Cara Mudah Instal Web Server di VPS
Blog Tips Keren Cara Mudah Instal Web Server di VPS

Cara Mudah Instal Web Server di VPS

Cara mudah instal web server akan sangat penting dipelajari untuk Anda yang ingin memaksimalkan penggunaan website. Adanya website kini sangat membantu orang-orang yang ingin berbisnis online. Hal yang paling penting dalam memaksimalkan website adalah mengintal web server di VPS. Tentunya akan sangat mudah jika Anda sudah mengetahui langkah-langkahnya.

Anda yang sedang mengembangkan bisnis online tentunya akan mencari tahu bagaimana cara mudah instal web server di VPS. Tak hanya itu, dalam memaksimalkan bisnis online Anda juga harus memahami beberapa hal penting seperti web server. Sebelum melakukan penginstalan pada web server di VPS, Anda harus tahu lebih dalam tentang web server.

Apa Itu Web Server?

Web server adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser yang kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau dalam dokumen HTML. Dalam hal ini, web server juga merupakan penghubung antara server dan browser. Akan tetapi dalam penggunaannya bisa diperluas lagi sebagai tempat penyimpanan data. Selain itu web server juga sebagai perangkat untuk menjalankan sejumlah aplikasi untuk kepentingan bisnis.

instal web server

Bagaimana Cara Kerja Web Server?

Memahami bagaimana cara kerja web server sebenarnya tidak terlalu sulit. Ketika masuk ke halaman website, maka browser akan mengirimkan permintaan ke server yang kemudian diproses oleh web server. Di sini, HTTP request juga dikirimkan ke web server. Namun sebelum memproses HTTP request, web server juga melakukan pengecekan terhadap keamanan.

Pada web server, HTTP request diproses dengan bantuan HTTP server. HTTP server adalah perangkat lunak yang bertugas menerjemahkan URL (alamat situs web) serta HTTP (protokol yang digunakan browser untuk menampilkan halaman webiste). Setelah itu, web server mengirimkan HTTP response ke browser dan memprosesnya menjadi halaman situs web.

Pada waktu web server menerima HTTP request dari browser, maka jika diperlukan, web server akan mengirimkan query ke database untuk memenuhi permintaan HTTP request yang dikirimkan oleh browser.

Pada dasarnya web server memang berfungsi untuk menerima data dari browser dan mengirimkan kembali data tersebut. Wen server terletak pada komputer werver (hosting), sedangkan untuk web browser terletak pada komputer user.

Jenis-Jenis Web Server yang Harus Anda Tahu

Web server memiliki beberapa jenis yang paling banyak digunakan saat ini. Berikut  beberapa jenis web server yang harus Anda ketahui.

1. Web Server Litespeed.

Dengan memiliki performa lebih cepat, web server litespeed mampu meningkatkan performa PHP mencapai 50%. Jenis web server ini juga memiliki system anti DDoS dan mampu melakukan pembatasan terhadap validasi HTTP request. Dengan dilengkapi dengan system pencegahan overloading yang baik sehingga akan menguntungkan Anda. Beberapa kelebihan memilih jenis web server ini adalah pada system recovery terhadap kegagalan juga bisa dilakukan secara langsung dan otomatis. Selain itu, tersedia juga system yang cukup kompetibel dengan cPanel, plesk, dan direct admin.

2. Web Server Nginx.

Web server Nginx juga memiliki beberapa keunggulan yang patut Anda pertimbangkan sebagai pilihan. Salah satunya adalah server ini mampu memberikan konten yang statis pada penggunaan daya yang lebih efisien dari system. Dengan adanya hal teresebut, maka akan  membuat konten lebih dinamis di jaringan yang ada yaitu dengan menggunakan FastCGI handler.

3. Web Server Microsoft IIS.

IIS adalah kependekan dari Internet Information Service. Jenis web server ini memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan, misalnya File Transfer Protocol (FTP), pengelola web, NNTP dan Ghoper. Web server microsoft IIS juga mendukung system operasi untuk windows NT, windows 7, windows server 2000, windows 2003 dan windows XP.Kinerja jenis web server ini juga lebih stabil dan memiliki system diagnotistik yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kesalahan.

