Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website

4 Agu 2021
Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dan Menambahkan Website campaign-unlimited

Saat ini, hampir semua media sosial memberikan fasilitas bagi para penggunanya yang memiliki bisnis dengan fitur-fitur khusus, salah satunya adalah Instagram. Melalui akun bisnis, Anda dapat menggunakan fitur Instagram Shopping untuk memasarkan serta mempromosikan produk Anda lebih mudah. Untuk dapat menggunakannya, Anda harus memahami cara membuat Instagram Shopping.

Hal ini karena fitur yang satu ini tidak bisa Anda gunakan begitu saja seperti fitur lainnya di Instagram. Ada beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi untuk dapat mengaktifkan fitur Instagram Shopping.

Supaya dapat menggunakannya dengan baik, pahami dulu mengenai fitur ini dan cara membuat Instagram Shopping.

Apa itu Instagram Shopping? 

instagram-shopping

Kita semua dapat melihat berapa banyak UMKM yang berjualan di Instagram serta media sosial lainnya. Media sosial sudah seperti tempat pertama mereka menjual produk bisnisnya.

Instagram pun lantas membuat fitur Instagram Shopping pada 2020 silam untuk menunjang bisnis para penggunanya. Lalu, apa itu fitur Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur yang dapat memberikan pengalaman belanja di e-commerce melalui media sosial. Sama seperti e-commerce pada umumnya, Anda dapat membuat katalog produk dan memajangnya di etalase toko.

Yang membuatnya berbeda adalah bagaimana Anda dapat memberikan tag ke beberapa produk yang ada dalam satu foto.

Anda dapat memberikan tag ke produk yang ada di foto feeds ataupun di Instagram Story.

Melalui tag ini, Anda dapat menampilkan nama, harga produk dan mengarahkan audiens untuk melakukan pembelian. Melihat dari kegunaannya, fitur in tentu penting untuk jalannya bisnis Anda.

Mengapa fitur Instagram Shopping penting? Hal ini karena Anda dapat menjalankan dua kegiatan bisnis sekaligus. Instagram biasanya dijadikan tempat untuk membangun brand awareness dan promosi bisnis ke audiens. Tetapi, saat audiens ingin melakukan pembelian, ia harus keluar aplikasi dan membuka situs bisnis Anda.

Hal ini tentu saja menyusahkan audiens yang menjadi target pasar Anda. Dengan Instagram Shopping, Anda bisa dengan mudah membangun brand awareness, promosi dan menjual produk dalam satu posting-an.

Sehingga, audiens pun bisa lebih mudah untuk melakukan pembelian dengan mengklik tag yang ada pada setiap produk dalam posting-an tersebut.

instagram-shopping

Cara Membuat Instagram Shopping

Dari penjelasan di awal, dikatakan bahwa Anda harus mengetahui cara membuat Instagram Shopping untuk dapat menggunakan fitur yang satu ini. Akan tetapi, sebelum mengetahui cara membuat Instagram Shopping, Anda harus mengetahui syarat pembuatannya lebih dulu. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi lebih dulu.

  • Lokasi bisnis berada di wilayah yang sudah merilis fitur Instagram Shopping.
  • Produk memenuhi persyaratan dari Instagram.
  • Bisnis memenuhi dan mematuhi perjanjian dagang dan persyaratan perdagangan dari Instagram (Facebook).
  • Memiliki website

Apabila semua persyaratan tersebut telah terpenuhi, barulah Anda dapat memulai langkah-langkah dalam cara membuat Instagram Shopping. Berikut ini cara membuat Instagram Shopping untuk bisnis online Anda.

instagram-shopping

  1. Ubah Instagram Jadi Akun Bisnis – Cara Membuat Instagram Shopping

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam cara membuat Instagram Shopping adalah mengubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis.

Hal ini harus dilakukan mengingat fitur Instagram Shopping hanya dapat digunakan oleh pebisnis. Untuk membuat akun bisnis Instagram sebagai syarat Instagram Shopping, cara yang dilakukan cukup mudah.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Penjualan Menggunakan IG Story

Cukup lakukan login ke akun Instagram Anda dan ubah akun menjadi professional account pada menu pengaturan di bagian ‘Account’. Setelah itu, akun Anda sudah bisa untuk menggunakan fitur Instagram Shopping.

