Panduan Membuat Instant Article Facebook

8 Feb 2019
Panduan Membuat Instant Article Facebook campaign-unlimited

Instant article Facebook akan memberikan kepada anda kemudahan untuk menautkan artikel di social media dengan lebih cepat. Hal ini juga bahkan memungkinkan Sahabat IDwebhost untuk membuat postingan dibuka 10x lebih cepat daripada memakai cara yang biasa. Fitur instant article Facebook yang satu ini sudah ada sejak lama dan telah banyak dipakai oleh orang-orang yang ingin mempopulerkan postingannya di social media. Apa saja keuntungan yang bisa anda dapatkan? Pertama, anda akan bisa membaca postingan artikel tersebut tanpa harus pindah web browser terlebih dahulu. Tentu saja akan semakin banyak keuntungan yang akan bisa anda peroleh didalamnya.

Sejumlah media ternama telah banyak yang memakai fitur instant article Facebook yang satu ini. Hasilnya tentu saja memberikan impact yang luar biasa bagi para pembaca setia mereka. Disini mereka akan bisa membaca artikel tersebut tanpa membuka web browser yang baru atau tab yang baru. Sejumlah media yang sudah memakainya juga banyak, antara lain yang dari situs luar negeri yaitu National Geographic. Kemudian yang dari dalam negeri ada media Kompas, Liputan6 dan lain sebagainya. Sejumlah media lain seperti Mashable, Brightside, dan lain-lain juga sudah memakainya. Tentu saja akses menuju fitur ini bisa anda gunakan baik itu untuk versi mobile atau versi PC atau Laptop. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi di dalamnya.

Kelebihan Instant Article Facebook

Panduan Membuat Instant Article Facebook
idwebhost

Instant article Facebook akan membantu anda mendapatkan jangkauan menuju postingan artikel yang diinginkan dengan kecepatan yang tinggi. Jadi anda akan bisa langsung membaca informasi tanpa harus kebingungan lagi tentang bagaimana cara melakukannya. Kemudian, hal ini juga akan memberikan kenyamanan tersendiri saat harus membuka WordPress. Pasalnya anda tak harus menunggu loading yang lama dan panjang. Ditambah lagi, hal ini juga akan memungkinkan pengguna membaca semua artikel dengan post yang lebih banyak lagi. Dalam hal SEO tentu saja ini akan membuat anda kebanjiran traffic yang juga sangat luar biasa ada didalamnya.

Kemudian, anda juga bisa lebih leluasa melakukan konfigurasi terhadap instant article Facebook yang satu ini. Hal ini jelas dikarenakan pengaturan tersebut akan berdampak pada user experience yang ada didalamnya. Selain itu, beberapa pengaturan yang bisa anda lakukan yakni dalam segi pembuatan brand, logo, warna, dan lain sebagainya yang anda inginkan. Inilah yang akan membawa keuntungan yang lebih banyak dan pasti signifikan. Beberapa hal lain yang juga tak kalah menarik adalah adanya sebuah fasilitas Network Audience Analysis. Dengan adanya fasilitas tersebut, sudah pasti akan lebih banyak lagi yang akan bisa anda peroleh didalamnya.

Cara Mengaplikasikan Instant Article Facebook

Panduan Membuat Instant Article Facebook
idwebhost

Instant article Facebook akan memberikan kepada anda kemudahan untuk menghubungkan social media dengan artikel yang ada di WordPress anda. Kita tau bahwa WordPress adalah sebuah CMS atau Backend yang sangat populer dan kaya akan fitur. Jadi anda tak perlu kewalahan lagi atau kesusahan lagi dalam menggunakannya. Tapi sejumlah persiapan memang harus anda lakukan, antara lain sebagai berikut.

Pertama, anda harus menyiapkan Fanpage Facebook yang dibutuhkan oleh website WordPress anda. Dengan adanya Fanpage ini maka akan lebih mudah untuk mengelola siapa saja yang masuk dan membaca postingan artikel anda. Ini juga berpengaruh pada riset anda ke depannya nanti.

