Jenis SSL Seperti Apa Yang Paling Anda Butuhkan?
Blog Tips Keren Jenis SSL Seperti Apa Yang Paling Anda Butuhkan?

Jenis SSL Seperti Apa Yang Paling Anda Butuhkan?

Memilih jenis SSL yang tepat memang sangat penting untuk website Anda. Sebagai pemilik website yang digunakan untuk bisnis online tentunya Anda akan menggunakan SSL demi keamanan website Anda. SSL adalah kependekan dari Secure Sockets Layer. Ini merupakan standard Internet untuk mengamankan koneksi antara server website dengan browser client (Firefox, Chrome, Internet Explorer, dll). Semua data yang melewati link https yang diamankan oleh SSL akan di-encrypt (diacak datanya) sehingga aman dari hackers.

Jenis SSL yang paling sering digunakan ada 3. Beberapa orang tentunya sudah tidak asing jenis SSL yang sudah biasa dipakai. SSL adalah salah satu komponen penting yang harus dimiliki website. Dengan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi. Bahkan saking pentingnya, Google Chrome melabeli website tanpa sertifikat SSL sebagai Not Secure.

Pertukaran data seperti mengunjungi website, pengiriman dan penerimaan email, membeli barang online, serta data-data penting perusahaan akan dienkripsi agar tidak ada oknum tak bertanggung jawab yang berusaha menggunakan data-data tersebut secara ilegal.

Sertifikat SSL memiliki dua kombinasi, yakni public key dan private key. Public key digunakan untuk mengenkripsi data yang akan dikirim, sementara private key digunakan untuk mendekripsi data ke format yang dapat digunakan kembali oleh penerima data.

Jenis SSL

Jenis SSL seperti apa paling Anda perlukan?

Sebelum memutuskan memakai SSL, tentunya Anda sering mendengar istilah Domain Validation (DV), Organization Validation (OV), Extended Validation (EV) pada saat melakukan pengorderan SSL Certificates? Di sini ada 3 jeni sertifikat SSL. Dengan adanya penjelasan di bawah ini agar Anda bisa memilih mana SSL yang paling tepat untuk keamanan website Anda.

Banyak yang bertanya tentang apa perbedaan antara jenis sertifikat SSL DV, OV dan EV. Perbedaan paling mendasar yang sangat terlihat pada beberapa browser antara sertifikat EV dan non EV adalah greenbar pada website. Namun untuk meninjau secara mendetail perbedaan EV dan non EV perlu melakukan tinjauan struktur SSL tersebut.

Jika dilihat dari jenisnya, SSL terbagi menjadi 3 macam, yaitu;

1.Domain Validation (DV)

SSL domain validation merupakan sertifikat SSL dasar yang hanya digunakan untuk melindungi domain Anda. Jenis SSL ini merupakan jenis dengan otentikasi paling rendah dibandingkan dengan jenis lainnya. Anda yang ingin mencoba menggunakan sertifikat SSL, SSL DV kini bisa mencobanya.

Tak hanya harganya yang murah tetapi juga proses validasi yang sangat mudah. Anda hanya membutuhkan validasi email dan harus email yang sama dengan data domain pada WHOIS. Jenis yang ini adalah yang umum orang gunakan, karena harga yang sangat terjangkau dan mudah pemasangannya.

Kapan Anda harus menggunakan SSL DV?

Sertifikat DV bisa digunakan saat situasi di mana kepercayaan dan kredibilitas kurang penting. Misalnya seperti pada situs web pribadi dan forum kecil yang memerlukan enkripsi dasar. Ini hanya berlaku untuk enkripsi login, formulir ataupun data non-transaksional lainnya.

Kelebihan memilih SSL DV

  • Mudah didapatkan karena karena hanya membutuhkan domain dan CSR.
  • Proses penerbitan yang cepat karean penerbitan dilakukan hanya dengan validasi data melalui email domain.

