Alasan Mengapa Jangan Menggunakan Domain Gratis
Blog Tips Keren

Alasan Mengapa Jangan Menggunakan Domain Gratis

Domain gratis? Hmm siapa sih yang tidak tergoda untuk menggunakannya? Keunggulannya tentu saja gratis sehingga tidak perlu repot untuk mengeluarkan biaya lebih untuk membeli domain . Oleh karena itu, di masa kini masih cukup banyak website atau blog bisnis yang menggunakan domain gratis sebagai andalan mereka. Dan dunia bisnis online merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh berbagai jenis perusahaan. Kegiatan bisnis sekarang bisa berjalan dimana saja baik itu website maupun media sosial. Oleh karena itu cukup banyak orang menggunakan Domain gratis. Tapi mengapa ada anjuran untuk jangan menggunakan domain gratis?

Jadi, sebenarnya domain gratis tidak selamanya selalu memberikan keuntungan tersendiri untuk bisnis anda. Mengapa bisa begitu? Yah namanya juga domain gratis, pasti memiliki banyak kekurangan yang bisa membuat dampak negatif bagi bisnis online anda secara keseluruhan. Maka dari itu, di artikel ini kami akan membahas alasan mengapa untuk jangan menggunakan domain gratis yang bisa berdampak negatif pada kegiatan bisnis anda. Namun sebelum menuju kesana, sudah paham kah anda tentang domain? Berikut penjelasannya.

 

Apa itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Tujuan memiliki domain adalah Agar website atau aplikasi onlinenya bisa dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain. Domain ada beberapa level yaitu Top Level Domain atau TLD, Second Level Domain (SLD), dan Third Level Domain. Berikut penjelasannya.

 

Jangan Menggunakan Domain Gratis
idwebhost

1. Top Level Domain

Adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com  atau commercial, .net atau network, .org atau dotorganization, .edu atau doteducation, .gov atau dotgoverment, .mil atau dotmilitary, .info atau dotinfo, dan lain lain. Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) serta Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD)

Adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainaku.com, maka domainaku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain

Adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainaku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domaianku, yaitu mail.domainaku.com atau Contact.domainaku.com. Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.
Nah setelah memahami dasar dari apa itu domain, sekarang tanpa basa – basi akan kami jelaskan tentang alasan mengapa disarankan jangan menggunakan domain gratis.

Alasan Mengapa Jangan Menggunakan Domain Gratis

1. Domain Gratis memiliki karakteristik tidak professional

Dengan menggunakan domain gratisan, blog atau website dari perusahaan atau bisnis online anda akan terlihat tidak profesional. Oleh karena itu, jika ingin terlihat profesional jangan gunakan domain gratis dan coba gunakanlah domain berbayar. Karena sekarang ini domain murah bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

Membeli domain murah bisa diibaratkan sebagai investasi jangka panjang untuk blog dan website dari perusahaan anda.  Dengan hanya sekali bayar, anda bisa mendapatkan domain murah dalam jangka waktu tertentu, yaitu antara 1 sampai 5 tahun.

2. Tidak ada Kebebasan untuk Memilih Nama Domain

Alasan kedua untuk jangan menggunakan domain gratis adalah tidak bisa dengan leluasa dan bebas memilih nama domain. Karena menggunakan domain gratisan, sudah pasti tidak bisa seleluasa ketika membeli domain murah. Biasanya nama domain yang bagus sudah digunakan oleh orang lain yang juga menggunakan domain gratisan. Maka dari itu, alangkah baiknya jika menginginkan nama domain yang bagus, anda harus dan wajib membeli domain murah. Karena dengan membeli nama domain murah, anda bisa menentukan nama domain dengan  lebih bebas.

 

Jangan Menggunakan Domain Gratis
idwebhost

3. Tidak memiliki fitur sub domain

Alasan jangan menggunakan domain gratis yang selanjutnya adalah karena domain gratis tidak ada fitur subdomain. Padahal seperti yang kita tahu, subdomain merupakan fitur yang sangat berguna jika anda memiliki website yang memiliki bermacam jenis topik pembahasan. Contohnya seperti sport.websiteku.com, hiburan.websiteaku.com, bisnis.websitekamu.com , sains.websiteku.com dan semacamnya.

Jika anda menginginkan fitur subdomain seperti diatas untuk blog atau website, makan anda harus membeli domain murah. Karena selain membuat blog dan website lebih terorganisir,  fitur subdomain juga akan meningkatkan efektivitas penggunjung website untuk transaksi bisnis atau menemukan konten yang mereka cari

4. Traffic Website bisa lebih mudah turun

Seperti yang sudah dibahas diatas, karena domain gratis adalah domain dengan tipe ccTLD hal ini tentu akan mempengaruhi traffic website anda. Ya dengan domain tipe ccTLD, audiens dari negara lain tidak akan bisa mengakses website anda. Selain itu juga domain tipe ini juga tidak search engine friendly dan tidak mendukung SEO. Hal ini tentu saja akan sangat merugikan untuk anda yang ingin menggunakan website untuk usaha.

Oleh karena itu, dengan menggunakan domain murah dijamin lebih menguntungkan karena domain yang digunakan adalah tipe TLD sehingga bisa diakses dari pengunjung seluruh dunia serta domain TLD juga search engine friendly serta mendukung SEO. Jauh lebih menguntungkan bukan?

5. Nama Domain jadi mudah diambil orang

Jika anda mempunyai blog menggunakan domain gratisan selama bertahun-tahun sampai blog atau website anda dikenal banyak orang, tidak menutup kemungkinan nama domain tersebut akan diambil alih oleh orang lain yang berani membayar tempat anda membuat domain gratisan tersebut. Sebagai pengguna domain gratisan, anda tentu tidak berbuat apa-apa.

Karenanya, untuk mengamankan nama domain anda, sangat disarankan untuk membeli domain sendiri. Tenang harga domain sekarang cukup murah kok, seperti yang disediakan di IDwebhost.  Blog atau website yang anda kelola bertahun-tahun akan aman dan tidak bisa diganggu gugat oleh orang lain, selama anda masih rutin membayar biaya berlangganan domain murah tersebut.

 

Jangan Menggunakan Domain Gratis
Idwebhost

6. Tidak ada Support atau dukungan

Namanya juga barang gratisan, sudah pasti tidak akan mendapatkan perlakuan yang sama dengan ketika membeli. Begitu pula saat anda menggunakan domain gratis. Anda tidak akan mendapatkan support atau dukungan dari penyedia domain gratisan tersebut.

Sangat berbeda jika anda membeli domain, anda akan mendapatkan bantuan profesional dari perusahaan penyedia jasa domain. Hal ini tntu dapat menghemat waktu anda jika ada permasalahan dalam penggunaan domain murah tersebut. Anda tidak perlu lagi melakukan pencarian di Google untuk menangani masalah yang dihadapi. Cukup hubungi bagian support di perusahaan tempat anda menyewa domain murah.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.