Instagram SEO: 7 Cara Optimasi Instagram SEO yang Mudah!

25 Des 2021
Instagram SEO: 7 Cara Optimasi Instagram SEO yang Mudah! campaign-unlimited

Instagram SEO menjadi jalan bagi pemilik bisnis dalam meningkatkan bisnis mereka di Instagram. Walaupun SEO dikenal sebagai optimasi kata kunci di pencarian google, tapi hal ini juga bisa dilakukan di instagram.

Dengan melakukan optimasi instagram SEO, hal ini juga bermanfaat dalam meningkatkan peringkat bisnis Anda di instagram search engine.

Nah sekarang bagaimana untuk melakukan optimasi instagram SEO? Anda dapat mengetahui jawabannya dengan mengikuti pembahasan sebagai berikut:

Apa Itu Instagram SEO?

Apa Itu Instagram SEO?

Instagram SEO merupakan sebuah proses optimasi konten pada Instagram. Tujuannya agar bisa meningkatkan peringkat profil Instagram Anda pada hasil pencarian di eksplore Instagram.
Konten Anda menjadi lebih mudah ditemukan oleh calon followers Anda dengan menerapkan Instagram SEO. Anda pun akan mendapatkan banyak manfaat yang Anda dapat jika profil Instagram Anda mudah ditemukan. Hal ini meliputi dalam meningkatkan brand awareness, menambah jumlah followers, sampai meningkatkan engagement konten.

Followers nantinya dapat Anda jadikan prospek yang akhirnya menjadi pelanggan Anda yang dapat diterapkan pada bisnis.

Cara Optimasi Instagram SEO yang Mudah

 

instagram-seo

Untuk Anda yang sudah penasaran bagaimana cara optimasi Instagram SEO untuk keperluan bisnis Anda, simak ulasannya berikut ini:

1. Optimalkan Profil Instagram

Ketika Anda sedang mencari profil atau postingan di Instagram, Instagram search engine menjadi tujuan pertama bagi user. Tapi, tentu saja hal ini tidak semua profil dapat muncul di hasil pencarian.Alasannya karena Instagram bisa menampilkan profil yang disesuaikan dengan kata kunci.

Nah untuk agar profil dapat muncul pada halaman hasil pencarian, hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah Anda perlu untuk mengoptimasi profil Instagram bisnis. Caranya Anda dapat mengikuti panduan sebagai berikut:

  • Anda perlu untuk mengganti pengaturan profil menjadi publik
  • Anda juga perlu untuk menggunakan foto profil yang sesuai dengan informasi bisnis. Contohnya logo brand atau produk yang dijual. 
  • Anda juga perlu untuk membuat brand bisnis yang mudah untuk ditemukan dan dikenali. Contohnya Anda membuka coffee shop, Anda dapat menggunakan keyword kafe atau coffee. 
  • Anda dapat mendaftarkan terlebih dahulu akun Instagram Anda ke Instagram Bisnis
  • Anda juga perlu untuk menyertakan link website bisnis online Anda pada bio Instagram

2. Inputkan Kata Kunci Utama pada Username dan Display Name

Instagram SEO dengan berdasar kata kunci yang mereka cari, hal ini tentunya memudahkan followers mencari profil Instagram Anda . Ketika pengguna menuliskan keyword, halaman eksplore Instagram bisa menampilkan profil dan konten yang telah memuat kata kunci tersebut.

Supaya profil Anda muncul di hasil pencarian yang relevan dengan bisnis, masukkan keyword utama dalam username dan display name Anda. Sebagai contoh, Anda berbisnis sepatu sandal. Pilih keyword “sandal selop” di username atau display name.

3. Menambahkan Keyword Turunan pada Bio Instagram

Jika username dan display name Anda tidak mengandung kata kunci utama sebenarnya juga tidak apa-apa. Anda tetap masih bisa untuk menambahkan kata kunci utama dan turunan pada bio Instagram bisnis Anda.

Untuk contohnya, Anda dapat berbisnis case untuk iPhone. Kemudian Anda dapat menambahkan kata kunci turunan di bio Anda seperti: “case iPhone murah”. Begitu Anda mendapat followers yang sedang mencari case iPhone murah, profil Anda dapat berpotensi untuk muncul di hasil pencarian.

Ketika Anda menambahkan kata kunci turunan, Anda dapat memadatkan pesan bio pada Instagram Anda. Sebab, Instagram mempunyai batasan karakter pada kolom bio. 

4. Maksimalkan Alt Text

Seperti optimasi gambar yang dilakukan pada SEO website, Anda juga dapat untuk melakukan optimasi gambar dengan menggunakan alt text di Instagram lho.

Alt text Instagram bisa membantu algoritma Instagram untuk memunculkan foto Anda ke pengguna yang menyukai tipe konten tersebut. Sebab, alt text dapat mendeskripsikan konten gambar Anda.

Selain itu, alt text Instagram juga memberikan kemudahan pada mesin pencarian Google menemukan konten Anda. Caranya, Anda harus memasukkan keyword dengan volume pencarian tinggi di Google dalam alt text Anda.

Oke, berikut adalah tahapan dalam menggunakan alt text di konten Instagram Anda:

Sebelum memposting konten, Anda dapat scroll ke bawah lalu klik Advanced Setting.

Setelah itu klik pada Write Alt Text.

Lalu tuliskan deskripsi konten Anda. Setelah itu klik Done.

Kalau Anda memiliki konten yang terlanjur di posting tanpa alt text, Anda tetap bisa menambahkannya kok. Caranya dengan klik titik tiga pada bagian pojok kanan atas > Edit > Edit Alt Text.

5. Gunakan Kata Kunci pada Hashtag

instagram-seo

 

Anda juga dapat menggunakan hashtag sebagai kata kunci utama yang dapat Anda sesuaikan dengan bisnis Anda. Hal ini dikarenakan, hashtag dapat membantu konten Anda agar lebih mudah ditemukan oleh followers Anda pada Instagram search engine.

Contohnya, IDwebhost memposting konten diskon hosting ssd di Instagram. Agar lebih mudah ditemukan followers, maka kami menggunakan hashtag #hostingssd, #promohosting dan #promodomain. 

Bayangkan, jika seorang calon pelanggan sedang mencari layanan hosting ssd yang murah untuk membuat website toko online. Kemudian dia mencari hashtag tersebut di Instagram. Konten marketing kami menjadi memiliki peluang untuk muncul di Instagram search engine mereka. 

Nah, lalu bagaimana cara memilih hashtag yang baik agar bisa mendapatkan hasil maksimal? Berikut adalah tips-tipsnya:

  • Anda dapat memonitor hashtag yang digunakan kompetitor
  • Anda dapat melakukan pelacakan pada tingkat popularitas hashtag pilihan di tools hashtagify.me
  • Lakukan juga analisa pada hashtag yang sukses di postingan sebelumnya
  • Jangan lupa untuk hindari spamming hashtag

6. Gunakan Kata Kunci Turunan pada Caption

Setelah Anda melakukan optimasi sesuai pada langkah ke 5, Anda juga dapat menulis caption yang relevan dengan konten. Jangan lupa untuk menambahkan kata kunci turunan pada caption Anda.

Kenapa Anda perlu untuk melakukan hal tersebut?

Hal ini dikarenakan instagram menggunakan machine learning dalam menentukan konten mana saja yang dapat dimunculkan pada fitur explore. Dari keyword dan caption yang Anda buat, teknologi machine learning Instagram dapat menentukan konten yang dianggap paling relevan dengan kebutuhan user.

7. Perhatikan Instagram Insights untuk Melihat Reach Konten

 

instagram-seo

Setelah semua langkah optimasi dari poin satu sampai enam telah dikerjakan, kini saatnya untuk Anda menganalisa hasil optimasi Anda dengan menggunakan bantuan tools Instagram analytics yang bernama Insight. Tujuannya adalah supaya Anda sebagai pengguna dapat melihat performa setiap konten yang Anda buat. Mulai dari konten di feed sampai Instagram Story.

Melalui Insights, Anda dapat melakukan evaluasi konten menggunakan beberapa metriks. Setiap metriks mempunyai fungsinya masing-masing dan cara dalam memaksimalkannya. 

