Inilah TOP 7 Marketplace Paling Populer di Indonesia 2021
Blog Bisnis Online Inilah TOP 7 Marketplace Paling Populer di Indonesia 2021

Inilah TOP 7 Marketplace Paling Populer di Indonesia 2021

Saat ini Anda pastinya sudah mengenal bahkan tak asing lagi dengan berbagai macam marketplace yang ada saat ini. Bahkan di Indonesia sendiri telah banyak marketplace yang baru bermunculan yang ikut tumbuh dan berkembang yang menyediakan fitur belanja online. Dengan perkembangan teknologi dan internet saat ini memudahkan orang dalam melakukan transaksi hanya dengan klik dan proses. Semua kebutuhan konsumen dari ujung kepala sampai kaki sangat mudah untuk dicari tanpa harus keluar rumah jauh-jauh barang yang diinginkan sudah diantar sampai di rumah.

Sebenarnya jika berbicara marketplace sendiri sudah ada sejak tahun 1995 yang pada waktu itu muncul Amazon dan eBay di Amerika. Namun dengan seiring berjalannya waktu telah hadir berbagai macam jenis dan perusahaan yang mengembangakan aplikasi marketplace ini. Bahkan saat ini di Indonesia sendiri sudah banyak aplikasi marketplace yang bisa digunakan dengan mudah oleh semua orang.

Apa Itu Marketplace

Apa Itu Marketplace?

Jika bertanya tentang apa itu marketplace? Maka secara sederhana adalah aplikasi atau website yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli dengan memanfaatkan internet. Marketplace sendiri adalah sebagai tempat berjualan yang bertujuan layaknya toko tradisional penjual hanya menampilkan barang dan pembeli yang berminat akan membelinya melalui aplikasi tersebut.

Marketplace biasanya memiliki fitur lengkap yang akan memudahkan orang dalam transaksi jual beli dari metode pembayaran, pemilihan jasa pengiriman, pengembalian barang, voucher diskon dan lain sebagainya, Kemudian dari sisi penjual juga mematuhi syarat dan ketentuan atau aturan yang berlaku dari setiap aplikasi marketplace yang ada. Tujuan dari aturan yang tersedia yaitu untuk memberikan keamanan, kenyamanan antara penjual dan pembeli saat melakukan transaksinya.

Hingga saat ini pengguna aplikasi marketplace terus meningkat apalagi saat pandemi saat ini yang mengharuskan orang lebih banyak beraktivitas dengan terbatas dan melakukan pekerjaan dirumah. Pandemi saat ini menjadi faktor naiknya transaksi jual beli online terus meningkat drastis.

Marketplace Paling Populer di Indonesia

Di Indonesia sendiri telah banyak industri digital yang bergerak atau menyediakan aplikasi marketplace baik itu untuk aplikasi smartphone maupun website. Besarnya antusias masyarakat Indonesia dalam menggunakan aplikasi belanja online membuat industri jual beli online semakin berkembang pesat dan ketat bahkan sampai menarik investor dari berbagai negara untuk ikut serta dalam industri tersebut.

Sahabat IDwebhost saya tebak pasti sudah menginstal salah satu aplikasi belanja online ini, apalagi generasi muda yang tidak bisa lepas dari gadgetnya. Nah di Indonesia sendiri ada beberapa aplikasi buatan bangsa yang telah menyabet predikat unicorn pastinya bangga aplikasi buatan bangsa menjadi salah satu yang terbaik saat ini. Nah berikut aplikasi marketplace yang paling populer dengan pengguna yang besar saat ini:

Marketplace -Shopee

1. Shopee

Saat ini Shopee menduduki peringkat atas karena memiliki pengguna yang terbanyak se-asia tenggara hingga saat ini. Bahkan telah beroperasi di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, hingga Brazil dan juga di Indonesia. Dari negara-negara tersebut ternyata Indonesia menjadi pangsa pasar terbesar Shopee dengan kunjungan kurang lebih 16 juta pengunjung setiap harinya.

Yang menjadikan aplikasi belanja online Shopee ini menjadi populer dan besar adalah dengan gencarnya promo-promo gratis ongkir pada penggunanya. Tentu saja dengan gratis ongkir menjadikan marketplace Shopee menjadi pilihan terbaik untuk penggunanya.

Dari sekian banyak produk ternyata produk fashion, kecantikan dan perawatan tubuh menjadi produk paling laris di Shopee. Dari segi harga pun kompetitif dan terbilang murah dan ditambah gratis ongkir pastinya orang akan memilih aplikasi yang satu ini.

