Ingin Membuat Alamat WEB? Hindari Nama Domain Ini!

17 Jun 2016
Ingin Membuat Alamat WEB? Hindari Nama Domain Ini! campaign-unlimited

Memiliki domain tersendiri tentu membutuhkan kreativitas untuk memberikannya nama. Walaupun kita hanya akan membuat website untuk usaha perawatan jenggot sekalipun, menamakan domain memang bukanlah hal mudah atau dapat pula di kategorikan sebagai pekerjaan susah-susah gampang, karena nama domain  perlu mudah di ingat dan catchy saat disebut. Dan sayangnya, tidak sedikit orang-orang dari seluruh dunia maupun pengushaa menamakan WEB mereka dengan nama neyeleneh yang alih-alih menjadi menjijikkan dan tentu saja ini adalah salah satu hal yang harus dihindari dalam memulai suatu usaha baru.

  1. Jangan memotong inisial nama sehingga terdengar aneh.

Sungguh, dalam memberikan nama seperti diatas memang akan terdengar lucu, seperti salah satu teman bernama Frank yang berprofesi sebagai pembuat patung dari logam cair dan memiliki signature untuk semua karya seninya dengan inisial huruf “F”, lalu meminta bantuan saya untuk membuat domain untuknya, saat mengettik nama Frank di serach engine saya tertawa terbahak-bahak, karena memang nama Frank terlihat sangat keren saat di tulis disebuah karya senin namun tidak saat di ketik di web browser. Saya juga memikirkan untuk memberikan nama fartgallery.com agar terlihat keren, tapi tentu saja saya ragu dengan nama tersebut, karena tentu akan terlihat memalukan jika tercetak dalam kartu nama.

Jadi jika kamu ingin memberikan nama pada website milikmu berfikiralh dengan urutan kata-kata yang saling beraturan dan tidak terpotong-potong, karena hal ini akan menjadi jika kata-kata yang seharusnya satu menjadi terpisah seperti frankesitengallery.com. dan tentu saja hal ini akan mencegah nama domainmu terlihat memalukan di kartu nama.

2. Jangan pamer (atau, mencoba terlalu keras untuk menjadi pintar).

Hal paling sakral saat kemu membuat bisnis online adalah membuat nama domain yang mudah diingat oarang, sehingga mereka dapat dengan mudah mencarinya di serach engine dan melakukan pembelian atau melakuakn transaksi dengan produk yang kamu punya. Dan jika kamu ingin orang-orang dengan cepat menemukan websitemu di serach engine “sebenarnya” tidaklah sulit untuk mmebuat mereka mengingat nama website milikmu, seperti memakai istilah istilah untuk terlhat pintar.

Misalnya kamu ingin menamakan website milikmu dengan nama “Carrot” padahal kamu sedang ingin menjual “Orange Water” sehingga kamu ingin memberi nama domain milikmu menjadi Carrotwater.global, mungkin kamu berfikir bahwa itu adalah nama yang cerdas, sedangkan Carrotwater.global adalah nama perusahaan lain. Jadi jangan masukkna nama inisial yang mirip dengan nama perusahaan lain.

  1. Jangan membuat nama yang membuatmu kesempatanmu untuk terkenal gagal

Karena dalam membuat nama domain, hal yang perlu kamu perhatikan adalah membuat nama yang tepat, karena hal ini akan mempengaruhi citra usahamu kedepannya. Mislanya kamu menggunakan nama tempat tinggalmu untuk nama domain bisnis yang kamu buat.

Contohnya : Jakarta, karena biasanya orang-orang tidak peduli dimana kamu tinggal, tapi dengan hal ini kamu dpaat menunjukan originalitas dan khas dari bisnis yang kamu buat.Jadi buat sebuah ciri khas baru yang memungkinmu untuk dikenal orang lain. Sehingga kamu tidak perlu takut jika nam adomainmu akan sama dengan orang lain.

4. Jangan antisosial (atau, memilih domain yang tidak tersedia di media sosial).

Kamu pmungkin pernah merasakan saat kamu ingin mendaftarkan nama doamin kamu yang baru ternyata telah di gunakan oleh orang lain, kamu pasti sangat kecewa, akhirnya kamu menggunakan nama aneh yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan bisnis milikmu dan menggunakan anma-nama singkatan aneh yang membuta orang-orang merasa asing dengan website milikmu.

Jadi tetaplah kreatif dalam memberi nama domain, namun tetap gunakan nama-nama yang wajar, yang tentu saja kamu harus berhat-hati siapa tau ada nama bisnis yang sama dengan nama yang sama, tentu saja kan merepotkanmu dalam masalah persaingan yang tentu saja membingungkan pembeli.

  1. jangan beli domain premium

Mungkin akan terlihat kerenn sebagai seorang pengusaha kamu dengan bersemangat membeli domain .com, karena merasa domain .net sudah ketinggalan zaman, padahal dimasa depan domain .com akan menjadi semakin mahal biayanya pertahun sesuai dengan kepopuleran dari domain tersebut yang semakin meningkat. Jadi beli saja domain yang murah terlebih dahulu namun berikan nama yang menarik dan mudah dingat, dan berinvestasi untuk membeli domain premium. Hal ini tentu saja dapat membantumu menghemat uang dari bisnismu setiap tahunnya. Jadi berikut ini adalah cara yang tepat untuk memilih nama domain

  1. Pastikan nama domainmu enak dibaca (hal ini dibuktikan dnegan ptelinggamu enak mendengar nama domain milikmu berulang-ulang tanpa mengganjal)
  2. Buatlah nama domain yang mudah dii eja dan di ingat
  3. Pastikan tidak ada orang lain yang menggunakan bisnis / nama domain pilihanmu di media sosial.
  4. Berfikirlah kedepan dengan memilih nama domain yang sesuai seperti apa bisnis yang kamu bangun sekaran ini di masa depan
  5. Berinvestasilah dengan domain premium jika hal tersebut dapat membantu bisnismu.
  6. Daftarkan lebih dari satu nama domain untu bisnismu

Baca Terkait: Apa Itu IP Address? Apakah Sama Dengan Nama Domain?

Penulis
Member since 2 Jul 2013