Hal yang Anda ingat dalam memilih SSL DV

  • Gunakan hanya untuk aplikasi yang berbasis web dan tidak berisiko phishing atau penipuan.
  • Hindari penggunaan untuk situs web yang menangani data sensitif.
  • Sangat direkomendasikan untuk website pribadi (blog).
Jenis SSL
idwebhost.com

2.Organization Validation (OV)

Sertifikat SSL jenis ini memiliki tingkat otentikasi yang lebih aman jika dibandingkan dengan DV. Untuk menerbitkan sertifikat ini memerlukan beberapa data perusahaan dan syarat yang harus dipenuhi. Selain memeriksa kepemilikan nama domain, Otoritas sertifikat juga akan melakukan pemeriksaan tambahan terhadap organisasi dan individu yang mengajukan sertifikat. Hal Ini mungkin termasuk memeriksa alamat tempat perusahaan terdaftar dan nama kontak tertentu. Jenis SSL ini hanya digunakan untuk website resmi yang mengandung organisasi tertentu.

Kapan Anda harus menggunakan sertifikat OV?

Yang perlu Anda ingat di sini adalah bahwa Anda harus menggunakan sertifikat OV jika situs web yang berhubungan dengan publik berurusan dengan data transaksional yang kurang sensitif.

Kelebihan memilih SSL OV

  • Proses pemeriksaan lebih menyeluruh daripada DV.
  • Informasi perusahaan akan ditampilkan kepada pengguna.
  • Memberikan tingkat kepercayaan tertentu tentang perusahaan yang memiliki situs web.

Hal yang harus Anda ingat dalam memilih SSL OV

  • Sertifikat OV tidak menawarkan tampilan green bar address.
  • Sangat memerlukan data perusahaan untuk melakukan validasi.

3.Extended Validation (EV)

SSL Extended validation merupakan jenis sertifikat dengan tingkat otentikasi yang paling tinggi. SSL jenis ini dapat meyakinkan pengunjung situs website Anda bahwa transaksi di website Anda sangat aman. SSL ini juga dilengkapi dengan Green Address Bar sehingga terlihat lebih ekslusif. Untuk penerbitan sertifikatnya sama dengan OV yaitu memerlukan dokumen pendukung kepemilikan domain Anda. Biasanya EV digunakan untuk perusahaan besar dan dapat meningkatkan sales maupun trust kepada visitor.

Kapan Anda harus menggunakan SSL EV?

SSL sertifikat EV dapat digunakan pada semua aplikasi yang membutuhkan jaminan identitas yang lebih kuat dan kepercayaan tambahan pada costumer. SSL EV akan melindungi situs web profil tinggi yang sering ditargetkan untuk serangan phishing, seperti Bank/ Lembaga Keuangan, Lembaga Pemerintahan dan website yang mengumpulkan data, melakukan proses pembayaran online.

Jenis SSL
idwebhost.com

Kelebihan memilih SSL EV

  • Sertifikat EV menampilkan green bar dengan nama website Anda.
  • Meningkatkan kepercayaan pengguna dan menurunkan rasio pengabaian keranjang belanja.

Hal yang perlu diingat dalam memilih SSL EV

  • Menawarkan tampilan green bar dengan nama website.
  • Perusahaan harus sudah berjalan minimal 2 tahun.

Tingkat keamanan SSL terletak pada kekuatan enkripsi yang didukungnya (misalnya 256 bit). Semakin besar tingkat enkripsi maka akan semakin susah untuk dibobol. Secara teknis, semua SSL dengan tingkat enkripsi yang sama mempunyai tingkat keamanan yang sama. Bagi anda yang membutuhkan SSL sertifikat untuk meningkatkan kredibilitas website anda sangat direkomendasikan menggunakan EV.

Dalam memilih SSL sebaiknya pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan website Anda. Jika memang Anda memiliki bisnis online dan mengharuskan keamanan yang maksimal, maka Anda bisa memilih SSL dengan tingkat keamanan paling tinggi.

Jadi Anda sudah tahu kira-kira jenis SSL seperti apa yang harus Anda pakai kan? Jangan lupa jika Anda sedang mencari SSL dengan harga yang murah dan berkualitas, maka bisa langsung membelinya di IDwebhost.