Cara Paling Mudah Instal phpMyAdmin di VPS Untuk Pemula
Blog Tips Keren Cara Paling Mudah Instal phpMyAdmin di VPS Untuk Pemula

Cara Paling Mudah Instal phpMyAdmin di VPS Untuk Pemula

Mempelajari cara instal phpMyAdmin memang sangat penting karena ini sangat berkaitan dengan pengelolaan database MySQL. Dalam mengelola sebuah website, maka Anda harus memperlajari banyak hal. Salah satunya adalah phpMyAdmin yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan eksport dan import database yang dibuat dengan MySQL.

Website sekarang ini sudah menjadi point penting yang sudah dimiliki banyak orang. Mereka tak hanya menggunakan website untuk bisnis online tetapi juga memanfaatkannya secara pribadi. Meski menggunakannya secara pribadi, namun Anda harus memahami apa itu phpMyAdmin dan bagaimana cara penginstalannya di VPS.

Apa Itu pHpMyAdmin?

phpMyAdmin merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk melakukan pengelolaan database MySQL dan tool yang paling populer untuk mengelola database MySQL. Buat Anda yang mengelola sebuah website, maka harus paham dengan pengelolaan phpMyAdmin karena nantinya akan sangat berguna dalam pengembangan website. Seperti halnya wordpress, dalam beberapa templatenya juga akan memerlukan akses ke database.

instal phpMyAdmin

Tanpa adanya phpMyAdmin, maka Anda harus menggunakan terminal untuk mengelola database. Memiliki phpMyAdmin akan memudahkan Anda dalam mengelola MySQL katena phpMyAdmin memiliki user interface grafis. Tak hanya itu saja, phpMyAdmin juga sangat mendukung banyak operasional seperti MySQL, MariaDB, dan Drizzle sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mengelola database, columns, tables, indexes, user dan masih banyak lainnya.

Dengan adanya phpMyAdmin, maka bisa menjadi alat bantu dalam migrasi suatu website atau mereset password wordpress. Untuk lebih mudahnya, ketika Anda sedang melakukan proses migrasi dari shared hosting ke VPS, maka adanya phpMyAdmin berfungsi untuk memudahkan eksport dan import database.

Fitur Yang Ada Pada phpMyAdmin

Adanya phpMyAdmin tak hanya membantu memudahkan dalam mengelola website tetapi juga memiiki fitur-fitur yang banyak digunakan. Beberapa fiturnya antara lain;

  • Dapat dengan mudah melakukan pencarian pada database.
  • Sangat memudahkan Anda dalam membuat graphics database dalam bentuk PDF bersamaan dengan beberapa queries yang komplek dan dibantu dengan query-by-example.
  • Memudahkan Anda dalam mengubah format data-data yang sudah tersimpan. Hal ini karena dilengkapi dengan pre-defined fuction.
  • Mengexport dan mengimport data dari dan ke berbagai format.
  • Memperbolehkan user memanfaatkan kebanyakan fungsi MySQL. Hal ini juga termasuk mengelola database, menjalankan queries MySQL, mengeksekusi statement MySQL, mengelola user dan permission.
  • Memiliki interface yang user friendly dan intutive yang sangat mudah dipelajari. Hal tersebut akan memudahkan orang-orang dapat mempelajari dan membiasakan diri dengan fitur-fitur dengan cepat dan mudah.

Anda yang menggunakan cPanel tentunya akan sudah disediakan phpMyAdmin yang ada di dalamnya. Akan tetapi, Anda yang menggunakan VPS ternyata belum memiliki phpMyAdmin dan harus diinstal sendiri. Di sini kami akan memberikan panduan mengenai cara instal phpMyAdmin di VPS.

instal phpMyAdmin

Cara Mudah Instal phpMyAdmin di VPS

1. Akses VPS Via SSH.

Langkah pertama yang harus Anda lakukana dalah dengan melakukan login ke sistem VPS. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan mengaksesnya lewat remote VPS via SSH. Untuk akses SSH di VPS, maka Anda harus login menggunakan root. Caranya seperti berikut ini: ssh root@IP VPS

