Cara Pointing Domain Ke IP VPS
Blog Tips Keren Cara Pointing Domain Ke IP VPS

Cara Pointing Domain Ke IP VPS

Cara pointing domain ke IP VPS merupakan sesuatu yang harus anda lakukan pada saat beralih ke hosting tipe VPS. Jadi misal anda sebelumnya menggunakan shared hosting atau yang lainnya, kemudian ingin pindah ke domain versi VPS, anda perlu melakukan cara pointing. Dengan cara tersebut, sudah pasti akan lebih banyak keuntungan dan manfaat yang akan mampu anda peroleh didalamnya. Untuk bisa mengarahkan web anda ke server yang baru, sudah pasti ada beberapa penerapan langkah yang harus dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, yakni dengan registar domain tersebut, atau anda juga bisa langsung mengbubungi ke layanan jasa web hosting yang anda gunakan. Supaya bisa melakukannya dengan mudah, cobalah mengikuti tutorial yang disajikan berikut ini.

Cek IP VPS Anda Terlebih Dahulu

Tahap awal dalam cara pointing domain ke IP VPS yang harus anda lakukan sudah pasti yaitu mengecek terlebih dahulu alamat IP yang anda gunakan. Untuk bisa melihatnya, anda bisa mengecek langsung di tempat dimana anda melakukan buy terhadap VPS tersebut. Setelah itu, anda bisa masuk di halaman pengaturan dan cek pada bagian user. Disitu akan langsung terlihat berapa nomor alamat IP Address yang anda gunakan. Akan lebih baik jika anda mencatatnya juga jadi suatu saat kalau anda butuh, maka anda tidak perlu membuka via pengaturan, tapi bisa langsung via tempat anda mencatatnya, biasanya di Notepad. Hal serupa juga berlaku jika anda punya lebih banyak domain yang artinya alamat IP pun juga akan lebih banyak tersedia di dalamnya.

 

Cara pointing domain ke IP VPS merupakan sesuatu yang harus anda lakukan pada saat beralih ke hosting tipe VPS.
idwebhost

Cara Pointing Domain Ke IP VPS Menggunakan DNS Manager

Cara pointing domain ke IP VPS yang mudah adalah dengan menggunakan DNS Manager. Dari sini anda akan bisa mendapatkan kemudahan untuk melakukan pointing yang ada didalamnya. Anda bisa masuk ke temapt membeli domain. Kemudian, disini yang harus dilakukan adalah memilih whmcs. Untuk bisa menerapkannya, silahkan masuk menuju Domains kemudian arahkan kursor ke List Domain. Disini anda akan bisa dapat dengan mudah melakukannya dengan manage domain. Kemudian, nantinya akan tampil halaman untuk mengelola DNS atau DNS management.

Yang harus anda lakukan berikutnya dalam cara pointing domain ke IP VPS yaitu tinggal menambahkan 2 record, mereka antara lain adalah CNAME record dan juga A record. Setelah itu anda bisa langsung masuk ke tahapan selanjutnya, yaitu menambahkan lagi record DNS baru yang ada didalamnya.Anda hanya tinggal klik Add New Record untuk masuk ke tahap lebih lanjutnya. Jika A record sudah anda isi, maka jangan lupa mengisikan IP VPS anda. Kemudian dilanjutkan dengan memilih tombol Add record.

Untuk penambahan CNAME record, yang harus anda lakukan adalah pada bagian domain, silahkan tambahkan www, dan pada bagian hostname, yang harus anda lakukan adalah mengisi nama domain anda sesuai dengan kebutuhan. Kalau sudah selesai, maka akan tampil tulisah atau notifikasi bahwa proses perubahan sudah anda lakukan.

 

Cara pointing domain ke IP VPS merupakan sesuatu yang harus anda lakukan pada saat beralih ke hosting tipe VPS.
idwebhost

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Cara Pointing Domain Ke IP VPS

Cara pointing domain ke IP VPS memang cukup sederhana, tapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan tentunya. Pertama, untuk setiap registar pasti ada yang berbeda-beda. Hal ini juga menunjukan anda harus menambahkan record yang sama. Tapi yang terpenting adalah A record diatas. Untuk CNAME record perlu hanya anda konfigurasi agar nantinya web tersebut bisa anda akses dengan menggunakan www sebagai awalannya.

Tips Cara Pointing Domain Ke IP VPS

Cara pointing domain ke IP VPS juga rentan dari kesalahan jika anda kurang paham penerapannya dengan baik. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan, antara lain anda harus benar-benar tepat dalam memasukan nama IP web anda. Seperti yang diketahui bahwa IP adalah elemen penting saat anda berselancar di dunia maya. Disitulah letak dari alamat anda ketika berada di sebuah server atau domain, jadi jangan sampai salah dalam melakukannya.

Seperti yang dijelaskan dalam cara pointing domain ke IP VPS diatas, anda harus prioritaskan A Record ketimbang CNAME record, mengingat fungsi dari A Record yang lebih signifikan. Dengan penerapan yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa anda dapatkan nanti. Selama anda mampu menerapkan cara yang tepat dan mudah, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa anda capai didalamnya. Tapi bukan berarti CNAME bisa diabaikan juga karena jika anda tidak mengkonfigurasinya pula maka anda sendiri yang akan kewalahan nanti. Intinya adalah benar-benar melakukan penerapan yang tepat dalam hal konfigurasi ini supaya nantinya tidak mengalami kendala atau masalah yang signifikan didalamnya.

Ketiga, tahapan dari cara pointing domain ke IP VPS ini memang mudah, tapi anda harus memperhatikan nama yang anda tambahkan tersebut, jangan sampai salah eja atau semacamnya. Disini anda harus benar-benar menuliskan angka dengan tepat, kemudian, anda juga harus memasukan record dengan akurat supaya bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.

 

Cara pointing domain ke IP VPS merupakan sesuatu yang harus anda lakukan pada saat beralih ke hosting tipe VPS.
idwebhost

Bagus Mana VPS dan Shared Hosting?

Pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh orang-orang adalah bagus mana shared dan VPS? Tentu saja ada banyak sekali keunggulan yang didapatkan dari masing-masing pilihan domain tersebut. Yang jelas VPS adalah terbaik dari shared. Hal ini jelas mengesampingkan dari harga shared domain yang tentu lebih terjangkau. Tapi apakah anda ingin mendapatkan fasilitas yang lebih baik dan premium dari harga yang relatif murah tersebut? Tentu saja jangan terlalu berharap banyak karena di shared hosting mungkin kurang begitu optimal tidak seperti di VPS. Jadi anda harus benar-benar tau shared hosting apa keunggulannya dan apa kelemahannya. Dari segi fitur mungkin tak banyak yang bisa anda lihat misalnya saja satu server yang ada di shared hosting dipakai oleh banyak orang. Jadi ketika resource sedang full atau banyak yang aktif memakainya, bisa-bisa itu berpengaruh ke server anda yang tiba-tiba down atau semacamnya.

Baca Juga: Cara Pasang Domain Di Blogspot Melalui Jasa Buat Domain

Kalau VPS, anda bisa menciptakan sendiri spesifikasi virtual yang sesuai dengan kebutuhan, baik itu dari segi RAM, Database, dan lain sebagainya. Dengan adanya berbagai macam keuntungan signifikan tersebut, sudah pasti akan beberapa manfaat yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Jadi sebenarnya pilihan ada di tangan anda. Silahkan memilih shared hosting kalau menurut anda itu baik dan sesuai kebutuhan anda. Jangan paksa memilih VPS juga kalau keperluan pembuatan web hanya untuk tujuan sederhana. Tapi kalau anda ingin mengembangkan web ke arah yang lebih maksimal.

Kesimpulan

Anda bisa menerapkan cara pointing domain ke IP VPS diatas agar bisa lebih mudah berpindah dari shared hosting ke VPS, Dengan penerapan yang mudah, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang bisa anda ciptakan didalamnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.