10 Tips Jitu Memilih Jasa Pembuatan Web Terpercaya
Blog Tips Keren

10 Tips Jitu Memilih Jasa Pembuatan Web Terpercaya

Ada tips jitu bagaimana untuk memilih jasa pembuatan web. Bicara bisnis di jaman sekarang, toko online menjadi cara yang banyak digunakan para pebisnis saat ini. Dewasa ini ada beberapa jenis UKM atau UMKM yang telah mencoba keberuntungan dan sukses berbisnis dengan menggunakan media digital, yang mana salah satu medianya yaitu website.

Banyak pebisnis pemula yang memanfaatkan web sebagai media bisnis mereka, karna selain murah juga mudah untuk dikelola dan jangkauannya luas. Asalkan mereka mempunyai barang atau jasa untuk dijual, mereka bebas untuk melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan toko online yang mereka pesan dari jasa pembuatan web yang terpercaya. Nah, apabila anda ingin memesan web, kami akan memberikan tips untuk Anda.

Pada saat pembuatan website, Anda harus memastikan beberapa hal berikut ini. Ini akan membantu Anda untuk dapat menemukan jasa atau layanan terpercaya untuk pembuatan website toko online anda. Berikut ini 10 tips penting yang harus anda perhatikan pada saat memesan web untuk keperluan toko online. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung kita bahas semuanya.

1. Lihat profil dan legalitas perusahaan

jasa pembuatan website termurah
IDwebhost

Pastikan jasa pembuatan web yang akan anda pilih memiliki visi dan misi serta legalitas yang jelas. Karena itu Anda harus memilih IT Konsultan yang tidak hanya untuk sekedar jualan website saja atau mereka hanya ingin mendapat uang saja.

Pastikan jasa mempunyai legalitas, sehingga suatu saat layanan tersebut masih dapat dihubungi saat anda minta bantuan terkait web yang dibuatnya. Jika jasa tidak mempunyai legalitas ini, maka akan menjadi masalah bagi anda pada saat anda akan melakukan perpanjangan di tahun depan.

Bisa-bisa di saat bisnis Anda sedang naik, developer web tidak bisa dihubungi lagi, yang pada akhirnya website Anda mungkin berakhir kolaps. Jangan ragu untuk mencari tahu dan tanyakan legalitas perusahaan jasa tersebut.

Bacalah pada bagian profil perusahaan. Pastikan juga Anda dan pihak jasa telah berkomunikasi, baik menggunakan telepon atau chat sebelum anda deal dengan pemesanan, sehingga anda akan mengetahui banyak tentang mereka sebelum terjadinya kesepakatan.

2. Lihat Portofolio perusahaan

Pastikan vendor mereka sudah memiliki portofolio atau kumpulan project website yang telah dia kerjakan. Tidak mesti banyak, sebab yang paling penting pada bagian tersebut adalah Anda bisa melihat kualitas dan keberhasilan jasa untuk memuaskan para client yang memakai jasa tersebut sebelumnya.

3. Lihatlah spesifikasi hosting perusahaan

jasa pembuatan website terbaik
IDwebhost

Pada bagian spesifikasi hosting biasanya termasuk kuota upload (disk space), kuota klik (bandwith), RAM, dan CPU hingga fitur auto backup file yang digunakan untuk security. Sebelum anda memesan web ke jasa sebaiknya anda memastikan bahwa semua bagian yang telah disebutkan sebelumnya sudah ada di dalam website yang akan dibuat untuk menjadi online shop Anda.

4. Cpanel

Cpanel adalah akun yang menjadi kepemilikan Anda atau pelanggan. Pada bagian Cpanel akan berisi file website jadi jika anda suatu saat nanti mau merubah toko online, anda bisa menyisipkan script sendiri. Anda juga masih dapat menggunakan backup manual melalui Cpanel. Melalui Cpanel Anda juga dapat mengunakan webmail dan menambahkan domain.

5. Lihat Fitur pada Website

Sebaiknya Anda melihat fitur yang terdapat pada web dari jasa pembuatan web. Jika fitur yang ditawarkan memang sesuai dengan yang anda butuhkan, itu artinya web tersebut akan memudahkan Anda dalam mengelolanya. Jika dirasa terlalu rumit fitur yang ditawarkan kepada Anda , anda bisa meminta untuk diganti dengan fitur yang lebih mudah untuk digunakan.

6. Pastikan website yang akan anda pesan suda support SEO

jasa pembuatan website yang berkualitas
IDwebhost

Paling baik jika Anda memesan website adalah support SEO friendly. Hal ini supaya memudahkan anda kedepannya saat digunakan menjadi toko online. Misalnya untuk keperluan mengiklankan website ataupun men-SEO kan web Anda. Jadi tidak ada salahnya jika Anda bertanya kepada jasa pembuatan web mengenai sudah support SEO atau belum.

7. Tanyakan apakah template yang dipakai sudah berlisensi atau belum

Tema atau template yang baik seharusnya sudah bersih dari spam serta selalu secara otomatis bisa update. Agar bebas spam serta selalu update, template yang akan anda gunakan harusnya memiliki lisensi update. Hal ini akan berguna sekali untuk bisnis anda dalam jangka panjang, terutama untuk toko online Anda.

8. Lihat juga demo websitenya

Pada waktu anda memesan pada jasa pembuatan web, periksa terlebih dahulu pada demo websitenya. Apakah vendor sudah menyediakan yang sesuai keperluan Anda atau tidak. masalahnya ini adalah website jenis toko online, jadi web harus dibuat dengan tampilan yang semenarik mungkin supaya para customer banyak yang berdatangan.

9. Lihatlah profil dari penanggung jawab perusahaan

Pastikanlah sebelum Anda memesan web untuk online shop Anda, anda terlebih dahulu telah mengenal profil dari perusahaan atau penanggung jawab vendor penyedia jasa. Minimal Anda sudah mengetahui nama, foto, kontak yang dapat dihubungi maupun almameternya. Ini dapat Anda gunakan untuk safety atau berjaga-jaga jika terjadi permasalahan dengan pihak jasa terkait.

10. Komunikatif

Hal yang terakhir dan paling penting yaitu pihak dari vendor harus komunikatif. Apabila suatu saat terjadi masalah pada situs online shop yang Anda gunakan, pastinya pemilik jasa akan membantu anda untuk mengatasi semua persoalan atau sekedar memberikan solusi terbaik pada berbagai masalah online shop Anda.

Baca Juga : 8 Keuntungan Website untuk Bisnis Anda

Terakhir

Dari 10 tips di atas, anda akan dengan mudah untuk mengetahui apakah jasa tersebut merupakan jasa yang terpercaya atau bukan. Oleh sebab itu, anda ikuti trik di atas untuk dapat mengetahui dengan detail seperti apa perusahaan yang Anda percayai untuk membuat web toko online anda nantinya.

Toko online yang memakai website bukan hal yang baru lagi di kalangan para pebisnis. Justru dengan adanya web akan memudahkan para konsumen untuk mengenal lebih lanjut produk apa saja yang ditawarkan kepada mereka. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk meminta kepada salah satu layanan pembuatan web terpercaya membuatkan web yang bagus.

Nah, kita jadi bisa belajar bagaimana cara untuk mencari tahu dan membedakan tentang jasa vendor yang terpercaya sehingga kedepannya diharapkan akan menghasilkan keuntungan untuk toko online anda. Jadi, simpan baik-baik dan lakukan tips dari IDwebhost di atas sebelum anda memilih salah satu jasa pembuatan web yang Anda percayai untuk membuatkan toko online dengan benar pada Anda.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.