Diketahui

Bagi para pengelola website, mencari panel hosting yang tepat itu ibarat mencari jodoh. Tak hanya untuk sementara, tentu orang mengharapkan bisa hidup selamanya bersama jodohnya. Begitu juga dalam memilih panel kontrol. Seorang pemilik website tentu ingin panel kontrol yang digunakannya akan sanggup mengorganisasi kebutuhan sebuah website. Akan sangat merepotkan jika Anda merasa sudah tak cocok lagi menggunakan sebuah panel kontrol lalu ingin berpindah pada lainnya. Tentu Anda harus melakukan migrasi untuk memindahkan semua data yang Anda miliki ke panel kontrol yang baru. Dan proses ini tentu saja akan cukup memakan waktu. Oleh karena itu penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu panel kontrol. Di artikel ini akan dijabarkan tentang kelebihan dan kekurangan Webuzo secara umum.

Kelebihan dan Kekurangan Webuzo

Kelebihan Webuzo

Pertama kali yang kita bahas adalah kelebihan Webuzo. Akan ada beberapa alasan mengapa Webuzo sangat patut untuk dipilih sebagai control panel yang akan Anda gunakan. Kelebihan itu antara lain:

Kemudahan penggunaan

Salah satu alasan mengapa seorang pemilik atau pengembang website dalam memilih panel control adalah faktor kemudahan penggunaan. Beberapa pengguna mempertimbangkan kecepatan dan seberapa besar sumber daya yang digunakan. Dan memang diakui bahwa Webuzo banyak digunakan karena kecepatan, dan tentunya juga mampu mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ramah.

Dukungan Aplikasi Open Source yang beragam

Seperti yang kita ketahui bahwa Softaculous adalah salah satu auto installer yang paling banyak digunakan. Dan karena Webuzo dikembangkan oleh Softaculuous maka tak heran Webuzo memiliki dukungan aplikasi bersifat open source yang melimpah. Semua aplikasi yang terdapat di Softaculous bisa digunakan dengan mudah dan tentunya akan sangat memudahkan pengguna untuk melakukan kustomisasi. Tidak banyak control panel yang memiliki dukungan selengkap Webuzo.Kemudahan Kustomisasi

Memiliki dukungan aplikasi berbasis open source tak akan ada artinya jika sulit untuk melakukan kustomisasi dan integrasi pada server. Webuzo dapat dengan mudah diintgrasikan dengan server Anda menggunakan Webuzo API. Jika Anda menghadapi kesulitan dalam proses tersebut, Anda bisa menghubungi tim support dimana Anda berlangganan hosting yang akan membantu Anda dalam proses integrasi.

Eksklusivitas

Harus diakui atau tidak, Webuzo sepertinya menawarkan ekslusivitas untuk para penggunanya. Hal ini bisa langsung terlihat pada deskripsi dari Webuzo bahwa mereka adalah single user control panel yang bertujuan mengarahkan penggunanya untuk focus dengan websitenya alih-alih disibukkan dengan kegiatan maintenance. Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi Anda yang tidak ingin setiap hari khawatir akan kemungkinan ganngguan yang terjadi pada website Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Webuzo

Kemudahan Manajamen Aplikasi

Webuzo datang dengan built-in Softaculous auto installer yang akan memudahkan Anda dalam melakukan proses instalasi aplikasi pada server dan bagian lainnya. Sebagai pengguna, Anda tinggal duduk manis ketika Webuzo melakukan instalasi script atau aplikasi pada server Anda. Manajemen aplikasi ini tak hanya tentang proses instalasi semata. Anda juga bisa melakukan proses backup, restore, mengedit instalasi, proses upgrade, dan masih banyak kemampuan powerful lainnya.

Manajemen Server Andal

Mengatur domain, FTP, dan lain sebagainya akan sangat menguras waktu. Oleh karena itu Webuzo menjadi control panel multi fungsi yang juga bekerja sebagai tool server management untuk memudahkan penggunanya. Tampilan antarmukanya yang simple sangat memudahkan untuk melakukan manage domains, DNS records, MX records, dan lain sebagainya.

