Web Hosting Memiliki Dampak Besar Terhadap SEO
Blog JogjaCamp Web Hosting Memiliki Dampak Besar Terhadap SEO

Web Hosting Memiliki Dampak Besar Terhadap SEO

Ketika pemilik website memilih penyedia hosting, kebanyakan dari mereka menentukan pilihannya berdasarkan harga maupun fitur yang diberikan. Sedikit orang yang mempertimbangkan mengenai dampaknya terhadap SEO. Hal ini merupakan suatu kesalahan, mengabaikan kalau web hosting berdampak pada SEO.

Google dan berbagai mesin pencari lainnya menggunakan ratusan sinyal yang berbeda dalam menentukan hasil akhir sebuah website. Untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam mesin pencari, website perlu membuat konten yang berkualitas tinggi dan relevan, serta sesuai dengan teknis yang ada.

Dengan hal ini, sebuah Web Hosting yang baik harus mampu memberikan jalan bagi website agar semakin SEO friendly. Oleh karena itu pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi pada Sahabat IDwebhost tentang pengaruh web hosting terhadap SEO. Jadi simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Pengertian Web Hosting 

Pada dasarnya, web hosting adalah sisi fisikal dari sebuah web. Sebuah situs website terdiri dari berbagai hal. Mulai gambar, media, aplikasi, file, dan lainnya yang membutuhkan ruang penyimpanan. Dan, sebagian dari kita pengguna menganggap internet sebagai sesuatu yang berada di luar lingkungan fisik. Padahal semua file tersebut harus disimpan pada server fisik di suatu tempat.

Server, harus memiliki banyak sekali daya. Hal ini untuk memuat semua file yang ada di website dan membuat nyaman pengunjung. Dan bagi para pemilik website, memelihara server adalah pekerjaan yang rumit. Dan disinilah peran penyedia hosting.

Provider hosting memiliki server dalam jumlah besar, serta harus menghadirkan layanan yang kuat untuk ribuan penggunanya. Ketika Anda memutuskan berlangganan hosting, berarti Anda telah menyewa ruang di server mereka. Dan tak hanya menjual ruang, web hosting terbaik juga harus memastikan teknologi mereka tetap berjalan dengan lancar, aman, dan efisien. Sehingga, website yang dimiliki pelanggan tetap dapat berjalan tanpa masalah. 

Apa Itu SEO? 

Sebelum lebih jauh membahas tentang pengaruh web hosting terhadap SEO, mari segarkan ingatan Anda tentang SEO, atau search engine optimization. SEO adalah sebuah taktik pemasaran organic yang membantu pemilik website, untuk meningkatkan peringkat sebuah website di mesin pencari. Dengan menggunakan parameter istilah pencarian yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, SEO juga dapat membantu meningkatkan lalu lintas dan konversi. 

Bisa dikatakan, bahwa SEO adalah seni dan ilmu untuk meyakinkan mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, untuk merekomendasikan konten Anda kepada pengguna, sebagai solusi untuk masalah tersebut.

SEO dapat memberikan lalu lintas organik secara gratis. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk pemeringkatan tersebut.

Faktor yang Membuat Web Hosting Berdampak Pada SEO

Berikut adalah 3 faktor pada web hosting berdampak pada SEO:

1. Kecepatan

Mesin pencari lebih memilih untuk mengirim penggunanya ke situs yang akan memberikan mereka pengalaman yang hebat. Pengalaman tersebut dapat berasal dari konten yang relevan, fitur yang dirancang dengan baik, dll. Selain hal itu, performa web hosting dengan membuat website semakin cepat dalam melakukan loading, juga akan semakin baik pula dampaknya pada SEO. Google secara terbuka mengakui bahwa pihaknya menggunakan kecepatan website sebagai faktor menentukan peringkat.

2. Keamanan

Google memahami bahwa sebuah website akan menurun kinerjanya sewaktu-waktu, bahkan mentolerir mengenai downtime. Namun, apabila sebuah website sering tidak tersedia, maka mesin pencari seperti Google akan enggan untuk mengirim penggunanya ke website yang kurang bisa diandalkan. 

Downtime dapat mempengaruhi peringkat sebuah website. Untuk masuk ke dalam indeks pencarian, sebuah website harus teratur dijelajahi. Jika saat dijelajahi, sebuah website sering offline atau berjalan dengan lambat, maka akan memakan waktu lebih lama untuk membuat jalan mereka ke dalam indeks. Sebuah web hosting yang baik tentu harus memberikan keandalan dalam sebuah website sehingga berpengaruh terhadap SEO.

3. SEO Awareness

Penilaian terhadap SEO memang kadang berbeda-beda. Dari puluhan, bahkan ratusan provider hosting di Indonesia selalu menjanjikan bahwa hosting mereka sangat dapat diandalkan, sehingga sangat SEO friendly. Tugas Anda adalah memilih provider hosting yang, salah satunya memenuhi hal yang sangat penting dalam SEO: kecepatan loading website. 

Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada SEO Website

Selain ketiga faktor diatas, sebenarnya SEO masih dipengaruhi beberapa faktor lain, antara lain: 

Optimasi Kecepatan Website

Mempunyai website dengan kecepatan tinggi adalah dambaan setiap orang.Website yang lemot merupakan salah satu masalah yang sangat mengganggu. Karena lemotnya website dapat mempengaruhi peringkat website di mesin pencari. 

Performa server banyak disebut sebagai penyebab utama lambatnya sebuah website. Ketika akan memutuskan akan membuat website, Anda harus memperhatikan secara detail spesifikasi kapasitas RAM dan kecepatan prosesor dari server yang dipakai. Pilihlah kapasitas server yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. 

SEO On Page

Ketika mempelajari SEO, jangan lupa juga untuk mempelajari SEO on page. SEO On Page adalah usaha melakukan optimasi SEO di dalam website yang paling banyak dilihat oleh para pengunjung website Anda. Jika Anda masuk ke dalam sebuah website, kemudian melihat isinya yang kurang menarik, maka kemungkinan besar Anda tidak mau berlama-lama di website tersebut. Inilah yang ingin dihindari dengan melakukan aktivitas SEO on Page. 

Baca Juga: Website Untuk Mengecek Plagiarisme Konten

Beberapa hal terkait SEO on page antara lain seperti penggunaan permalink yang menggambarkan konten Anda, meta title, dan meta descriptions. Jangan lupa juga untuk melakukan penataan heading dan subheading dan menempatkan kata kunci dengan benar. 

Off Page SEO 

Berkebalikan dengan SEO on page, off page SEO adalah upaya optimasi SEO di luar website milik kita. Ketika melakukan SEO off page, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama, mendapatkan brand mention. Karena Google juga mempertimbangkan website yang sering disebut untuk berada di peringkat atas. 

Kemudian, jangan lupa juga untuk membuat profil Google My Business. Ini akan memudahkan konsumen untuk menemukan informasi tentang deskripsi bisnis, alamat, waktu operasional, dan foto bisnis Anda. 

Link Building 

Sebenarnya, link building adalah salah satu bagian dari SEO off page. Link building adalah sebuah cara untuk mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website Anda. Beberapa cara yang bisa mendapatkan  link building antara lain: 

Berupaya mendapatkan referring links yang banyak, agar menunjukkan website Anda sebagai sumber yang kredibel. Tak hanya jumlah, pastikan link tersebut juga memiliki relevansi dengan topik. 

Dan jangan lupa untuk membangun domain authority. Perhatikan jenis link tersebut, apakah berjenis dofollow atau nofollow. 

Penutup

Salah satu hal yang membuat peringkat website tinggi di halaman hasil pencarian, salah satunya karena keandalan yang dimiliki oleh website tersebut. Apakah mudah diakses, loading yang cepat, dan lain sebagainya. Jadi, memang web hosting berdampak pada SEO.

Mau punya website, aman, dan andal? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost.