Mengenal Sosok Jimmy Wales Sang Pendiri Situs Wikipedia
Blog Tips Keren

Mengenal Sosok Jimmy Wales Sang Pendiri Situs Wikipedia

Jika Anda mengetikkan kata tertentu di Google, lalu pada halaman pertama biasanya muncul saran page yang diisi Wikipedia di posisi teratas. Wikipedia juga banyak sekali ditulis ulang ke dalam blog pribadi para blogger yang beredar di internet. Mengapa? Karena Wikipedia memuat berbagai jenis informasi lengkap mengenai seseorang atau sesuatu. Jadi, orang biasanya mengutipnya untuk membahas suatu topik terkait. Wikipedia ibarat bukunya dan Google ibarat perpustakaannya.  Siapa orang jenius dibalik terciptanya Wikipedia? Jimmy Wales lah sang pendiri Wikipedia yang akan kita bahas pada artikel ini. Namun sebelum mengenal Jimmy Wales sebagai pendiri Wikipedia, mari pahami terlebih dahulu pengertian Wikipedia!

Apa itu Wikipedia?

 

Apa itu Wikipedia
IDwebhost

 

Wikipedia merupakan suatu ensiklopedia bebas yang dapat ditulis oleh orang-orang. Orang-orang ini merupakan kontributor dan juga menjadi pengunjung Wikipedia. Isi atau konten dari Wikipedia bisa bermacam-macam jenis, mengenai banyak hal mulai dari biografi seorang tokoh terkenal hingga kisah perjalanan suatu merek atau brand. Wikipedia biasanya menyajikan informasi secara lengkap seperti definisi, sejarah dan perkembangan sesuatu.

Wikipedia juga menyediakan informasi tersebut kedalam berbagai macam bahasa. Kini Anda sudah bisa memakai Wikipedia Indonesia atau wikipedia berbahasa Indonesia.

Biografi Jimmy Wales Sang Pendiri Wikipedia

 

Biografi Jimmy Wales Sang Pendiri Wikipedia
IDwebhost

 

Jimmy Wales sebenarnya mempunyai nama lengkap Jimmy Donal Wales. Wales inilah yang menjadi menggagas sebuah situs referensi raksasa di dunia internet yang bernama Wikipedia. Wales lahir di kota yang bernama Huntsville, tepatnya di daerah Alabama, Amerika Serikat. Wales lahir pada tanggal 7 Agustus 1966.

Wales dibesarkan dalam sebuah keluarga yang bergaya hidup sederhana namun sangat menghargai dunia pendidikan. Ayah dari Wales bekerja sebagai pengelola pada toko kelontong yang ada di kota Huntsville tersebut. Sementara ibu dari Wales bekerja sebagai tenaga pengajar untuk sekolah swasta di kota yang sama juga.

Perjalanan Pendidikan Wales

Sekilas kisah masa kecil Wales mungin tampak biasa-biasa saja. Apa yang mulai menjadi menarik adalah sekolah yang ternyata dikelola oleh ibu dan neneknya Wales. Sekolah itu tidak selayaknya seperti sekolah pada umumnya. Sekolah itu hanya mempunyai beberapa orang siswa (termasuk salah satunya yaitu Wales sendiri). Tak hanya itu, di sekolah itu juga para siswa diajarkan banyak sekali hal yang memang lebih disukai atau disenangi untuk dipelajari oleh para siswa. Nah, pada saat wales sekolah disana, wales lebih tertarik untuk mempelajari tentang buku-buku ensiklopedia dunia.

Setelah Wales menyelesaikan sekolah dasar di sekolah tadi, dia kemudian melanjutkan lagi ke sekolah tingkat menengah pertama yang bernama Randolph School. Pada saat dia sekolah di Randolph, dia banyak mengenali berbagai macam jenis aplikasi teknologi yang terkait dengan bidang pendidikan. Dia juga pada akhirnya tertarik untuk belajar dan juga berbagi ke orang-orang mengenai apapun yang dia sudah ketahui. Wales kecil ternyata memang suka belajar dan mengajar, karakter inilah yang tampaknya telah mengantar Wales pada kesuksesannya sampai saat ini.

