Install Webuzo Untuk VPS. Bagaimana Caranya?
Blog Tips Keren

Install Webuzo Untuk VPS. Bagaimana Caranya?

Cara install Webuzo untuk VPS menyediakan panduan yang komplit bagi anda yang ingin memanfaatkan hosting Control Panel atau Web Panel yang tepat didalamnya. Dari sini memang banyak sekali yang akan bisa anda capai didalamnya. Semua itu akan mampu mendatangkan kepada anda sesuatu yang tepat dan terbaik. Inilah yang akan memberikan kemudahan pada anda supaya bisa mencoba mana sekiranya Control Panel yang tepat dan terbaik yang sesuai kebutuhan. Dari sini anda akan bisa mencoba menerapkan sebuah Control Panel yang baru dimana anda akan mampu melakukan semuanya dengan mudah dan signifikan didalamnya.

Sebelum melangkah lebih jauh di cara install Webuzo untuk VPS ini, alangkah baiknya jika anda memahami terlebih dahulu definisi dari Web Panel itu sendiri.

Pengertian Dari Web Panel

Pengertian dari web panel itu sendiri merupakan sebuah hosting control panel yang akan menyediakan kepada anda berbagai macam tool yang akan memudahkan anda untuk bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan dengan mudah didalamnya. Pada dasarnya, ini akan mampu memberikan kepada anda keuntungan itu sendiri. Dalam hal ini Conrol Panel ini memiliki interface admin yang akan memudahkan anda dalam melakukan navigasi terhadap berbagai macam sistem yang kompleks yang ada didalamnya. Semua bisa anda lakukan dalam kurun waktu hanya beberapa menit saja.

 

Cara Install Webuzo Untuk VPS
idwebhost.com

 

Namun, untuk beberapa task yang advanced seperti migasi ke server terkait, sudah pasti ada beberapa perubahan yang sebaiknya anda terapkan didalamnya. dalam hal ini, web panel akan mampu melakukan semua hal secara manual dan signifikan, namun semua itu juga akan memakan waktu yang tak sedikit. Mungkin butuh beberapa menit agar semua proses yang diterapkan tersebut bisa berjalan dengan sempurna dan sebagaimana mestinya. Anda pun sebetulnya juga memiliki cukup banyak alternatif Control Panel yang bisa anda pergunakan didalamnya, yakni cPanel, Plesk, CP Vesta dan masih banyak lagi.

Webuzo: Control Panel Untuk VPS

Cra install Webuzo untuk VPS dimulai dengan mengetahui deskripsi dari Control Panel itu sendiri. Anda harus tahu bahwa Webuzo merupakan Panel Kontrol yang menerapkan pengguna tunggal atau manager aplikasi yang mana nantinya akan menggabungkan banyak aplikasi yang ada didalamnya. Ini sebetulnya bekerja mirip dengan cPanel, hanya saja perbedaan yang ada didalam cara install Webuzo untuk VPS ini bisa dilihat dari kemampuan yang dimilikinya mulai dari MySQL Management, PhP MyAdmin dan juga berbagai macam kegunaan lainnya yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Tidak hanya itu saja, Webuzo juga memungkinkan anda untuk menggunakan dan memanfaatkan Ruby, Phyton, dan PhP untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Fitur Yang Bisa Anda Dapatkan Dari Webuzo

Masuk ke langkah berikutnya tentang apa saja yang bisa anda dapatkan dari Webuzo ini. Jika anda ingin mendapatkan cara install Webuzo untuk VPS yang tepat, maka ketahui dulu apa saja yang bisa anda temukan nanti saat proses instalasi sudah berhasil dan sukses semua. Dalam hal ini, anda bisa menerapkan berbagai macam fitur yang bisa disesukan dengan kebutuhan yang akan mampu anda capai didalamnya.

