Blog JogjaCamp Setup Awal JArisan

Setup Awal JArisan

1. Install software jArisan

Pastikan software jArisan telah di install dengan baik di server, dengan membuka nama domain Anda di browser. Misalnya: http://namadomainanda.com
Jika Anda menghosting jArisan di IDwebhost, maka Anda dapat meminta customer support JogjaCamp untuk menginstallkan jArisan Anda.
Setelah software jArisan berhasil di install, Anda akan mendapatkan username dan password Administrator.

  1. Setting Sistem
    Langkah pertama yang Anda lakukan adalah melakukan setting sistem jArisan Anda.
  1. Login ke halaman administrator di http://namadomainanda.com/admin/
  2. Reset web anda. Klik menu ‘Konfigurasi >> Reset Database’

Catatan :

Menu ini digunakan untuk pertamakali web anda digunakan, jika web anda sudah berjalan, jangan melakukan Reset Database. Semua data akan dihapus, yaitu data member, data jaringan, data account dan seluruh data yang berkaitan dengan sistem jaringan member di situs ini (Tidak termasuk content, berita, agenda, dan testimonial ). Sekali Anda mereset database, maka data tidak dapat di kembalikan lagi.

    1. Klik ke menu Konfigurasi >> Konfigurasi sistem

i. Isikan data bank anda. Data bank Anda akan dikirimkan ke calon member yang telah selesai registrasi. Dengan begitu, calon member akan mentransfer uang ke rekening anda dan juga ke sponsor-sponsor.

ii. Isikan jumlah level. Jumlah level akan mempengaruhi sistem, sampai level keberapa yang mendapatkan bonus. Setelah Jumlah level diisi, Jumlah level tidak dapat dirubah kembali, kecuali Anda reset database Anda (menu Konfigurasi >> Reset Database).

iii. Isikan biaya registrasi untuk pengelola web. Biaya registrasi member sama saja dengan komisi duplikasi member, adalah biaya yang dikirimkan oleh member saat registrasi ke pengelola web.

iv. Isikan biaya registrasi member untuk Sponsor-sponsor. Biaya registrasi member sama saja dengan komisi duplikasi member, adalah biaya yang dikirimkan oleh member saat registrasi ke sponsor-sponsornya.

v. Aktifkan penjualan produk (ya/tidak). Jika penjualan produk diaktifkan, maka sistem akan menyediakan menu transaksi produk dan juga pengaktifan komisi poin member.

vi. Isikan jumlah poin tiap aktifasi member. Jumlah poin ini akan mempengaruhi jumlah poin yang didapat tiap member jika member yang disponsorinya diaktifkan, poin yang didapat member digunakan untuk pembelian produk

vii. Tekan tombol SAVE untuk menyimpan konfigurasi ini.

viii. Tentukan tanggal Anda memulai program ini pada bagian “Tanggal Pengaktifan Sistem”. Tanggal ini akan mempengaruhi tampilan ‘Running Days’ di blok Statistic Web.

  1. Setting Email
    1. Silahkan klik menu diadmin Konfigurasi -> Konfigurasi Email
    2. Klik link Edit pada email aktifasi (kirim aktifasi member ke member), silahkan edit isi email yang akan Anda kirim kan ke member saat aktifasi. Kata kata didalam tanda kurung kurawal, misalnya {Username}, jangan diubah.
    3. Lakukan juga editing pada email-email yang lain.

  2. Setting Tampilan Web
    1. Set logo dan Title Web

i. Klik menu Konfigurasi -> Konfigurasi Situs

1. Silahkan ganti logo jArisan dengan logo perusahaan Anda.

2. Silahkan ubah title dari website Anda.

3. Silahkan ubah url website Anda menjadi http://namadomainanda.com

4. Pastikan bagian “Main Email” diisi dengan alamat email utama Anda.

5. Klik Save untuk menyimpan konfigurasi Anda.

    1. Set Text Berjalan

i. Klik menu Konfigurasi -> Konfigurasi Text Berjalan

ii. Isikan slogan Anda atau pesan utama Anda pada calon member Anda

iii. Pesan ini akan tampil di halaman web utama Anda dan pesan ini akan berjalan (running text) dari kanan ke kiri.

