Kumpulan Website dan Aplikasi Untuk Membuat Infografik Gratis
Blog Tips Keren Kumpulan Website dan Aplikasi Untuk Membuat Infografik Gratis

Kumpulan Website dan Aplikasi Untuk Membuat Infografik Gratis

Di dunia internet atau online jaman sekarang, baik anda sadari atau tidak penggunaan Infographic atau yang lebih dikenal dengan Infografik sedang menjadi tren dan cukup sering digunakan di dalam dunia digital marketing. Hal ini bisa ditemui dalam berbagai konten mulai dari artikel di website atau juga dalam Curiculum Vitae pencari kerja. Tren menggunakan infografik ini tentu ada alasannya yaitu karena kehadiran media ini bisa membuat konten Anda tampil menjadi lebih menarik, menjadi lebih mudah dimengerti untuk orang banyak dan ke depannya bisa membantu Anda untuk meningkatkan traffic website. Apalagi bila ada yang menyediakan infografik gratis.

Apalagi dengan menggunakan bentuk vertikal dan persegi panjang yang khas, unik dan eye catching. Infographic adalah salah satu cara terbaik untuk bisa menyampaikan informasi dan ide yang Anda miliki secara lebih kreatif, unik dan menarik. Oleh karena itu bagi anda yang ingin mengikuti tren dengan menggunakan atau memakai infografik di website anda, artikel ini akan bisa sangat membantu anda karena kami akan membeberkan beberapa website untuk membuat infografik dengan gratis dan yang pasti dengan kualitas terbaik. Tapi sebelum menuju kesana, yuk pahami dulu apa itu infografik.

 

Apa itu Infografik?

Dilansir dari Wikipedia, infographic atau infografik adalah visual grafis yang berisi tentang informasi, data, atau pengetahuan yang bertujuan untuk mengedukasi berbagai hal kompleks untuk pembaca dengan cepat dan jelas. Definisi ini menjelaskan bahwa infographics dibuat dengan tujuan untuk menyajikan data atau informasi kompleks dalam format yang mudah dimengerti. Tahun 2010 merupakan awal dari terbentuknya infographics seperti yang kita kenal sekarang. Sebuah visual yang dirancang untuk menyajikan informasi yang kompleks dan untuk mempermudah pengunjung website memahami informasi yang ingin disampaikan. Biasanya infografik diposting di blog atau artikel di website, terkadang menyebar secara viral.

Mungkin Anda bingung apa yang membuat infographics bisa populer? Infografis yang bagus cenderung tersebar dengan cepat di media sosial, lalu mendapat ratusan shares, views, linkbacks, dan komentar. Tapi kenapa kita tertarik pada infographics dan bukan pada isi artikel yang ditulis dengan baik mengenai topik yang sama? Hal ini mungkin berkaitan dengan fakta bahwa manusia lebih suka dan lebih cepat memproses konten visual lebih daripada tulisan. Menurut penelitian, otak kita memproses data visual sekitar 60.000 kali lebih cepat dari teks. Ini berarti kita semua mengerti suatu grafis jauh lebih baik dibandingkan dengan teks.

 

website membuat infografik gratis
idwebhost.com

 

Sepertinya kita cenderung belajar lebih cepat, dan mungkin menyerap lebih banyak, saat informasi disajikan kepada kita dengan bentuk visual yang bertentangan dengan teks tertulis. Jadi, ada kemungkinan jika infografis menjadi sangat populer karena dirancang untuk langsung masuk ke pikiran kita, yang artinya mereka dibentuk untuk diserap dengan cepat dan memiliki efek jangka panjang dibandingkan artikel biasa. Dan di Infografis anda juga bisa menaruh backlinks. Jika Anda mau mencoba membangun backlinks dengan infographic, Anda dapat membuat prosesnya sedikit lebih mulus dengan menggunakan beberapa tips sebagai berikut:

  • Buat infographics Anda tidak terlalu besar atau kecil.
  • Menyertakan “kode embed” yang mudah untuk disalin untuk setiap infographics yang Anda sertakan di blog atau website. Ini tidak cuma membuat proses posting mudah bagi siapa saja yang mau menerbitkannya kembali, namun pastikan bahwa Anda juga menyertakan backlinks ke website Anda.
  • Menggunakan pencarian gambar reverse Google atau alat seperti TinEye untuk mencari website yang menggunakan infographics Anda tanpa izin. Jika Anda menemukannya, hubungi pemilik situs untuk meminta backlinks yang sesuai dengan hak Anda, sebagai pembuat konten.
  • Hubungi website yang mempublikasikan konten yang berkaitan dengan topik infographics Anda lewat email singkat dan ramah. Kirimkan sebuah link ke gambar Anda dan tanyakan apakah mereka mau membagikannya dengan para pembaca.

