Kelebihan dan Kekurangan Adobe XD yang Wajib Kamu Pahami
Blog Tips Keren Kelebihan dan Kekurangan Adobe XD yang Wajib Kamu Pahami

Kelebihan dan Kekurangan Adobe XD yang Wajib Kamu Pahami

Jika Kamu ingin membuat desain aplikasi dan website salah satu tools yang harus kamu tahu adalah tools rilisan Adobe, yaitu Adobe Experience Design, atau yang lebih dikenal dengan Adobe XD. Kemunculan Adobe XD seolah menjadi jawaban atas permasalahan yang dialami desainer zaman dulu. Ya, dulu, untuk mendesain sebuah aplikasi, desainer menggunakan aplikasi seperti Illustrator dan Photoshop. Padahal, kedua tools tersebut tidak didesain untuk membuat aplikasi. Dan sejak pertama kali muncul pada tahun 2016, Adobe XD telah menjadi favorit para UI dan UX designer. 

Oleh karena itu pada artikel kali ini, Kami akan mengajak kamu, Sahabat IDwebhost mencari tahu lebih banyak tentang apa itu Adobe XD, berikut kelebihan dan kekurangan Adobe XD. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Mengenal Adobe XD

Apa itu Adobe XD? Untuk kamu yang selama ini menggeluti desain mungkin lebih akrab dengan Photoshop. Sehingga kurang familiar dengan Adobe XD. Seperti namanya, Adobe XD adalah tools gratis yang populer digunakan untuk desain UI/UX. Tak hanya UI/UX, Adobe XD juga dapat digunakan untuk melakukan prototyping berbagai platform. Mulai dari website, ponsel, tablet, dan lain banyak lagi lainnya. 

Adobe XD menawarkan banyak pilihan dan memiliki tampilan antarmuka yang intuitif. Selanjutnya, mari sebentar membahas tentang fitur-fitur keren yang dimiliki oleh Adobe XD. 

Fitur-Fitur yang Dimiliki Adobe XD 

UI Kits

Fitur pertama yang dimiliki oleh Adobe XD adalah UI Kits. UI Kits akan memudahkan kamu untuk membuat aplikasi dan prototyping lebih cepat. Kamu bisa mengaksesnya via menu File > Buka Kit UI

Kit ini akan memberimu akses ke elemen UI standar, yang ditemukan di setiap platform. Kamu bisa memvisualisasikan tampilan aplikasi di platform aslinya. Penggunaan elemen UI standar ini dapat menghemat waktumu saat membuat prototipe desain. 

Repeat Grid

Buat satu atau dua objek, lalu pilih objek dan aktifkan repeat grid. Kamu bisa mengulangi objek yang ada di sumbu X dan sumbu Y. Kamu bisa menyesuaikan jarak antara objek dan menyesuaikan tampilan objek sebagai kelompok atau individual. 

Baca Juga : Kumpulan Template Blogger Responsive dan Gratis

 Symbols

Dalam Adobe XD, simbol memiliki cara kerja yang sangat mirip dengan Ilustrator. Kamu bisa menjadikan objek sebagai simbol. 

Creative Cloud Libraries

Sebagai pengguna Creative Cloud, Adobe memberikan akses pengguna Adobe XD untuk mengakses aset seperti warna, gaya, karakter, gambar, dan elemen lainnya. 

Prototype

Setelah selesai mendesain semau artboard, mungkin kamu ingin melihat bagaimana aplikasi buatanmu bekerja. Klik tab Prototipe di sudut kiri atas, dan kamu bisa membuat tautan antar artboard. 

Preview

Setelah menautkan semua artboard, kamu bisa mengklik tombol play untuk melihat pratinjau aplikasi. 

Export Assets

Ketika sedang merancang aplikasi, Kamu perlu untuk mengekspornya dan membagikan dengan pengembang. 

Kelebihan dan Kekurangan Adobe XD

Kelebihan Adobe XD

Adobe XD memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya banyak digunakan oleh para profesional di bidang UI/UX. Berikut adalah beberapa diantaranya: 

Ekspor Artwork, Asset, dan Artboard

Kelebihan pertama Adobe XD adalah kemampuannya untuk mengekspor gambar dan desain dalam format PNG dan SVG. Pengguna juga bisa mengkonfigurasikannya untuk Android, iOS, web, atau pengaturan khusus yang bisa disesuaikan. 