    1. Set Customer Support

i. Klik menu Konfigurasi -> Konfigurasi Customer Support

ii. Tambahkan data Yahoo Messenger ID customer support Anda.

iii. Fitur ini akan secara otomatis mendeteksi apakah yahoo messenger customer support Anda online, jika online maka akan ditampilkan di website Anda, sehingga setiap member dan calon member dapat menghubungi melalui Yahoo Messenger.

    1. Set halaman Home

i. Halaman home merupakan halaman yang pertama kali akan diakses saat ada pengunjung datang ke website Anda

ii. Klik menu Konfigurasi -> Page Generator

iii. Klik link Edit pada bagian nama menu “Home”

iv. Masukkan konten home Anda yang memicu calon member untuk mengikuti program Anda.

    1. Set halaman Sistem

i. Klik menu Konfigurasi -> Page Generator

ii. Klik link Edit pada bagian nama menu “Sistem”

iii. Masukkan konten yang menerangkan jalannya sistem Arisan Anda, yang dapat menarik calon member. Misalnya, berapa bonus yang akan diterima, bagaimana cara mendaftar, dan sebagainya.

    1. Set Kontak Kami

i. Klik menu Konfigurasi -> Konfigurasi Kontak Kami

ii. Masukkan alamat dan nomor telepon Anda pada bagian Address.

iii. Klik Save untuk menyimpannya

  1. Setting Produk
    Jika Anda mengaktifkan penjualan produk pada Konfigurasi->Konfigurasi Sistem, maka Anda dapat menjual produk Anda ke pada member Anda.
    Untuk menambah produk yang akan dijual, silahkan klik menu Produk->Tambah Produk

  2. Menu Member

· Member Baru

Menu ini menampilkan daftar pendaftaran member

· Member Aktif

Menu ini menampilkan member yang telah terapprove. Karena Sesuatu hal, misalnya kegiatan SPAM atau sebab lainnya yang dilakukan member, maka anda berhak untuk melakukan pemblokiran. Untuk Memblokir Member klik menu ‘Blokir’, maka secara otomatis website member yang bersangkutan akan terblokir dan tidak bisa masuk member area

· Member Terblokir

Menu ini menampilkan daftar member yang di blokir oleh admin

· Statistik Member

Menu ini menampilkan jumlah perkembangan member saat in

  1. Menu Konfirmasi

Menu ini menampilkan daftar calom member baru yang melakukan konfirmasi pembayaran, sehingga bisa cepat terapprove. Dari menu ini, pengelola bisa langsung mengaktifkan member setelah dipastikan member yang bersangkutan melakukan pembayaran.

  1. Menu Manage User [Menu ini digunakan untuk mengorganisasikan user ‘Admin’, bukan user ‘Member’]
    1. User List

Menampilkan daftar user

1. Edit Permission

· Untuk mengubah hak akses user

2. Ubah Password

· Untuk merubah Password

3. Active

· Jika tanda centang dihilangkan, maka user tersebut tidak akan aktif / tidak dapat login. Tekan tombol [SAVE] untuk mengaktifkan perubahan yang kita lakukan

4. Delete

· Untuk menghapus user. Beri tanda centang pada user yang akan di hapus, kemudian tekan tombol [DELETE]

    1. Add New User

Untuk menambah user baru :

· Masukan username

· Masukkan password

· Pilih permission [hak akses] yang akan diberikan kepada user bersangkutan

· Tekan Tombol [ADD]

  1. Menu Tanya Jawab [Untuk membuat daftar FAQ]
    1. Kategori

i. Untuk membuat kategori daftar pertanyaan dan jawaban [FAQ]

    1. Daftar tanya jawab

i. Menampilkan daftar pertanyaan yang sudah kita buat. Dari sini juga bisa mengedit dan menghapus FAQ.