2. Melakukan Instal phpMyAdmin.

Jika sudan melakukan log ini dengan benar. Maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan instalasi phpMyAdmin. Cara melakukannya adalah sebagai berikut;

  • Dengan menggunakan Ubuntu/Debian.

sudo apt-get install phpmyadmin

  • Dengan menggunakan CentOS

yum install phpmyadmin

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu hingga proses instalasi phpMyAdmin Selesai. Pada pertengahan instalasi tersebut, Anda diharuskan untuk menentukan web server yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Apache2, maka jangan lupa untuk memberi tanda bintang pada Apache 2.

Caranya adalah, tekan tombol space pada keyboard, kemudian pilih OK. Sedangkan untuk berpindah ke OK, silakan  tekan tab keyboard dan kemudian klik enter.

Nantinya akan muncul pertanyaan, “Configure database for phpmyadmin with dbconfig-common?”. Kemudian Anda hanya perlu pilih “YES”. Ini berarti semua konfigurasi dalam phpmyadmin akan disesuaikan dengan data dbconfig-commont pada MySQL.

Kemudian isikan password phpMyAdmin. Tulis ulang kembali password dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

3. Instalasi phpMyAdmin Berhasil.

Setelah selesai, kini Anda berhasil melakukan instalasi phpMyadmin di VPS. Untuk memastikannya, Anda bisa langsung membuka web browser. Kemudian tuliskan alamat IP VPS/phpmyadmin. Caranya adalah sebagai berikut; IP_Address_VPS/phpmyadmin

Kemudian akan muncul tampilan dan gambar, “Welcome to phpMyAdmin”.

Pada kolom username, silakan Anda isi “root”. Sedangkan pada kolom password bisa Anda isi dengan password yang sudah diisikan pada saat proses instalasi. Jika sudah, maka proses instal phpMyAdmin di VPS telah selesai.

Jika Anda sudah selesai menginstal maka akan semakin memudahkan dalam mengelola website. phpMyAdmin merupakan aplikasi web yang bersifat open source sejak pertama kali dibuat dan dikembangkan. Sehingga dengan berbagai dukungan dari banyak developer dan translator, maka aplikasi web phpMyAdmin terus mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan ketersediaan banyak pilihan bahasa. Dan hingga saat ini ada lebih dari 65 bahasa yang sudah didukung oleh aplikasi web phpMyAdmin.

 

instal phpMyAdmin

Keuntungan dengan kehadiran phpMyAdmin ternyata tidak hanya dinikmati oleh penyedia web hosting karena Anda juga bisa menginstal phpMyAdmin di server lokal apabila telah memenuhi persyaratan. Meski begitu ada beberapa persyaratan agar phpMyAdmin dapat dipasang dan berjalan lancar di server lokal.

Berikut beberapa syarat agar phpMyAdmin bisa dipasang dan berjalan dengan baik;

  • HP 5.2.0 atau yang terbaru
  • MySQ: 5.0 atau yang terbaru
  • Web browser dengan memperbolehkan cookies.

Jika persyaratan sudah Anda miliki, maka kinerja phpMyAdmin akan semakin maksimal. Melalui sistem administrator, phpMyAdmin juga dapat mengelola users dan sekaligus hak aksesnya Dalam hal ini Anda yang berprofesi sebagai database administrator dengan MySQL sebagai basis data pilihan, tentunya tidak ada salahnya jika menggunakan phpMyAdmin untuk kemudahan dalam pengelolaan.

Menggunakan phpMyAdmin merupakan salah satu cara paling tepat bagi Anda yang belum terbiasa mengetikkan berbagai macam perintah di terminal konsol dalam pembuatan dan pengaturan database MySQL. Tampilannya yang user friendly dan dapat diakses melalui browser tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi phpMyAdmin. Anda juga dapat mengexecute SQL statement secara langsung.

Demikian cara mudah instal phpMyAdmin di VPS yang tentunya sangat mudah dan cocok bagi Anda yang ingin memaksimalkan website. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.