  1. Membuat Website – Cara Membuat Instagram Shopping

Salah satu syarat penting dalam membuat Instagram Shopping adalah bisnis Anda haruslah memiliki website bisnis tempat Anda menjual berbagai produk. Jika Anda belum memiliki, silahkan buat terlebih dahulu website atau e-commerce bisnis Anda sendiri.

Website bisnis penting untuk Anda miliki karena nantinya fitur Instagram Shopping ini akan mengarahkan audiens Anda untuk membeli di website. Selain itu, pastikan website bisnis Anda sudah mengaktifkan fitur e-commerce sehingga pembeli bisa melakukan pembelian dengan mudah.

  1. Menghubungkan Akun Halaman Facebook

Selain membuat website, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam membuat Instagram Shopping adalah membuat halaman Facebook.

Hal ini juga sebagai persyaratan bagi bisnis Anda agar dapat menggunakan fitur Instagram Shopping. Dalam laman Facebook tersebut, Anda dapat menambahkan katalog dari produk bisnis Anda.

Cara membuat dan menghubungkan halaman Facebook ke akun Instagram Business sendiri juga cukup mudah. Masuk ke bagian edit profile di Instagram dan cari ‘Publick Business Information’. Setelah itu, silahkan pilih ‘Page’ untuk menghubungkan akun Anda ke halaman Facebook yang sudah dibuat.

  1. Tunggu Proses Peninjauan Akun

Setelah semua proses pendaftaran dan koneksi selesai dilakukan, selanjutnya Anda tinggal menunggu pihak Instagram untuk meninjau akun Instagram Business Anda. Pihak Instagram akan meninjau apakah akun Anda bermasalah atau tidak.

Jika hasil peninjauan aman, Anda dapat melanjutkan ke tahap terakhir dalam membuat Instagram Shopping. Biasanya, peninjauan ini akan membutuhkan beberapa waktu bagi pihak Instagram terhadap akun bisnis Anda.

  1. Aktifkan Fitur Instagram Shopping

Setelah akun selesai ditinjau dan disetujui oleh Instagram, Anda sudah dapat melanjutkan ke tahapan terakhir dalam cara membuat Instagram Shopping ini. Silahkan aktifkan fitur Instagram Shopping dalam akun bisnis Anda.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui menu pengaturan di bagian ‘Business Settings’. Silahkan pilih ‘Shopping’ pada menu tersebut dan selanjutnya pilih ‘Product Catalogue’. Jika sudah selesai, silahkan klik done dan fitur ini sudah dapat Anda gunakan.

Hubungkan pula akun Instagram Anda dengan beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Dengan menghubungkan pada marketplace Anda dapat menambahkan produk hanya dari satu tempat saja. Sehingga, hal ini dapat memudahkan Anda juga dalam memasarkan produk.

  1. Tambahkan Tag Produk di Postingan Instagram

Jika semua cara membuat Instagram Shopping sudah berhasil dilakukan, ini waktunya untuk Anda mencoba fitur bisnis di Instagram ini.

Anda dapat mulai untuk membuat konten-konten menarik di Instagram terkait produk Anda dan memberikan tag pada setiap produk yang ada di dalam foto. Cukup klik menu ‘Tag Products’ yang berada di bawah ‘Tag People’ untuk mengakses fitur ini.

Dengan begitu, pembeli dapat dengan mudah melakukan transaksi saat mereka tertarik dengan produk yang ada di posting-an Anda. Lakukan terus promosi dengan memanfaatkan fitur ini pada Instagram sehingga penjualan Anda pun dapat meningkat.

Kesimpulan

Instagram Shopping adalah fitur bisnis yang dihadirkan oleh Instagram khusus para pebisnis yang menggunakan media sosial ini sebagai tempat berjualan dan promosi.

Cara membuat Instagram Shopping pun tidak terlalu sulit. Yang penting, penuhi persyaratan serta ikuti langkah-langkah dalam membuat Instagram Shopping di atas.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki website bisnis atau toko online sebagai syarat dalam cara membuat Instagram Shopping, Anda dapat membuatnya di IDwebhost. Anda juga dapat membeli layanan hosting murah agar e-commerce Anda dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Jangan lupa juga untuk ikuti berbagai promo menarik dari IDwebhost dengan klik disini!

Penulis
Member since 2 Jul 2013