Inilah Bedanya SEM dan SEO untuk Website

Inilah Bedanya SEM dan SEO untuk Website campaign-unlimited

Bagi kamu yang telah memiliki website, pastinya ingin memiliki banyak pengunjung ke website. Mendapatkan pengunjung adalah suatu keharusan, apalagi bagi pemilik bisnis yang ingin mendapatkan pelanggan atau konsumen secara luas.

Namun untuk mendapatkan pengunjung tidak semudah membalikkan telapak tangan. Harus melalui beberapa proses terlebih dahulu. Seperti halnya promosi pemasaran secara konvensional website pun memiliki cara digital marketing-nya sendiri.

Salah satunya dengan menerapkan SEM ataupun SEO untuk mendapatkan pengunjung. Bagi kamu yang ingin mendapatkan peringkat atas Google perlu mengetahui SEM dan SEO terlebih dahulu.

Bagi orang yang telah terjun di dunia website, pasti tidak asing lagi dengan istilah SEO maupun SEM. Istilah keduanya memang merupakan cara optimasi website untuk mendapatkan peringkat atas di mesin pencari. Namun keduanya memiliki cara masing-masing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk itu kami akan menjelaskan strategi untuk meningkatkan pengunjung dengan menggunakan teknik SEM dan SEO untuk website, sehingga nantinya dapat mengoptimasi dengan baik dan mendapatkan manfaat dari kedua teknik tersebut.

Untuk itu mari kita mulai dari penjelasan atau pengertian dari keduanya. Kemudian dari artikel ini kami juga akan membahas teknik pemasaran yang mana yang lebih cocok untuk kamu, sebagai berikut.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik optimasi website untuk bisa mendapatkan trafik yang tinggi pada mesin pencari seperti Google dan lain sebagainya.Untuk bisa mendapatkan ranking yang tinggi di halaman pencarian, perlu memperhatikan dari berbagai aspek mulai dari konten, sistem, aturan dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin mendapatkan kunjungan yang tinggi dari pelanggan atau konsumen yang potensial, dengan menerapkan SEO adalah cara yang paling tepat. Kenapa menggunakan SEO? Karena dengan optimasi SEO yang baik maka kemungkinan mendapatkan peringkat pertama hasil pencarian akan semakin besar.

Jadi saat seseorang mencari sesuatu di mesin pencari dan mengetikan mencari kata kunci tertentu misal “hosting murah” maka yang akan muncul di hasil pencarian. Dari hasil pencarian itu tentu ada urutan dari peringkat atas hingga bawah, biasanya peringkat atas hasil pencarian memiliki potensi klik yang paling tinggi. Nah disinilah manfaat dari penerapan teknik SEO yang baik.

Bagaimana cara menerapkan SEO pada website kita agar dapat peringkat atas pencarian? Dalam penerapannya sebenarnya kita perlu mengikuti aturan dan pedoman Google. Semua bisa mempelajari teknik SEO ini dan bisa menerapkan dengan mudah namun demikian tidak ada yang bisa memastikan optimasinya berhasil atau tidak.

Alasanya adalah algoritma Google yang terus berkembang yang tidak ada yang bisa memastikan kontennya berada di peringkat berapa. Bahkan seorang SEO master pun belum tentu bisa mendapatkan peringkat atas pencarian. Namun demikian semua orang memiliki kesempatan dan peluang yang sama.

Teknik SEO sebenarnya memiliki banyak cara untuk memaksimalkan website-nya namun pada dasarnya dibedakan menjadi dua jenis teknik yaitu SEO Of-Page dan SEO On-Page. Keduanya memiliki peran yang sama yaitu menaikan peringkat website di pencarian, namun memiliki perbedaan cara penggunaanya.

SEO On-Page
  • SEO On-Page

Teknik optimasi website yang dilakukan didalam sebuah website dengan cara mengoptimalkan konten dengan memperhatikan faktor-faktor pada konten tersebut. Misalnya memasukkan keyword target, melakukan optimasi pada judul heading tag h1 h2 dan seterusnya, memasukkan meta description, struktur url, page speed dll. Intinya memaksimalkan konten atau artikel yang berkualitas.

SEO Off-Page
  • SEO Off-Page

Teknik optimasi website yang dilakukan di luar dari website atau konten tersebut. Cara yang sering dilakukan adalah membangun link atau link building, backlink, maupun melakukan aktifitas optimasi eksternal website. Jenis optimasi ini bertujuan meningkatkan otoritas atau reputasi website pada mesin pencari (SERP).