Nah itu tadi merupakan penjelasan lengkap tentang apa itu infografik. Bagaimana sudah paham kan tentang infografik ini? Jadi bagaimana cara membuatnya? Berikut merupakan beberapa website membuat infografik dengan gratis dan bagus!

5 Website membuat infografik secara gratis dan menarik

1. Canva Infographic Maker

Website di nomor pertama yang bisa membuat infografik gratis adalah Canva yangmerupakan sebuah online tool yang mudah digunakan dan cukup lengkap untuk membuat berbagai macam grafis. Mulai dari brosur hingga presentasi, Anda bisa memanfaatkan Canva untuk membuatnya. Untuk membuat infografik, Canva memiliki fitur infografik maker yang bisa Anda gunakan secara gratis. Ini akan mempermudah proses pembuatannya karena Canva memiliki berbagai template, elemen desain, dan fonts yang bisa Anda gunakan.

Ada banyak pilihan yang hanya tersedia jika Anda menjadi pro member Canva plus beberapa elemen yang bisa Anda beli dengan harga $1. Anda bisa menggunakan Canva di browser Anda atau mendownload aplikasinya secara mobile device jika Anda ingin mendesain sambil bepergian. Setelah Anda memilih satu template (atau Anda juga bisa mulai dengan kanvas kosong di Canva), Anda bisa mulai untuk membuat infografik Anda. Selain menggunakan gambar yang sudah tersedia di Canva atau mengupload gambar Anda sendiri.

2. Visualize

Website yang bisa membuat infografik dengan grastis yang ketiga adalah Visualize. Website yang satu ini bisa membantu anda untuk membuat infografik dengan tipe yang berbeda. Mereka membantu penggunanya untuk membuat infografik resume. Setelah Anda register dan login ke Visualize, Anda bisa mulai membuat resumenya. Anda juga bahkan bisa menghubungkan akun Visualize anda dengan akun LinkedIn untuk dimasukkan beberapa informasi dengan otomatis.

Website ini tepat bagi Anda yang ingin membuat resume atau CV dengan format yang berbeda dan lebih kreatif. Ini dapat membantu menonjolkan CV Anda serta untuk membangun personal brand Anda secara lebih efektif. Tool online ini juga gratis sehingga Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan resume yang unik dan menarik.

3. Venngage

Sama seperti Canva, Venngage merupakan website untuk membuat desain infografik secara gratis. Venngage menawarkan beberapa pilihan berbeda untuk berbagai jenis grafis yang Anda butuhkan. Anda akan menemukan berbagai macam template untuk berbagai hal seperti laporan, poster, promosi dan tentu saja, infografik.

Di bagian infografik, Anda juga akan menemukan opsi tambahan untuk dipilih yang cenderung membahas topik dan kategori infographics tertentu, seperti Statistical, Informational, Process, Comparison. Dan setelah Anda menemukan template yang kalian butuhkan, Anda sudah bisa memulai mengkostumisasi grafis tersebut. Venngage juga memperbolehkan Anda untuk memasukkan apa yang disebut dengan “Widgets”, dimana di dalamnya termasuk hal-hal seperti peta dan charts yang didasarkan pada info dan data spesifik yang ada di dalam infografik Anda.

4. Piktochart

Piktochart adalah pilihan bagus untuk membuat  infografis yang berbeda-beda. Anda bisa memilih dari beberapa format yang berbeda termasuk ukuran infografik yang tradisional, ukuran powerpoint (berbentuk horizontal), poster, hingga laporan.

Untuk memulai membuat infografik, Anda akan diberi kebebasan untuk membuat sendiri infografik dari awal atau pilih salah satu template mereka. Beberapa template mereka gratis dan yang lainnya mengharuskan Anda untuk memiliki Lite atau Pro plan.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.