Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website
Blog Social Media Marketing Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website

Instagram shopping merupakan fitur yang disediakan untuk memudahkan pebisnis yang ingin mempromosikan produknya di instagram.

Untuk mendapatkan fitur shopping ini, instagram sudah menambahkan syarat dalam kelayakan baru, yaitu bisnis Anda perlu memiliki website terlebih dulu. 

Jika Anda belum memiliki website Anda dapat memanfaatkan layanan jasa pembuatan website. Tapi jika sudah dan Anda masih bingung dalam mengaktifkan instagram shopping Anda dapat mempelajari informasi lengkapnya di bawah ini.

 

Isi Artikel  :

 

 

 

Apa itu Instagram Shopping ? 

 

instagram-shopping

Instagram Shopping adalah salah satu fitur Instagram yang dapat mampu menghadirkan pengalaman berbelanja di e–commerce di dalam media sosial ini. Sebagai pemilik akun bisnis, Anda juga dapat membuat katalog produk. 

Terdapat fitur Post dan Story khusus yang dapat melakukan Tag ke produk Anda. Jadi pelanggan Anda tidak perlu jauh-jauh jika ingin berbelanja. Anda tinggal membuka akun instagram Anda saja.

 

Mengapa Menggunakan Instagram Shopping ?

 

instagram-shopping

Instagram Shopping menjadi penting untuk Anda manfaatkan sebagai cara baru dalam melakukan promosi dan memajang produk di ‘etalase’ online. 

Hal ini pada awalnya Instagram yang ditujukan menjadi platform media sosial telah mempunyai berbagai fitur yang Anda perlukan dalam mendekatkan diri dengan calon pembelimu.

Contohnya, fitur IG Story dan Direct Message (DM) hal ini karena dapat berinteraksi langsung dengan followers Anda atau fitur IG TV dan Live Streaming yang bisa Anda gunakan dalam menampilkan iklan atau tayangan edukatif contohnya webinar untuk followers.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur tersebut dalam meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda, tergantung seberapa kreatif Anda mengaturnya.

Selain itu, penggunaan jasa influencer juga dapat memberikan dampak yang lebih besar. Hal ini karena mereka cukup perlu mengarahkan audiens ke bagian akun Instagram bisnis Anda. 

Anda dapat menggunakan program endorsement, tapi jangan lupa agar Anda perlu menyesuaikan influencer dengan produk yang Anda tawarkan.

 

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

 

instagram-shopping

Sebelum Anda memulai mengaktifkan Instagram Shopping, Anda perlu terlebih dulu dalam memenuhi persyaratan yang ada. Hal ini karena tidak sembarang akun bisnis Instagram bisa membuat Instagram Shopping. 

Jadi, Anda perlu untuk memperhatikan beberapa persyaratan berikut yang perlu Anda patuhi agar permintaan dalam mengaktifkan fitur shopping dapat diterima oleh Instagram.

  • Bisnis berlokasi di area yang telah didukung oleh fitur Instagram Shopping
  • Pastikan produk yang Anda jual telah memenuhi syarat Instagram
  • Bisnis Anda perlu mematuhi perjanjian pelapak dan juga kebijakan perdagangan Instagram
  • Bisnis Anda perlu mempunyai website yang dapat digunakan untuk berjualan

Selanjutnya, masih terdapat beberapa cara membuat online shop di Instagram yang perlu Anda lakukan. 

Anda perlu mempunyai halaman Facebook dan mempunyai website terlebih dulu sebagai persyaratan dalam mengaktifkan Instagram Shopping.

Setelah itu, Anda dapat mengikuti cara mengaktifkan Instagram Shopping sebagai berikut:

  • Anda perlu mengubah akun instagram Anda menjadi akun bisnis atau kreator
  • Anda perlu mempersiapkan website sebagai tempat bisnis online Anda
  • Buatlah halaman Facebook dan jangan lupa untuk tambahkan katalog
  • Saatnya Anda untuk mengaktifkan Instagram Shopping dan menghubungkan ke katalog Facebook
  • Setelah itu, buatlah konten yang dapat ditindaklanjuti
  • Anda juga dapat menggunakan informasi bantuan dalam menghubungkan katalog
  • Selain itu, jika Anda perlu memverikasi domain Anda. Anda juga dapat menggunakan informasi bantuan di facebook jika tidak tahu cara dalam memverifikasi domain Anda

 

1. Aktifkan Akun Bisnis Instagram

Pada langkah pertama, Anda perlu mengaktifkan akun bisnis instagram Anda. Untuk itu, Anda perlu mengubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis atau kreator. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam mengaktifkan akun bisnis instagram sebagai berikut:

  • Loginlah ke akun Instagram
  • Anda dapat membuka pengaturan
  • Lalu pilih ‘Account’
  • Kemudian pilih ‘Switch to a Professional Account’
  • Setelah itu, tekan ‘Continue’
  • Selanjutnya, Anda dapat mengatur pada bagian kategori bisnis
  • Kemudian pilih ‘Done’

 

2. Buat Website

Langkah berikutnya yang wajib Anda lakukan adalah dengan membuat website.Hal ini juga menguntungkan karena dapat meningkatkan kredibilitas toko atau brand Anda. Selain itu, membuat website juga bisa mempermudah proses pembuatan Instagram Shopping nantinya.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara dalam membuat website bisnis untuk usaha Anda, Anda dapat menggunakan layanan jasa pembuatan website dari IDwebhost yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir mengenai permasalahan teknis dalam website karena tim IDwebhost siap sedia membantu permasalahan Anda.

 

3. Buat halaman Facebook dan tambahkan katalog

Sekarang, Anda perlu membuat halaman Facebook agar dapat menempatkan katalog produk Anda.