Dari penjelasan singkat tersebut, pasti telah mengerti teknik penerapan SEO ini, untuk lebih jelas terkait SEO On-Page dan SEO Of-Page kami telah memiliki artikel khusus berkaitan dengan cara penerapan SEO yang bisa kamu pelajari.

Baca juga: 5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)

Pengertian Search Engine Marketing (SEM)?

Search Engine Marketing atau singkatannya SEM adalah strategi pemasaran yang dilakukan untuk mendapatkan peringkat atas mesin pencari di internet dengan cara promosi atau berbayar. Coba perhatikan pada gambar berikut:

Ratusan ribu pelanggan telah menggunakan layanan hosting murah idwebhost

Gambar tiadata merupakan salah satu contoh penerapan SEM pada website IDwebhost.com. Dalam penerapan SEM ini biasanya pemasang iklan memiliki target kata kunci tertentu yang nantinya saat orang mengetikkan kata kunci yang sesuai dengan pengiklan maka akan muncul di hasil pencarian atas berupa iklan.

Komponen dalam Search Engine Marketing

Penggunaan Search Engine Marketing

Pada dasarnya SEM (Search Engine Marketing) ini bertujuan untuk berupaya mengoptimalkan hasil pencarian di mesin pencari seperti Google dan lain sebagainya. Yang paling umum dilakukan adalah para marketer akan melakukan bidding pada kata kunci tertentu pada Google Adwords (Pay Per Click (PPC) yang setiap klik marketer membayar iklan ke Google Ads. Jadi sebagian besar menggunakan kampanye iklan.

Jadi Apa Perbedaan Antara SEO dan SEM

Apa Bedanya Antara SEO dan SEM?

Jadi setelah kita ketahui keduanya memiliki peran yaitu untuk mengoptimalkan hasil pencarian pada mesin pencari sehingga mendapatkan peringkat atas pencarian.

Dari teknik SEO yaitu strategi yang dilakukan webmaster untuk bisa mendapatkan peringkat atas pencarian dengan melakukan beberapa tahapan optimasi seperti penjelasan di atas. Dengan begitu akan muncul pada pencarian teratas.

Sedangkan teknik SEM melakukan pemasaran untuk memaksimalkan hasil pencarian teratas dengan membayar PPC iklan seperti Google Ads dan lain sebagainya.

Jadi keduanya adalah strategi mendapatkan peringkat atas pencarian yaitu SEM memiliki cangkupan dari kegiatan SEO itu sendiri yang membedakan adalah cara penerapannya. SEM sendiri bukan bagian dari SEO dan SEO adalah salah satu strategi dari SEM.

SEO vs SEM, Mana yang Lebih Baik

Pilih SEO atau SEM untuk Website?

Jika disuruh memilih dari keduanya maka semua kembali pada kebutuhanmu sendiri. Jika ingin memiliki perusahaan yang mampu membayar iklan, maka SEM bisa kamu terapkan. Namun jika kamu baru memulai berbisnis dengan anggaran iklan yang terbatas, teknik SEO yang paling ramah untuk bisnismu. Jika membandingkan antara keduanya memang tidaklah mudah karena kita akan menjumpai berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan.

Teknik SEO memang untuk mendapatkan peringkat pertama pencarian membutuhkan waktu yang relatif lama namun pada segi biaya yang lebih murah dan hasil organik. Namun ada beberapa situasi yang mengharuskanmu menggunakan strategi SEM, seperti segera menjual produk atau jasa yang kamu miliki. Dengan menggunakan iklan pastinya akan lebih cepat tampil pada peringkat atas namun kamu perlu menyiapkan biaya tersendiri.

Kesimpulan

Dari artikel ini, semoga kamu sudah memahami gambaran antara strategi SEO dan SEM ini. Beberapa website memang lebih mengandalkan teknik SEO. Beberapa lagi memilih menggunakan strategi SEM, namun ada juga yang mengkombinasikan antara teknik keduanya. Semua akan kembali pada kebutuhan dan tujuan dari websitemu.

Dari hasil yang didapatkan, kamu bisa mengkalkulasi dan meriset keberhasilan dari keduanya mana yang lebih efektif penggunaannya. Kemudian dari segi website, tentu kamu diharuskan mengisi konten yang update dan banyak.

Di sini kamu mau tidak mau perlu menerapkan teknik SEO. Sehingga yang paling diprioritaskan adalah konten. Untuk hasil maksimal jika memiliki biaya untuk iklan maka strategi SEM bisa kamu jalankan juga.

Sebagai penyedia layanan domain dan hosting termurah terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 27001, kami berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk kesuksesan bisnis onlinemu.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019