 

Cara Install Webuzo Untuk VPS
idwebhost.com

 

  • Fitur Domain: Anda akan mendapatkan fitur untuk add domain, delete domain, delete sub domain, manage domain, manage XM Entries, dan lain sebagainya yang ada didalamnya.
  • Management MySQL: Fitur lainnya dari Webuzo yang akan bisa anda dapatkan adalah MySQL management yang akan memudahkan anda dalam menambahkan database, menghapus database, melakukan add database user, dan lain sebagainya. Semua itu akan mampu anda terapkan dan lakukan dengan signifikan.
  • FTP Management: Opsi lainnya dari fitur ini adalah kemampuan untuk menambahkan FTP Users, menghapus FTP Users, dan juga mengedit FTP Users yang ada didalamnya.
  • Server Info: Informasi tambahan lainnya yang bisa anda tambahkan juga menjadi bagian dari fitur yang bisa anda dapatkan dari Webuzo itu sendiri. Fitur tersebut yakni mulai dari informasi tentang pemakaian CPU, RAM, Disk, Bandwidth Usage, dan lain sebagainya.
  • Advanced Settings: Untuk fitur tambahan yang lebih lanjut, anda bisa memperolehnya dari Webuzo ini mulai dari melakukan enable/disable terhadap suPhP/mod, support for perl, enable mod_dir, dan fitur yang mengesankan lainnya.
  • Instant Management: Dalam penerapan cara install Webuzo untuk VPS, anda juga nantinya akan bisa melihat sebuah fitur yang bernama Instant Management. Dengan adanya fitur yang satu ini akan memudahkan anda untuk melaunch akses instance, terminate instances, dan juga akses panel yang dibutuhkan ke dalam fitur Webuzo itu sendiri.

Cara Melakukan Instalasi Webuzo

Sekarang mari masuk ke tahap cara install Webuzo untuk VPS yang anda butuhkan. Di sini yang harus anda lakukan adalah menghapus instalasi Apache Default yang tersedia terlebih dahulu. Pasalnya, Apache biasanya menjadi sebuah pilihan yang terinstall di paket VPS Unamanaged yang anda miliki. Setelah melakukannya, simak tahap berikutnya di bawah ini:

  • Pertama, login terlebih dahulu ke Server yang anda gunakan dalam SSH. Dari sini anda bisa masuk sebagai root user, kemudian perintah yang harus anda masukan antara lain sebagai berikut: wget http://files.webuzo.com/install.sh
  • Command di atas akan memudahkan anda untuk bisa mendownload script instalasi Webuzo dengan lebih gampang ke server anda tersebut. Jika sudah selesai, maka masukan perintah di bawah ini untuk tahapan selanjutnya: chmod 700 install.sh
  • Lalu untuk memasukan skrip instalasi secara langsung, berikut adalah perintah yang sebaiknya anda masukan: ./install.sh
  • Dengan mengasumsikan bahwa skrip instalasi telah selesai anda install, maka di sini anda bisa menerapkan cara install Webuzo untuk VPS yang selanjutnya, yakni dengan menyediakan URL konfigurasi yang bisa anda aplikasikan didalamnya.
  • Anda bisa mencoba untuk memasukan URL konfigurasi kepada Webuzo Initial Setupage yang nantinya muncul
  • Masukan Username, Email, Password dan juga berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan untuk menerapkan cara install Webuzo untuk VPS.
  • Jika anda sudah memiliki License Key yang disediakan, maka tinggal masukan saja text box license key yang tersedia didalamnya. Jika tidak, maka biarkan saja text tersebut kosong.
  • Apabila proses cara install Webuzo untuk VPS sudah selesai, maka nantinya akan muncul notifikasi yang hadir dalam bentuk Pop Up bahwa Webuzo yang anda inginkan tersebut sudah terinstall dengan baik didalamnya. Dari sini akan lebih banyak yang akan bisa anda tampilkan didalamnya.
  • Jika sudah selesai dengan semua tahapan di atas, kini anda bisa melihat wajah baru tampilan Webuzo yang bisa anda pergunakan dalam rangka mengembangkan dan membuat website yang anda miliki didalamnya.

 

Cara Install Webuzo Untuk VPS
idwebhost.com

Kesimpulan

Kini anda sudah tahu bagaimana cara install Webuzo untuk VPS dengan mudah. Coba pergunakan dan manfaatkan fasilitas yang satu ini supaya bisa membuat anda lebih mudah dalam memperoleh semua yang anda butuhkan didalamnya. Di sini semua akan bisa anda peroleh dengan lebih mudah dan gampang.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.