Cara Mudah Instal WordPress di Webuzo Yang Perlu Diketahui
Blog Tips Keren Cara Mudah Instal WordPress di Webuzo Yang Perlu Diketahui

Cara Mudah Instal WordPress di Webuzo Yang Perlu Diketahui

Ada beberapa cara mudah instal WordPress di webuzo. Sebelum masuk ke poin tata cara penginstalan, maka yang harus Anda ketahui terlebih dahulu adalah apa itu webuzo. Dalam mengelola sebuah website, Anda pastinya juga membutuhkan hosting control panel atau web panel. Bagi kebanyakan orang, mungkin web panel yang paling familiar adalah cpanel. Tapi ternyata di luar sana masih banyak control panel populer lainnya. Sedangkan untuk VPS (Virtual Private Server),  yang paling banyak digunakan adalah webuzo.

Apa itu Webuzo?

Webuzo adalah panel kontrol pengguna tunggal atau manager aplikasi yang menggabungkan banyak aplikasi dan skrip berbasis server yang membuatnya lebih mudah digunakan. Sekilas, ini memang mirip dengan panel kontrol cPanel. Tapi dengan menggunakan webuzo, maka Anda akan mendapatkan control panel sekaligus penginstal aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi hanya dengan satu klik saja.

Webuzo juga mendukung lebih dari 200 aplikasi web dan bisa menambahkan lebih banyak lagi. Ini juga memiliki Domain Management Capabilities (kemampuan pengelolaan domain), MySQL Management, phpMyAdmin, FTP Support dan sebagainya. Selain itu, webuzo juga mendukung PHP, Pyton (Bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode)  dan Ruby (Bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi objek).

instal wordpress di webuzo

Dengan kemudahan tersebut, maka Anda akan beralih ke webuzo karena akan sangat memudahkan khususnya bagi Anda yang mengelola website untuk berbisnis. Webuzo juga dilengkapi dengan berbagai fitur untuk agar Anda lebih mudah untuk melakukan instal WordPress di Webuzo sekaligus mengelolanya.

Fitur-fitur Yang Dimiliki Oleh Webuzo

Webuzo memiliki beberapa fitur menarik yang tidak kalah canggih dengan hosting control panel lainnya. Adanya fitur ini tentu akan semakin memudahkan Anda dalam memaksimalkan website, khususnya bagi yang punya bisnis online, dan bisa melakukan instal WordPress di Webuzo. Berikut fitur-fitur yang dimiliki oleh Webuzo:

1. Server Info

Pada fitur ini berisi tentang informasi CPU Usage, RAM usage , Disk usage dan Bandwidth usage. Jika Anda ingin mengetahui seberapa besar kecepatan bandwidth pada website Anda, maka bisa mengandalkan server info. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui berapa kapasitas RAM yang Anda miliki.

2. MySQL Management

MySQL Management ini berisi tentang Add database user, delete database, delete database user, add host to database, manage privileges dan phpMyadmin.

3. FTP Management

Fitur ini terdiri dari add FTP user, delete FTP user, dan edit FTP.  Nantinya fitur ini akan menambahkan, menghapus dan mengedit apa yang penting dan tidak penting pada File Transfer Protokol.

4. Domain

Pada fitur domain terdiri dari add domain, delete domain, add sub-domain, delete sub-domain, manage domain zone files, manage MX entries, redirect multiple sub-domain to primary-domain. Dengan fitur ini, Anda bisa mengelola domain dengan sangat mudah.

5. Script

Fitur script terdiri dari, see demos, view rating, view review, see the screenshoot, backup dan restore feature, remove installation, manage update, 0 oppas, dan more to come soon.  Dengan adanya fitur ini Anda akan sangat mudah dalam mengelola Script sehingga bisnis akan semakin lancar.

instal wordpress di webuzo

6. Instance Management

Webuzo memang memiliki fitur yang canggih, salah satunya adalah Instance Management yang terdiri dari Me-launch instance yang bisa lebih dari 259+ aplikasi. Selain itu, juga bisa memulai serta memberhentikan instance, terminate instance, akses ke kontrol panel dan juga fitur webuzo.

7. Amazon Regional Support

Fitur ini terdiri dari US east (Virginia), US West(Oregon), US West(California), EU West(Ireland), Asia pacific(Singapore), S. America(Sao paulo).

8. Fitur Advanced Setting

Ini merupakan fitur yang dikatakan sebagai fitur pengendali. Fitur ini terdiri dari Enable/ disable suPHP/mod_php, enable/disable apache tomcat, restart service-Apache/Named/Mysql/FTP, apache, server status/infor, enable mod_dir, support for perl.

Untuk Anda yang mengelola website pribadi, tentunya web panel atau hosting control panel adalah sebuah tool yang memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai aspek dan fitur layanan hosting. Bahkan Anda juga bisa melakukan task yang cukup advanced seperti migrasi server, perubahan web server dan masih banyak lagi hanya dengan menggunakan beberapa klik saja.

Hadirnya web panel tentunya sangat memudahkan Anda. Sebelum adanya web panel, Anda harus melakukan hal-hal ini secara manual dan tentunya itu sangat memakan waktu. Hal ini tentu berbeda setelah adanya web panel karena Anda hanya memerlukan waktu beberapa menit saja dan semua akan teras lebih mudah.

Cara Mudah Instal WordPress di Webuzo

Dengan berbagai kemudahan dalam satu kali klik saja, maka banyak pengguna WordPress yang ingin melakukan penginstalan di panel webuzo. Dan caranya pun sangat mudah. Inilah cara mudah instal WordPress di webuzo:

1. Yang Anda lakukan pertama kali adalah memastikan bahwa script WordPress telah aktif pada dashboard panel VPS webuzo. Untuk memastikannya, maka pilih menu Software > General Script > kemudian beri tanda centang pada Software WordPress. Cara tersebut akan mengaktifkan script instal WordPress di Webuzo.

instal wordpress di webuzo

2. Selanjutnya Anda bisa pilih menu Enduser pada dashboard webuzo Anda. Kemudian klik Go to Control Panel. Letaknya berada di bagian menu kanan atas.

3. Langkah selanjutnya adalah dengan klik software > General Script. Jika sudah selesai, Anda tinggal centang script untuk WordPress. Kemudian klik Update Setting. Jika Anda berhasil maka nanti akan mendapatkan notifikasi seperti ini, The setting were saved successfully.

4. Jika sudah menerima notofikasi seperti itu, maka langkah selanjutnya adalah instal wordpress. Search WordPress pada bar panel VPS webuzo. Kemudian klik Instal Now untuk memuai instalasi wordpress.

5. Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi data yang diperlukan untuk menginstal wordpress pada panel VPS webuzo.

Langkah-langkah yang harus Anda perhatikan adalah:

  • Kosongkan slot in Directory jika Anda ingin wordpress digunakan untuk domain utama Anda.
  • Isikan Admin Username dan Admin Password Anda.
  • Kemudian pilih Theme WordPress Anda
  • Langkah selanjutnya adalah klik Instal untuk memulai konfigurasi instalasi WordPress

6. Kemudian tunggulah beberapa saat hingga wordpress berhasil diinstal pada panel VPS webuzo. Hal ini biasanya akan memerlukan waktu yang tidak lama. Waktu paling lama adalah 24 jam. Jika sudah terinstal, maka Anda bisa langsung menggunakannya,

Itulah cara paling mudah instal WordPress di webuzo. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost.