Jenis-Jenis Website Dan Lihat Penjelasan Lengkapnya Di Sini!

22 Okt 2022
Jenis-Jenis Website Dan Lihat Penjelasan Lengkapnya Di Sini! campaign-unlimited

Situs web adalah identitas di Internet dan berbagai jenis website tersedia seiring perkembangan zaman. Apa yang dilihat pengunjung online ketika mereka mengetik nama domainmu akan menciptakan kesan tentang bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki situs yang bagus, profesional, dan tepat. Ada berbagai jenis-jenis situs web yang diklasifikasikan berdasarkan platform, dan tujuan mereka. Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk mendesain situs web baru atau mendesain ulang, sangat disarankan memutuskan jenis situs web apa yang kamu butuhkan. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan berbagai jenis situs web yang biasa dibangun. Semoga akan membantumu menemukan website yang dibutuhkan.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Metode Pembuatan

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Metode Pembuatan

Situs Statis

Situs web statis berisi halaman Web dengan konten tetap. Setiap halaman dikodekan dalam HTML untuk menampilkan informasi yang sama bagi setiap pengunjung. Situs statis adalah jenis situs web yang paling dasar dan paling mudah dibuat. Tidak seperti situs web dinamis, mereka tidak memerlukan pemrograman Web atau desain database. Situs statis dapat dibuat hanya dengan membuat beberapa halaman HTML dan bisa langsung diterbitkan. Karena halaman Web statis berisi kode tetap, konten setiap halaman tidak berubah kecuali diperbarui secara manual oleh webmaster. Ini berfungsi baik untuk situs web kecil, tetapi untuk situs web yang lebih besar biasanya menggunakan halaman dinamis yang dapat dimodifikasi dengan hanya memilih template.

Situs Dinamis

Situs web dinamis berisi halaman yang dibuat secara real-time. Halaman-halaman ini termasuk kode scripting Web, seperti PHP atau ASP. Ketika halaman dinamis diakses, kode di dalam halaman diurai di server Web dan HTML yang dihasilkan dikirim ke browser web klien. Sebagian besar situs web bersifat dinamis, karena situs tersebut lebih mudah dikelola daripada situs web statis. Ini karena halaman statis masing-masing berisi konten unik, yang berarti mereka harus dibuka secara manual, diedit, dan dipublikasikan setiap kali perubahan dilakukan. Halaman dinamis mengakses informasi dari database. Oleh karena itu, untuk mengubah konten halaman dinamis, webmaster hanya perlu memperbarui catatan dari basis data. Ini sangat membantu untuk situs besar yang berisi ratusan atau ribuan halaman. Ini juga memungkinkan beberapa pengguna untuk memperbarui konten situs web tanpa mengedit tata letak halaman.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Platfrom

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Platfrom

Website Builder

Website builder hadir dengan pengembangan website yang datang bersamaan dengan paket hosting. Dengan website builder memungkinkanmu mendesain situs web dengan menggunakan editor visual. Jenis solusi ini sangat cocok jika kamu mencari cara yang cepat dan mudah untuk membangun situs.

Content Management System (CMS)

adalah sistem berbasis web yang digunakan untuk mengelola konten situs web. Ini akan memiliki antarmuka yang ramah pengguna untuk menambahkan, memodifikasi atau menghapus konten yang ditampilkan di situs web, pengguna dengan sedikit atau tanpa pengetahuan teknis dapat melakukan tugas-tugas ini dengan mudah. CMS difokuskan pada peningkatan template siap pakai melalui pengeditan kode web. WordPress.org (juga dikenal sebagai WordPress yang dihosting sendiri) adalah cms paling populer di dunia. Lebih dari 28% dari semua situs web di internet diberdayakan oleh WordPress.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Tujuannya

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Tujuannya
Jenis-Jenis Website Berdasarkan Tujuannya

Blog atau Situs Pribadi

Kamu dapat membuatnya dengan menggunakan platform seperti WordPress atau Blogspot. Platform ini sangat mudah untuk diperbarui karena postingan akan dibuat dalam bentuk yang bekerja sangat mirip dengan program pengolah kata populer yang sudah dikenal banyak pengguna.

Situs Web Bisnis

WordPress adalah cara termudah untuk membangun situs web bisnis yang tampak profesional. Sangat kuat sehingga banyak merek nama besar menggunakan WordPress untuk memperkuat situs web mereka. Dengan menggunakan WordPress ada banyak Plugin untuk meluncurkan situs web dengan cepat dan kemudian memperluasnya dengan menggunakan jasa promosi seiring pertumbuhan bisnismu.

E-Commerce

WordPress dengan cepat menjadi solusi untuk membangun situs web eCommerce. Ada banyak plugin hebat seperti WooCommerce, Easy Digital Downloads, dan WPEcommerce yang mengubah situs WordPress menjadi platform eCommerce yang berfungsi penuh. Kamu dapat menerima pembayaran, mengelola inventaris, pengiriman, pajak, dan pengguna hanya dari satu panel yang sama. Untuk memudahkanmu, IDwebhost juga menyediakan pembuatan e-commerce yang dapat menunjang penjualan bisnis.