  • Anda dapat membuat akun pengelola halaman Facebook di Pengelola Bisnis Facebook dan juga dapat login menggunakan akun Facebook milik Anda.
  • Isi informasi yang diminta untuk keperluan dalam membuat akun bisnis baru.
  • Pilih pada pengaturan Bisnis
  • Klik bagian Sumber Data, kemudian pilih menu Katalog dan klik pada bagian Tambahkan agar Anda dapat membuat katalog baru
  • Buat nama dan jenis produk di dalam katalog, Kemudian klik Buat Katalog.
  • Tentukan siapa yang bisa mendapatkan akses standar atau akses admin pada katalog ini. Jika belum ada, Anda dapat memilih diri Anda sendiri. Pastikan juga orang yang diberikan hak akses untuk mengurus bisnis ini sudah mempunyai akun Facebook. Jika sudah Anda lakukan, klik pada bagian Tetapkan.
  • Saat ini,pada bagian katalog Anda masih kosong. Agar dapat menghubungkan ke akun bisnis Instagram dan juga dalam mengaktifkan fitur Shopping Instagram Anda, langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan mengisi katalog Anda terlebih dulu dengan mengklik “Buka di Pengelola Katalog”.
  • Pilih “Saluran” pada menu di sebelah kiri, kemudian klik pada bagian “Tambahkan Produk”.
  • Pilih “Tambahkan Secara Manual”. Kecuali jika Anda telah menambahkan Facebook Pixel di website Anda, maka Anda dapat memilih “Gunakan Pixel”, kemudian klik Selanjutnya.
  • Isi informasi produk yang diperlukan. Jika Anda belum memiliki tautan untuk disertakan ke bagian kolom “Tautan situs web”. Di sinilah peran website yang dapat memberikan kemudahan dalam menambahkan katalog produk dengan menggunakan Facebook Pixel atau Anda dapat melakukannya secara manual. Jika sudah Anda lakukan, klik pada bagian Tambahkan Produk.
  • Sampai pada tahap ini, Anda sudah selesai dan katalog Anda sudah jadi serta dapat dihubungkan ke akun bisnis Instagram Anda.

 

4. Hubungkan ke Katalog di Facebook

Setelah memasukkan katalog Anda ke halaman Facebook dan website, sekarang saatnya Anda dapat mengaktifkan fitur Shopping melalui aplikasi Instagram. Cara mengaktifkan Instagram Shopping ini hanya dapat Anda lakukan dengan melalui mobile, tablet atau HP.

Untuk langkah-langkah dalam menghubungkan ke katalog facebook sebagai berikut :

  • Anda dapat menuju ke menu Business di pengaturan
  • Kemudian pilih Sign Up for Shopping
  • Lalu Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang diminta, seperti menghubungkan akun ke Facebook sampai menghubungkan Instagram dengan katalog Facebook yang telah Anda buat sebelumnya. Setelah itu pilih Facebook Catalog Manager, kemudian klik “Check for Catalog”.

 

5. Tunggu Peninjauan Akun

Jika proses pendaftaran selesai, maka Anda masih harus menunggu proses peninjauan dari pihak Instagram.  Jika tidak terdapat masalah, seharusnya akun Instagram bisnis Anda telah dalam pengamatan Instagram dan Anda cukup perlu menunggu sampai mendapat izin dalam membuat fitur Shopping ini.

 

6. Aktifkan fitur Shopping

Setelah akun Anda disetujui oleh Instagram, Anda dapat mengaktifkan fitur Shopping. Kemudian, ketika kalau Anda mendapati pada pilihan instagram shopping belum terdapat di pengaturan, berarti akun Anda masih belum dapat disetujui atau masih dalam proses peninjauan.

 

7. Tambahkan Label Produk

Setelah disetujui oleh Instagram, maka Anda bisa membuat konten yang dapat ditindaklanjuti dengan cara tap pada konten tersebut agar dapat melihat produk-produk yang terdapat di dalamnya.

Anda dapat melakukan menambahkan label produk dengan cara yang tidak berbeda dengan menandai produk selayaknya Anda dalam menandai akun Instagram teman Anda. 

Untuk langkah-langkah dalam menambahkan label produk sebagai berikut.

  • Setelah Anda memilih foto yang rencana Anda akan upload, klik pada bagian “Tag Products” 
  • Klik sekali pada produk yang ingin Anda tandai, lalu pilih produk dari katalog Anda. Agar tidak berlebihan sampai menjadi spam, saat ini Instagram telah membatasi tag hanya sampai 5 produk saja, jadi Anda perlu mempertimbangkan baik-baik untuk menambahkan tag ini.
  • Kemudian Anda dapat mengaktifkan Facebook jika ingin sekaligus mengupload konten di dua media sosial. Setelah itu, Anda dapat klik Share atau Bagikan.
  • Jangan lupa untuk terus melakukan promosi, semoga berhasil! Jika Anda kesulitan memikirkan ide untuk mengembangkan iklan, Anda dapat mengunjungi halaman tips Instagram Bisnis.

 

Kesimpulan

Meski dalam mengaktifkan fitur shopping ini cukup memakan waktu dalam mempelajari cara memasang sampai mengutak-atik fitur shopping pada instagram Anda, namun semuanya itu dapat sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan nantinya.

Semoga bermanfaat 

Selain itu,  Anda juga dapat mengikuti informasi artikel lainya di bagian blog IDwebhost ini agar bisa mendapat informasi terbaru mengenai website atau bisnis online.

Lalu, IDwebhost juga dapat menyediakan hosting terbaik pilihan untuk Anda dan domain lengkap beserta promo di dalamnya yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis online Anda. 

Ditambah lagi, kalau Anda membutuhkan layanan jasa pembuatan website, Anda juga bisa menggunakan layanan pada wunik atau IDwebhost.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.