8 Tips Membuat Karyawan Betah Bekerja
Blog Tips Keren 8 Tips Membuat Karyawan Betah Bekerja

8 Tips Membuat Karyawan Betah Bekerja

Tips membuat karyawan betah bekerja bisa menjadi pencerahan bagi anda yang kerap kali dipusingkan oleh resign-nya karyawan anda. Padahal dia adalah kandidat yang sangat potensial. Namun, karena suatu hal, mereka kemudian mengajukan resign. Ini akan menjadi sesuatu yang amat signifikan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk menerapkan metode yang tepat supaya nantinya bisa membuat karyawan tersebut merasa senang bekerja dengan anda. Adanya tips membuat karyawan betah bekerja ini akan membuat anda lebih mudah dalam mempertahankan aset anda yang berharga. Karena pada dasarnya karyawan adalah aset yang sangat berharga bagi anda. Di sinilah ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan itu sendiri.

Jaga Hubungan Sosial Yang Baik Dengan Karyawan

Tips membuat karyawan betah bekerja yang utama adalah menjaga hubungan sosial yang baik dengan karyawan terkait. Apabila anda mampu melakukannya dengan benar, sudah pasti hal ini akan mampu membawakan kepada anda lebih banyak kepuasan lagi. Anda perlu memahami bahwa hubungan sosial itu penting, sebagaimana dilansir dari situs Forbes. Dengan adanya hubungan yang baik maka akan menularkan banyak pengaruh positif yang akan meningkatkan hubungan emosional antara satu karyawan dengan lainnya. Dari sini akan lebih banyak lagi pengaruh istimewa yang akan bisa anda temukan dan dapatkan didalamnya. Hal ini jelas akan memberikan lebih banyak manfaat yang anda butuhkan. Anda akan bisa menerapkan tips membuat karyawan betah bekerja ini yang mana akan membuat anda meraih keuntungan dengan lebih banyak.

 

8 Tips Membuat Karyawan Betah Bekerja
idwebhost.com

Berikan Apresiasi Kepada Karyawan

Satu hal dalam tips membuat karyawan betah bekerja adalah tak lupa dalam memberikan apresiasi kepada karyawan tersebut. Ini adalah bentuk penghargaan yang bisa anda berikan kepada mereka atas dedikasinya kepada perusahaan. Jadi meskipun bentuknya sekecil apapun, tetap berikan apresiasi karena mereka akan sangat menghargainya. Apalagi jika itu didapatkan dari atasannya, yakni anda sendiri. Dengan demikian, ini akan membuat mereka mendapatkan perasaan bahwa dirinya dihargai. Hal tersebut akan membuat mereka semakin mudah dan kerasan untuk bekerja di tempat anda. Ini adalah sebuah langkah penting dalam rangka membentuk mereka menorehkan prestasi dalam bekerja di perusahaan. Karena dari sini anda nantinya akan menilai apakah karyawan terkait layak mendapatkan jenjang karir yang lebih bagus atau tidak didalamnya.

Memenuhi Hak-Hak Karyawan Dengan Baik

Yang tak kalah penting dalam tips membuat karyawan betah bekerja adalah memenuhi semua hak mereka dengan baik. Apabila anda mampu memenuhi hak mereka dengan signifikan, maka ini akan membuat mereka kian kerasan dan tidak menolak ketika anda hendak mengajukan perpanjangan kontrak terhadapnya. Hal ini juga didukung dengan bagaimana kinerja dan kesepakatan yang sudah dibangun dalam kontrak itu sendiri. Anda juga harus memahami hak-hak apa saja yang perlu diberikan kepada karyawan dan jangan sampai melupakannya. Kenapa? Karena karyawan memiliki tendensi untuk menggarisbawahi beberapa hal yang menjadi hak mereka tersebut. Apabila mampu diterapkan dengan baik, sudah pasti hal tersebut akan membuat mereka lebih betah dalam bekerja di kantor. Sebuah tips membuat karyawan betah bekerja yang pasti amat penting untuk anda pertimbangkan pastinya.

Ciptakan Jenjang Karir Yang Jelas Bagi Karyawan

Hal utama dalam tips membuat karyawan betah bekerja adalah menciptakan sebuah kondisi jenjang karir yang jelas bagi karyawan yang ada didalamnya. Dengan adanya jenjang karir yang jelas, sudah pasti mereka akan lebih nyaman dalam bekerja. Ini juga menghindarkan terjadinya aksi saling berkompetisi yang tidak sehat dan memperkeruh suasana di kantor. Pada dasarnya, anda bisa mencoba untuk menerapkan sesuatu yang tepat dalam hal jenjang karir ini. Pencapaian apa yang harus dicapai oleh karyawan terkait sehingga nantinya mereka akan bersemangat dalam kontribusinya untuk bekerja itu sendiri. Inilah yang akan membuat karyawan kian semangat nantinya. Jenjang karir yang jelas juga akan menciptakan sebuah kondisi kerja yang pasti lebih kondusif dibandingkan dengan sebelumnya. Hal tersebut jelas akan bisa berdampak lebih baik dari yang anda bayangkan itu sendiri.

 

8 Tips Membuat Karyawan Betah Bekerja
idwebhost.com

Ciptakan Suasana Kantor Yang Kondusif

Dalam hal ini, menciptakan suasana kantor yang kondusif juga menjadi bagian dari tips membuat karyawan betah bekerja yang perlu diperhatikan. Dengan adanya penerapan tersebut, sudah pasti karyawan antara divisi akan saling menghormati satu sama lain. Sebetulnya masalah yang paling core atau inti adalah bagaimana supaya nantinya karyawan tersebut mampu bekerja dengan baik tanpa menimbulkan gesekan antara satu karyawan dengan karyawan lainnya. Ini juga akan membuat suasana kantor menjadi kurang kondusif. Ciptakan pertemuan atau rapat rutin setiap bulannya. Dari sini semua akan bisa bergembira dan menuangkan uneg-unegnya dengan baik. Anda pun akan mampu menciptakan suasana yang lebih hangat dan tentram nantinya.

Beri Fasilitas Untuk Karyawan

Hal tak kalah pentingnya dalam tips membuat karyawan betah bekerja adalah memberikan fasilitas yang nyaman bagi karyawan di kantor. Dengan adanya fasilitas yang nyaman tersebut, sudah pasti akan membuat mereka menjadi lebih mudah dalam mendapatkan rutinitas yang layak dan menyenangkan di kantor itu. Misalnya anda menyediakan coffee machine yang memudahkan karyawan untuk membuat kopi. Selain itu fasilitas tempat tidur bagi karyawan untuk beristirahat sejenak juga perlu. Dengan adanya penerapan yang tepat dalam hal pemberian fasilitas ini, sudah pasti akan lebih banyak yang nantinya bisa didapatkan. Karyawan pun juga akan mampu untuk berkontribusi dengan baik satu sama lain.

Miliki Jiwa Leadership Yang Baik

Jiwa leadership yang baik juga penting dalam rangka memaksimalkan kondisi yang ada di tempat kerja itu sendiri. Pada dasarnya anda akan mampu melakukan semuanya dengan baik jika tahu dan paham cara penerapannya. Yang dimaksud disini adalah anda tidak serta merta menjadi bos yang asal suruh karyawan saja. Tapi bagaimana anda bisa membaur dengan mereka dan saling memotivasi satu sama lain. Menjalin sebuah hubungan yang emosional dan baik dengan karyawan itu memang tidak mudah. Tapi kalau anda mampu menerapkannya dengan baik, maka seolah tidak akan ada jarak antara diri anda dengan karyawan itu sendiri. Di sinilah anda akan mampu mendapatkan sesuatu yang lebih baik dan maksimal didalamnya.

 

8 Tips Membuat Karyawan Betah Bekerja
idwebhost.com

 

Baca Juga: Cara Verifikasi Google Webmaster Tools dengan Mudah

Menciptakan Tempat Kerja Yang Fleksibel

Tips membuat karyawan betah bekerja yang selanjutnya adalah mampu menciptakan sebuah suasana tempat kerja yang fleksibel dan juga nyaman didalamnya. Dengan adanya suasana kerja yang semacam ini, sudah pasti akan mempermudah anda untuk mewujudkan suatu keberhasilan dalam perusahaan itu sendiri. Anda pun akan mampu memperoleh sesuatu yang dibutuhkan. Dimana pada dasarnya dengan menciptakan sebuah ruang kerja yang fleksibel, maka anda akan bisa memperoleh hasil yang diinginkan. Anda akan bisa membuat karyawan lebih nyaman dan pasti berpengaruh pada produktivitas mereka nanti.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.