Penting! Ini Dia Alasan Jangan Menggunakan Domain Gratis
Blog Tips Keren

Penting! Ini Dia Alasan Jangan Menggunakan Domain Gratis

Domain gratis? Hmm siapa sih yang tidak tergoda untuk menggunakannya? Keunggulannya tentu saja gratis sehingga tidak perlu repot untuk mengeluarkan biaya lebih untuk membeli domain . Oleh karena itu, di masa kini masih cukup banyak website atau blog bisnis yang menggunakan domain gratis sebagai andalan mereka. Namun menggunakan domain gratisan memiliki banyak poin minus yang bisa mempengaruhi bisnis anda. Maka dari itu, di artikel ini akan kami bahas beberapa alasan jangan menggunakan domain gratis.

Domain gratis memang sangat menggoda dan mungkin cocok untuk anda yang ingin membuat website pribadi tentang hobi atau semacamnya yang tidak bersifat komersil (bahkan jika ingin membuat website pribadi, kami lebih merekomendasikan blogspot atau wordpress). Salah satu penyedia domain gratis yang paling populer adalah Freenom. Kini Freenom telah memiliki jutaan member yang telah mendaftar untuk mendapatkan domain gratis, memang hal ini sangatlah menarik perhatian untuk orang yang baru terjun ke dunia blogger atau baru ingin membuka usaha dan baru sedikit paham tentang arti domain.

Domain gratis yang disediakan di Freenom juga bukanlah domain TLD melainkan hanya domain ccTLD belaka. Apa itu TLD dan ccTLD? TLD (Top Level Domain) merupakan sebuah jenis domain yang bersifat Universal atau dunia, Domain jenis TLD ini biasanya lebih support  dan lebih search engine friendly daripada ccTLD dan tentu saja bisa diakses oleh IP seluruh negara dengan speed loading yang sama, contoh domain jenis ini adalah .com, .net, .org, .tv, .biz.

Sedangkan ccTLD (Country Code Top Level Domain) adalah sebuah jenis domain yang bersifat kenegaraan atau domain khusus negara, biasanya domain ini dipakai oleh perusahaan bisnis lokal negara tersebut yang memfokuskan pada 1 negara saja, tanpa peduli terhadap pengunjung dari negara lain, contoh domain jenis  ini adalah .id, .tk, .my, .ga, .ml, .gq

Alasan Jangan Menggunakan Domain Gratis
contoh domain gratis

Oleh karena itu, bila anda ingin membuat website untuk tujuan bisnis, lebih baik anda jangan menggunakan domain gratis. Karena di masa kini pun cukup banyak domain murah yang memiliki berbagai fitur lengkap yang bisa memaksimalkan bisnis anda. Dan yang paling penting, domain gratis tidak akan mempunyai berbagai fitur di domain murah ini.

Di Indonesia sendiri kini masih cukup banyak pemilik usaha yang menggunakan domain gratis. Padahal pemilik usaha sukses yang sudah paham akan dunia internet akan lebih memilih untuk membeli domain sendiri daripada yang gratisan. Mengapa? Berikut ini adalah alasan jangan menggunakan domain gratis

Alasan Jangan Menggunakan Domain Gratis

Website Anda Terlihat Tidak Professional

Alasan jangan menggunakan domain gratis yang pertama adalah akan membuat website Anda menjadi terlihat serta memiliki penampilan tidak professional. Apalagi jika anda berencana menggunakan website untuk membantu kegiatan bisnis, pastinya akan mempengaruhi minat pengunjung untuk membeli dan hal ini bisa berdampak ke traffic website anda yang akan semakin turun.

Jangan menggunakan domain gratis
dengan domain gratis website anda terlihat tidak professional

Maka dari itu, jika ingin website anda memiliki tampilan yang terlihat professional gunakanlah domain berbayar. Sekarang ini sudah sangat banyak tersedia domain murah yang tidak akan membuat anda merogoh kocek yang dalam. Membeli domain murah merupakan suatu investasi jangka panjang bagi blog atau website anda. Karena hanya dengan sekali pembayaran, anda bisa menikmati domain murah beserta berbagai fiturnya dalam jangka waktu tertentu antara satu hingga lima tahun.

Tidak Akan Leluasa Memilih Domain Gratis

Ya, Dengan menggunakan domain gratis pastinya anda tidak akan bisa bebas dan leluasa memilih nama website Anda seperti anda membeli domain murah. Biasanya nama domain yang bagus pasti sudah digunakan oleh orang lain yang juga menggunakan domain gratis.

Maka dari itu, jika ingin nama domain yang bagus, unik serta menarik untuk meningkatkan usaha via website, anda wajib membeli domain murah. Karena dengan membeli domain murah anda bisa menentukan nama domain anda dengan lebih leluasa.

Tidak Memiliki Fitur Subdomain

Alasan jangan menggunakan domain gratis uang selanjutnya adalah karena domain gratis tidak ada fitur subdomain. Padahal seperti yang kita tahu, subdomain merupakan fitur yang sangat berguna jika anda memiliki website yang memiliki bermacam jenis topik pembahasan. Contohnya seperti bola.olahraga.com serta basket.olahraga.com dan semacamnya

Jika anda menginginkan fitur subdomain seperti diatas untuk blog atau website, makan anda harus membeli domain. Karena selain membuat blog dan website lebih terorganisir,  fitur subdomain juga akan meningkatkan efektivitas penggunjung website untuk transaksi bisnis atau menemukan konten yang mereka cari

Menurunkan Trafik Website

Seperti yang sudah dibahas diatas, karena domain gratis adalah domain dengan tipe ccTLD hal ini tentu akan mempengaruhi traffic website anda. Ya dengan domain tipe ccTLD, pengunjung dari negara lain tidak akan bisa mengakses website anda. Selain itu domain tipe ini juga tidak search engine friendly dan tidak mendukung SEO. Hal ini tentu saja sangat rugi bagi anda yang ingin menggunakan website untuk usaha.

Oleh karena itu, menggunakan domain murah dijamin lebih menguntungkan karena domain yang digunakan adalah tipe TLD sehingga bisa diakses dari pengunjung seluruh dunia serta domain TLD juga search engine friendly serta mendukung SEO. Lebih menguntungkan bukan?

Nama Domain Akan Lebih Mudah Diambilalih Orang

Jika anda memiliki blog atau website dengan menggunakan domain gratis dalam jangka waktu yang lama hingga blog atau website anda menjadi populer dan dikenal orang banyak, kemungkinan besar domain anda bisa dicuri oleh orang lain yang berani membayar tempat anda membuat domain gratis tersebut. Sebagai penikmat domain gratisan, tentu anda tidak bisa berbuat apa-apa selain pasrah.

Jangan menggunakan domain gratis
domain gratis rawan dicuri

Berbanding terbalik dengan menggunakan domain berbayar, blog atau website anda yang menggunakan domain murah tidak akan bisa dicuri orang lain selama anda masih rutin berlangganan membayar domain murah tersebut. Bagaimana? masih berani menggunakan domain gratis?

Tidak Ada Support Jika Website Bermasalah

Inilah alasan jangan menggunakan domain gratis yang paling tepat. Ya namanya juga gratisan, maka tentu anda tidak akan mendapat perlakuan khusus. Artinya adalah jika domain gratis anda mengalami masalah maintenance, anda tidak akan mendapat support atau bantuan dari penyedia domain gratis tersebut.

Hal ini sangat berbeda jika anda menggunakan domain murah karena anda akan mendapat bantuan professional dari perusahaan penyedia domain tersebut. Jadi anda jika ada masalah anda tidak perlu repot dan pusing untuk googling menyelesaikan masalah tersebut.

Itulah 6 alasan jangan menggunakan domain gratis. Jika anda memang serius ingin membangun website atau blog untuk usaha, sangat direkomendasikan menggunakan domain murah.

Willy Budianto

Willy Budianto adalah lulusan S1 dengan konsentrasi Public Relations. Writer yang akrab disapa Willy ini merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.