Jenis Iklan Google Yang Harus Diketahui!
Blog Tips Keren Jenis Iklan Google Yang Harus Diketahui!

Jenis Iklan Google Yang Harus Diketahui!

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan mesin pencari paling populer dan besar seperti Google? Sudah pasti mayoritas orang yang ada di dunia pasti tahu tentang Google. Atau bila orang Indonesia menyebut dengan sebutan “Mbah Google”. Sudah pasti setiap detik, setidaknya ada 2,3 juta pencarian yang sudah dilakukan oleh Google. Dan juga sebagian besar halaman dari hasil pencarian yang berasal dari Google akan selalu menyertakan iklan. Sehingga Anda juga harus tahu jenis iklan google, karena memang beragam.

Pengantar Jenis Iklan Google

Agar bisa menampilkan iklan atau membuat sebuah iklan, Anda harus membuat akun google adwords terlebih dahulu. Atau yang biasa dikenal dengan Google Ads. Tetapi, sebenarnya secara tidak sadar, ketika Anda mencari sebuah informasi yang berbeda. Dengan bantuan google akan muncul iklan yang berbeda dengan yang sebelumnya? Atau ketika Anda masuk ke dalam website tertentu, nantinya akan muncul iklan pada website yang Anda buka. Nah, sebenarnya, Google Ads sendiri mempunyai 5 jenis iklan yang mungkin bisa saja Anda lihat sebelumnya.

jenis iklan google

Jenis Iklan Google Ads                                                      

Google Ads memang menyediakan beragam pilihan iklan dan juga format iklan yang dapat Anda manfaatkan dalam membuat sebuah iklan. Jenis iklan google ads ini juga dibagi kedalam 5 jenis iklan yaitu, iklan penelusuran atau teks, iklan gambar. Iklan shopping, iklan video, dan juga iklan promosi aplikasi. Tentunya, Anda dapat menggunakan beberapa macam jenis iklan yang disesuaikan dengan target iklan Anda. Harusnya memang ditentukan terlebih dahulu tujuan iklan yang Anda buat apakah untuk keperluan prospek atau penjualan. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai iklan google.

Jenis iklan Google, Iklan Penelurusan

Iklan penelusuran atau iklan teks merupakan iklan yang terlihat pada hasil penelurusan google. Jenis iklan ini memang standarnya berisi tentang judul yang bisa diklik kemudian diarahkan menuju halaman website. Link website tujuan dan juga deskripsi. Tetapi, google juga memberikan sebuah fasilitas tambahan pada sebuah teks iklan berupa ekstensi iklan. Ekstensi iklan ini nantinya akan sangat berguna. Contohnya adalah dapat menampilkan detail tambahan dan juga nomor kontak pelanggan. Tujuannya agar iklan yang ditampilkan bisa lebih relevan untuk pelanggan Anda nantinya. Cara kerja teks iklan ini adalah dengan menjangkau pelanggan atau calon customer. Ketika mereka sedang menelusuri kata kunci tertentu yang ada kaitannya dengan produk atau jasa yang ada dalam mesin pencari Google.

jenis iklan google

Jenis Iklan Google, Iklan Gambar

Iklan gambar ini biasanya akan terlihat pada website yang mana adalah partnet google. Atau biasa dikenal dengan Google Display Network (GDN). Iklan gambar ini juga bisa disi dengan gambar yang bisa mengarah pada halaman website. Atau dapat juga berupa judul, link tujuan website, deskripsi dan juga gambar. Untuk ukuran iklan gambar juga bisa berbeda, tergantung dimana iklan tersebut akan dipasang.

Iklan Aplikasi

Salah satu jenis iklan google ini sangat memungkinkan Anda agar bisa mempromosikan aplikasi. Dan akan muncul pada website yang merupakan partner dari Google. Iklan tersebut nantinya hanya akan muncul ketika website sudah dibuka pada mobile browser. Contohnya Opera, UC Browser, Chrome dan lain-lain. Iklan aplikasi juga dapat berupa sebuah teks dan juga gambar yang dapat mempromosikan sebuah aplikasi yang akan diiklankan. Tidak hanya itu, ada juga tombol atau sebuah button yang dapat diklik dan langsung terhubung dengan Google Play. Atau App Store agar bisa langsung menginstall aplikasi tersebut.