Situs Pencari Kerja

Dengan jumlah pencari kerja yang semakin berkembang, maka untuk mencari kandidat yang tepat dan lebih mudah adalah melalui situs pencari kerja secara online. Ada ribuan situs pekerjaan di web, tetapi yang terbaik memiliki alat pencarian yang cepat dan mudah digunakan serta memungkinkanmu untuk mencari berdasarkan jenis pekerjaan yang diinginkan, lokasi , dan kriteria lainnya. WordPress memungkinkanmu dapat dengan mudah membuatnya.

Direktori Bisnis

Sama halnya dengan situs pencari kerja, website untuk direktori bisnis juga saat ini menjadi incaran. Direktori bisnis adalah situs web atau daftar informasi tercetak yang mencantumkan bisnis dalam kategori berbasis tulisan. Bisnis dapat dikategorikan berdasarkan niche, lokasi, aktivitas, atau ukuran. Bisnis dapat dikompilasi secara manual atau melalui perangkat lunak pencarian online otomatis. Halaman kuning online adalah jenis direktori bisnis, seperti buku telepon tradisional. Ada beberapa plugin direktori bisnis WordPress yang bagus yang memungkinkanmu membuat direktori bisnis dengan mudah. Kamu bahkan dapat membuat direktori web yang tidak terbatas hanya untuk bisnis.

Situs Tanya Jawab

Ingin membuat versi sendiri dari Yahoo Answers, Stack Exchange, atau Quora? Dengan WordPress, kamu dapat dengan mudah membuat situs pertanyaan dan jawaban. Gabungkan dengan alat lain, dan dapat membangun komunitas online yang berkembang sendiri.

NonProfits dan Situs-situs Keagamaan

WordPress merupakan solusi ideal untuk sebuah organisasi nirlaba. Dengan plugin WordPress, kamu dapat menambahkan formulir donasi dan mengumpulkan uang dengan menerima donasi paypal. Ada beberapa tema WordPress yang bagus untuk keagamaan dan lembaga nirlaba.

Situs Web Portofolio

Butuh tempat untuk memamerkan karya? Kamu dapat dengan mudah menambahkan portofolio ke situs WordPress dengan galeri gambar yang menakjubkan, dan slider yang cantik. WordPress dapat digunakan untuk memberikan pengalaman pengguna yang sangat ramping dan terpoles untuk situs portofolio sehingga memudahkan orang lain untuk menelusuri dan belajar tentang pekerjaan.

Komunitas Online

Komunitas web menyediakan platform untuk berbagai layanan kepada pengguna. Mereka memungkinkan interaksi sosial di seluruh dunia antara orang-orang dari budaya yang berbeda yang mungkin tidak pernah bertemu dengan pertemuan offline juga menjadi lebih umum. WordPress dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah forum online. Kamu bahkan dapat menambahkan fitur jaringan sosial, forum Internet, sekelompok blog, atau jenis aplikasi web perangkat lunak sosial lainnya.

Situs kupon dengan WordPress

Ingin mendapatkan komisi afiliasi dari ribuan situs web yang menawarkan diskon khusus untuk produk dan layanan mereka? Gunakan WordPress untuk membuat situs kupon. Ini memungkinkanmu dengan mudah menambahkan dan mengelola masa berlaku sebuah kupon. Pengguna dapat memilih dan memberi peringkat kupon, dan kamu hanya perlu memantaunya melalui area admin WordPress.

Situs Web Lelang

Ingin menjalankan eBay sendiri seperti situs lelang? Dengan WordPress, kamu dapat membuat situs web lelang yang berfungsi penuh. Pengguna dapat menawar secara online, melakukan pembayaran, dan kamu dapat memperoleh penghasilan hanya dengan menyediakan platform untuk industri khusus.

Situs Web Fotografi

Apakah kamu seorang fotografer profesional atau amatir? Ingin membagikan foto hasil karya sendiri? Dengan WordPress, kamu dapat membuat situs fotografi yang luar biasa indah. Kamu dapat menambahkan galeri, album, judul, keterangan, popup lightbox, rangkai slide, dll.

Berita Situs Web

Situs web jenis ini berfokus pada area khusus dan menawarkan informasi dalam format yang sama yang mungkin disediakan di surat kabar atau majalah, tetapi dipublikasikan secara online. Situs-situs ini cenderung sering diperbarui dan menawarkan konten dalam bentuk paragraf dan foto kejadian real.

Ada banyak jenis-jenis website yang bermunculan, dan memilihnya sering kali  menjadi masalah terletak pada anggaran. Tidak ada yang salah dengan memulai yang kecil dengan desain situs web statis, tetapi responsif dan akhirnya menciptakan situs web yang lebih dinamis seiring pertumbuhan bisnis. Yang penting adalah menemukan website developer yang fungsional untuk perusahaanmu seperti IDwebhost, yang akan selalu mendukung untuk mengembangkan website.

Penulis
Member since 2 Jul 2013