Kekurangan Webuzo

Selain memiliki kelebihan, sebuah panel control tentu saja tak lepas dari kekurangan. Akan ada hal yang dikorbankan untuk menunjang kelebihan yang menjadi trademark sebuah control panel. Berikut ini daftar kekurangan Webuzo yang patut Anda ketahui.

Tidak Bisa menjual kembali hosting

Seperti pengertian Webuzo di awal tulisan ini, bahwa Webuzo adalah single user control panel untuk mengelola website. Maka dari itu, Anda tidak bisa menjual kembali hosting menggunakan panel ini. Karena itulah salah satu penyebab mengapa banyak orang yang bahkan belum pernah mendengar tentang Webuzo.

Keterbatasan Platform

Webuzo memang merupakan sebuah panel control yang berbasis cloud. Oleh karena itu, Webuzo tidak dapat diinstal pada beberapa platform. Antara lain pada MacOS, Windows, Mobile iOS Native, dan Mobil – Android Native. Bagi beberapa orang, hal ini akan menjadi masalah tersendiri karena harus dalam kondisi online untuk melakukan pemantauan.

Kelebihan dan Kekurangan Webuzo

Komunitas pengguna yang masih kecil

Dibandingkan dengan beberapa control panel lain seperti cPanel dan Plesk, Webuzo belum memiliki dukungan komunitas sebesar dua panel kontrol populer tersebut. Meskipun rentang pengguna Webuzo tergolong luas, komunitas mereka masih belum banyak tersebar. Seharusnya hal ini mendapat perhatian dari Webuzo untuk menarik semakin banyak orang untuk menggunakannya.

Minimnya dukungan komunitas ini sejalan dengan terbatasnya informasi untuk pengguna awam yang ingin mempelajari tentang Webuzo. Untuk mempelajari bagaimana Webuzo, yang tersedia saat ini selain forum yang dimiliki oleh Webuzo, hanya dari halaman Documentation. Tentu akan menyulitkan pengguna yang mencari informasi seputar hosting ini.

Server management tidak lengkap

Dibandingkan dengan beberapa panel populer lain, manajemen server Webuzo tergolong minim. Fitur-fitur manajemen server yang seharusnya ada di sebuah panel control antara lain CPU Monitoring, Patch Management, User Activity Monitoring, juga Credential Management. Selain itu juga harus ada fitur email monitoring, History Tracking, Scheduling, Virtual Machine Monitoring, Database Server, dan Event Logs.

Dari semua fitur yang seharusnya berada di sebuah control panel tersebut, yang ada di Webuzo adalah Database Server dan Event Logs. Tidak selengkap, katakanlah pesaingnya seperti cPanel dan Plesk.Bagi beberapa orang, fitur tersebut mungkin sangat esensial keberadaannya, sehingga akan membuat mereka berpilir kembali untuk menggunakan Webuzo.

Kesimpulan

Webuzo merupakan salah satu panel kontrol yang yang sedang berkembang penggunanya. Karena itu sangat penting untuk mengetahui segala kelebihan dan kekurangan Webuzo. Seperti disebutkan diatas, Webuzo pada satu sisi memang menawarkan keunggulan berupa eksklusivitas yang tak akan Anda temukan pada panel kontrol lain. Di satu sisi, kekurangan yang dimiliki oleh Webuzo juga harus menjadi catatan untuk Anda saat akan memilih kontrol panel ini untuk website.

Demikianlah artikel tentang kelebihan dan kekurangan Webuzo yang harus Anda ketahui. Semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat untuk Anda. Apabila masih ada hal lain seputar website yang ingin Anda tanyakan, jangan ragu untuk menghubungi tim IDwebhost melalui semua kanal informasi yang tersedia. Ingin membuat website murah dan berkualitas? IDwebhost saja.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis