Panduan installasi SSL pada type Web Server WHM / CPANEL.
Blog Tutorial

Panduan installasi SSL pada type Web Server WHM / CPANEL.

Setelah Anda melakukan order SSL dan telah diaktifkan oleh Billing maka selanjutnya adalah tahapan untuk menginstal SSL di Cpanel Anda. Berikut untuk panduan dalam menginstalnya :

1. Silahkan login ke member area ( member.idwebhost.com ) dan masuk ke menu layanan.

layanan

2. Klik Pilih Layanan SSL yang sudah Anda Order sebelum nya.

layanan ssl comodo

3. Silahkan klik Configure Now untuk memulai installasi SSL.

configure ssl

4. Setelah langkah di atas maka akan masuk ke menu pengisian Data, seperti New order / Renewal, Data Type Server, kolom KODE CSR, dan Informasi Kontak Administratif.

new worde csr

Penjelasan dari masing masing menu di atas.

  • Kolom pertama yaitu new order / renewal silahkan anda pilih salah satu, apabila ssl yang di order sebelum nya adalah ssl baru maka pilih new order, dan sebalik nya. Dalam tutorial ini menggunakan installasi baru sehingga di pilih ” new order “
  • Type Web server, Silahkan pilih sesuai type web server yang Anda gunakan, apabila type Web server tidak ada maka silahkan pilih ” Other “. Dalam Tutorial ini kita akan melakukan installasi pada type web server ” Whm Cpanel “
  • Kolom Kode CSR, Kode CSR ini di dapatkan dari panel web server Anda. Dalam tutorial ini Kode CSR didapatkan dari Control Panel hosting ( CPanel ).
  • Informasi Kontak Administratif, kolom ini untuk data administratif, biasa nya akan ter isi sesuai data diri pada account member area kita.

5. Berikut untuk langkah mendapatkan Kode CSR melalui CPanel.

  • Silahkan Login ke CPanel anda dengan mengakses http://namadomain.com/cpanel.
  • Silahkan Cari  dan masuk ke menu SSL / TLS.

ssl tls

  • Silahkan pilih menu ” Certificate Signing Requests (CSR) “

Certificate Signing Requests

  • Silahkan isi data Detail yang dibutuhkan dan klik generate.

data csr

data csr2

  • Selanjut nya akan Muncul Kode CSR, Kode ini Silahkan di Copy Pastekan pada Menu Kolom Kode CSR di member area.

generated code csr

 

Pastekan Kode CSR yang di dapat dari cpanel seperti di atas Ke Kolom Kode CSR pada member area, lalu scroll ke bawah klik ” Klik Untuk Melanjutkan” .

csr member

klik lanjut

 

6. Langkah Selanjut nya adalah memilih Cara verifikasi untuk installasi SSL. Ada beberapa Cara untuk verifikasi ini, dalam tutorial ini Kita akan menggunakan verifikasi melalui Email. Apabila menggunakan metode email ini, maka nanti akan di kirimkan berupa kode verifikasi yang perlu di inputkan pada Link yang di lampirkan pada email tersebut..

Ada beberapa pilihan Opsi untuk Email yang akan di gunakan :

  • Email Whois domain, email ini diambil dari data whois domain anda. Pastikan Whois Proteksi Domain anda tidak aktif apabila anda ingin menggunakan Opsi ini.
  • Email dengan nama domain, email yang dapat digunakan adalah : admin@namadomain.com, administrator@namadomain.com, hostmaster@namadomain.com, postmaster@namadomain.com, webmaster@namadomain.com. Silahkan anda pastikan bahwa Anda sudah membuat salah satu email account di atas sebelum melakukan verifikasi SSL.

7. Apabila sudah memilih salah satu Email yang ingin digunakan silahkan klik ” Klik Untuk Melanjutkan “.

sent verifikasi

 

8. Selanjut nya Provider SSL akan mengirimkan kode verifikasi. Kode tersebut perlu di inputkan pada link yang di lampirkan pada email tersebut. Silahkan masukan kode pada kolom link verifikasi dan klik ” Next “

kode verifikasi

input kode

9. Setelah proses di atas, silahkan Anda masuk member area dan menuju ke menu SSL seperti sebelum nya. Maka akan muncul KODE CRT.

kode crt

10. Silahkan kembali ke Menu SSL / TLS di Cpanel hosting Anda. Lalu masuk ke menu Certificates (CRT).

certificates crt

11. Silahkan Anda Copy KODE CRT yang di dapatkan pada member area ( point 9 ), dan di pastekan pada kolom “Paste the certificate into the following text box:”. Dan Klik ” Save Certificate “.

save kode certificate crt

12. Setelah proses di atas silahkan klik Go back dan cari Certificate yang sudah anda Save sebelum nya. Lalu klik ” install “.

instal

13. Pada menu selanjut nya Silahkan klik ” install certificate “

instal ssl

 

14. SSL SUDAH BERHASIL DI INSTALL.

sukses ssl

 

Demikian Panduan Installasi SSL melalui cpanel, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan Menghubungi Customere Service kami.