Kedua, yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan website WordPress yang bisa anda gunakan. Pastikan bahwa WordPress tersebut bisa bekerja dengan baik dan sudah menjadi sebuah opsi yang dedicated hosting, shared hosting, VPS hosting atau VPS hosting. Intinya adalah anda sudah harus punya domain sendiri.

Ketiga, instant article Facebook juga akan bisa anda terapkan dengan cara menginstal sebuah plugin yang bernama Plugin Instant Articles. Kemudian, melalui plugin ini anda akan bisa lebih mudah mendistribusikan artikel tersebut secara langsung.

Keempat, ini yang tak kalah pentingnya dalam persiapan tersebut adalah sebaiknya anda memiliki artikel dengan jumlah 10 atau lebih. Dengan adanya jumlah artikel yang cukup tersebut. Sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang bisa anda capai didalamnya.

Langkah-Langkah Yang Harus Dilakukan

Panduan Membuat Instant Article Facebook
idwebhost

Beberapa langkah yang harus anda lakukan saat menggunakan instant article Facebook adalah sebagai berikut. Pertama, yang harus anda lakukan adalah melakukan Sign Up instant article Facebook terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya di halaman akses https://instantarticles.fb.com. Setelah berhasil masuk ke webnya, anda bisa melakukan SIGN UP. Dari sini anda bisa memilih halaman Facebook yang anda ingin berlakukan dengan fitur instant article itu sendiri.

Baca Juga: Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar

Kedua, setelah semuanya siap, anda bisa menerapkan langkah selanjutnya yaitu memilih menu Connect Your Site untuk mengkoneksikan WP tersebut ke social media. Setelah itu, anda hanya tinggal memasukan saja URL dari WordPress yang anda gunakan. Disini anda bisa memasukan beberapa komponen terlebih dahulu, antara lain meta tag yang dibutuhkan web WordPress anda, dan lain sebagainya. Apabila anda sudah melakukannya, maka langkah selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah mengklaim URL yang tersedia.

Ketiga, anda bisa ke tahap selanjutnya yaitu melakukan setting terhadap plugin instant article Facebook yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Jika sudah siap maka anda bisa mengaktifkannya dengan cara memasukan APP ID dan APP Secret. Yang mana keduanya itu bisa anda dapatkan melalui Facebook Apps. Setelah anda masuk kedalamnya, anda hanya tinggal memilih bagian Pengaturan kemudian pilih Tambahkan Platform dan juga pilih menu Situs Web yang anda miliki.

Segera Aktifkan Menggunakan APP ID dan APP Secret

Instant article Facebook kemudian bisa anda aktifkan secara segera dengan menginput APP ID dan APP Secret yang sudah anda dapatkan. Kemudian, beberapa tambahan pengaturan lain yang bisa anda terapkan adalah Logo, Warna, dan lain sebagainya yang tersedia didalamnya. Jika sudah selesai semua maka anda bisa memilih Submit Review. Disini aka nada tahapan dimana anda harus mengikuti syarat dan ketentuan dari instant article Facebook untuk bisa memanfaatkan fitur yang satu ini.

Jika semua tahap sudah anda lakukan, maka kini anda hanya tinggal menunggu 2 – 3 hari saja. Nantinya akan terlihat hasil dari peninjauan Facebook tersebut. Jika sudah di-approve, maka anda akan bisa masuk ke tahap selanjutnya. Anda bisa mengecek apakah fitur instant article Facebook tersebut sudah aktif.

Kesimpulannya

Instant article Facebook akan lebih mudah memberikan kepada anda keuntungan karena punya kemampuan loading yang lebh cepat dibandingkan yang lain. Hal tersebut tentu saja akan bisa mendatangkan traffic dengan jumlah lebih banyak yang anda inginkan. Beberapa fitur pendukung yang bisa anda gunakan adalah WP Push Notifications. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mendapatkan notifikasi saat fasilitas instant article tersebut bekerja. Dengan cara ini maka kemudahan dan keuntungan akan bisa anda capai.