Cloud Server, Apa Kelebihan dan Kekurangannya? Ini Jawabannya!
Blog Tips Keren

Cloud Server, Apa Kelebihan dan Kekurangannya? Ini Jawabannya!

Web hosting tidak terlepas dari cloud server. Biasanya cloud server dikenal dengan nama server awan. Pada tahun 2000 perkembangan teknologi semakin pesat, saat itulah muncul server awan yang biasa dipakai untuk keperluan web hosting. Fungsi server awan sendiri yaitu untuk menyimpan data pada internet supaya aman. Semua orang yang memakai web hosting, pasti dapat memanfaatkan server awan juga untuk menyimpan data mereka.

Apakah Anda berminat untuk memakai cloud server? Jangan memakai terlebih dahulu jika anda masih belum mengetahui secara jelas mengenai cloud server. Pertama Anda harus mengetahui tentang arti dari nama cloud server. Artinya adalah server yang berada di awan, lebih detailnya server dapat untuk menyimpan data website pada jaringan internet dengan memakai kapasitas penyimpanan yang sangat besar melalui awan.

Keistimewaan dari cloud server pada web hosting yaitu anda dapat menghubungkan antara perangkat komputer pribadi dengan jaringan internet untuk mengakses data anda. Jika Anda membutuhkan data maka, anda tidak perlu memakai hardisk dan flashdisk, karena Anda bisa mengambil file anda yang tersimpan pada server awan di web hosting milik Anda. Sangat mudah dan praktis bukan? Anda juga tidak perlu takut untuk kehilangan data karena sudah tersimpan dengan aman pada server pusat.

Baca Juga : Keuntungan dari WordPress Hosting dan Web Hosting

Kelebihan dari Web Hosting Cloud Server

Anda Pasti merasakan, jika menggunakan cloud server akan sangat menguntungkan sekali bagi penggunanya. Para pengguna server awan sangat puas dengan memakai server awan ini, sehingga Anda wajib mencobanya juga. Untuk Lebih meyakinkan dan memantapkan anda untuk mencoba server awan, sebaiknya Anda mengetahui berbagai kelebihannya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari web hosting server awan yang perlu anda ketahui.

1. Biaya terjangkau atau sesuai dengan harganya

Cloud server biasanya dapat dibeli atau disewa. Harga pembelian server awan tergolong sangat terjangkau, bahkan harganya lebih murah daripada penyimpanan perangkat keras seperti hardisk. Dari harga yang ditawarkan, pengguna server awan sama sekali tidak dirugikan karena Anda bisa menyimpan data sebanyak mungkin (unlimited) tanpa adanya keterbatasan.

 

manfaat cloud server atau server awan
IDwebhost

2. Tidak akan kehilangan data sehingga aman

Data yang tersimpan pada cloud server pastinya dijaga dengan aman. Jika ada kerusakan pada server maka, data tetap ada dan hanya ada kemungkinan sebagian kecil saja Anda akan mengalami kehilangan data. Sejauh ini para pengguna server awan merasa aman karena datanya tidak pernah hilang. Bahkan server awan ini juga mampu untuk meminimalisir kerusakan data corrupt.

3. Kapasitas penyimpanan atau storage tidak terbatas (unlimited)

Pada perangkat keras seperti hardisk, flashdisk dan mmc, kapasitas penyimpanan datanya sangat terbatas. Maksimal perangkat keras seperti hardisk dapat menyimpan data saat ini maksimal 2 TB. Berbeda dengan cloud server, kapasitas penyimpanan datanya tidak ada batasnya (unlimited).

Sebanyak apapun data yang ingin anda simpan pada server awan pasti bisa ditampung. Adanya server awan ini dapat menghemat pengeluaran anda karena anda tidak perlu lagi melakukan pembelian hardisk atau flasdisk yang baru. Anda cukup dengan menyimpannya saja di server awan ini.

