Informasi Statistik Pengunjung Website dengan Histats
Blog Tips Keren Informasi Statistik Pengunjung Website dengan Histats

Informasi Statistik Pengunjung Website dengan Histats

Apabila Anda merupakan seorang blogger atau seorang pemilik sebuah website, sudah pasti Anda ingin untuk mengetahui jumlah traffic yang masuk. Sekarang ini, sudah banyak penyedia widget yang bisa membantu Anda dalam menampikan informasi statistic pengunjung website. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Histats yang bisa memperlihatkan jumlah pengunjung yang ada di website Anda. Sebenarnya, banyak aplikasi yang bisa membantu Anda dalam menampilkan jumlah visitor, tetapi ke semuanya mempunyai kekurangannya masing-masing. Dengan menerapkan kode widget histats dalam situs website Anda, tentu Anda akan bisa mengetahui jumlah website yang masuk dalam kurun waktu hari, bulan atau bahkan dalam waktu jam.

Pengertian Histats

histats

Histats adalah suatu widget yang dihasilkan oleh histats agar dapat mengetahui jumlah visitor atau pengunjung yang ada di situs website atau blog yang sudah diterapkan. Dengan menggunakan kode widget tertentu dalam kurun waktu tertentu. Di dalam penggunaannnya, Anda harus mempunyai akun Histats yang bisa Anda buat melalui situs officialnya.

Histats sendiri adalah suatu situs penyedia sistem penghitung atau statistik pengunjung dari sebuah situs website yang sudah terdaftar dan sudah diterapkan kode widget. Pada situs tersebut tidak dipungut biaya, alias gratis 100%. Dan mereka juga tidak mencari keuntungan dari iklan yang ditampilkan dari situs Histats yang sudah banyak peminatnya. Atau bisa dikatakan sebagai layanan yang dapat untuk menghitung jumlah pengujung website secara gratis. Dan sangat untuk memungkinkan agar dapat mengetahui besar jumlah pengunjung website yang dihitung secara realtime. Dengan menggunakan dashboard yang didesain menarik dan lengkap. Sehingga dapat merekam visitor sampai jutaan.

Histats dapat merekam banyaknya jumlah pengunjung sebuah website ketika Anda sudah memasang kode tag HTML atau javascript pada sebuah themes website.

Perbedaan Histats dan Google Analytics

Terdapat dua aplikasi yang populer dalam menghitung pengunjung sebuah website yaitu histats dan Google Analytics. Kedua aplikasi tersebut mempunyai fungsi sama dan juga mempunyai kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Bisa Anda tentukan sesuai dengan seleran Anda. Memang saat ini banyak yang sudah merekomendasikan google analytics, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba histats dalam meghitung jumlah visitor yang masuk ke website Anda.

Cara Mendaftar Aplikasi Histats

histats

Agar dapat menggunakan histats, Anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri pada aplikasi ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka website Histats

Untuk dapat membuka website tersebut, Anda bisa mengakses link www.histats.com

  1. Registrasikan website Anda

Selanjutnya, scroll sampai bawah sampai Anda menemukan menu register. Dan Anda harus memasukan alamat website yang nantinya akan didaftarkan

  1. Isikan Data

Masukan alamat email dan juga password. Selanjutnya pada bagian additional information Anda dapat mengisikan name dan juga username. Kemudian, centang pada bagian privacy dan Anda diwajibkan untuk memasukkan captcha dengan benar. Lakukan pengecekkan sebelum Anda mengklik daftar.

  1. Pendaftaran Berhasil

Jika pendaftaran Anda berhasil, nantinya akan ada pop-up yang memberitahukan bahwa pendaftaran yang Anda lakukan sudah berhasil.

Cara Memasang Histats pada Website

histats

Agar dapat memasang histats, Anda harus memastikan mempunyai akses agar dapat membuka menu yang terdapat pada themes atau template. Hal ini karena nantinya Anda diwajibkan untuk memasukkan kode HTML atau Javascript. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam memasang histats pada website Anda

  1. Lakukan login pada histats

Yang harus Anda pastikan adalah, Anda harus memiliki akun histats terlebih dahulu. Jika belum memiliki, lakukan pendaftaran seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  1. Tambahkan Website

Selanjutnya, Anda akan masuk dalam menu panel kendali. Dimana nantinya Anda harus menemukan “Add Website” untuk kemudian menambahkan alamat website Anda yang akan ditambah histats.

  1. Tambahkan data website

Pada bagian data websie, Anda harus menambahkan site url website milik Anda, bahasa yang digunakan dalam website dan kategori website tersebut.

  1. Masukkan Negara Asal

Anda juga wajib untuk memasukkan lokasi negara Anda berasal dan juga pilihlah zona waktu yang dapat disesuaikan dengan target dari pengunjung website Anda. Sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa timezone sudah disesuaikan dengan negara yang sudah Anda pilih.

  1. Masukkan Judul, deskripsi dan isikan kode captcha

Masukanlah judul website yang sudah Anda daftarkan disertai deskripsinya. Jika Anda kebingungan, isikan dengan hal apapun karena bisa diisi apa saja. Kemudian Anda juga harus memasukkan kode captcha yang sama dengan yang ada digambar. Jika sudah benar, pilihlah lanjutkan.

  1. Klik pada URL Website

Selanjutnya klik url website agar dapat menambahkan kode script yang nantinya akan dimasukkan kedalam website.

  1. Pilih Counter Code dan Add New Counter

Anda dapat memilih counter code histats yang ada di bagian atas yang berdekatan dengan login button. Selanjutnya pilih pada add new counter, nantinya akan terdapat banyak pilihan tampilan histats yang bisa Anda pilih sesuai selera.

  1. Kustomisasi Histats

Anda dapat berkreasi dengan memilih untuk menggunakan tema yang seperti apa. tidak hanya itu, pada bagian panel paling atas nantinya ada tambahan data tentang jumlah pengunjung pada hari itu, jumlah total pengujung, page view today, total pageviews dan juga user online.

  1. Simpan dan masukkan kode script

Jika Anda merasa semuanya sudah cukup, Anda bisa menyimpan pengaturan tersebut. Selanjutnya, Anda dapat meng-klik pada counter id yang nantinya akan muncul kode script yang nantinya akan Anda pasang pada website.

  1. Masuklah ke Theme Editor

Jika Anda menggunakan wordpress, masukklah ke dalam theme atau index.html. Anda dapat melakukan login akun WordPress Anda terlebih dahulu. Masuk ke dalam Apperance pilih Widgets dan CustomHTML

  1. Paste HTML dan Cek pada Website

Silahkan lakukan paste dan file untuk script HTML Histast yang sudah Anda copy dan klik save untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Selanjutnya Anda dapat cek website apakah histats sudah tampil atau belum.

histats

Histatst merupakan sebuah tool yang sudah sangat populer dalam menentukan jumlah statistic yang ada pada suatu blog atau website. Dan sampai saat ini, aplikasi tersebut masih digunakan banyak orang. Kebanyakan orang menggunakan histats adalah untuk melakukan monitor pada website atau blog Anda. Hal ini karena aplikasi ini mempunyai sebuah fitur yang bernama “user online”, dimana nantinya Anda dapat melihat apabila ada pengunjung yang sedang membaca artikel dalam website Anda.

Dengan menggunakan kode widget histats pada situs yang Anda punya, akan memudahkan dalam mengetahui banyaknya jumlah pengunjung yang ada di website atau blog Anda. Dengan penghitungan kurun waktu hari, minggu, bulan bahkan sampai detail hitungan jam. Tentu saja penghitungan tersebut dilakukan secara real time lewat situs histats. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.