    1. Tambah tanya jawab

i. Digunakan untuk menambah daftar FAQ

  1. Menu Agenda
    1. Daftar agenda

i. Menampilkan daftar agenda yang sudah di approve administrator

    1. Agenda Pending

i. Menampilkan daftar agenda baru yang belum di approve administrator. Dari halaman ini administrator bisa mengapprove agenda

    1. Tambah Agenda

i. Digunakan untuk menambahkan agenda baru.

  1. Menu Berita
    1. Tambah News

i. Digunakan untuk menambah berita

    1. Daftar News

i. Menampilkan daftar berita yang sudah kita buat. Dari sini kita bisa mengedit, menghapus, meng-unpublish berita yang sudah kita buat.

  1. Menu Testimonial
    1. Daftar Testimonial

i. Menampilkan daftar testimonial yang sudah di approve administrator. Dari halaman ini bisa mengedit testimonial maupun menonaktifkan testimonial

    1. Testimonial Pending

i. Menampilkan daftar testimonial yang belum di approve administrator. Dari sini administrator bisa mengapprove testimonial

    1. Tambah Testimonial

i. Digunakan untuk menambah testimonial

  1. Menu Kontak Kami
    1. Menampilkan daftar member yang mengirimkan pertanyaan, saran, kritik dan sebagainya melalui fasilitas menu ‘Contact Us’ pada halaman public.
  1. Tambah Halaman

Modul Tambah Halaman berfungsi untuk menambah, mengedit, menghapus, maupun mengkategorikan Menu. Di modul ini di sediakan text editor. Kita akan dengan mudah membuat layout, table, insert images, format font dan lain – lain sama seperti kita menggunakan MSWord tanpa harus mengerti pemrograman.

Menambah Menu

Di dalam modul Tambah Halaman, kita dapat menambah link yang kita kehendaki. Menambah link hanya bisa dilakukan oleh admin dengan mempertimbangkan jenis content yang akan kita tampilkan ke web kita. Pertama masuk ke admin page. Klik link “Tambah Halaman”. Isi Judul dengan judul artikel/Berita. Ketik artikel/Berita ke input box “Isi Content”. Jika hanya menambah menu dimana nantinya ada sub menu di dalamnya, kosongkan dulu bagian “Isi Content”. Menu ID di kosongkan saja.

Pada bagian “Nama Menu”, isi dengan nama menu yang akan ditampilkan. Beri tanda centang pada bagian “Tampilkan Menu”. Klik tombol [Add].

Menu baru akan tertampil di Daftar Content seperti contoh di bawah ini. Anda dapat menghapus Menu yang tidak diperlukan lagi dengan cara : beri tanda centang pada menu yang akan di hapus, kemudian klik tombol [DELETE]. Jika anda ragu apakah anda betul – betul ingin menghilangkan menu tersebut, sebaiknya hilangkan tanda centang pada menu yang akan di hapus, kemudian klik tombol [SAVE]. Ini tentu lebih aman, karena suatu saat jika kita ingin menggunakan lagi menu tersebut, kita tinggal mengaktifkan saja, tanpa harus membuat untuk ke dua kali.

Edit Menu

Untuk meng edit menu dan content, pada Daftar Content klik link “Edit” pada menu yang akan di manipulasi. Cara selanjutnya sama dengan menambah menu yang sudah diterangkan di atas.

Menambah Sub Menu

Menu yang telah anda buat sebelumnya bisa di tambah sub menu. Pada Daftar Content, klik link “Add Sub Content”. Selanjutnya isi menu dan content sama persis seperti pada saat anda menambah menu utama.

  1. Manage Menu

Menu ini di gunakan untuk menambah menu berdasarkan modul yang di instal. Menu manager ini hanya bisa digunakan untuk me nonaktifkan sebuah menu. Jika ingin me nonaktifkan menu, caranya masuk ke admin page :

1. Klik Menu ‘Web Setting’ -> ‘Menu Manager’.

2. Pada “Daftar Menu”, hilangkan tanda centang pada menu yang akan di nonaktifkan.

3. Tekan sombol [SAVE].

Hindari men delete menu. Cukup di nonaktifkan saja. Hal ini untuk memudahkan anda jika kelak akan menggunakan kembali menu tersebut. Modul ini tidak bisa digunakan untuk menambah menu. Untuk lebih mudahnya, kami sarankan untuk menambah menu dari modul “Tambah Halaman”.

