Cara Mengatasi IP Address Has Changed Saat Login Di cPanel
Blog Tutorial

Cara Mengatasi IP Address Has Changed Saat Login Di cPanel

IP Address has changed menjadi sebuah pop up yang muncul ketika anda login? Anda bukan satu-satunya user yang mengalami masalah ini. Pasalnya, ini adalah sebuah masalah umum yang bahkan banyak ditemukan hampir semua user domain yang ada di seluruh dunia. Jika anda mengalami kendala tersebuut saat Login maka anda masih bisa mengatasinya dengan sejumlah cara yang mudah dan instan. Masalah error IP Address has changed ini biasanya muncul dengan sendirinya tanpa sebab. Tapi setiap ada kendala pasti ada solusi. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi. Ada banyak cara yang bisa anda terapkan untuk mengatasi hal tersebut.

Penyebab Masalah IP Address Has Changed

Sebelum melangkah lebih jauh tentang cara menyelesaikan maasalah IP Address has changed, anda juga harus tau apa saja hal yang memicu hal tersebut. Hal ini dikarenakan koneksi anda tiba-tiba merubah IP koneksi dalam interval waktu yang singkat. Hal inilah yang menyebabkan masalah tersebut IP Address has changed muncul saat anda login di cPanel. Hal tersebut memang lumrah dan sudah banyak terjadi apalagi jika anda memakai beberapa provider internet, terlebih lagi kalau sinyal internet tidak hanya anda dapatkan dari diri sendiri saja, tapi juga dari berbagai public place, kantor dan juga tempat lain yang ada didalamnya. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi anda untuk memilih mana IP Address yang benar-benar layak untuk anda gunakan. Selain itu, ada juga beberapa IP yang sifatnya terbatas dan digilir oleh banyak user sekaligus.

 

Cara Mengatasi IP Address Has Changed Saat Login Di cPanel
idwebhost

 

Baca Juga: Penting! Ini Dia Yang Dimaksud Dengan Blog!

Di sisi lain, hal ini juga mungkin sudah menjadi term and condition dari layanan hosting domain yang anda gunakan. Apabila anda selaku user merubah IP secara cepat dalam interval waktu yang singkat, hal ini akan menyebabkan masalah IP Address has changed ini muncul secara otomatis. Pengaturan keamanan ini biasanya diterapkan di bebarapa jasa hosting domain. Jadi anda juga harus hati-hati dalam mengatur keamanan tersebut. Hal ini jelas dikarenakan jasa hosting domain pun mengutamakan kepuasan dan keamanan dari setiap akun masing-masing member yang ada didalamnya. Jadi kalau anda memang ingin mengatasi masalah ini, ada beberapa hal yang sebaiknya anda terapkan.

Panduan Mengatasi Masalah IP Address Has Changed

IP Address has changed adalah sebuah masalah yang sangat sering terjadi. Jadi untuk step awal yang harus dilakukan adalah mereload cPanel anda jika masalah tersebut muncul atau pop up tersebut muncul. Ada kalanya dengan me-reload atau me-refresh halaman dari Control Panel ini maka masalah akan bisa segera kembali seperti semula. Ingat, untuk tahap awal, cukup anda me-reload saja halaman tersebut. Jika masalah yang sama masih muncul, berarti yang menyebabkan hal ini sebetulnya ada beberapa hal selain dengan refresh page saja. Anda harus melakukan upaya lebih.

Tahap selanjutnya adalah memastikan dari mana anda menggunakan koneksi internet tersebut. Apakah anda memakainya dari wired atau kabel, dan lain sebagainya. Ada kalanya untuk bisa masuk ke cPanel dan login dengan sempurna tanpa ada masalah IP Address has changed diatas, maka yang harus dilakukan adalah dengaan mengaktifkan VPN yang ada di browser. Disini anda bisa menggunakan beberapa VPN andalan seperti Hotspot Shield, atau apapun VPN yang tersedia secara gratis dalam bentuk ekstensi yang bisa anda buat. Pilih privacy yang anda inginkan nantinya akan dipilih secara acak oleh ekstensi tersebut dari berbagai negara yang tentu saja cukup optimal jaringan VPN-nya. Jadi untuk tahap ini pastikan anda sudah mengaktifkan VPN itu sendiri.