4. Fleksibel atau mudah digunakan

Web hosting cloud server tentu sangat fleksibel, karena Anda dapat mengakses data dengan mudah. Saat anda ingin mengambil data, Anda bisa memakai komputer satu dengan lainnya yang terkoneksi dengan internet. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa server awan penyimpanan datanya berada jaringan internet. Jadi selama komputer atau laptop anda terkoneksi jaringan internet, Anda dapat mengakses datanya dengan mudah.

Kelebihan yang dimiliki oleh cloud server begitu banyak dan hebat. Tidak salah jika banyak yang menyukai menggunakan web hosting jenis server awan. Selain itu Harganya juga sangat terjangkau, membuat para pembuat website yang mempunyai budget rendah bisa menikmati hosting tersebut. server awan membantu seluruh pengguna web hosting menjadi lebih mudah dalam melakukan penyimpanan data secara fleksibel dan aman.

Baca Juga : 5 Tips Memilih VPS Murah dan Berkualitas

kelebihan cloud server atau server awan
IDwebhost

Kekurangan dari Web Hosting Cloud Server

Dengan melihat kelebihan cloud server diatas membuat Anda dapat mengambil kesimpulan bahwa server awan ini sempurna. Padahal server awan tidak sempurna menurut bayangan Anda, karena masih kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang berada dilayanan hosting server awan yang membuat pelanggannya sedikit kecewa.

1. Pelayanan kurang sepenuhnya atau kurang maksimal

Maksud dari pelayanan yang kurang sepenuhnya adalah tergantung pada service-nya. Anda pasti mengetahui jika cloud server dapat dibeli pada jasa layanan web hosting, jadi jasa akan memberikan server awan dengan kemampuan berbeda-beda. Oleh karena itu sebelum anda membeli server awan, Anda harus bertanya terlebih dahulu pada pihak provider. Batasan layanan yang disediakan biasanya dibuat pada cloud provider, sehingga Anda harus memperhatikannya dengan benar.

2. Penyesuaian yang kurang

Memakai cloud server pada web hosting harus lebih memperhatikan dalam hal regulasi bisnis. Biasanya mengenai penyimpanan cloud service provider ini tidak boleh sembarangan, Anda harus bisa menyamakan level serta dapat menyesuaikan dengan penyimpanan data yang berada di cloud. Memang server awan ini masih sangat awal dalam bidang teknologi, sehingga setiap pengguna server awan harus hati-hati dalam melakukan penyesuaian pada penyimpanan data. Perlahan-lahan Anda pasti akan dapat memahami tentang penyesuaian yang kurang ini.

3. Tidak ada perlindungan privasi

Tempat penyimpanan pada cloud server sistemnya terpusat, jadi siapa saja yang menggunakan server awan maka datanya akan disimpan menjadi satu pada penyimpan server awan pusat. Nama dari penyimpanan pusat ini adalah cloud provider. Semua orang bisa mengakses seluruh data Anda pada cloud provider tanpa sepengetahuan dan izin Anda. Hal ini membuat server awan menurun kualitasnya sebagai hosting terbaik.

 

kekurangan cloud server atau server awan
IDwebhost

 

Meski kekurangan cloud server tergolong cukup banyak, tetapi pengguna server awan ini makin banyak juga. Kekurangannya tidak menjadikan alasan untuk tidak menggunakan server awan. Pasalnya para pengguna sudah siap menerima segala kekurangan dari server awan, sehingga mereka percaya untuk menggunakannya.

Kesimpulan

Itulah pembahasan dari kami mengenai kelebihan dan kekurangan dari cloud server supaya lebih mantap dalam memilih layanan tersebut. IDwebhost selain membagikan secara berkala berbagai artikel edukatif mengenai perkembangan website atau bisnis terkini juga menyediakan berbagai paket jasa domain dan hosting dengan harga terjangkau serta berkualitas.

Kami juga jasa pembuatan web termasuk seperti web toko online dengan berbagai fitur yang menarik dan terkini. Jika anda kecewa dengan pelayanan kami, kami akan memberikan garansi terlebih dahulu selama 30 hari pemakaian. Semoga artikel diatas dapat membantu anda untuk lebih memahaminya ya!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.