  1. Advanced Settings

Modul Advance Settings digunakan untuk mengatur web site secara lebih kompleks lagi. Untuk itu, disarankan modul ini hanya boleh di akses oleh root saja ( cara pengaturan hak akses sudah di jelaskan pada bab terdahulu ). Dari sini, anda bisa memilih Theme yang akan anda gunakan untuk web site anda. Di modul ini ada beberapa sub modul yaitu : General Configuration, Module Manager, Menu Manager, Authentivications Groups, Site Debuging, .htaccess Config, Backup, phpMyAdmin, Theme Manager, Internal Variable, Internal Method, Block Manager.

1. General Configuration

Dari sini anda bisa mengatur konfigurasi umum website anda. Konfigurasi itu meliputi : mengganti logo ; mengganti logo bisa dilakukan dengan klik tombol [browse] untuk mengupload logo baru anda, title, url, footer, email, Company Name. Setelah selesai konfigurasi, tekan tombol [Save].

2. Modul Manager

Digunakan berdasarkan lisensi JogjaCamp.

3. Menu Manager

Sub Modul ini di gunakan untuk menambah menu berdasarkan modul yang di instal. Menu manager ini hanya bisa digunakan untuk me nonaktifkan sebuah menu. Jika ingin me nonaktifkan menu, caranya masuk ke admin page :

· Klik “Advance Settings”.-> “Menu Manager”.

· Pada “Daftar Menu”, hilangkan tanda centang pada menu yang akan di nonaktifkan.

· Tekan tombol [Save].

Hindari men delete menu. Cukup di nonaktifkan saja. Hal ini untuk memudahkan anda jika kelak akan menggunakan kembali menu tersebut. Modul ini tidak bisa digunakan untuk menambah menu. Untuk lebih mudahnya, kami sarankan untuk menambah menu dari modul “Tambah Halaman”.

4. Authentivications Groups

Sub Modul ini di gunakan untuk memanage user group. Anda bisa mengatur hak akses user dari sini. Pertama, buat Group dengan mengklik tombol “Add New Group”. Isi “Group Name” dengan nama group baru yang ingin anda buat misalnya group “Editor”. Beri tanda centang pada modul yang boleh di akses oleh group editor tersebut. Modul yang tidak di centang berarti tidak boleh di akses oleh group tersebut.

5. Site Debuging

Sub Modul ini di gunakan untuk mengecek kesalahan yang terjadi pada saat maintenance web site.

6. .htaccess config

Sub Modul ini di gunakan untuk konfiguration akses permission halaman web site.

7. Backup

Sub Modul ini di gunakan untuk membuat backup database website. Backup ini dijalankan via phpmyadmin. Jika anda familiar dengan database mysql dan phpmyadmin, dapat menggunakan modul ini untuk membackup database anda.

8. phpMyAdmin

Sub Modul ini di gunakan untuk memanipulasi database website anda. Jika anda familiar dengan database mysql dan phpmyadmin, dapat menggunakan modul ini untuk memanipulasi database anda.

9. Theme Manager

Sub Modul ini di gunakan untuk merubah Theme website anda. Ada beberapa pilihan theme untuk web anda.

10. Internal Variable

Konfigurasi umum system jProfile Gold.

11. Block Manager

Untuk memanipulasi blok seperti Agenda/Polling. Untuk menonaktifkan sebuah modul, masuk ke admin Page :

– Klik “Advance Settings”.

– Klik “Blok Manager.”

– Tentukan blok sebelah mana yang akan dimanipulasi, misalnya Kanan.

– Pada “List Block”, klik “Edit” pada blok yang akan di edit publishingnya.

– Pada bagian “Publish”, pilih “Tidak”

– Klik Save.

– Selesai.

Hindari men delete block. Cukup di unPublish saja. Hal ini untuk memudahkan anda jika kelak akan menggunakan kembali blok tersebut. Sedangkan untuk melakukan edit melalui menu ini harap hati-hati.