4. Apache.

Apache merupakan jenis freeware yang akan sangat menguntungkan bagi Anda. Jenis server ini juga lebih mudah diinstal jika dibandingkan dengan jenis server yang lain. Apache bisa tetap beroperasi di berbagai platform system yang ada sehingga bisa digunakan oleh banyak orang. Di sini juga terdapat 4 file konfigurasi yang bisa digunakan jadi akan sangat memudahkan Anda.

instal web server

Bagaimana Cara Instal Web Server di VPS?

Diantara 4 jenis web server di atas, yang paling banyak digunakan adalah web server apache dan Nginx. Untuk cara instalnya juga berbeda. Namun cara  instal web server di sini sangat mudah. Berikut panduannya.

Cara Mudah Instal Apache di VPS

1. Lakukan Akses VPS Via SSH.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan instalasi dan kontrol terhadap VPS. Pastikan Anda mengakses SSH dengan menggunakan hak akses root.

2. Instal Apache di VPS.

Untuk langkah  selanjutnya, gunakan Apache2 sebagai web server. Silakan Anda ketikkan seperti ini;

apt-get install apache2

root@mari:~#apt-get install apache2

Kemudian Anda hanya perlu menunggu sejenak hingga proses instalasi selesai.

 

3. Lakukan Pengecekan Proses Instalasi.

Di sini Anda bisa langsung mengecek proses instalasi. Untuk  memastikan berhasil dan tidaknya, Anda bisa menuliskan ini;

apache2ctl

configtest

root@mari:~# apache2ctl configtest Syntax OK

 

4. Melakukan Start, Stop dan Restart.

Setelah berhasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan start, stop dan restart.

Untuk menghidupkan service Apache, silakan Anda menuliskan: service apache2 start

Jika ingin mematikan service Apache silakan tulis: service apache2 stop

Sedangkan untuk restart, maka Anda hanya perlu menuliskan: service apache2 restart

Untuk proses restart hanya diperlukan ketika Anda mengganti beberapa konfigurasi dari Apache.

 

5. Mengubah Server Name.

Langkah terakhir adalah mengubah server name. Agar diarahkan ke VPS, maka Anda harus mengubah server name yang ada di /etc/apache2/apache2.conf.

Caranya adalah dengan masuk ke folder /etc/apache2/ menggunakan perintah: cd /etc/apache2/

Untuk melihat isi folder silakan menggunakan perintah Is. Selanjutnya akan muncul file apache2.conf. Sedangkan untuk mengubah server name, Anda bisa menggunakan editor seperti nano atau vim. Kemudian tulis perintah: nano apache2.conf

Untuk selanjutnya maka akan muncul isi file apache.conf. Pada bagian global configuration terdapat tulisan server name. Pastikan Anda menghilangkan tanda pagar (#) di depan tulisan server name, kemudian isikan IP Address VPS. Kemudian Save dan penginstalan selesai.

instal web server

Cara Mudah Instal Nginx di VPS

1. Akses VPS Via SSH.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan instalasi dan kontrol terhadap VPS. Pastikan Anda menggunakan hak akses root dalam mengakses SSH.

2. Instal Nginx di VPS.

Untuk melakukan instalasi Nginx di VPS, maka silakan ketik,

apt-get install nginx

root@mari:~# apt-get install nginx

3. Lakukan Pengecekan Proses Instalasi.

Untuk memastikan apakah sudah terinstal, maka silakan ketikkan: nginx -t

4. Lakukan Start, Stop dan Restart.

Untuk menghidupkan service Nginx, silakan ketik: service nginx start

Untuk mematikannya silakan ketik: service nginx stop

Dan untuk restart, silakan ketik: service nginx restart

 

Proses instalasi selesai. Cara mudah instal web server juga bisa Anda lakukan sendiri dengan panduan yang sudah kami buat. Jangan lupa jika Anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.