Setelah itu menyelesaikan di tingkat sekolah menengah, tentunya Wales melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi lagi sampai pada akhirnya dia mengambil gelar sarjana dengan konsentrasi di bidang pendidikan atau jurusan finansial di Universitas Auburn. Lalu dia melanjutkan lagi kuliahnya untuk mengambil gelar S2 atau master di Universitas Alabama dengan konsentrasi bidang pendidikan yang sama.

Dia kemudian menyelesaikan pendidikannya sampai mendapatkan gelar doktor di Universitas Indiana. Kesukaan Wales pada dunia pendidikan sudah bisa kita ditebak, inilah sebab yang telah mengantarkan dia untuk aktif mengajar sebagai dosen tamu dan juga sebagai pengajar lepas di berbagai macam institusi atau universitas terkait.

Sejarah Perkembangan Wikipedia

 

Sejarah Perkembangan Wikipedia
IDwebhost

 

Mengenai karir, Wales mengembangkan karir pertama kali di suatu perusahaan pialang saham yang bernama Chicago Options Associates di tahun 1994 sampai tahun 2002. Karir pertamanya ini menawarkan banyak sekali uang tetapi Wales tampaknya tidak begitu menikmatinya dan pada akhirnya dia memutuskan untuk berhenti bekerja di sana.

Situs pertamanya

Sebelum dia benar-benar berhenti, Wales secara sembunyi-sembunyi telah mengembangkan sebuah situs seperti mesin pencarian yang bernama Bomis. Bomis ini memang sempat sangat populer tetapi pada saat itu lebih sering diasosiasikan dengan tempat berjualan dimana para pria berkumpul menjual produk terkait erotisme atau seks. Inilah alasan mengapa Wales akhirnya melepas Bomis dan mulai mencoba lagi untuk mengembangkan jenis situs lain yang tidak membawa dampak negatif.

Situs Keduanya dan yang Terakhir

Kemudian, Wales kembali mengembangkan kesukaannya dalam membagi pengetahuan ke orang-orang. Dia bekerja sama dengan suatu perusahaan nirlaba dan pada akhirnya mendirikan situs Nupedia. Untuk usahanya kali ini, dia berhasil. Pada tahun 2001 akhirnya dia bisa juga mendirikan situs Wikipedia. Tanggal tepatnya adalah pada 15 Januari 2001.

Dia akhirnya mengelolanya secara swadaya. Berdasarkan liputan berita yang tersebar di media-media Amerika, biaya pengelolaan situs wikipedia mencapai 500.000 US$ dan ini semua hanya memakai uang tabungan selama dia bekerja di perusahaan pialang saham yang sudah kami ceritakan sebelumnya.

Kemudian barulah pada tahun 2006 Wales berhasil meraih biaya tambahan pendanaan untuk modal pengembangan situs Wikipedia. Dia mendapatkannya dari beberapa perusahaan yang bergabung untuk mendanai. Orang-orang ini dikabarkan merupakan orang-orang yang telah menaruh simpati untuk sosok Wales.

Mengapa? Karena proyek ini pada dasarnya lebih bersifat ke sosial-pendidikan dibandingkan untuk komersil. Wales memang berkeinginan untuk menciptakan ensiklopedia ilmu pengetahuan terbesar yang dapat diakses oleh semua orang secara gratis, di seluruh dunia tentunya.

Dia juga pada akhirnya begitu banyak disorot oleh media-media nasional maupun internasional. Salah satu publikasi yang sangat berarti adalah ketika dia diangkat menjadi sosok utama di artikel “Scientist & Thinkers” dalam majalah TIME pada tahun 2006 lalu. Kolom tersebut sebenarnya hanya memuat daftar orang-orang yang paling berpengaruh di seluruh dunia.

Kesimpulan

Apakah Anda terinspirasi untuk menjadi sukses seperti Jimmy Donal Wales? Silakan berikan komentar anda dan jangan lupa untuk subcribe email Anda supaya bisa mendapatkan berbagai konten informatif menarik lainnya seputar pengembangan bisnis dan website di era digital saat ini. Selamat berusaha dan semoga sukses ya, kawan-kawan!

Baca Juga : Mengenal Hosting dan Domain

IDwebhost menawarkan beragam layanan domain dan hosting murah berkualitas serta jasa promosi online yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan bisnis online anda. IDwebhost juga menyediakan SSL murah, reseller domain, dan dedicated server. yuk cek di sini.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.