 

Cara Mengatasi IP Address Has Changed Saat Login Di cPanel
idwebhost

 

Ketiga, jika VPN sudah pasti nyala maka langkah selanjutnya adalah me-reload atau me-refresh kembali halaman anda. Setelah itu, pastikan sudah tidak ada lagi notifikasi dari IP Address has changed yang muncul. Jika pop up itu sudah tidak muncul lagi, maka anda sudah bisa login kembali ke cPanel sepert sedia kala. Disini anda bisa masuk ke bagian tersebut dan masukan username dan password cPanel anda seperti biasanya. Ingat jangan sampai lupa dengan data login anda. Kalau lupa, anda bisa masuk ke bagian forgot your password atau lupa password anda, dan ikuti langkah yang ditunjukan.

Tes Apakah Masalah IP Address has changed Masih Muncul Setelah Login

Jangan senang dulu jika masalah IP Address has changed ini sudah terselesaikan. Anda mungkin perlu melakukan satu tes lagi apakah hal tersebut akan muncul lagi di kemudian hari. Kalau sudah berhasil masuk sekali, maka coba untuk logout sebentar, lalu refresh halaman login cPanel anda. Kemudian lihat saja apakah permasalahan tersebut masih muncul kembali. Jika ada kemungkinan muncul lagi maka upayakan solusi diatas. Jika masih belum bisa juga anda bisa menghubungi pihak layanan jasa domain hosting yang digunakan. Tapi seharusnya dengan menerapkan solusi yang dijelaskan di atas, masalah ini tidak akan muncul lagi, dan anda akan bisa masuk ke bagian cPanel dengan lebih mudah dan normal kembali.

Jika sudah demikian, maka anda bisa kembali melakukan konfigurasi apapun di dalam Control Panel domain atau website anda. Pastikan untuk mengatur filter SPAM juga karena hal ini akan mencegah anda dari serangan hacker, adware, malware dan pihak ketiga yang hendak membobol cPanel anda. Masalah IP Address has changed ini memang tidak rumit untuk diatasi jika anda sudah tau bagaimana penerapan langkah yang tepat dalam mengatasi hal tersebut.

 

Cara Mengatasi IP Address Has Changed Saat Login Di cPanel
idwebhost

 

Dalam beberapa kasus yang masalah ini ternyata tidak terselesaikan, ada satu jalan yang bisa anda lakukan. Yakni anda harus mematikan terlebih dahulu koneksi internet anda. Kemudian sambungkan lagi perangkat anda dengan internet, lalu coba lagi refresh halaman cPanel. Jika masalah masih berlanjut, ulangi lagi non-akifkan internet anda, kemudian refresh halaman, dan masuk lagi ke cPanel sampai akhirnya anda bisa melakukannya. Biasanya dengan satu kali percobaan saja masalah yang satu ini akan bisa anda atasi dengan mudahnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan atau khawatirkan lagi. Intinya adalah supaya bisa mendapatkan lebih banyak kemudahan dalam mengakses cPanel, ada beberapa penerapan yang harus anda lakukan dari sekarang.

Kesimpulan

Solusi mengenai masalah ini mungkin sudah bisa anda terapkan dengan mudah karena sebetulnya ini bukanlah problem major dalam mengakses control panel di domain anda. Masalahnya adalah jika ternyata hal ini muncul saat anda dalam kondisi urgency atau darurat dan butuh buka cPanel dengan cepat. Tentu hal ini akan mengganggu. Tapi karena kini anda sudah membaca artikel di atas dan punya senjata andalan atau solusi andalan, maka jika problem ini muncul, anda sudah punya amunisi untuk menyelesaikan problem sedini mungkin. Hal inilah yang akan memberikan anda manfaat lebih.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.