Ekspor seluruh artboard atau elemen individual. Bagikan aset dan artboard tersebut dengan mengekspornya sebagai file PDF individual. 

Prototype Management

Kelebihan selanjutnya adalah prototype management. Pengguna bisa membuat beberapa URL dari file yang sama, untuk dibagikan pada berbagai jenis versi prototipe. Bagikan prototipe dalam jumlah yang tidak terbatas dan mudah diakses dari manapun. 

Typography Styling 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Adobe XD adalah gaya tipografi yang sangat kaya. Buatlah gaya teks dengan kontrol yang preisisi, untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan Adobe XD, kamu juga bisa dengan mudah menyesuaikan elemen tipografi. Seperti font, jenis huruf, ukuran, margin, hingga spasi karaker dan spasi baris. 

Kamu juga bisa mengubah tampilan teks dengan cara yang sama, seperti ketika kamu mengubah elemen lain di Adobe XD. Seperti opacity, fill, background, efek blur, dan border. 

Copying From Other Design Apps

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Adobe memiliki aplikasi untuk desain lain seperti Photoshop, Illustrator, dan lain sebagainya. Kabar baiknya adalah, Kamu bisa membuat copy paste desain dari perangkat lunak tersebut, dalam proyek yang sedang Kamu buat. 

Blur Effects

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Adobe XD adalah blur effects. Blur effects mengaburkan objek tertentu, atau seluruh latar belakang dengan cepat. Efek blur dapat mengubah titik fokus desain kamu, dan memberikan kedalaman dimensi. 

Audio Playback 

Dengan Adobe XD Kamu juga bisa menambahkan suara ke prototipe dengan tindakan baru, yang memungkinkan kamu memutar efek suara dan file audio lainnya, sebagai respon terhadap pemicu.

Share Mode

Dengan share mode, Kamu bisa mendapatkan umpan balik. Kamu bisa membagikan pekerjaan, bagikan dengan developer, dan masih banyak lagi. Share mode yang baru, memungkinkan kamu menyimpan tautan bersama ke desain kamu dalam sinkronisasi. Juga bisa melihat artboard dan aliran pengguna mana yang dibagikan. Kamu juga bisa mengkonfigurasi pengaturan, seperti pengaturan kata sandi. 

Coediting (Beta)

Dengan Adobe XD, Kamu juga bisa berkolaborasi secara real time dengan desainer lain. Coediting memungkinkan Kamu, bekerja dengan tim dalam dokumen yang saa pada saat yang sama. Hal ini bisa mempercepat alur kerja dan menghilangkan pekerjaan yang terduplikat dan konflik pekerjaan. 

CSS Snippets in Design Specs 

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Adobe XD adalah adanya CSS snippets. Spesifikasi desain sekarang termasuk cuplikan kode CSS yang dibuat secara otomatis yang dapat disalin dan ditempelkan developer ke kode mereka. Jadi, akan lebih mudah untuk menghidupkan visi desain yang Kamu miliki. 

Auto Save

Kamu juga bisa menyimpan pekerjaan sebagai dokumen cloud, dan Adobe XD akan secara otomatis memperbaruinya sehingga Kamu tidak akan kehilangan pekerjaan Kamu. 

Fullscreen Prototypes

Prototipe website, yang dilihat di browser sekarang menyertakan opsi layar penuh yang disempurnakan. Sehingga kamu bisa melihat desain pada ukuran aktual untuk representasi yang lebih akurat. 

Kekurangan Adobe XD

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Adobe XD juga tak lepas dari kekurangan. Berikut adalah dua kekurangan Adobe XD: 

Symbol Libraries

Kekurangan pertama Adobe XD adalah tidak memiliki pilihan untuk membuat libraries dari simbol yang sudah dibuat. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu ketika sedang mengerjakan proyek. 

Prototype Live Preview

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, kamu bisa melihat live prototipe aplikasi yang kamu buat. Sayangnya, live preview ini baru tersedia di MacOS. Untuk pengguna Windows, ini tentu sangat merepotkan. 

Penutup

Ketika memilih software desain, banyak hal yang harus menjadi pertimbangan. Kelebihan dan kekurangan Adobe XD ini, tentu saja membuatmu harus mempertimbangkannya secara matang sebelum menggunakannya. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis