Web Hosting Memiliki Dampak Besar Terhadap SEO
Blog JogjaCamp

Web Hosting Memiliki Dampak Besar Terhadap SEO

Ketika pemilik website memilih penyedia hosting, kebanyakan dari mereka menentukan pilihannya berdasarkan harga maupun fitur yang diberikan. Sedikit orang yang mempertimbangkan mengenai dampaknya terhadap SEO. Hal ini merupakan suatu kesalahan.

Google dan berbagai mesin pencari lainnya menggunakan ratusan sinyal yang berbeda dalam menentukan hasil akhir sebuah website. Untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam mesin pencari, website perlu membuat konten yang berkualitas tinggi dan relevan, serta sesuai dengan teknis yang ada. Dengan hal ini, sebuah Web Hosting yang baik harus mampu memberikan jalan bagi website agar semakin SEO friendly. Berikut adalah 3 faktor pada web hosting yang dapat berdampak besar terhadap SEO:

  1. Performa

Mesin pencari lebih memilih untuk mengirim penggunanya ke situs yang akan memberikan mereka pengalaman yang hebat. Pengalaman tersebut dapat berasal dari konten yang relevan, fitur yang dirancang dengan baik, dll. Selain hal itu, performa web hosting dengan membuat website semakin cepat dalam melakukan loading, juga akan semakin baik pula dampaknya pada SEO. Google secara terbuka mengakui bahwa pihaknya menggunakan kecepatan website sebagai faktor menentukan peringkat.

  1. Keandalan

Google memahami bahwa sebuah website akan menurun kinerjanya sewaktu-waktu, bahkan mentolerir mengenai downtime. Namun, apabila sebuah website sering tidak tersedia, maka mesin pencari seperti Google akan enggan untuk mengirim penggunanya ke website yang kurang bisa diandalkan. Downtime dapat mempengaruhi peringkat sebuah website. Untuk masuk ke dalam indeks pencarian, sebuah website harus teratur dijelajahi. Jika saat dijelajahi, sebuah website sering offline atau berjalan dengan lambat, maka akan memakan waktu lebih lama untuk membuat jalan mereka ke dalam indeks. Sebuah web hosting yang baik tentu harus memberikan keandalan dalam sebuah website sehingga berpengaruh terhadap SEO.

  1. Lokasi

Lokasi sendiri tidak memiliki dampak yang sangat besar pada peringkat SEO. Mesin pencari juga menyadari bahwa tidak selalu mudah untuk menemukan server di negara dengan target audiens. Memilih Top Level Domain (TLD) yang tepat memiliki lebih banyak dampak dari IP geolocation, meskipun tentu tidak ada salahnya untuk menempatkan website di hosting lokal. Meski begitu, lokasi dapat mempengaruhi lalu lintas dan membuat situs lebih lambat dari perspektif pengguna. Google menggunakan alat-alat seperti Chrome dan Google Toolbar untuk mengumpulkan sinyal, dan jika sebuah situs muncul sangat lambat untuk beberapa pengguna, itu memiliki dampak terhadap peringkatnya.

Ada banyak hal lain yang berpengaruh terhadap SEO, namun hal terbaik yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan bagaimana sebuah web hosting dapat mempengaruhi penggunanya. Memlilih web hosting akan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Selain itu, dengan web hosting yang tepat, akan membuat Google percaya untuk mengirim para penggunanya ke website Anda. Setelah mengetahui 3 faktor web hosting yang dapat berdampak besar pada SEO di atas, kini Anda dapat memilih web hosting yang tepat untuk website Anda. Selamat mencoba.