Ini Dia Kriteria Website Yang Baik!
Blog Tips Keren Ini Dia Kriteria Website Yang Baik!

Ini Dia Kriteria Website Yang Baik!

Ini Dia Kriteria Website Yang Baik!. Website atau blog berperan sebagai media pemasaran online juga sebagai property usaha di internet. Anda bisa memperkirakannya sendiri jumlah website yang sudah ada, kenyataanya semuanya sudah berjumlah diatas 1 milyar dan kemungkinan akan terus menerus bertambah. Dari sekian banyak dari jumlah website yang ada tentu sebagain besar belum memenuhi syarat-syarat kriteria website yang baik.

Sangat umum sekali jika setiap pemilik blog atau website menganggap websitenya sudah baik, namun penilaian baik atau buruknya suatu website bukan menurut pendapat pribadi ya, guys. Website yang baik atau buruk dinilai oleh pengunjung dan mesin pencari atau telusur.

Untuk siapa sebenarnya suatu website dibuat?. Pertanyaan demikian bisa dijadikan patokan dalam menilai website yang baik atau buruk. Website yang dibangun umumnya dengan tujuan atau orientasi kepada pengunjung, berharap para pengunjung atau visitor datang dan menyukai konten yang ada di website anda.

Baca Juga : Buat Website Gratis Dengan Google Bisnisku

 

website yang baik mempunyai desain yang menarik dan simpel
IDwebhost

Kriteria Website yang Baik Berorientasi Pada Pengunjung

Segala hal yang baik itu akan memberikan hasil yang baik pula, jika sebuah web dibangun dengan memenuhi kriteria web yang baik maka hasilnya pun akan kembali kepada pemilik web tersebut. Pengguna internet pada umumnya tentu menginginkan sesuatu ketika mereka sedang browsing di internet, memasukan keyword atau kata kunci pencarian pada mesin pencari. Setiap web berlomba-lomba untuk menampilkan konten terbaik mereka, menawarkan solusi untuk kebutuhan visitor atau pengunjung.

Desain Sesuai dengan Niche Website

Anda bisa membayangkan jika pengunjung yang hanya menginginkan produk, misalnya produk “makanan online”, mereka menemukan website makanan milik anda. Produk makanan tentu banyak sekali jenisnya, anda tempatkan jenis kategori pada sidebar widget untuk memudahkan pengujung dalam menemukan produk yang diinginkan.

Warna-warna dan tata letak yang simpel dan rapih, tidak membutuhkan waktu yang lama bagi pengunjung jika akan membeli produk anda. Keterangan produk yang anda sertakan juga tidak begitu panjang namun jelas dibaca, sesuai dengan ekspetasi visitor. Anda letakkan juga kolom atau halaman testimoni bisa dalam bentuk popup yang apabila di klik ditempat yang cocok akan terlihat jelas dengan warna yang mencolok.

Lain halnya dengan produk seni, fotografi, ataupun video yang menawarkan produk visual dan multimedia. Apakah menurut anda web yang mempunyai ‘niche’ seperti ini tepat jika sebagian besar isinya berupa tulisan?. Bahkan untuk mendapatkan gambarpun harus mengklik tulisan pada link download terlebih dahulu. Itu tidak benar dan akan membingungkan pengunjung, meskipun hal itu untuk alasan optimasi. Jika web anda menawarkan produk visual, alangkah baiknya pada desain web mencerminkan demikian.

Website yang User Friendly

Berbicara mengenai kecepatan, semua orang pastinya setuju jika web yang sangat cepat diakses merupakan suatu indikasi web yang baik. Menampilkan konten yang berisi informasi secepat mungkin, tidak membuat pengunjung berlama-lama saat melihat ‘blank page’ tanda bahwa halaman sedang ‘loading’ atau memuat. Siapa memangnya yang suka berlama-lama serta membuang-buang waktu?.

Ukuran web berpengaruh juga terhadap kecepatan, mungkin anda berfikir ‘jika koneksi cepat sebesar apapun ukuran halamannya pasti cepat dibuka’. Pendapat yang salah, yang benar adalah jika halaman berukuran besar dan berat dapat di buka dengan internet cepat, apalagi ukuran halamannya kecil dan ringan?. Pada kenyataanya juga tidak semua pengguna internet mempunyai koneksi berkecepatan super, sebagain besar dari mereka memikirkan terkendala kecepatan koneksinya. Pengguna/user smartphone umumnya mempunyai kendala sinyal juga pada kouta supaya bisa mengakses internet, sebaiknya pikirkan masalah ini juga.