Iklan Video

Iklan video yang biasanya terlihat pada website partnet google dan juga youtube. Iklan ini bisa mempromosikan produk atau jasa kedalam bentuk sebuah video. Untuk durasi video nya juga bervariasi. Contohnya pada youtube, ada yang mempunyai durasi 8 sampai 15 detik. Dimana pengguna youtube nantinya bisa menutup iklan tersebut ketika sudah 5 detik berjalan. Dengan cara mengklik pada tombol yang bertulsikan Skip Ad. Dan ada juga sebuah iklan video yang mempunyai durasi 5 sampai 8 detik. Tetapi pengguna youtube tidak bisa langsung menutup iklan tersebut. Salah satu jenis iklan ini dapat Anda pakai dalam mempromosikan sebuah film dengan bantuan video trailer.

jenis iklan google

Jenis Iklan Google, Iklan Shopping

Iklan shopping ini sering kali muncul pada hasil penelusuran Google. Salah satu jenis iklan ini memang berisikan tentang produk, gambar, harga, dan juga link. Yang dapat di klik agar bisa menuju produk yang nantinya akan ditampilkan. Tentu saja yang berasal dari halaman web yang nantinya dapat membawa pelanggan. Dan juga calon pelanggan Anda untuk berbelanja langsung pada website yang dtuju. Cara kerja iklan shopping adalah dengan cara menjangkau pelanggan ketika mereka sedang menelusuri sebuah kata kunci. Yang ada kaitannya dengan produk Anda pada Google Search.

Kesimpulan Jenis Iklan Google

Sebagai platform iklan yang dimiliki oleh Google, Adwords sudah menjadi mesin yang bisa menggerakan penjualan secara online. Apalagi digunakan pada perusahaan dengan skala besar, menengah hingga kecil. Sebenarnya, yang paling sederhana dan juga mudah dikenali pada sebuah iklan google adalah format teks iklan yang tampilannya muncul di laman muka mesin pencari google. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Economic Association menyebutkan bahwa dalam sebuah bisnis atau sebuah usaha nantinya akan dapat menghasilkan pendapatan degan rata-rata US$2 pada setiap  US$ 1 yang sudah dibelanjakan untuk kebutuhan Adwords. Namun, hasilnya akan bervariasi bergantung untuk setiap unit bisnis yang menjelakan. Tetapi banyak juga yang dari mereka sudah mengasilkan uang untuk kebutuhan adwords tanpa tahu siapa yang mereka targetkan, berapa harga penawaran yang paling terbaik dan juga cara mereka dalam mengukur revenue mereka.

jenis iklan google

Kesimpulan Selanjutnya

Dari kesemua jenis iklan google Ads memang sangat efektif bagi Anda yang akan meningkatkan traffic atau sekedar lalu lintas ke website Anda, meningkatkan penjualan dan juga lain sebagainya. Tentu saja dengan teknologi google Ads yang Anda punya, dapat juga membuat sebuah iklan yang efektif ini karena biaya iklan dapat di atur untuk orang yang memang berniat dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Selain itu bisa juga untuk menemukan calon pembeli yang potensial dengan cepat, tentu saja dengan biaya yang terkontrol. Perlu diketahui, biaya atau tarif iklan pada google Ads dapat Anda kontrol dengan sedemikian rupa. Oleh karena itu, nantinya dapat menghasilkan keuntungan yang jauh lebih maksimal yang didukung dengan biaya optimal.

Tidak hanya itu, dalam membuat sebuah iklan di Google juga nantinya akan berkesempatan untuk bisa mendapatkan peringkat pada urutan pertama dalam mesin pencari google. Maksudnya adalah peringkat teratas halaman pencarian google akan bisa meningkatkan penjualan Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.