Marketplace - Tokopedia

2. Tokopedia

Selanjutnya yaitu Tokopedia platform karya anak bangsa ini menjadi salah satu marketplace yang juga mendapatkan predikat sebagai startup Unicorn. Dari segi pengguna Tokopedia mengklaim bahwa mereka memiliki kurang lebih 100 juta pengguna aktif hingga saat ini. Dengan Tokopedia Anda bisa menggunakan untuk jual beli secara gratis bahkan dengan skala kecil maupun besar.

Untuk melebarkan sayapnya Tokopedia telah melakukan merger dengan perusahaan karya anak bangsa yang bergerak dibidang transportasi online yaitu Gojek.

Bukalapak

3. Bukalapak

Perusahaan buatan anak bangsa yang kedua adalah Bukalapak, perusahaan startup yang satu ini juga telah mendapatkan predikat sebagai startup Unicorn. Peluncuran aplikasi Bukalapak sendiri tidak lama setelah Tokopedia muncul yaitu pada bulan januari tahun 2010 lalu. Untuk Bukalapak sendiri telah mencatat sekitar 70 juta pengguna aktif dengan total kunjungan sekitar 26 juta per bulannya.

Bukalapak sebenarnya lebih berfokus untuk bekerja sama para UKM (Usaha Kecil Menengah) namun demikian sama halnya dengan marketplace yang lain juga bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja.

Lazada Indonesia

4. Lazada Indonesia

Jika Anda mencari produk elektronik dan fashion maka Lazada menjadi tempat yang pas untuk berbelanja produk tersebut. Produk tersebut saat ini menjadi yang paling populer dicari di Lazada akan tetapi produk lain juga termasuk lengkap tersedia sama halnya dengan marketplace yang lain.

Sebenarnya Lazada sendiri adalah marketplace yang dimiliki oleh Alibaba Group yang telah beroperasi di beberapa negara seperti Thailand, Filipina, Indonesia.

Pada awalnya sistem yang digunakan sama seperti Amazon dan eBay dengan menjual dan menyetok produk atau barang di gudangnya sendiri. Namun sejak 2013 lalu model bisnis yang dilakukan berganti menjadi marketplace seperti yang lainnya.

Awalnya marketplace Lazada ini berasal dari Singapura dan berdiri pada tahun 2012, namun tahun 2016 lalu sudah diakuisisi oleh Alibaba Group hingga sekarang.

Baca juga: 12 Tips Sukses Jualan Online Mudah Menguntungkan Terbaru

JD.id

5. JD.id

Dengan brand produk berkualitas “Dijamin Original”, JD.id menjadi salah satu pemain baru di Indonesia yang siap bersaing dengan yang lain. Sejak awal memang JD.id tidak bekerjasama dengan penjual perorangan layaknya marketplace yang lain, namun mereka lebih memilih bekerjasama dengan produsen langsung.

Mereka menyebut model marketplace yang digunakan adalah “curated marketplace” atau terakurasi dimana untuk memberikan kepuasan konsumen JD.id bekerja sama dengan distributor utama atau produknya secara langsung. Dengan metode ini mereka yakin akan mampu bersaing dengan marketplace lain yang telah memiliki jutaan pengguna.

Bhinneka

6. Bhinneka

Jika berbicara marketplace yang paling lama berdiri Bhinneka menjadi yang paling lama, pasalnya sebelum hadirnya berbagai macam marketplace saat ini ternyata Bhinneka sudah diluncurkan pada 16 Januari 1996 yang lalu. Jika yang lain kebanyakan menjual produk-produk dari berbagai macam jenis, maka Bhinneka lebih fokus pada produk-produk IT. Dengan pengalaman yang dimilikinya Bhinneka menjadi salah satu platform yang mampu disandingkan dengan marketplace unicron saat ini.

Zalora Indonesia

7. Zalora Indonesia

Zalora ini didirikan pada 2012. yang merupakan bagian dari Global Fashion dengan total pengguna yang mencapai 7,6 jutaan perbulannya. Zalora sendiri lebih berfokus pada produk-produk fashion baik untuk perempuan maupun laki-laki. Kehadiran Zalora juga ikut meramaikan persaingan marketplace di Indonesia untuk merebut pelanggan loyal yang mereka bidik.

Nah bagi Anda yang ingin memulai bisnis online bisa mendaftar dan menggunakan beberapa marketplace di atas yang memang bisa digunakan secara gratis. Bisnis online sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan website toko online. Tentunya dengan website toko online bisa dikolaborasikan dengan marketplace yang Anda gunakan. Jika keduanya dimanfaatkan sebaik mungkin kami yakin bisnis Anda akan memberikan keuntungan yang besar. Apakah Anda tertarik dengan toko online berikut artikel menarik yang bisa memberikan informasi lengkap tentang toko online sebagai berikut: Jejualan untuk Toko Online Anda