Website Responsive & Adactive yang Suport AMP

 

website yang baik support google amp
IDwebhost

 

Responsive yaitu web memiliki kemampuan untuk merespon setiap perangkat berbeda yang anda pakai. Jika anda membuka web melalui ponsel, maka web akan otomatis memperkecil ukurannya sendiri, baik itu konten tulisan dan medianya.

Adactive yaitu web mampu beradaptasi dengan setiap perangkat. Jika responsive adalah suatu kemampuan dalam merespon perangkat untuk memperkecil kontennya, maka adactive itu menyederhanakannya. Hanya responsive saja, tampilan web akan sama diakses dari berbagai perangkat, yang membedakannya hanya pada ukuran saja yang mengecil. Adactive berfungsi untuk menyederhanakannya. Jika web anda adactive maka tampilannya di berbagai media pasti akan berbeda, tidak hanya pada ukuran displaynya saja.

AMP Support yaitu project google yang mampu untuk mempercepat ‘loading’ hingga 4x lipat, juga mampu untuk memperkecil ukuran hingga 10x lipat. Web yang sudah support AMP tentu akan lebih disukai terutama oleh user perangkat mobile.

Mempunyai Kompabilitas yang Baik

Compability (kompabilitas) yang dimaksud yaitu tampilan web tidak berantakan jika dibuka menggunakan berbagai jenis browser. Seperti yang anda ketahui terdapat banyak jenis browser yang bisa digunakan untuk mengakses sebuah web. Jenis browser yang sudah dikenal diantarannya yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dan Safari untuk android. Selain kompabilitas browser, tampilan webnya pun harus baik jika dibuka di resolusi standar 800×600.

Teroptimasi dan Terintegrasi Dengan Baik

Optimasi bukan hanya menyangkut pada kecepatan saja. Lebih penting daripada itu yaitu strukturnya. Struktur web yang baik akan memudahkan mesin telusur dalam memahami web anda. Sitemap salah satunya, memiliki tugas sebagai nenunjuk arah ‘bot’ mesin telusur ketika merayapi web anda. Optimasi keseluruhan menyangkut SEO web anda. Kinerja awal dan web didapatkan via optimasi, bukan melalui tampilan juga lainnya.

Integrasi web mempunyai peranan sangat penting. Web anda tidak dapat berdiri sendiri, anda di wajibkan mempunyai akun dari setiap media sosial sebagai pondasi penunjang bisnis online. Akun yang lainnya juga tidak kalah penting loh, sebut saja seperti google analystic, google webmaster, bing webmaster dan CDN Cloudflare. Dengan terintegrasinya web anda dengan semua akun sebagai dasar pondasi pemasaran internet digital, mesin telusur serta pengguna internet akan melihat bisnis online anda sebagai kekuatan yang solid.

 

website yang baik itu user friendly
IDwebhost

Keamanan Website & Server Hosting yang Baik

Dimana web anda ditempatkan? apakah server tempat web anda beroperasi sangat aman?. Seandainya web anda dikatakan sempurna, baik dari desain serta optimasinya. Semua menjadi sia-sia jika server web anda buruk dalam kinerjanya. Kinerja server yang baik akan mempengaruhi kecepatan dan kekuatan web serta tidak mudah down. Maka dari itu anda bisa memilih hosting yang berpengalaman seperti IDwebhost.

Tentu tidak semua pengguna internet itu baik, sebagain dari mereka mungkin mampun melakukan tindakan yang merugikan orang lain. Anda pastinya sudah mengetahui istilah ‘hacker’ bukan?. Meskipun tidak semua hacker itu berbuat jahat, hanya sebagian kecil saja dari mereka yang memang mampu untuk membuat web anda down. Keamanan web yang berlapis dan kokoh mampu menjadi benteng pertahanan dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : 3 Tool Online Terbaik Untuk Mengecek Website Down

Akhiran

Website yang baik akan mendatangkan pengunjung yang melimpah baik itu dalam jangka pendek maupun dalam jangka waktu yang panjang. Karena pengunjung telah merasa nyaman dan enak dengan web baik milik anda, baik dari sisi konten, loading, maupun desainnya yang menarik perhatian pengunjung. Sesuatu yang baik pasti akan mendatangkan kebaikan pula, guys 🙂

IDwebhost sebagai penyedia layanan hosting dan domain terpercaya dan berpengalaman akan selalu secara rutin untuk membagikan artikel tentang bisnis untuk dapat membantu mengembangkan bisnis anda. Kami juga melayani jasa pembuatan toko online, jasa promosi online, dan lain sebagainya.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.