Cara Download Dan Install WAMP Server
Blog Tips Keren Cara Download Dan Install WAMP Server

Cara Download Dan Install WAMP Server

Cara download dan install WAMP Server akan memberikan tambahan wawasan anda yang sangat tetarik dalam dunia IT. Pada dasarnya perlu diketahui dulu apakah anda tahu apa itu WAMP Server? Jadi di sini yang perlu anda ketahui adalah WAMP Server merupakan sebuah Web Stack yang terkenal dengan software stack dan solution stacks yang banyak digunakan untuk keperluan Web Development. Mari kita kupas semuanya dengan tuntas di bawah ini:

WAMP Terdiri Atas Windows, Apache, MySQL, dan PHP

Sebelum melangkah menuju cara download dan install WAMP Server, alangkah baiknya jika anda tahu beberapa hal tentang WAMP tersebut, yang mana ini adalah kepanjangan dari Windows, Apache, MySQL dan PHP yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Jadi Web Stack sebagaimana yang dijelaskan di atas mencakup beberapa kompoen yang sangat penting. Komponen tersebut berhubungan langsung dengan OS atau Operating System yang ada didalamnya. Kemudian di sinilah juga yang akan mengatur berbagai kegiatan yang berkaitan dengan Database, Scripting Language dan juga Web Server.

Jadi WAMP sendiri merupakan sebuah web server berbasis Windows yang pastinya sangat terkenal dan banyak digunakan didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi dalam penggunaan yang ada didalamnya itu sendiri. Di sini anda akan bisa melihat bahwa WAMP memanfaatkan Web Server Apache supaya bisa memproses request dari HTTP yang tersedia didalamnya.

 

Cara Download Dan Install WAMP Server
idwebhost.com

Bagaimana Cara Download Dan Install WAMP Server?

Cara download dan install WAMP Server akan bisa anda terapkan di bawah ini untuk bisa mendapatkan semua manfaat dan juga kemudahan yang akan bisa anda terapkan itu sendiri. Di sinilah anda akan mampu menggunakan semuanya dengan mudah dan signifikan itu sendiri. Yang pertama anda lakukan adalah dengan berkunjung ke web resmi dari WAMP server tersebut. Kemudian, di sini anda bisa menginstall yang sesuai dengan jenis bit OS komputer atau PC anda. Silahkan memilih untuk mendownload 32 bit atau 64 bit itu sendiri. Kemudian tinggal anda pilih saja versi mana yang tepat dan sebaiknya anda pergunakan didalamnya. Berikut adalah panduan instalasi yang bisa anda terapkan:

  • Cara download dan install WAMP Server yang pertama adalah dengan membuka paket installer yang anda telah download, kemudian pilih run to proceed yang ada didalamnya.
  • Kemudian, dari sini anda bisa memilih bahasa apa yang akan anda pergunakan didalamnya. Jika anda suka, anda bisa memilih bahasa English atau apapun sesuai kebutuhan.
  • Kemudian cara download dan install WAMP Server saat masuk ke halaman Wizard Instalation adalah dengan memilih OK untuk lanjut ke penerapan tahap yang selanjutnya. Jangan lupa pilih I accept the agreement untuk meneruskan tahapan yang berikutnya.
  • Jangan lupa menyiapkan paket Microsoft VC++ yang tersedia ada didalamnya. Kemudian, yang anda lakukan hanyalah dengan melakukan instalasi terhadap WampServer yang terdapat didalamnya.
  • Pilihlah di lokasi mana nantinya anda akan menginstall WAMP server tersebut. Jika sudah pilih juga folder dimana nantinya anda akan meletakan shortcut yang anda butuhkan itu sendiri didalamnya.
  • Apabila proses cara download dan install WAMP Server ini sudah selesai, maka akan terlihat notifikasi dari Box yang menyatakan bahwa proses instalasi sudah selesai. Anda bisa tinggal memilih finish untuk mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya.

XAMPP Dibandingkan Dengan WAMP

 

Cara Download Dan Install WAMP Server
idwebhost.com

 

Itulah metode dari cara download dan install WAMP Server yang bisa anda terapkan. Kini anda bisa langsung mencoba melakukan launch atau menggunakan semua yang anda perlukan didalamnya tersebut. Kini selain membahas tentang cara download dan install WAMP Server, anda juga perlu tahu perbandingan dari XAMP dan juga WAMP yang terdapat didalamnya. Dengan adanya keutamaan yang akan bisa anda dapatkan didalamnya, sudah pasti akan lebih banyak lagi manfaat yang akan bisa anda capai didalamnya itu sendiri. Berikut adalah sejumlah perbedaan yang sebaiknya anda ketahui.

Memiliki Dukungan Yang Berbeda Terhadap OS

Dalam cara download dan install WAMP Server di atas, anda juga akan memahami perbedaan dalam XAMPP dan WAMP dimana yang membedakan kedua web stack tersebut adalah sistem operasi yang digunakan berbeda satu sama lain. WAMP biasanya akan bekerja untuk PHP. Sementara XAMPP mendukung untuk PHP dan juga PERL.

Baca Juga: Segera Miliki Marketing Otomatis Di Website Anda!

Perbedaan Dari Segi Fitur Yang Ditawarkan

Lalu perbedaan juga akan tampak dari segi fitur yang akan ditawarkan didalamnya. Fitur yang ditawarkan tersebut dari XAMPP dan juga WAMP yang akan bisa anda dapatkan tentunya ada banyak sekali. Dari sini jika anda menggunakan XAMPP, maka anda bisa menginstal script tambahan yang terdapat didalamnya, yakni Mercury yang perlu anda manfaatkan server mail dan FileZilla untuk server FTP itu sendiri.

Satu hal yang pasti adalah XAMPP nantinya akan memakan lebih banyak RAM dibandingkan dengan WAMP. Jadi bisa dikatakan bahwa XAMPP dan juga WAMP sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang akan bisa anda dapatkan dan temukan didalamnya. Bagi anda yang menggunakan Windows, anda bisa menggunakan beberapa keunggulan yang akan bisa anda dapatkan dari Apache dan juga MySQL yang ada didalamnya itu sendiri. Di sinilah anda akan mampu memperoleh lebih banyak manfaat yang akan bisa anda capai didalamnya itu sendiri.

Penutup

 

Cara Download Dan Install WAMP Server
idwebhost.com

Sebagaimana dijelaskan dalam cara download dan install WAMP Server di atas, maka kini anda akan menemukan bahwa WAMP merupakan salah satu opsi web stack yang bisa anda pergunakan sebagai bahan untuk mengembangkan website yang anda miliki didalamnya. Hal inilah yang kemudian juga membuat WAMP menjadi sebuah sistem yang sangat popular dan banyak digunakan di seluruh dunia. Kini anda sudah paham dan tahu tentang cara download dan install WAMP Server, tinggal anda menerapkannya saja sesuai dengan kebutuhhan dan keperluan yang anda inginkan didalamnya. Sebagaimana dijelaskan di atas, WAMP juga adalah sebuah web stack yang sangat berguna dan bisa diterapkan oleh anda yang menggunakan Windows. Dijamin anda pun akan mampu memanfaatkan semuanya yang ada didalamnya untuk penerapan pengembangan web yang maksimal.

Dengan ulasan cara download dan install WAMP Server ini diharapkan kini wawasan anda terbuka bahwa ada banyak cara untuk mengembangkan website yang anda miliki dengan cara dan metode signifikan dan bisa anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan dan yang anda inginkan itu sendiri. Dengan cara tersebut, sudah pasti akan lebih banyak lagi yang akan bisa anda peroleh dan anda capai didalamnya. Kemudahan tersebut akan mampu memberikan anda dampak dan manfaat maksimal yang akan bisa tercapai dengan penuh kemudahan yang akan bisa anda perhatikan dan amati terus perkembangannya dalam metode dan waktu yang pastinya juga sangat tepat.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.