  • Reach

Reach merupakan metriks dalam mengukur banyaknya followers yang terpapar konten yang dibuat. Caranya adalah dengan memaksimalkan konten dengan hashtag, sponsored content, dan juga giveaway. 

  • Saves

Saves merupakan metriks yang dapat digunakan sebagai tolak ukur user yang menyimpan konten Instagram Anda. Cara memaksimalkannya adalah dengan membuat konten yang menarik, relevan, dan juga bermanfaat untuk user. 

  • Impression

Impression adalah metriks yang dapat digunakan untuk mengukur berapa kali konten atau iklan Anda dapat tampil di layar user. Perhitungan tampilan konten ini meliputi dari klik atau konten yang dibiarkan saja. 

Misalnya, impression konten Anda yaitu 100. Artinya, postingan Anda dapat muncul pada layar user sebanyak 100 kali. 

Anda dapat memaksimalkannya dengan cara memasang iklan berbayar. Dengan iklan, konten Anda dapat ditampilkan di layar user yang Anda inginkan. 

  • Like and comment

Like and comment adalah metriks dalam melihat interaksi atau engagement user di konten Anda. Cara memaksimalkannya adalah membuat caption yang bersifat interaktif. Misalnya, dengan pancingan pertanyaan yang membuat user penasaran. 

  • Audience

Audience merupakan metriks untuk mengetahui jenis user atau followers yang merespons konten Anda. Contohnya, karakter, usia, minat, dan jam-jam aktif mereka dalam merespon konten. 

Metrik ini dapat membantu Anda dalam memposting konten ke audiens yang lebih spesifik pada waktu yang lebih efektif.  

8. Manfaatkan Tag dan Mention Instagram 

Cara berikutnya dalam melakukan optimasi SEO Instagram adalah dengan memanfaatkan fitur tag dan mention di Instagram Stories. Sebab, hal ini bisa membuat konten dan profil Anda supaya lebih mudah untuk ditemukan calon followers.

Makin banyak tag dan menton yang Anda dapatkan, Instagram akan menilai konten Anda sebagai sesuatu yang relevan. Jika sudah demikian, konten Anda makin besar peluangnya untuk bisa  muncul di halama explore Instagram . 

Lantas, bagaimana  memaksimalkan tag dan mention? Berikut untuk caranya: 

  • Buat konten kerjasama

Anda dapat membuat konten Anda dengan mudah dan mendapatkan tag dan mention yaitu buatlah konten kerjasama atau konten yang relevan dengan menggunakan followers Anda. 

  • Tag dan mention user lain yang bekerjasama dengan Anda

Anda juga dapat memberikan tag user lain dan mencantumkan username mereka di caption. Tujuannya agar konten Anda dapat masuk di kumpulan foto fitur tagging user lain. Siapa tahu user dari profil lain melihat konten Anda dalam fitur itu. 

  • Gunakan tag lokasi 

Anda juga dapat menambahkan tag lokasi di konten Anda. Contohnya lokasi tempat sebuah event diselenggarakan atau lokasi bisnis Anda. 

Dengan menggunakan tag lokasi, konten Anda menjadi lebih mudah untuk ditemukan. Sebab, konten memiliki peluang untuk muncul saat user mencari tahu tentang apa yang telah terjadi di suatu lokasi. 

Kesimpulan

Demikian untuk cara dalam melakukan optimasi Instagram SEO. Sekarang, Anda sudah tahukan bagaimana cara meningkatkan optimasi Instagram SEO untuk bisnis Anda.

Semoga bermanfaat 

Selain itu, kunjungi juga halaman blog IDwebhost untuk mendapatkan update informasi artikel dari IDwebhost yang dapat bermanfaat untuk Anda lainnya.

Anda juga dapat menggunakan layanan hosting dari IDwebhost dan domain lengkap jika Anda sedang mencari hosting terbaik untuk keperluan dalam membangun website.

Jika Anda ingin mencari cara membuat website secara lebih instan dan lebih mudah, Anda juga dapat menggunakan layanan jasa pembuatan website dari IDwebhost atau wunik yang masih dalam satu bisnis dengan IDwebhost.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Penulis
Member since 2 Jul 2013